Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Untitled Prezi

No description
by

Yogiswara yogix

on 9 May 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Untitled Prezi

"KEPEMIMPINAN" Perilaku Keorganisasian KELOMPOK 1 Definisi Kepemimpinan Menurut sejarah, masa “kepemimpinan” muncul pada abad 18. Ada beberapa pengertian kepemimpinan menurut para ahli, antara lain oleh :

- (Tannebaum, Weschler and Nassarik, 1961, 24)
- (Shared Goal, Hemhiel & Coons, 1957, 7)
- (Rauch & Behling, 1984, 46)
- (Jacobs & Jacques, 1990, 281) Tipologi Kepemimpinan Peran Pemimpin
Menurut Henry Mintzberg, Peran Pemimpin adalah :
Peran huhungan antar perorangan, dalam kasus ini fungsinya sebagai pemimpin yang dicontoh, pembangun tim, pelatih, direktur, mentor konsultasi.
Fungsi Peran informal sebagai monitor, penyebar informasi dan juru bicara.
Peran Pembuat keputusan, berfungsi sebagai pengusaha, penanganan gangguan, sumber alokasi, dan negosiator. Isu – Isu Kontemporer dalam Kepemimpinan Pembingkaian: Menggunakan Kata-Kata Untuk Membingkai Makna Dan Memberikan Inspirasi Kepada Orang Lain.
Pendekatan inspirasional terhadap kepemimpinan
- kepemimpinan karismatik
- kepemimpinan transformasional
- kepemimpinan autentik SESI DISKUSI - I PUTU ANDRE SUCITA WIJAYA 1006305048

- I GEDE KRISNA DWIPA JAYA 1006305081

- I WAYAN GDE YOGISWARA DARMA PUTRA 1106305135

- G. A. P. EKA DEWI PRIHANTARI 1106305136

- IDA I DEWA GEDE PRAMARTA WIDNYANA 1106305144

- NI NYOMAN ANGGAR SENI 1106305146

- MUHAMMAD FIRDIANSYAH ADIWIRYA 1106305163

- ANDHIKA FAJAR ISKANDAR 1106305167

- NI WAYAN IRMA DIANA PUTRI 1106305183 John C. Maxwell mengatakan bahwa inti kepemimpinan adalah mempengaruhi atau mendapatkan pengikut. Kepemimpinan dapat diartikan sebagai kemampuan dalam mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan-tujuan. Pemimpin adalah inti dari manajemen. Ini berarti bahwa manajemen akan tercapai tujuannya jika ada pemimpin. Kepemimpinan hanya dapat dilaksanakan oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin adalah seseorang yang mempunyai keahlian memimpin, mempunyai kemampuan mempengaruhi pendirian/pendapat orang atau sekelompok orang tanpa menanyakan alasan-alasannya. Seorang pemimpin adalah seseorang yang aktif membuat rencana-rencana, mengkoordinasi, melakukan percobaan dan memimpin pekerjaan untuk mencapai tujuan bersama-sama. Teori Munculnya Kepemimpinan Teori Genetis Teori Sosial Teori Ekologis atau Sintetis Pemimpin itu tidak dibuat, akan tetapi lahir jadi pemimpin oleh bakat-bakat alami yang luar biasa sejak lahirnya.
Dia ditakdirkan lahir menjadi pemimpin dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun juga, yang khusus.
Secara filsafat, teori tersebut menganut pandangan deterministis. Pemimpin itu harus disiapkan, dididik, dan dibentuk, tidak terlahirkan begitu saja.
Setiap orang bisa menjadi pemimpin melalui usaha penyiapan dan pendidikan serta didorong oleh kemauan sendiri. Seseorang akan sukses menjadi pemimpin bila sejak lahirnya dia telah memiliki bakat-bakat kepemimpinan, dan bakat-bakat ini sempat dikembangkan melalui pengalaman dan usaha pendidikan; juga sesuai dengan tuntutan lingkungan/ekologisnya. Tipe Otokratis Tipe Militeristis Tipe Paternalistis Tipe Karismatik Tipe Demokratis Pemimpin Versus Manajer Perbedaan antara manajer dan pemimpin dipaparkan oleh Warren Bennis sebagai berikut :
Menajer mengelola; pemimpin menginovasi.
Manajer adalah tiruan; pemimpin adalah orisinal.
Manajer mempertahankan; pemimpin mengembangkan.
Manajer berfokus pada sistem dan struktur; pemimpin berfokus pada orang.
Manajer bergantung pada pengawasan; pemimpin membangkitkan kepercayaan.
Manajer melihat jangka pendek; pemimpin melihat perspektif jangka panjang.
Manajer bertanya kapan dan bagiamana; pemimpin bertanya apa dan mengapa.
Menajer melihat hasil pokok; pemimpin menatap masa depan.
Manajer meniru; pemimpin melahirkan.
Manajer menerima status quo; pemimpin menentangnya.
Manajer adalah prajurit yang baik; pemimpin adalah dirinya sendiri.
Manajer melakukan hal-hal dengan benar; pemimpin melakukan hal-hal yang benar. Pemimpin Yang Efektif mengakui bahwa kepemimpinan itu seperti sebuah seni yang dapat terus dikembangkan dan dipertajam. seorang pemimpin harus menyadari bahwa ia tidak bisa menjadi pemimpin yang efektif kalau ia tidak bisa menjalin relasi yang baik dengan mereka-mereka yang dipimpinnya. Seorang pemimpin harus mengingat apa yang tertulis dalam “The Golden Rule” : lakukan kepada orang lain apa yang engkau inginkan orang lain lakukan kepadamu!” Untuk menjadi pemimpin yang efektif sekaligus efisian, seseorang harus berani meniru apa yang baik, berhasil dan berguna yang dilakuakn pemimpin lain. Sebaliknya apa yang salah, gagal dan tidak bermanfaat jangan ditiru. Repiclate (Meniru) Seorang pemimpin yang efektif seharusnya juga menjadi motivator yang hebat. Ia bisa membangkitkan kembali semangat timnya yang lumph akibat kegagalan yang dialami. Dalam memimpin seseorang bisa merasa capek, bosan, letih bahkan mengalami burn out. Nah, ketika situasi seperti ini terjadi, pemimpin yang efektif harus bisa menemukan lagi “spirit” yang dulu mendorongnya untuk menjadi pemimpin Recognize (mengakui) Realize (menyadari) Remember (mengingat) Resurrect (Menghidupkan kembali) Reinvent (menemukan kembali) Faktor- faktor yang mempengaruhi fungsi kepemimpinan Faktor Kemampuan Personal Faktor Jabatan Faktor Situasi
dan
Kondisi Implikasi manajerial kepemimpinan dalam organisasi Sebab yang terjadi bila implikasi manajerial kepemimpinan dalam organisasi adalah akan menciptakan kepemimpinan yang baik karna adanya proses manajemen yang direncakan, karena induk dari sebuah perusahaan adalah pemimpin jadi bila pemimpin nya berkualitas maka perusahaan tersebut akan menjukukan kualitasnya. TERIMA KASIH . . .
Full transcript