Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Macam-Macam Metode Penelitian

No description
by

liana sari

on 16 October 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Macam-Macam Metode Penelitian

Contoh:
1.Studi tentang penyebab terjadinya krisis moneter tahun 1998 di Indonesia.

2.Studi tentang alat tukar dan sistem pertukaran sebelum ditemukannya uang.

3. Penanaman modal asing di masa Soeharto.


Menurut Kelompok Kami
Penelitian historis merupakan pengumpulan data yang sistematis untuk kemudian diuraikan dan dievaluasi dengan tujuan mendapatkan kesimpulan berupa fakta-fakta yang akurat mengenai kejadian di masa lalu.
Contoh:
Menurut Kelompok Kami
Penelitian deskriptif adalah suatu penelitian yang dilakukan dengan tujuan utama untuk memberikan gambaran atau deskripsi tentang suatu keadaan secara objektif. Penelitian deskriptif juga berarti penelitian yang dimaksudkan untuk menjelaskan fenomena atau karakteristik individual, situasi atau kelompok tertentu secara akurat.
Contoh:
1. Studi mengenai kemajuan sebuah usaha mulai dari dibukanya usaha tersebut hingga 5 (lima) tahun kemudian.

2. Studi mengenai perkembangan kualitas yang dirasakan konsumen terhadap suatu produk.

3. Studi mengenai perkembangan tingkat penjualan suatu produk.

Menurut Kelompok Kami
Penelitian perkembangan adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat perkembangan suatu objek penelitian dari awal sampai akhir.
Penelitian Historis
Penelitian Deskriptif
Penelitian Perkembangan
Macam-Macam Metode Penelitian
Pengertian Menurut Ahli


• Menurut E.H. Carr (Gall, Gall & Borg, 2007: 148), penelitian sejarah sebagai proses sistematis dalam mencari data agar dapat menjawab pertanyaan tentang fenomena dari masa lalu untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik dari suatu institusi, praktik, trend, keyakinan, dan isu-isu dalam pendidikan.

• Menurut Jack. R. Fraenkel & Norman E. Wallen (Yatim Riyanto, 1996: 22), penelitian sejarah adalah penelitian yang secara eksklusif memfokuskan kepada masa lalu. Penelitian ini mencoba merenkonstruksi apa yang terjadi pada masa yang lalu selengkap dan seakurat mungkin, dan biasanya menjelaskan mengapa hal itu terjadi.


• Menurut Donald Ary dkk (Yatim Riyanto, 1996: 22) menyatakan bahwa penelitian sejarah adalah untuk menetapkan fakta dan mencapai simpulan mengenai hal-hal yang telah lalu, yang dilakukan secara sistematis dan objektif oleh ahli sejarah dalam mencari, mengevaluasi dan menafsirkan bukti-bukti untuk mempelajari masalah baru tersebut.

Pengertian Menurut Ahli
• Menurut Drs. Mardalis (2008: 26), penelitian deskriptif adalah bentuk
penelitian yang memiliki tujuan untuk mendeskripsikan sesuatu yang sedang berlaku saat itu juga. Didalam jenis penelitian ini yang dilakukan adalah melakukan pengumpulan informasi yang ada tanpa melakukan hipotesa. Kemudian disusunlah informasi tersebut berdasarkan variabel yang dibutuhkan.

• Moh. Nazir (2003: 54) menerangkan bahwa penelitian deskriptif mempelajari masalah-masalah dalam masyarakat, serta tata cara yang berlaku di masyarakat serta situasi-situasi tertentu termasuk tentang hubungan kegiatan-kegiatan, skiap-sikap, pandangan-pandangan serta proses-proses yang sedang berlangsung dan pengaruh dari suatu fenomena.

• Menurut Sugiyono (2003:11), penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independen) tanpa membuat perbandingan dengan variabel yang lain.

