The Internet belongs to everyone. Let’s keep it that way.

Protect Net Neutrality
Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Manajemen Farmasi

No description
by

Jessyca Monita

on 29 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Manajemen Farmasi

Safira Khairina (FA/08491)
Candida Alma (FA/08494)
Ditha Paramitha (FA/08497)
Deazty Caprina (FA/08503)
Septi Rosalia (FA/08509)
Jessyca Monita (FA/08512)
Yogi Sotya L. (FA/08515) MANAJEMEN MARKETING/
PEMASARAN Apakah Marketing Itu? •Pemasaran sebagai suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan dan pertukaran produk dan nilai dengan orang lain
•Paradigma lama tentang marketing : hanya berkonsentrasi pada penjualan – “telling dan selling” paradigma baru : memuaskan kebutuhan konsumen (satisfying customer needs) melalui interaksi dan kerjasama dengan customer
•Marketing dimulai dengan customer, berfokus pada customer dan bertujuan untuk memuaskan kebutuhan dan keinginan customer
•Terminologi penting tentang marketing kebutuhan, keinginan, dan permintaan (needs, wants, and demand); produk, nilai, kepuasan, dan mutu (product, value, satisfaction, and quality); pertukaran, transaksi, dan hubungan (exchange, transaction, and relationship); dan pasar (market). Marketing Farmasi •Adalah suatu sub spesialisasi marketing dimana pharmaceutical care diaktualisasikan
•Orientasi marketing tidak hanya terbatas pada produk; tetapi lebih memberikan perhatian yang besar pada layanan farmasi yang prima
•Produk farmasi:
oObat bebas/OTC demand.nya ditentukan oleh pasien
oObat keras/ethical demand.nya ditentukan oleh dokter Kebutuhan, keinginan, dan permintaan Konsep yang paling dasar dari marketing adalah kebutuhan manusia (human needs) yang kompleks mulai dari kebutuhan dasar yang bersifat fisik sampai kebutuhan esteem value dan aktuaslisasi diri seperti yang dijelaskan dalam teori hierarki Abraham Maslow.
terdiri dari :
Kebutuhan fisiologis
Kebutuhan Keamanan (safety)
Kebutuhan kasih sayang / sosial (Love/belonging)
Kebutuhan aktualisasi diri (self-actualization)

