Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Pancasila

No description
by

Adi Nugroho Widiantroro

on 13 October 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pancasila

Pengetian narasumber mengenai sila ke 5 :
Beliau tidak mengetahui keseluruhan dari bunyi pancasila sendiri, dan salah satu yang tidak diketahui beliau adalah sila ke 5. Jadi beliau tidak memiliki pengetahuan mengenai pancasila khususnya sila ke 5.

Pancasila
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
Pertanyaan yang dilontarkan
Apakah Narasumber Mengetahui tentang Pancasila Sila 5.
Bagaimana menurut mereka eksistensi keadilan di Indonesia.
Relevansi sila ke 5 terhadap kehidupan bermasyarakat di Indonesia.
Pengertian keadilan menurut narasumber.
Golongan Atas
Narasumber : Drg. Ansar Arifin
HASIL
OBSERVASI
Keadilan dimata seluruh golongan masyarakat
Golongan Atas
Narasumber :
Panji Oxen (Owner Bandcloth)
Golongan Bawah
Narasumber :
Pak Fardhi (Pedagang Asongan)
Golongan Bawah
Narasumber : Eli Candra Winata (Pemulung)
Adinugroho Widiantoro 2010200130
Maurin Alexander 2011200060
Eldreangky Reynardta 2011420136
Thomas Agung 2011110014
Ramadhan Pandu A.P.L 2012200314
Christopher Gunawan 2012200254
Rido Aulia Rachman 2012120205
Irfan Sarvi 2013130201
Pengertian narasumber mengenai sila ke-5 :

Cukup mengetahui bunyi dari sila ke-5, akan tetapi tidak mengetahui lambang dari sila ke-5 sendiri.

Pengetian sila ke 5 :
Dia dapat menyebutkan secara tegas mengerti bunyi dari sila ke 5 ''keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia'', meskipun dia tidak dapat mengetahui lambang dari sila ke-5 tersebut.

Pengertian narasumber mengenai sila ke-5 :
Beliau tidak mengetahui isi sila kelima Pancasila. Namun, beliau mengerti Pancasila sebagai dasar negara Indonesia, tetapi beliau tidak memahami substansi-substansi Pancasila.

Pengertian mengenai sila kelima Pancasila:
Mengerti tetapi tidak dapat menyebutkan bunyi sila kelima secara tepat, beliau hanya menyebutkan “Keadilan sosial dalam masyarakat.” Seharusnya bunyi sila kelima adlah “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.”
Golongan Menengah
Narasumber :
Nanang Hermawan (Office Boy)
Apakah lebih penting keadilan atau kemakmuran?
Bapak Ansar menyatakan bahwa memang benar keadilan lebih penting dan harus lebih didahulukan dari pada kemakmuran
Dimana narasumber sendiri menyetujui bahwa rakyat dapat hidup tanpa kemakmuran tetapi rakyat tidak dapat hidup tanpa keadilan.
Bagaimana eksistensi sila ke-5 pada saat ini menurut narasumber :
Sila ke-5 sendiri dengan bunyi di dalamnya, menurut narasumber sebenarnya sudah diusahakan pewujudannya dengan berbagai program pemerintah dan lainnya, akan tetapi dengan kendala wilayah Indonesia yang sangat luas dan terdiri dari banyak pulau
Jadi sila-5 belum bisa dikatakan “eksis” atau sudah terwujud dalam masyarakat. Karena bunyi dari sila ke-5 yaitu “keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia” masih belum terwujud dan belum mendekati harapan masyarakat, dilihat dari masih banyaknya diskriminasi di dalam masyarakat Indonesia.
Eksistensi dalam kehidupan bermasyarakat di indonesia :
Belum sepenuhnya masih berpihak terhadap kelas atas, pihak bawah sering diacuhkan. Seperti contoh yang ia berikan, mengenai kasus - kasus hukum yang terjadi di Indonesia, ia mengatakan kalau kasus mengenai kasus kalang atas seperti kasus pencucian uang
Padahal mereka yang mencuri tersebut belum tahu motif nya seperti apa. Siapa tau mereka (kalangan bawah) melakukan tindakan tersebut sengaja mencuri demi kebutuhan hidupnya agar dapat bertahan hidup.
Perwujudan keadilan di Indonesia yang dilakukan oleh Pemerintah:
Bagi Oxen, keadilan di Indonesia itu masih ada untuk hal tertentu, mungkin sebagai contohnya setiap ada kasus - kasus tindak pidana di Indonesia diusut dan terkadang bisa menciptakan keadilan bagi masyarakat hanya saja keadilan tersebut belum sepenuh nya
Dapatkah kita menyalahkan Pemerintah akibat belum makmurnya seluruh rakyat Indonesia :
Tidak bisa sepenuhnya menyalahkan pemerintah atau aparat pemerintah dan instansi pemerintahan, seharus nya kita sebagai Warga Negara Indonesia harus ambil andil untuk memilih wakil dan juga kita harus selektif untuk memilih pemerintah dan pemerintah yang kita pilih juga harus benar - benar kompeten dan memihak pada masyarakat umum. Ibaratnya dari seratus (100) orang yang mencalonkan pasti ada satu (1) orang yang benar - benar kompeten dan jujur serta memihak pada masyarakat umum sehingga kita dapat merasakan arti dari Keadilan Bagi Seluruh Rakyat Indonesia. Jadi, bisa dibilang juga kita juga salah dalam hal memilih siapa pemimpin terbaik untuk Indonesia.

