Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Sejarah Peradaban Yunani Kuno

Tugas Sejarah Kelas XH semester 2
by

Nurul Azizah Hatami

on 30 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Sejarah Peradaban Yunani Kuno

Annisa Dinda Soraya
Desy Kusumarini
Kindah Mahdiah
Nurul Azizah Hatami Peradaban Yunani Masa Jaya & Kemunduran Antara wilayah- wilayah di Yunani tersebut sulit untuk berhubungan yang disebabkan oleh alam yang berbukit-bukit, sehingga jadilah kota-kota yang disebut Polis. Ada dua polis yang terkenal yaitu : Sistem Pemerintahan Bangsa Yunani kuno percaya kepada dewa-dewa (politheisme) yang digambarkan wujudnya seperti manusia. Dewa utama yang paling dipuja-puja adalah Dewa Zeus.
Karena dewa zeus dianggap bapak dari semua dewa dan manusia. Dewa zeus menguasai dunia yang bertakhta di bukit helicon.
Dewa pallas adalah dewa pelindung ilmu pengetahuan.
Dewa hermes adalah dewa perdagangan.
Poseidon dewa laut, dan hades dewa kematian. Dewa hades bertakhta di neraka dan dijaga anjing bernama cerberus. Masih ada lagi dewa yang lain, yaitu ares (dewa perang), aphrodite (dewa kecantikan) dan artemis (dewa perburuan). Sistem Kepercayaan PENINGGALAN BUDAYA Peradaban Yunani Kuno mencapai masa keemasannya pada abad ke-5 sampai ke-4 SM.

Sepanjang masa keemasan itu, Yunani Kuno dipimpin oleh polis-polis kuat secara bergantian:
Polis Athena 450-404 SM
Polis Sparta 404-307 SM
Polis Thebes 371-338 SM

Akibat terjadinya peperangan antar-polis yang terjadi, Bangsa Yunani menjadi lemah dan akhirnya diambil alih oleh Kerajaan Makedonia yang dipimpin Raja Philip pada 338 SM.

Raja Philip membawa kejayaan kembali di Yunani. Namun setelah berakhirnya masa Raja Alexander Agung, Bangsa Yunani berhasil dikalahkan oleh Republik Romawi. pada 146 SM Tokoh 1. Heredotus
2. Archimedes
3. Phytagoras 4. Plato
5. Aristoteles
6. Alexander Agung - Seorang filsuf Yunani dan polymath
- Lahir : 384 SM Stagira, Chalcidice
- Murid dari Plato dan guru dari Alexander Agung
-Julukan : Bapak ilmu pengetahuan.
-Tulisan-tulisannya banyak yang mencakup mata pelajaran termasuk fisika, puisi, musik, etika, biologi dan zoologi.
-Bersama dengan Plato dan Socrates, Aristoteles adalah salah satu tokoh pendiri paling penting dalam filsafat Barat.
-Di bidang ilmu alam, ia merupakan orang pertama yang mengumpulkan dan mengklasifikasikan spesies-spesies biologi secara sistematis.
-Meninggal pada umur 62 tahun Aristoteles Alexander Agung -Alexander Agung, seorang penakluk asal Makedonia
-Alexander lahir pada bulan Juli 356 SM, di Pella,
ibukota Kerajaan Makedonia.
-Alexander tidak pernah kalah dalam pertempuran
-Alexander menemukan 70 kota dan menaklukkannya dan memerintahkan untuk menamai kota-kota tersebut sesuai namanya
-Pada 10 atau 11 Juni 323 SM, Alexander meninggal di istana Nebukadnezar II, di Babel pada usia 32 tahun.
-Setelah kematian Alexander, kerajaannya dibagi menjadi 3 : Eropa yang diatur oleh Antigonus, Asia yang dikuasai oleh Seleukus, dan Mesir yang diperintah oleh Ptolemy. Athena Athena merupakan Polis yang menerapkan sistem Demokrasi.
Sistem itu diperkenalkan oleh Solon (638 SM-559 SM). Dengan sistem itu, kekuasaan berada di tangan dewan rakyat.

Pemerintahan dilakukan oleh sembilan orang Archon yang setiap tahun diganti. Para Archon diawasi oleh Aeropagus (Mahkamah Agung) yang para anggotanya berasal dari mantan anggota Archon.

Athena banyak menghasilkan para filosof yang pemikirannya sangat berpengaruh pada kehidupan manusia hingga dewasa ini. Sparta Pemerintahan Sparta didasari oleh pemerintahan yang bergaya militeristik. Pola ini diperkenalkan oleh Lycurgus tahun 625

Pemerintahan dipegang oleh dua orang raja, sementara pelaksana tertinggi dipegang oleh suatu dewan yang bernama Ephor yang terdiri dari lima orang.

Setiap Ephor memiliki dewan tua yang berusia lebih dari 60 tahun, yang bertugas untuk mempersiapkan UU yang diajukan kepada dewan rakyat (perwakilan dari semua warga kota). Letak Strategis Yunani merupakan salah satu pusat peradaban tertua di eropa. Yunani terletak di sekitar Laut Tengah yang sangat strategis dalam pelayaran. Peradaban Yunani lahir di lingkungan geografis yang sebenarnya tidak mendukung.

Tanah Yunani tidak seperti Mesopotamia, Huang Ho, ataupun Mesir yang subur. Yunan merupakan tanah yang kering, dengan banyak benteng alam yang kuat berupa jurang-jurang yang terjal, gunung-gunung yang tinggi, serta pantai-pantai yang curam dan terjal. Seni Sastra Sastrawan terkenal dari Yunani adalah Homerus yang menulis kitab Illiad dan Odysseia. Kedua kitab tersebut berkaitan erat dengan kejadian sejarah yang disebut perang Troya. Kota Troya terletak di Semenanjung Anatolia di Selatan Selat Dardanella. Seorang peneliti dari Jerman yang bernama Heinrich Schlieman telah menemukan beberapa bukti peninggalan peradaban kota Troya seperti yang dilukiskan dalam karya Komerus tersebut. Apa isi karya Kitab Illiad menceritakan kejadian perang Troya yang disebabkan karena puteri Helena dari Sparta dilarikan oleh Pangeran Paris dari Troya. Seni Pahat Pada awalnya seni patung/pahat Yunani menghasilkan patung seperti patung bangsa Mesir, kemudian dikembangkan menjadi lebih hidup dengan gaya naturalis. Patung dibuat dari marmer dan perunggu. Pemahat yang terkenal di Yunani bernama Phidias, sedangkan arsitek bangunan yang terkenal antara lain bernama Ikhtinus.Seni pahat menghasilkan berbagai patung para dewa maupun tokoh yang terkenal misalnya Dewa Zeus, Perikles, Plato, Aristoteles dan lain-lain Filsafat Seperti sudah disinggung pada uraian pemerintahan Yunani, ternyata polis Athena melahirkan banyak ahli pikir yang mewariskan pengetahuannya bagi umat manusia. Tepatlah ungkapan Socrates yang menyatakan : “Bila Anda ingin menemukan orang kuat pergilah ke Sparta, tetapi bila Anda ingin menjumpai orang pintar dan bijak, datanglah ke Athena”.
3 filsuf dari yunani
- Socrates (469-399 S.M.),
- Plato (427-347 S.M.),
- Aristoteles (384-322 S.M.).
Full transcript