Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

B.F. Skinner

No description
by

Astari Anggarini

on 7 June 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of B.F. Skinner

B.F. SKINNER BIOGRAPHY biografi (1) biografi (2) & Pendidikan Karir Teori Operant Conditioning Perbedaan Negative reinforcement & Punishment Asumsi dasar yang digunakan skinner dalam membangun teorinya Teori Schedules of Reinforcement Burrhus Frederic Skinner (B.F. Skinner) adalah seorang psikolog, pengamat perilaku, penulis, penemu, filsuf sosial asal Amerika.

Beliau lahir tanggal 20 Maret 1904 di Susquehanna, Pennsylvania. Ayahnya (William) adalah seorang pengacara sedangkan ibunya (Grace) adalah ibu rumah tangga yang kuat dan cerdas.

Skinner memiliki adik laki-laki yang bernama Edward James, panggilannya Ebbie (lahir 1906) namun meninggal pada umur 16 tahun karena cerebral hemorrhage.

Pada usia 9 tahun ia mengikuti Junior Boy Scouts, dimana ia mendapat pengalaman kemping outdoor dan kemandirian.

Ia merefleksikan tahun-tahun awal kehidupannya sebagai suatu masa dalam lingkungan yang stabil, di mana belajar sangat dihargai dan disiplin sangat kuat. Masa kecilnya banyak dihabiskan dengan mengkreasikan barang-barang, contohnya cart with steer dan lain-lain. Bakat inilah yang kemudian membantu skinner menemukan cumulative recorder dan the first skinner box. Pada 1 november 1937, Skinner menikahi Yvonne Blue dan pasangan itu pindah ke Minnesota. Pasangan itu dikaruniai dua putri yang bernama Julie (1938) dan Deborah (1944). Saat deborah lahir Skinner membuat the first baby tender dikarenakan Yvonne merasa kewalahan saat mengasuh anak sebelumnya, julie.

Pada 1989 skinner didiagnosa terkena penyakit leukemia. Dan tanggal 18 Agustus 1980, Skinner meninggal dunia, ia dikuburkan di Mount Auburn Cemetery, Cambridge, Massachusetts.

Pada saat SMA dia mengikuti kelas bahasa Inggris yang diajar oleh miss graves, yang nantinya ia dedikasikan sebuah buku berjudul “The Technology of Teaching”

Skinner mendapat gelar BA-nya dalam sastra bahasa inggris pada tahun 1926 dari Presbyterian-founded Hamilton College.
Pada tahun 1928, ia melamar masuk program pasca sarjana psikologi Universitas Harvard. Ia memperoleh MA pada tahun 1930 dan Ph.D pada tahun 1931. Behavior is lawful (perilaku memiliki hukum tertentu)
Behavior can be predicted (perilaku dapat diramalkan)
Behavior can be controlled (perilaku dapat dikontrol) Bagian dari analisis perilaku Skinner yang bukan hanya melibatkan kekuatan dari sebuah penguatan, tetapi juga efek dari jadwal tertentu penguatan dari waktu ke waktu.

Jadwal paling menonjol penguatan disajikan oleh Skinner adalah interval dan rasio.
Setelah wisuda dari universitas hammilton, pertengahan tahun 1927 skinner bekerja sebagai pegawai toko buku. Disana ia membaca buku pavlov dan watson yang menarik perhatiannya dan ingin belajar lebih. Disitulah dia mulai tertarik dengan ilmu psikologi
Skinner mengajar di universitas minnesota. Disana ia mempublikasikan tulisan pertamanya yang berjudul the behavior of organism tahun 1938.

Tahun 1945, Skinner dan keluarganya pindah ke Bloomington Indiana dan menjadi kepala departemen psikologi Universitas Indiana.

Akhir tahun 1948 skinner mendapat surat undangan dari universitas harvard. Salah satu karyanya yang terkenal adalah Walden II. Di Universitas Harvard tersebut dia menghabiskan sisa karirnya dan pensiun diusia 70 tahun Karya dan Penghargaan Pada tahun 1938, Skinner menerbitkan bukunya yang berjudulThe Behavior of Organism. Buku itu menjadi inspirasi diadakannya konferensi tahunan yang dimulai tahun 1946 dalam masalah“The Experimental an Analysis of Behavior”. Hasil konferensi dimuat dalam jurnal berjudulJournal of the Experimental Behaviors yang disponsori oleh Asosiasi Psikologi di Amerika (Sahakian,1970).

Skinner, B. F. (1950) Are theories of learning necessary? Psychological Review, 57, 193-216.

Skinner, B. F. (1989) The Origins of Cognitive Thought Recent Issues in the Analysis of Behavior, Merrill Publishing Company.

Schedules of Reinforcement. (with C.B. Ferster). New York: Appleton-Century-Crofts, 1957.
Verbal Behavior: New York, Appleton-Century-Crofts,

Penghargaan:
1966 Edward Lee Thorndike Award, American Psychological Association
1968 - National Medal of Science from President Lyndon B. Johnson
1971 - Gold Medal of the American Psychological Foundation
1972 - Human of the Year Award
1990 - Citation for Outstanding Lifetime Contribution to Psychology Dalam operant conditoning, individu belajar mengenai hubungan antara sebuah perilaku dan konsekuensinya. individu belajar untuk meningkatkan perilaku yang diikuti dengan pemberian  ganjaran dan mengurangi perilaku yang diikuti dengan hukuman.
- Operant conditioning adalah sebuah bentuk dari pembelajaran asosiatif di mana konsekuensi dari sebuah perilaku mengubah kemungkinan berulangnya perilaku (King, 2010 :356).

Skinner membedakan adanya dua macam respon, yaitu:
Respondent response (reflexive response)
Operant response (instrumental

Penguatan Positif + Stimulus => Perilaku baik
Penguatan Negatif – Stimulus => Perilaku baik Ketika saya berusia delapan tahun, saya mendapatkan nilai yang sangat bagus, sehingga saya menjadi juara kelas (Ranking 1). Dan saya berusaha untuk mempertahankan posisi saya sebagai juara kelas pada saat ituDalam kasus ini, saya diberikan reinforcement positif untuk dapat mengulangi perilaku saya. Reinforcement positif merupakan penguatan yang diberikan agar perilaku dapat terus dilakukan atau dipertahankan. Pada kasus ini, Reinforcement positif adalah kesempatan untuk bermain-main di Taman Ria dengan menunjukkan Hasil Rapor saya (menunjukkan Ranking 1,2 dan 3) secara gratis.
Hasilnya :
Saya belajar terus bersungguh-sungguh agar saya dapat mempertahankan juara saya dan serta-merta dapat bermain-main di Taman Ria (pada saat itu) secara gratis. Aplikasi dlam Kehidupan Invention - Air Crib
Untuk membantu istrinya, Skinner berpikir bahwa ia dapat meningkatkan standar dari tempat tidur bayi. Ia membuat ‘air crib’ (dikenal pula sebagai baby tender) yang mudah dibersihkan, temperatur dan lembab nya dapat diatur oleh skinner. Air crib di desain untuk membantu membesarkan bayi - Operant Conditioning Chamber
Full transcript