Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Perkembangan Teori Evolusi

No description
by

kevin liong

on 9 September 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Perkembangan Teori Evolusi

PERKEMBANGAN TEORI
EVOLUSI
Evolusi : ilmu yang mempelajari perubahan yang berangsur-angsur menuju ke arah yang sesuai dengan masa dan tempat
384-322 sm
600-546 sm
1769-1832
1707-1778
428-348 sm
Plato
Ia membayangkan seorang pencipta yang menciptakan dunia dari kehancuran dan kemudian menciptakan dewa-dewa yang lalu membuat manusia laki-laki. Wanita dan hewan timbul dari reinkarnasi jiwa laki-laki. Makin cacad jiwa itu makin rendah reinkarnasinya.
Aristoteles
Adalah seorang pengamat alam yang teliti dan melihat banyak bukti mengenai desain dan tujuan. Menurut pandangan Aristoteles telah terjadi proses penyempurnaan di bumi oleh kekuatan supernatural, kekuatan yang membimbing penyempurnaan sehingga terdapat beraneka ragam makhluk hidup. Beliau menggolongkan semua organisme di dalam suatu skala alam atau nature scale yang meliputi dari organisme sederhana sampai yang kompleks.
Anaximander
Beliau dapat dipandang sebagai pelopor dari ajaran desendensi oleh karena ia mengajarkan bahwa kosmos itu mungkin terbebtuk dari kekacoan, kehidupan itu timbul dari zat mati, sedangkan makluk yang tinggi tingkatannya timbul dari makluk yang rendah tingkatannya. Akan tetapi teori ini sama sekali tidak mempunyai pengaruh apa-apa terhadap alam pemikiran para sarjana di zaman itu dan di zaman berikutnya.
Carolus Linnaeus
Carolus Linnaeus dilahirkan tanggal 23 Mei 1707 disebuah desa kecil di Swedia, sebagai anak seorang pendeta.Pada umur 24 tahun ia sudah memberi kulaih-kuliah dan demonstrasi pada Universitas di Uppsala.Pada tahun 1735 ia telah lulus dari Universitas Harderwijk yang dibubarkan dalam abad 19. Kemudian ia pergi ke Leiden dan mencetak buku ”systema Naturae”. Dalam buku ini pembagian sistematiknya sudah dibentangkan secara skematis.
Cuvier
Cuvier adalah anak dari seorang bangsa Prancis yang telah melarikan diri ke negeri Jerman, ia akhirnya belajar di negeri ini. Pada tahun 1831 ia diangkat menjadi bangsawan yang tertinggi dari Prancis. Ia menyampaikan bahwa sisa-sisa hewan yang telah mebatu itu adalah dari sisa hewan yang telah mati di zaman dulu. Mammouth yang dikeluarkan dari timbunan es di Rusia dengan utuh itupun telah diketahui oleh Cuvier.

Sejarah
Masa teori fixisme : pada abad ke-18, para ilmuwan beranggapan bahwa suatu jenis organisme adalah tetap dan tidak mengalami perubahan. Setiap jenis makhluk hidup atau spesies yang sempurna adalah stabil tidak lagi mengalami perubahan.


Masa teori J. B. Lamarck : pada masa teori ini para ilmuwan beranggapan bahwa evolusi makhluk hidup terjadi sebagai suatu akibat respon makhluk hidup terhadap lingkungannya. Yang man aktivitas dan kebiasaan yang dipengrauhi oleh lingkungan tersebut kemudian diturunkan kepada generasi berikutnya