1. Studi tentang strategi pemasaran produk dan perekrutan anggota pada PT Global Media Nusantara Stocist Parbina.

2. Studi tentang strategi bertahan pedagang makanan tradisional.

3. Studi tentang strategi pedagang waralaba dalam merekrut pelanggan.

Pegertian Menurut Ahli
• Menurut Sumadi Suryabrata (Sugiyono, 2011:79), penelitian perkembangan adalah penelitian yang bertujuan untuk menyelidiki pola dan urutan pertumbuhan dan perubahan sebagai fungsi waktu.

• Menurut Sujadi (2003:164), penelitian perkembangan adalah suatu proses langkah-langkah mengembangkan suatu produk, atau menyempurnakan produk yang telah ada, yang dapat dipertanggungjawabkan.

• Menurut Sugiyono (2011:407), penelitian perkembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut.



Penelitian Kasus atau Lapangan
Pengertian Menurut Ahli
• Winarno Surakhmad (1990:193), penelitian kasus dan lapangan adalah penelitian yang membatasi pendekatan penelitian kasus sebagai suatu pendekatan yang memusatkan perhatian pada suatu kasus secara intensif dan rinci.

• Menurut John W. Creswell (2007:73), penelitian kasus adalah pendekatan penelitian kualitatif di mana peneliti mengeksplorasi kasus dari waktu ke waktu melalui perincian, pengumpulan data secara mendalam yang melibatkan berbagai sumber informasi yang kaya dengan konteks.

• Bogdan dan Bikien (1982:58), penelitian kasus adalah pengujian secara rinci terhadap satu latar atau satu orang subjek atau satu tempat penyimpanan dokumen atau satu peristiwa tertentu.

Menurut Kelompok Kami
Penelitian kasus dan penelitian lapangan adalah penelitian yang mendalam mengenai kasus tertentu yang hasilnya merupakan gambaran lengkap mengenai kasus itu, antara lain mencakup keseluruhan siklus kehidupan, kadang-kadang hanya meliputi segmen-segmen tertentu pada faktor-faktor kasus.
Contoh:
1. Pengaruh event marketing terhadap volume pengunjung di Sun Plaza.

2. Analisis kelayakan bisnis PT Bina Sarana Jaya Murni.

3. Analisis sikap konsumen terhadap deterjen krim merk ekonomi di Medan.

Penelitian
Korelasional
Pengertian Menurut Ahli
• Menurut Gay (Emzir, 2008: 38), penelitian korelasional adalah penelitian yang melibatkan pengumpulan data untuk menentukan apakah, dan untuk tingkatan apa, terdapat hubungan antara dua atau lebih variable yang dapat dikuantitatifkan.

• Menurut Zechmester (Emzir, 2008: 37), penelitian korelasional menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian ang berfokus pada enaksiran ada kovariasi di antara variable yang muncul secara alami.

• Menurut Borg & Gall (Ibnu Hadjari, 1996: 277), penelitian korelasional adalah dimana seorang peneliti berusaha menghubungkan suatu variable dengan variable lain untuk memahami suatu fenomena dengan cara menentukan tingkat atau derajat hubungan di antara variable-variable tersebut.
Menurut Kelompok Kami
Penelitian korelasional adalah kegiatan penelitian yang didasarkan pada penarikan hubungan antar variable baik itu dua variable maupun lebih yang bertujuan guna mengetahui keterkaitan antar variable.
Contoh:
1. Analisa korelasi produk untuk penentuan strategi di Swalayan Matahari Medan.

2. Hubungan manajemen persediaan yang baik dengan kepuasan pelanggan.

3. Korelasi lokasi bisnis dengan daya minat beli konsumen.

Penelitian Eksperimental
Pengertian Menurut Ahli
• Menurut Sugiyono (2011: 72), penelitian eksperimental dapat diartikan sebagai metode penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.

• Menurut Fraenkel, dkk (2012: 265) menyatakan bahwa penelitian eksperimental adalah satu-satunya jenis penelitian yang secara langsung mencoba untuk mempengaruhi suatu variabel tertentu, dan ketika benar diterapkan.