Konsep dasar kedua dari marketing adalah human wants (keinginan dari manusia) yang merupakan bentuk dari human needs yang dilatar belakangi atau dipertajam oleh kultur dan personal. hierarki Abraham Maslow. Demand produk farmasi Demand konsumen dapat terjadi jika ada keinginan konsumen untuk membeli dan ada kemampuan untuk membayarnya. Farmasis yang memberikan layanan obat dengan konseling dapat pula mempengaruhi demand obat. Farmasis mempunyai kewajiban untuk menjamin bahwa pasien memperoleh informasi tentang penggunaan obat termasuk bagaimana mekanisme kerja oba trsebut, indikasi, dan kontra indikasi serta efek sampingnya. Selain itu farmasis juga harus memastikan bhwa resep berikut dosisnya telah tepat dan benar.
Beberapa faktor yeng berkaitan dengan demand kesehtan antara lain
usia,
gender,
dan ras Produk - Apakah yang dimaksud dengan produk? produk adalah sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar yang dapat memuaskan kebutuhan dan keinginan customer.
- konsep produk tidak terbatas pada barang/fisik cth lainnya :informasi dari farmasis kepada pasien.
- istilah good dan servis sering digunakan oleh marketer adalah untuk membedakan produk fisik dan produk intangible
- MARKETING MYOPIA --> kedangkalan dalam memahami produk.
menjual obat pada intinya ialah menjual harapan pada pasien untuksembuh dan sehat sebagai puncak kepuasannya.
- obat dan informasi obat tidak dapat dipisahkan, tanpa informasi yang lengkap, obyektif dan benarnmaka obatbjustru dapat membahayakan konsumennya.
Value dan Kepuasan Costumer - realita di pasar terdapat begitu banyak produk dan jasa yang mungkin dapat memuaskan kebutuhan dan keinginannya.
bagaimana costumer dapat memilih produk? pertimbangan apa yangdilakukan oleh customer dalam mengambil keputusan memiloh barang / jasa? --> customer value , contohnya :
- apakah yang dimaksud dengan kepuasan costumer ( customer satisfaftion) ?
kepuasan costumer tergantung dari performasi nilai produk terhadap ekspektasi costumer
if performaces os lower than expectation, satisfaction is low
if performances is higher than expectations,nsatisfaction is higher
- dalam produk farmasi ada 3 aspek pentimg yaitu safety, eficacy, dan quality
dimana ketiga hal tersebut merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan harus dilaksanakan sistem jaminan mutu ( quality assurance system) yang komprehensif mulai dari proses awal sampai padansiap untuk dikonsumsi oleh masayarakat.
contoh quality assurance: cGMP ( current good manufacturing practices)
good laboratory practices
good diatribution practices PERTUKARAN, TRANSAKSI, RELATIONSHIP marketing : inti dari konsep marketing ----> pertukaran (exchange)
satuan unit ukur marketing --->transaksi---> relationship
pertukaran: adalah suatu aksi untuk memperoleh obyek yang diinginkan dari seseorang yang menawarkannya dengan mengganti sesuatu kepada pihak yang menawarkan.
Transaksi: nilai yang diperdagangkan/ dipertukarkan di antara dua pihak.
Relationship: merupakan hubungan baik antara produsen termasuk stakeholder, konsumen, maupun distributor
dalam marketing, dewasa ini terjadi pergeseran yang signifikan dimana dahulu proses marketing berorientasi pada profit maksimal jangka pendek pada setiap transaksi menjadi maksimalisasi profit bersama antara stakeholder dan produser, distributor, maupun konsumen. Sehingga menjaga relationship atau hubungan baik dalam marketing harus dijaga secara kontinyu dengan menjaga ikatan sosial, ekonomi, dan kepercayaan diantara ketiganya. PASAR Konsep pertukaran(concept of change) bermuara pada konsep pasar (concept of market). Salah satu definisi pasar adalah tempat pertemuan penjual dan pembeli barang dan jasa sampai terjadinya perpindahan kepemilikan melalui proses transaksi. Bearnya pasar tergantung pada jumlah orang yang memiliki kebutuhan, mempunyai sumber daya dan keinginan untuk menawarkan sumber daya itu untuk dipertukarkan dengan apa yang diinginkan.
Berdasarkan tujuan pembeliannya pasar dikelompokkan menjadi 2 :
-Pasar konsumen akhir, terdiri atas individu yang tujuan pemakaiannya untuk diri sendiri atau keluarga. Pasar konsumen ditentukan oleh beberapa variabel, adalah budaya, sosial, pribadi, dan patologis
-Pasar organisasional atau pasar antara, yang terdiri antara lain organisasi, industri, pemerintah, untuk pedagang yang pembelinya tidak digunakan sendiri tetapi untuk olah lebih lanjut atau yang dipasok kepada pedagang lain. pasar ini jumlahnya sedikit tetapi volume dan nilai pembeliannya berjumlah besar.
Strategi marketing untuk tipe-tipe menurut pembelinya berbeda-beda, tergantung perilaku pembeli sendiri-sendiri. Untuk produk farmasi di Indonesia pasar konsumen akhir lebih besar dibanding pasar organisasional. Pendekatan marketing:
Apa itu manajemen marketing? -Perusahaan dituntut memiliki manajemen marketing yg dinamis dan handal menghadapi kecepatan perubahan pasar.
-Mencakup analisis, perencanaan, implementasi, kontrol program,
-Untuk mencipta, membangun,. Dan menjaga benefit dari target buyer.
-Sehingga, MM adalah mengelola per,intaan yang berarti pula menjaga hubungan dg customer. Pengelolaan demand -Ada dua: dari customer lama, dan customer baru.
-Customer lama harus dijaga sbab menentukan eksistensi dan andil, ibarat “nyawa” perusahaan.
-Customer baru untuk perluasan psar, harus sesuai dg kapasitas dan resources perusahaan, tanpa mengorbankan customer lm.
-Kunci nya, exitement dan enjoyment. Konsep marketing ada 5 1.Konsep produksi: customer mengutamakan produk yg sudah ada. Manajemen terfokus pada efisiensi produksi dan distribusi. Dipkai bila demand over supply. Dan biaya produksi meningkat tajam dan produktivitas dinaikkan untuk menutupinya.
2.Konsep produk: mementingkan kualitaskonsep manajemen berfokus pada product improvement.
3.Konsep penjualan: pejualan harus skala besar dg promosi yang gencar untuk menarik minat. Umu dilakukan bila menyasar target pasar non-profit dan produknya kurang dikenal. Resiko kinsep ini kurang memelihara customer
4.Konsep marketing: berusaha memenuhi keinginan dan kebutuhan target pasar.keuntungan penerapan konsep ini adalah menciptakan hubungan jangka panjang berbasis value dan kepuasan customer.
5.Konsep social marketing: selain berfokus pada kebutuhan individu customer, juga terfokus pada kebutuhan dan keinginan masyarakat. Menyeimbangka keuntungan perusahaan, keinginan kosuman serta kepentingan sosial. Societal Marketing Farmasi Dalam industri farmasi, marketing farmasi mempersyaratkan ketentuan-ketentuan yang lebih rigid. Ketentuan-ketentuan tersebut dipandang mempunyai arti yang lebih penting dibandingkan dengan pencapaian target penjualan. Marketing farmasi harus:
1. Memasarkan produk yang benar (the right
product)
2. dalam kuantitas yang benar ( the right
quantity)
3. harga yang benar (the right price)
4. Pada waktu yang benar (the right time) SELESAI
Full transcript