Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian IPB

No description
by

Wenny Sulistyowati

on 13 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian IPB

Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian IPB
2012/2013


Identitas Lembaga Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (HIMATETA)
Kondisi 0bjektif eksternal
Evaluasi Program Kerja
Sejarah singkat
HIMATETA IPB didirikan pada tanggal 30 maret 1977 bertempat di Fakultas Teknologi dan Mekanisasi Pertanian yang saat ini telah berubah nama menjadi Fakultas Teknologi Pertanian Institut Pertanian Bogor. HIMATETA merupakan sebuah organisasi mahasiswa keprofesian yang bergerak dalam bidang ilmu keteknikan pertanian, yang meliputi : teknik mesin otomasi, teknik mesin biosistem, teknik energy dan terbarukan, dan teknik bioinformatika. Himateta memiliki tujuan untuk meningkatkan keprofesian dan profesionalisme mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem IPB serta menghimpun dan meningkatkan sinergisitas antar mahasiswa Teknik Pertanian Indonesia.
Kondisi Objektif Internal
Dokumentasi
Alamat sekretariat HIMATETA
Lantai dasar gedung Fakultas Teknologi Pertanian, Kampus IPB Dramaga
Pimpinan HIMATETA 2012/2013
Malindo Ananda
Kondisi Umum
Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (HIMATETA) periode kepengurusan 2012/2013 dilantik pada tanggal 16 Januari 2013 merupakan kepengurusan yang berjalan kurang dari satu tahun. Seleksi pengurus dilakukan dengan open recruitment dan melalui tes wawancara dengan tim seleksi. Jumlah pengurus 40 orang yang terbagi atas Badan Pengurus Harian (BPH) yang dibantu oleh empat departemen yaitu Departemen Public Relation (PR), Departemen Research and Development (R&D), Departemen Corporate, Social and Responsibility (CSR) dan Departemen Human Resources and Development (HRD).
Menjadikan HIMATETA sebuah himpunan yang berlandaskan teknik yang bersifat professional dan peduli terhadap lingkungan sekitar.

Rencana dan Target
Kepengurusan Himateta 2012/2013 memiliki tujuan untuk menjadikan himpunan mahasiswa sebagai salah satu wadah yang dapat digunakan oleh seluruh anggota yakni seluruh mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem untuk mengembangkan keprofesiannya.
Pembagian tugas dan wewenang
Kepengurusan Sudah berjalan selama 11 bulan
Memiliki jumlah pengurus sebanyak 40 orang
Lebih aktif melaksanakan kegiatan dibandingkan tahun kemarin
Kendala yang terjadi adalah terdapat masalah komunikasi
Hingga akhir kepengurusan jumlah pengurus masih sama
Kondisi Umum Internal HIMATETA
Evaluasi
Rekomendasi
Evaluasi
Hubungan HIMATETA dengan lembaga kemahasiswaan yang lain berjalan cukup baik, ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan tetapi HIMATETA belum bisa berkontribusi sepenuhnya
Hubungan HIMATETA dengan departemen, IMATETANI, dan alumni sejauh ini berjalan dengan baik
Rekomendasi
Identifikasi kebutuhan anggota HIMATETA
Diperlukan koordinasi lebih baik lagi dengan pihak departemen atau pembina
Go Go PIMNAS
Kegiatan ini berupa workshop yang terdiri dari 2 sesi yaitu sesi pertama dengan materi “ Keterkaitan Teknologi dengan Kondisi Mekanisasi Pertanian di Masa Kini” dan sesi kedua, berupa sharing antara peserta dengan mahasiswa yang telah berpengalaman dalam PIMNAS, peserta dipersilahkan menggali informasi sebanyak-banyaknya dari pembicara.
SAPA HIMATETA
12 Oktober sampai 16 November 2013 di Lingkungan Kampus dan Desa Cangkurawa
Februari – Oktober 2013, Sekretariat HIMATETA
September – November 2013, Lingkungan kampus IPB, Dramaga
[web] himateta.lk.ipb.ac.id
[email] himeteta.lk.ipb@gmail.com
085780311614
think_future@live.com
Padang Pariaman,Sumbar
Asrama PPSDMS Regional V, Bogor
16 Januari 2013
Kegiatan yang telah dilakukan baik secara formal berdasarkan rencana kerja dan anggaran tahunan (RKAT) maupun non formal antara lain Klub HIMATETA, SAPA HIMATETA 2013, Kantin HIMATETA, Agromechanical Fair 2013, Internalisasi HIMATETA, Gear Media sebagai media informasi, Go Go PIMNAS, Agricultural Engineering Goes To Village, dan berpartisipasi di berbagai kegiatan dalam dan/atau luar kampus Institut Pertanian Bogor.
1. Meningkatkan kualitas SDM dibidang teknik pertanian
2. Berkontribusi dalam perkembangan pertanian Indonesia
3. Menjadikan generasi berikutnya lebih berkualitas