Eksistensi dalam kehidupan bermasyarakat di indonesia :
Beliau mengatakan bahwa keadilan di indonesia tidak terasa, bahkan tidak ada karena menurut beliau keadilan dapat dibeli dengan uang. Bapak nanang sendiri dalam kehidupannya pernah merasakan ketidakadilan dalam masyarakat, antara lain saat mencari pekerjaan, dalam program SKTM, dan juga program BLT
Maka pak nanang secara keseluruhan berpendapat bahwa sila ke 5 masih belum terealisasikan sesuai dengan seharusnya, akan tetapi pak nanang mengatakan bahwa seharusnya sila ke 5 sangat penting untuk direalisasikan.
Relevansi sila ke 5 terhadap kehidupan bermasyarakat di indonesia:
Relevansi sila ke 5, dilihat dari kondisi masyarakat dan praktek - praktek sosial yang terjadi didalam masyarakat memang masih relevan dan dibutuhkan oleh kehidupan masyarakat indonesia saat ini.
Pengertian keadilan menurut narasumber:
bapak nanang yang menyatakan bahwa keadilan di indonesia masih jauh dari harapan, mengumpamakan keadilan yang seharusnya seperti menaruh sebuah benda pada tempat yang seharusnya dan sesuai porsinya.

Bagaimana eksistensi dan relevansi sila ke-5 pada saat ini menurut narasumber :
Sila kelima Pancasila hanyalah sebuah wacana tanpa ada realisasi yang mendukung dalam kehidupan nyata. Keadilan yang ada hanyalah bagi kalangan atas, di mana kalangan bawah kurang mendapatkan keadilan.
"Sesuatu yang hanya bacaan yang substansinya tidak dipahami dan diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat."
Pengertian keadilan yang faktual :
Keadilan adalah kemudahan yang setara antara yang berkemampuan ekonomi tinggi, menengah, dan bawah. Keadilan juga berarti tidak ada diskriminasi antar golongan.
Eksistensi sila kelima dalam kehidupan bermasyarakat di Indonesia:
Eksistensi sila kelima hanya sebagian saja ada di dalam masyarakat Indonesia. Keadilan itu ada, namun tidak semuanya diperlakukan demikian. Hal ini disebabkan oleh setiap individu manusia mengelompokkan dirinya masing-masing ke dalam kelompok yang memiliki beberapa kesamaan dengan dirinya, sehingga terciptalah kelompok-kelompok dalam masyarakat
Sehingga dalam kehidupan masyarakat Indonesia, pandangan terhadap suatu individu bukan hanya berkaitan mengenai individu tersebut namun juga berkaitan terhadap kelompok individu tersebut atau dengan kata lain terjadi pengecapan antara satu dengan yang lain dalam masyarakat Indonesia.
Relevansi sila kelima terhadap kehidupan bermasyarakat di Indonesia:
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia masih relevan untuk diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat Indonesia. Keadilan yang merata dalam kehidupan sosial seluruh masyarakat Indonesia.
Pengertian keadilan yang faktual:
Keadilan adalah kesetaraan dalam masyarakat baik hak maupun kewajiban, kendati berbeda-beda, namun perlakuan yang diterima harus setara, tidak dipengaruhi kelas sosial, status, dan lain sebagainya.

Kesimpulan
Dilihat dari penjelasan awal mengenai sila ke-5 dari Pancasila. Dimana bisa dilihat bahwa keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia yang dimaksud adalah dengan terciptanya kebahagiaan yang merata, tidak adanya penghinaan atau perbedaan di antar masyarakat secara keseluruhan, tidak hanya untuk satu atau beberapa kelompok.
TERIMAKASIH
Full transcript