Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

SKRIPSI KRISIS YUNANI

No description
by

reisa yemima

on 18 December 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of SKRIPSI KRISIS YUNANI

Krisis Yunani dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian Uni Eropa periode 2008-2012
oleh: Reisa Yemima Hutauruk
npm: 04320090041
Latar Belakang..
Jika mengingat Yunani maka kita akan terbayang negara pariwisata yang indah, dengan kapal-kapalnya, negara dengan dewa-dewi dan mitologinya, belum lagi fakta bahwa banyak pemikir dan filsuf berasal dari Yunani. Namun pada akhir 2009 dunia dikejutkan dengan krisis yang melanda negara ini. Krisis inipun mengancam stabilitas negara-negara penganut mata uang euro dan bahkan Uni Eropa.
Rumusan Masalah..
Dalam penulisan ini, saya merumuskan beberapa hal yang akan menjadi pokok bahasan dalam penulisan ini, yaitu:

1. Apa faktor yang mengakibatkan terjadinya Krisis Yunani?

2. Apa implikasi yang ditimbulkan oleh krisis Yunani terhadap stabilitas perekonomian di Uni Eropa?

3. Bagaimana interaksi antara pemerintah Yunani dan Uni Eropa dalam mengatasi Krisis Yunani?

Pemilihan kurun waktu yaitu periode 2008 sampai dengan periode 2012 juga menjadi salah satu rumusan penting, karena pada tahun 2008 telah terjadi krisis keuangan, dan pada akhir tahun 2009 Yunani secara resmi mengumumkan bahwa negaranya sedang mengalami resesi.
Tujuan?..
Tujuan saya dalam penelitian ini adalah:

1. Menjelaskan faktor – faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya krisis ekonomi Yunani.

2. Menjelaskan dampak krisis ekonomi Yunani terhadap stabilitas perekonomian Uni Eropa dan implikasi krisis ekonomi Yunani yang berimbas pada negara-negara anggota Uni Eropa lainnya.

3. Untuk menganalisa interaksi antara pemerintah Yunani dan Uni Eropa dalam mengatasi Krisis Yunani.
Dalam melakukan penelitian ini terdapat beberapa konsep dan teori yang saya pergunakan, yaitu:

Neoliberalisme
Globalisasi
Kerjasama Internasional
Organisasi Internasional
Ekonomi Politik Internasional
Hutang Luar Negeri
Efek Domino
Bantuan Internasional
Program-program bantuan ekonomi
Kerangka Berpikir..
HASIL DAN PEMBAHASAN
Uni Eropa sebagai Economic
and Monetary Union
European Community terbentuk atas tiga traktat yang menjadi dasar pendiriannya sampai sekarang yaitu, European Coal, Steel Community, “The European Economic Community, dan European Atomic Energy Community”. Ketiga traktat tersebut incorporated menjadi European Community. Setelah melalui proses dan tahapan tertentu, berhasil diformulasikan traktat yang mengatur persekutuan negara-negara Eropa ini yang dikenal sebagai ECT (European Community Treaties), yang menjadi konstitusi masyarakat Eropa.
Bentuk dari adanya economic union adalah negara-negara anggota sepakat untuk menggunakan suatu mata uang tunggal dan mendirikan suatu bank sentral tunggal dalam kawasan, meskipun bank sentral nasional masing-masing negara tetap dipertahankan. Kesepakatan ini terjadi pada tahun 1999 melalui perjanjian Maastrict untuk menggunakan suatu mata uang tunggal di kawasan ini, yaitu Euro, dan resmi diberlakukan sebagai mata uang resmi Eropa pada tahun 2004. Tahapan dalam membentuk Economic and Monetary Union ini melalui proses yang panjang. Melalui tahapan ini jugalah terbentuk European Monetary Institute, pada tahun 1994-1999, dan memprakarsai terbentuknya European Central Bank atau ECB.
Bank Sentral Eropa (ECB)
Sistem dalam Uni Eropa kompleks dan memiliki dua lapisan, yang pertama adalah ESCB (European System of Central Banks), yang merupakan gabungan dari ECB dan 27 bank sentral nasional dari negara-negara yang mengadopsi Euro sebagai mata uangnya maupun negara-negara yang tidak. Lapisan yang kedua adalah Eurosystem, yang merupakan gabungan dari ECB dan 17 bank sentral nasional dari negara-negara yang mengadopsi Euro sebagai mata uangnya. Lapisan inilah yang dikenal sebagai Eurozone.
Convergence Criteria (Maastrict Criteria) dalam Eurozone sebagai Acuan dalam Menjaga Stabilitas Perekonomian
Penggunaan Euro sebagai mata uang dalam suatu negara haruslah mempunyai suatu kriteria terlebih dahulu. Hal ini merupakan peraturan dasar yang harus diikuti oleh negara-negara yang ingin tergabung dalam Eurozone.
Meskipun sistem ekonomi setiap negara anggota bersifat heterogen, dan setiap negara memiliki bank nasional yang independen, namun dalam hal ini sistem tersebut haruslah selaras dengan sistem yang diciptakan oleh Uni Eropa.
Kriteria dasarnya apa...?
Perekonomian Yunani dalam Eurozone
Yunani bergabung dengan Uni Eropa pada 1981 dengan menggunakan mata uangnya yaitu drachma. Pada tahun 1999 perjanjian Maastrict diratifikasi, namun Yunani masih menggunakan mata uangnya tersebut karena dirasakan belum memenuhi standar persyaratan fiskal yang ada untuk bergabung dalam Eurozone. Pada tahun 2001 Yunani dinyatakan sudah mampu untuk mengadopsi mata uang Euro, dan pada tahun 2002 bank nasional Yunani Τράπεζα της Ελλάδος mengadopsi Euro sebagai mata uangnya.