Visi
Misi
Kurangnya inisiatif dan koordinasi
Kegiatan yang ada belum berjalan maksimal
Diperlukan manajemen waktu yang baik dalam penyusunan jadwal kegiatan dan sosialisasi kegiatan yang lebih baik lagi.
Rajin berkonsultasi dengan pembina
Lebih mendekatkan diri dengan departemen
21 September 2013
di Gedung GMSK, FEMA, IPB
Kendala kegiatan
Peserta yang datang tidak sesuai yang diharapkan
Kualitas sound system yang digunakan kurak baik
Publikasi yang belum merata, hal ini dikarenakan waktu yang terlalu mendesak, sehingga diutamakan untuk TMB angkatan 48 dan 49 dan pengurus Himateta.
Kurangnya follow up pembicara yang mengakibatkan keterlambatan acara pada sesi II
Kurangnya kordinasi antara panitia kegiatan
Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah peserta yang hadir tidak sesuai dengan sasaran, selain itu kurangnya koordinasi panitia dengan pembicara mengakibatkan kendala pada kegiatan ini, dan yang terakhir adalah kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia.
Rekomendasi
Rekomendasi terhadap acara ini adalah sangat diharapkan tahun depan diadakan acara seperti ini lagi karena acara ini sangat bermanfaat khususnya mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem. Harapannya kegiatan ini lebih dipersiapkan lagi.
SAPA 2013 merupakan program kerja departemen HRD dalam hal kaderisasi anggota baru HIMATETA. SAPA 2013 telah dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada tanggal 12 Oktober dan 16 November 2013 yang bertempat di lingkungan kampus Fakultas Teknologi Pertanian dan Perumahan Dosen. Tema yang diusung untuk acara ini adalah “Aktualisasi Solidaritas sebagai Pembentuk Generasi Berkualitas”. Sasaran utama acara ini adalah mahasiswa baru TMB angkatan 49 khususnya dan yang ingin bergabung menjadi anggota HIMATETA.
Kendala kegiatan
Kurangnya alokasi panitia untuk membantu divisi konsumsi
Pemberian list kebutuhan kepada divisi losgtran mendekati hari H
Terjadinya salah komunikasi antar panitia
Kurangnya koordinasi yang baik antara peserta dan panitia
Evaluasi kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah peserta yang hadir tidak sesuai dengan sasaran, selain itu kurangnya koordinasi panitia dengan pihak lain seperti peserta dan SC sehingga mengakibatkan kendala pada kegiatan ini, dan yang terakhir adalah kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia.
Rekomendasi kegiatan
Rekomendasi untuk kegiatan ini selanjutnya adalah agar tetap dipertahankan. Diharapkan kegiatan SAPA tahun berikutnya bisa lebih baik dan esensi dari semua rangkaian acara bisa lebih optimal, dan yang terpenting adalah koordinasi dan komunikasi antar panitia agar terjadi kesinergisan.
Kantin HIMATETA
Mei – Oktober 2013, Sekretariat HIMATETA
Kantin HIMATETA akan diadakan mulai bulan Maret sampai dengan berakhirnya masa kepengurusan pengurus periode 2012/2013. Pengurus kantin bertanggung jawab atas pengadaan barang dan pengambilan uang namun tidak menjaga kantin terus-menerus untuk melayani melayani. Kantin ini bertempat di sekretariatan HIMATETA dan menyediakan makanan kecil, minuman dingin dari kulkas.
Kendala kegiatan
• Pentingnya membuat pembukuan keuangan dan catatan junlah pengeluaran dan pemasukan setiap minggu agar jelas kerugian yang didapat disebabkan dapat terlihat secara jelas
• kesadaran pembeli lebih ditingkatkan supaya tidak lupa membayar
• Penanggung jawaban kantin tidak hanya dibebankan pada bendahara HIMATETA, tetapi lebih kepada seluruh pengurus.

Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah kesadaran pembeli, dan selain itu koordinasi antara bendahara dan pengurus lebih ditingkatkan agar kantin dapat dipantau secara terus menerus.
Rekomendasi kegiatan
Rekomendasi terhadap kegiatan ini diharapkan dapat dilanjutkan untuk tahun tahun ke depan, karena kegiatan ini berguna baik untuk Himateta yaitu menambah pemasukan keuangan, maupun untuk para anggota Himateta dalam menambah skill kewirausahaannya. akan tetapi, perlu lebih ditingkatkannya pengawasan terhadap kegiatan ini dan apabila memungkinkan dirubah sistem pelaksanaannya
Gear Media
Kegiatan Gear Media dari Departemen Public Relation HIMATETA secara umum memberikan informasi kepada mahasiswa melalui media dua sub kegiatan yang dilaksanakan selema periode kepengurusan dan diterbitkan secara berkala. Adapun dua sub kegiatan tersebut adalah gear box dan Gear Magz.
Kendala Kegiatan
• Menentukan tema yang cocok agar dapat diterima oleh seluruh mahasiswa sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan
• Sulit mencari sponshorship untuk menunjang pembuatan gear magz dan redaktur belum begitu berkompeten dalam proses pembuatan majalah

Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah kurangnya kreatifitas dalam menentukan tema dan konten. Selain itu, kurangnya pengetahuan dalam bidang jurnalistik menjadi faktor penghambat kegiatan ini.
Rekomendasi Kegiatan
Rekomendasi terhadap kegiatan ini adalah sangat diharapkan tahun depan diadakan acara seperti ini lagi karena acara ini sangat bermanfaat sebagai media informasi untuk mahasiswa khususnya mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem dengan memperhatikan isi dan konten gear megz maupun gear box.
Engineering Summit
18 April 2013, Auditorium Abdul Muis Nasution
Engineering Summit 2013 merupakan bentuk kegiatan menjalin hubungan kekeluargaan antara alumni dengan mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Konsep kegiatan Engineering Summit 2013 meliputi seminar, penampilan angkatan, dan expo klub.
Kendala Kegiatan
• Kurangnya tanggung jawab dari panitia Enginnering Summit 2013 dalam melaksanakan tugasnya
• Kurangnya koordinasi antara panitia dengan pihak-pihak yang terlibat dalam acara ini, seperti pihak PT. Bina Pertiwi, pihak anggota HIMATETA yang lain dari divisi Research and Development, dan penanggung jawab stand Pekan Kreativitas Mahasiswa (PKM), serta expo klub HIMATETA
• Pembagian tugas yang tidak efektif, karena ada panitia yang tidak terlalu banyak jobdesk sedangkan ada juga panitia yang kewalahan
• Kurang tersedianya fasilitas transportasi untuk kepentingan logistik

Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah komitmen panitia dalam menjalankan tugasnya di kepanitiaan Engineering Summit 2013 masih kurang. Jumlah panitia yang sedikit yaitu 8 orang (hanya dari departemen HRD) membuat kinerja pada saat acara berlangsung menjadi agak kewalahan. Kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia dengan berbagai pihak yang
Rekomendasi Kegiatan
• Antara panitia ditingkatkan koordinasi dan persiapannya agar tidak terjadi miskomunikasi dan menyebabkan jobdesk yang tidak terpenuhi
• Pembagian kerja lebih efektif agar seluruh panitia dapat berperan serta secara maksimal dalam kegiatan
• Persiapan dari setiap divisi, terutama divisi acara dan logistik dipersiapkan dari jauh-jauh hari agar maksimal
• Publikasi acara yang hatus ditingkatkan lagi agar semua mahasiswa dan dosen-dosen TMB mengetahui dan dapat hadir 100%
• Alokasi dana untuk konsumsi dimaksimalkan melalui program danus
• Dilihat dari faktor pendukung dan penghambat yang ada pada acara ini, Engineering Summit layak untuk diadakan kembali pada tahun depan karena semua kendala dapat teratasi dengan baik, serta sangat bermanfaat sebagai ajang silaturahmi antar sesama civitas akademika TMB.

Internalisasi HIMATETA
16 Februari dan 13 April 2013, Kota Tua dan UNPAD
Internalisasi HIMATETA” merupakan program kerja Departemen Human Resources Development yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan softskil langgota pengurus HIMATETA. Kegiatan ini berupa kegiatan Upgrading dan studi banding dimana kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman pengurus dalam berorganisasi sebelum terjun langsung dalam kegiatan-kegiatan Himateta.
Kendala Kegiatan
• Kurangnya kesadaran peserta untuk datang tepat waktu
• Kurangnya persiapan panitia
• Kehadiran peserta yang tidak sesuai target

Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah peserta yang hadir tidak sesuai dengan sasaran, selain itu kurangnya koordinasi panitia dengan peserta mengakibatkan kendala pada kegiatan ini, dan yang terakhir adalah kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia.
Rekomendasi Kegiatan
Rekomendasi terhadap acara ini adalah sangat diharapkan tahun depan diadakan acara seperti ini lagi karena acara ini sangat bermanfaat untuk pengurus Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian (HIMATETA) agar dapat membentuk jiwa kepemimpinan sehingga lebih bertanggung jawab terhadap amanah yang diberikan.
KLUB HIMATETA
Maret – Oktober 2013, Lingkungan kampus IPB, Dramaga
Kegiatan klub merupakan kegiatan Himpunan Mahasiswa Teknik Pertanian yang dibentuk berdasarkan bidang keilmuan yang ada di Departemen Teknik Mesin dan Biosistem (TMB). Klub yang dibentuk, yaitu Klub Mesin dan Energi, Klub Robotik, Klub Hidroponik, Klub Bahasa, Klub keilmiahan, dan Klub desain. Pemilihan klub dilakukan sesuai dengan minat mahasiswa dan jumlah mahasiswa yang ikut tidak dibatasi.
Kendala Kegiatan
• Sedikitnya peserta yang hadir pada temu rutin klub.
• Klub mengadakan temu rutin tidak sesuai jadwal yang telah ditentukan sebelumnya, sehingga terjadi bentrok antar klub.
• banyaknya peserta yang mengikuti klub lebih dari satu, sehingga ketika terjadi bentrok jadwal mengakibatkan mereka tidak mengikuti salah satu dari klub tersebut.
• Kurangnya publikasi dari tiap pengurus klub dalam setiap pertemuan.
• Klub Keilmiahan sangat kurang peminatnya sehingga mengakibatkan klub tersebut tidak berjalan.

Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah anggota yang mengikuti jumlahnya tidak sesuai dengan sasaran, selain itu kurangnya komitmen anggota sehingga mengakibatkan klub tidak berjalan rutin .
Rekomendasi Kegiatan
• Kegiatan klub sangat membantu mahasiswa TMB untuk mengembangkan kemampuan dalam cabang ilmu keteknikan pertanian yang sangat luas cakupannya, sehingga harusnya kegiatan ini dimanfaatkan oleh semua mahasiswa secara penuh antusias.
• Seharusnya, setiap klub mengadakan temu rutin sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan sebelumnya.
• Setiap penanggung jawab klub, diharuskan mengirimkan laporan setiap pertemuan klub yang diampunya kepada sekretaris departemen Research and Development HIMATETA.
• Meningkatkan publikasi dengan mengedarkan poster-poster seputar informasi klub disetiap kelas.

AMF
Kegiatan ini bernama Agro Mechanical Fair 2013 yang merupakan sebuah rangkaian kegiatan yang terdiri dari mechanical training, EXPO dan Seminar Nasional
Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah peserta yang hadir tidak sesuai dengan sasaran, sebagian besar panitia mengikuti kepanitiaan lain sehingga kurang fokus dalam melaksanakan tugas, selain itu kurangnya koordinasi panitia dengan pembicara mengakibatkan kendala pada kegiatan ini, dan yang terakhir adalah kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia.
Rekomendasi Kegiatan
Rekomendasi terhadap acara ini adalah sangat diharapkan tahun depan diadakan acara seperti ini lagi karena acara ini sangat bermanfaat khususnya mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem. Harapannya kegiatan ini lebih dipersiapkan lagi khususnya dalam menentukan mitra desa. Untuk keberlanjutan acara ini pada tahun selanjutnya diharapkan adanya dukungan penuh oleh pihak Departemen Teknik Mesin dan Biosistem serta dibutuhkan koordinasi dalam menjalankan kepanitian ini. Selain itu, pemilihan tema acara yang menarik juga penting agar mahasiswa lebih antusiasme mengikuti kegiatan ini.
Kendala Kegiatan
Kurangnya sumber daya manusia sehingga acara terhambat.
Terlambatnya pembuatan desain untuk media publikasi.
Kekurangan tenaga untuk pencarian sponsor
AEGTV
Mei-November 2013, Desa Cikarawang
Rangkaian kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh anggota himateta yang bekerja sama dengan beberapa lembaga pertanian dan pihak swasta di suatu daerah pedesaan untuk mengaplikasikan ilmunya di bidang teknik pertanian dengan cara mengenalkan alat dan mesin pertanian, konseling pertanian, pelatihan mengenai teknik pertanian, serta pemberian belajar tambahan pada anak anak mengenai teknik pertanian. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya aplikasi ilmu keteknikan pertanian dalam kehidupan bermasyarakat. Definisi dari masing-masing rangkaian adalah sebagai berikut :
Kendala Kegiatan
Evaluasi Kegiatan
Secara keseluruhan yang dapat di evaluasi adalah jumlah panitia yang sedikit membuat kinerja pada saat acara berlangsung menjadi agak kewalahan. Kurangnya koordinasi dan persiapan antara panitia dengan berbagai pihak yang terlibat dalam acara ini menyebabkan terjadinya miskomunikasi.
Rekomendasi Kegiatan
Rekomendasi terhadap acara ini adalah sangat diharapkan tahun depan diadakan acara seperti ini lagi karena acara ini sangat bermanfaat khususnya mahasiswa Teknik Mesin dan Biosistem. Harapannya kegiatan ini lebih dipersiapkan lagi khususnya dalam menentukan mitra desa. Untuk keberlanjutan acara ini pada tahun selanjutnya diharapkan adanya dukungan penuh oleh pihak Departemen Teknik Mesin dan Biosistem serta dibutuhkan koordinasi dalam menjalankan kepanitian ini. Selain itu, pemilihan tema acara yang menarik juga penting agar mahasiswa lebih antusiasme mengikuti kegiatan ini.
• Kurangnya koordinasi pihak panitia mengakibatkan saling tunggu menunggu di rumah ketua GAPOKTAN.
• Kurangnya persiapan mengakibatkan keterlambatan acara.
Full transcript