Teori
Lamarck
1.
Bahwa di bumi ini mula-mula timbul makluk hidup yang sederhana, yang mungkin berasal dari benda-benda mati (dengan jalan Generatio Spontanea), akan tetapi dari makluk yang sederhana ini kemudian dalam tempo yang panjang sekali timbulah jenis-jenis makluk yang hidup sampai sekarang, tanpa ada penghentian jalannya kehidupan seperti yang dimaksudkan dalam cerita kiamat dari kitab Injil ataupun teori bencana menurut Cuvier. Teori evolusi menganggap bahwa hewan bersel satu sebagai permulaan evolusi dan menganggap manusia sebagai akhir evolusi.
2.
Diantara sebab-sebab yang menyelenggarakan perubahan-perubahan dan penyempurnaan tubuh makluk hidup, Lamarck mengemukakan bahwa pentingnya mempergunakan dan tidak mempergunakan alat tubuh tertentu. Kalau sebuah alat tubuh sering digunakan maka ia akan tumbuh sempurna dan bila ia jarang digunakan ataupun tidak digunakan sama sekali maka ia akan terbelakang tumbuhnya, sedang tiap-tiap perubahan yang dialami oleh individu itu selama masa hidupnya kelak akan diturunkan kepada keturunanya, sehingga kelak sifat itu tampak sempurna pada keterunannya.
Masa teori evolusi Darwin : menurut Charles Robert Darwin (1809-1882) terjadinya evolusi dikarenakan adanya seleksi alam, sedangkan adaptasi merupakan penyebab terjadinya seleksi alam (mekanisme seleksi alam). Jerapah yang berleher panjang berasal dair yang berlehar panjang pula, sedangkan yang berleher pendek musnah. Faktor yang menyebabkan evolusi (mekanisme evolusi) adalah seleksi alam.


Teori
Darwin
1.
Variasi pada tumbuhan dan hewan merupakan suatu variasi karateristik yang muncul dalam penampakan fenotip organisasi tersebut.
2.
Rasio pertambahan terjadi secara geometrik, yaitu jumlah setiap spesies relatif tetap. Hai ini terjadi karena banyak individu yang tersingkir oleh predator, perubahan iklink dan proses persaingan.
3.
Struggle for existance merupakan suatu usaha individu organisme untuk bertahan hidup. Individu dengan variasi yang tidak sesuai untuk kondisi-kondisi yang umum dialam,akan tersingkir. Adapun individu-individu dengan variasi menguntungkan dapat melanjutkan kehidupannya dan memperbanyak diri dengan berproduksi.
4.
Menghasilkan the survival of fittest kelestarian didapat dari organisasi yang memiliki kualitas paling sesuai dengan lingkungan. Individu=individu yang dapat hidup akan mewariskan variasi-variasi tersebut kepada generasi berikutnya. Menurut Dawin terjadi evolusi karena adanya seleksi alam . Adaptasi merupakan penyebab terjadinya seleksi alam (mekanisme seleksi alam). Jerapah yang berleher panjang berasal dari yang berlehar panjang pula, sedangkan yang berleher pendek musnah. Faktor yang menyebabkan evolusi (mekanisme evolusi) adalah seleksi alam.
Bukti utama : Di antara individu-individu kebanyakkan spesis,terdapat berbagai variasi dan perubahan .Variasi ini sangat jelas di kalangan hewan ternak dan tumbuhan pertanian.Dalam perjuangan hidup ,organisme (hewan atau tumbuhan) yang akan terus hidup ialah yang paling mampu untuk mempertahankan diri atau menyesuaikan diri dengan keadaan iklim dan lingkungan sekitarnya.
Mutasi dan pemencilan memain peranan yang penting untuk mewujudkan sesuatu spesies yang baru.
Rekod-rekod fosil dari zaman purba yang dijumpai di lapisan geologi telah memberi bukti bahawa evolusi telah berlaku.

Bukti sampingan : Persamaan yang dapat dilihat dari "embrio" ke tahapan "fetus" antara organisme yang jelas berbeda pada saat dewasa,dapat digolongkannya organisme dalam kelas-kelas tertentu menurut ke turunan dan tingkat kesempurnaan,adanya anggota-anggota (organ) yang dianggap sebagai tidak berkembang.

Masa teori genetika : teori genetika dapat menerangkan bagaimana persamaan dan variasi diturunkan dan juga dapat menjelaskan dari mana keanekaragaman tersebut timbul. Hasil-hasil eksperimen terhadap berbagai varietas Pisum sativum (kacang ercis) yang dilakukan oleh Gregor mendel (1822-1884) yang ditemukan kembali pada tahun 1900 secara terpisah oleh Correns di Jerman, De Vries di Belanda dan Tschermark di austria, merintis pengembangan genetika sebagai suatu cabang biologi. Apa yang dikemukakan darwin mengenai adanya variabilitas menjadi penting dengan bantuan genetika.