Pada tahun 2004 Yunani telah terbukti tidak dapat menjalani persyaratan kriteria yang ada pada Convergence Criteria. Menurut mantan kepala ekonom Bank Sentral Eropa, Otmar Issing (2011) Yunani telah terbukti menyalahgunakan dan membuat laporan keuangan yang tidak benar agar dapat masuk dalam Eurozone. Berdasarkan data yang diperoleh dari Eurostat, sejak tahun 2001 saat Yunani bergabung dengan Eurozone, presentase rasio hutang pemerintah Yunani terhadap PDB selalu berada diatas 60% dan presentase defisitnya selalu diatas 3%. Lemahnya struktur ekonomi ini menyebabkan kandasnya perekonomian Yunani pada akhir tahun 2009 dengan defisit anggaran sebesar 15,6% dan menyebabkan krisis finansial global.
Faktor-faktor Internal Penyebab terjadinya Krisis Yunani..
1. Pengeluaran pemerintah yang besar dan kurang mencapai target yang tepat, kurang adanya program-program yang meningkatkan pendapatan, anggaran militer yang besar.

2. Terlampau banyaknya jumlah pegawai negeri dan biaya dana pensiun yang dikeluarkan pemerintah Yunani, besarnya upah minimun yang ditetapkan Yunani.

3. Tingginya tingkat korupsi di Yunani, yang berakibat pula pada birokrasi yang buruk. Banyak juga penggelapan dana pajak yang dilakukan pemerintah Yunani.

4. Peraturan dalam ECB dengan mata uang tunggal yang menyebabkan tidak mampunya negara Eurozone untuk mengatur sistem moneter negaranya sendiri, dan dapat menyebabkan daya saing negara berkurang.
Faktor-faktor Eksternal Penyebab terjadinya Krisis Yunani...
1. Mudahnya mendapatkan dana pinjaman hutang anggota Eurozone dan kurang ketatnya pengawasan akan negara anggota yang melanggar SGP.

2. Krisis Finansial Global pada tahun 2008. Hal ini berakibat pada rendahnya tingkat investasi dan kepercayaan investor dalam menyimpan dana.

Kekhawatiran akan Timbulnya Efek Domino pada Negara-Negara Uni Eropa dikarenakan Krisis Yunani
Kerjasama Yunani dengan Uni Eropa dalam Penyelesaian Krisis Ekonomi Yunani yang Berkepanjangan
Economic Adjustment Programme dalam Memorandum of Economic and Financial Policies sebagai Kesepakatan antara Pemerintah Yunani dan Uni Eropa dalam Mengatasi Krisis
Program-program dan Dampaknya bagi Yunani?
Jadi......
KESIMPULAN DAN SARAN dari Saya adalah...
Sekian dan Terima Kasih Pak Aleks, Pak Roy, dan Pak Ignatius.. God Bless
Full transcript