• Menurut Faisal (1982: 76), penelitian eksperimental merupakan suatu metode yang sistematis dan logis untuk menjawab pertanyaan :”Jika sesuatu dilakukan pada kondisi-kondisi yang dikontrol dengan teliti, maka apakah yang akan terjadi?”
Menurut Kelompok Kami
Penelitian eksperimental adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui akibat yang ditimbulkan dari suatu perlakuan yang diberikan secara sengaja oleh peneliti.
Contoh:
1. Menguji kebeneran kegiatan yang dilakukan para pembisnis online atau jual beli barang melaui online.

2. Seorang mahasiswa administras bisnis, magang di suatu perusahaan untuk meneliti apakah struktur manajemen perusahaan tersebut baik atau tidak.

3. Seorang peneliti ingin membandingkan harga mobil Toyota yang baru dengan mobil Toyota yang second.


Penelitian
Tindakan
Pengertian Menurut Ahli
• Menurut Husaini Usman (2008:6), Penelitian aksi atau penelitian tindakan adalah penelitian yang bertujuan mengembangkan keterampilan atau cara pendekatan baru dan untuk memecahkan masalah dengan penerapan langsung di dunia kerja atau dunia aktual yang lain.

• Menurut I Made Wirartha (2005:14), Penelitian aksi adalah penelitian perorangan atau kelompok yang menghendaki perubahan dalam situasi tertentu untuk menguji prosedur yang diperkirakan akan menghasilkan perubahan.

• c. Menurut Hopkins (Rochiati Wiriaadmadja, 2005:11), penelitian tindakan adalah penelitian yang mengkombinasikan prosedur penelitian dengan tindakan substantive, suatu tindakan yang dilakukan dalam disiplin inkuiri, atau usaha seseorang untuk memahami apa yang sedang terjadi, sambil terlibat dalam sebuah perbaikan dan perubahan.
Menurut Kelompok Kami
Penelitian tindakan adalah penelitian yang mengembangkan suatu metode dengan kreatif dan inovatif. Maksudnya kreatif adalah memikirkan hal-hal baru atau memperbaharui yang sudah ada, dan inovatif adalah melakukan hal-hal yang baru atau memberi warna baru pada tindakan yang sudah ada.
Contoh:
1. Model Bisnis di internet dengan modal kecil untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Penelitian tentang keterampilan kerja yang sesuai bagi siswa putus sekolah di suatu daerah.

3. Penyusunan program penjagaan dalam pencegahan kecelakaan pada pekerja di pertambangan PT Freeport.

Daftar Referensi
Bogdan, R.C. and Bicklen, S.K. 1982.
Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods.
Allyn and Bacon, Inc
Borg, W.R. Gall, M.D. 2007.
Educational Research: An Introduction
. New York and London: Longman
Creswell, John W. 2007.
Qualitative Inquiry and Research Design, Second Edition
. California: Sage Publication
Emzir, Prof. Dr. 2008.
Metodologi Penelitian Pendidikan
. Jakarta: Rajawali Pers
Faisal, S. (1982).
Metodologi Penelitian Pendidikan.
Surabaya: Usaha Nasional.
Fraenkel, W. &. (2012).
How to Design and Evaluate Research in Education.
New York: McGraw Hill.
Hadjar, Ibnu Drs. 1996.
Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan.
Jakarta: Rajawali Pers
Mardalis, Drs. 2008.
Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal.
Jakarta: Bumi Aksara
Nazir, Mohammad. 2003.
Metode Penelitian.
Jakarta: Ghalia Indonesia
Riyanto, Yatim. 1996.
Metodologi Penelitian Pendidikan.
Surabaya: SIC
Sugiyono. 2003.
Metode Penelitian Bisnis.
Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2011.
Metode Penelitian Bisnis Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D.
Bandung: Alfabeta
Surakhmad, Winarno. 1990.
Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Tehnik.
Bandung: Tarsito
Usman, Husaini. 2009.
Metodologi Penelitian Sosial.
Jakarta: Bumi Aksara
Wirartha, I Made. 2005.
Metodologi Penelitian Sosial Ekonomi.
Denpasar: Andi Yogyakarta
Wiriaatmadja, Rochiati Prof. 2005.
Metode Penelitian Tindakan Kelas.
Bandung: Remaja
Full transcript