Di samping variasi individu yang dapat terjadi karena pengaruh lingkungan, genetika menunjukkan adanya variasi genetik yang mempunyai arti teramat penting dalam menjelaskan proses evolusi, sebab variasi genetik inilah yang menjelaskan timbulnya ciri-ciri baru yang bisa diwariskan pada generasi berikutnya (inherited characteristic).


Masa neo-darwinian
Pandangan yang mengatakan peristiwa seleksi alam bukanlah sebab utama evolusi organik (mekanisme evolusi), tetapi hanya berperan sebagai faktor yang menentukan arah perubahan tersebut dan juga merupakan faktor penuntun, adalah hasil pengembangan dan penyempurnaan teori seleksi alam darwin yang kemudian dikenal dengan Neo darwinisme. Pada periode ini, para ahli menemukan bahwa ilmu genetika sangat dibutuhkan dalam menerangkan proses evolusi.


Masa evolusi modern

Saat ini, ilmuwan mulai berpikir untuk mengadakan pendekatan molekuler, fisiologi, perkembanga, dan banyak pendekatan lainnya terhadap teori evolusi. Pendekatan ini misalnya dilakukan dengan perbandingan protein darah (DNA) antar spesies berbeda dengan cara kromatografi atau elektroforesis.Konsep evolusi tidak hanya dikembangkan dengan mengandalkan ilmu genetika namun juga tinjauan tentang strktur DNA. Saat ini telaah tentang DNA mengungkapkan bahwa ada mekanisme perubahan pada tingkat molekul DNA, sehingga membawa pemahaman yang lebih baik pada proses perubahan organisasi makhluk hidup. Selian itu juga ditemukan adanya gen yang tidak banyak berubah selama proses evolusi sehingga dapat dilakukan perbandingan DNA untuk menentukan derajat persamaan antara spesies yang berbeda. Dengan demikian, dapat ditentukan jarak kekerabatan antara suatu makhluk hidup dengan makhluk hidup yang lainnya


1.
Evolusi merupakan ilmu yang mempelajari perubahan yang berangsur-angsur menuju ke arah yang sesuai dengan masa dan tempat. Teori evolusi merupakan suatu teori yang dinamis, selain penting dalam biologi juga dalam perkembangan teknologi.
2.
3.
Teori evolusi berkembang sejalan dengan perubahan zaman dan dapat digolongkan menjadi 6 masa teori yaitu masa teori fixisme, J.B. Lamarck, evolusi Darwin, genetika, neo-darwinian, dan evolusi modern.
4.
Kesimpulan
Teori evolusi biologis mengemukakan bahwa makhluk hidup merupakan hasil perkembanagn evolusi dari makhluk-makhluk hidup yang berbentuk lebih sederhana, yang secara perlahan-lahan berkembang menjadi berbagai spesies organisme. Namun, saat ini teori evolusi biologi tidak lagi identik dengan prototype darwinisme dan neo-darwinisme. Terdapat penjelasan yang berasal dari beberapa cabang biologi seperti genetika, sistematika, morfologi perbandingan, palaeontologi, embriologi, ekologi, dan sebagainya.
Teori fixisme menyatakan bahwa suatu jenis organisme adalah tetap dan tidak mengalami perubahan. Teori J.B. Lamarck menyatakan bahwa evolusi makhluk hidup terjadi sebagai suatu akibat respon makhluk hidup terhadap lingkungannya. Yang kemudian diturunkan kepada generasi berikutnya. Teori evolusi Darwinmenyatakan bahwa evolusi terjadi karena adanya seleksi alam dan yang terkuatlah yang akan bertahan hidup. Teori genetika menunjukkan adanya variasi genetik yang mempunyai arti teramat penting dalam menjelaskan proses evolusi, sebab variasi genetik inilah yang menjelaskan timbulnya ciri-ciri baru yang bisa diwariskan pada generasi berikutnya. Teori neo-darwinian merupakan teori darwinisme yang disempurnakan dengan berkembangpesatnya ilmu genetika. Teori evolusi modern merupakan teori yang menggunakan pendekatan molekuler, fisiologi perkembangan, dan banyak pendekatan lainnya terhadap teori evolusi.
teori Lamarck
Full transcript