Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Proses manufaktur merupakan suatu proses pembuatan benda ata

No description
by

diana nana

on 30 October 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Proses manufaktur merupakan suatu proses pembuatan benda ata

Proses manufaktur merupakan suatu proses pembuatan benda atau produk dari bahan baku sampai menjadi barang jadi atau setengah jadi dengan atau tanpa proses tambahan.

pemilihan cara pembuatan produk berdasarkan pertimbangan:
Jumlah produk
Kualitas produk
Fasilitas produksi
Penyeragaman (standarisasi)

Karakteristik Proses Manufaktur
Proses produksi dalam perusahaan akan membantu menentukan cara terbaik akuntansi untuk biaya. Setiap produk yang homogen pasti akan mengalami proses produksi yang sama dan menerima dosis yang sama. Perhitungan direkomendasi untuk menggunakan kalkulasi biaya proses. Contoh : perusahaan baru seperti pabrik kimia dan industri.
Perlu disadari tidak semua perusahaan hanya menerapkan kalkulasi biaya proses dalam melakukan perhitungan. Beberapa pengaturan industri perlu menggunakan kombinasi dari kalkulasi biaya pesanan dan kalkulasi biaya proses. Keduanya berfungsi pada kegiatan yang berbeda dalam perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa tidak menutup kemungkinan menggunakan lebih dari satu bentuk kalkulasi dalam melakukan perhitungan pada perusahaan yang sama.

Jenis Proses Manufaktur
Unit-unit akan melewati serangkaian departemen produksi atau manufaktur dalam perusahaan, dimana setiap departemen yang melakukan proses beroperasi akan membawa suatu produk satu langkah menuju tahap penyelesaian.
Contoh rangkaian pola produksi
Produksi pada Healthblend Nutritional Supplement memperlihatkan serangkaian pola produksi mineral, tanaman, dan vitamin dari Healthblend.



Contoh lain
Pemrosesan secara paralel pada industri hard disk drive untuk personal komputer




Laporan Produksi
Langkah-langkah Penyusunan Laporan Produksi
sekian dan terima kasih
Akuntansi Manajemen
Proses Manufaktur, Metode FIFO dan Laporan Produksi
KELOMPOK 4
Ni Wayan Lia Widyantari 1305315030

Dianah Umi Rahmawati 1305315024

Ni Made Lodi Dwi Utami 1305315026

Ria Linda Sari 1305315042

Rosdiana Baransano 1305315045
Arus Biaya melalui Akun dalam
Kalkulasi Biaya Proses
Arus biaya manufaktur antara kalkulasi biaya proses dengan pesanan pada umumnya sama. Baik bahan baku, tenaga kerja maupun biaya overhead dibuatkan ayat jurnal yang biasa dibuat dalam sistem kalkulasi biaya pesanan.

Dalam kalkulasi biaya proses, setiap departemen produksi memiliki akun barang dalam proses sendiri. Produk ditransfer dari satu departemen ke departemen lainnya, sehingga semua biaya dibebankan ke produk. Biaya yang ditransfer dari proses sebelumnya ke proses selanjutnya disebut sebagai biaya transfer masuk.
contoh ilustrasi
Akumulasi Biaya dalam Laporan Produksi
Laporan produksi adalah dokumen yang mengikhtisarkan kegiatan produksi yang dilakukan dalam departemen produksi selama periode waktu yang ditentukan dimana berisikan informasi tentang biaya transfer masuk dari departemen sebelumnya dan biaya yang ditambahkan dalam departemen tersebut seperti bahan langsung, tenaga kerja langsung, dan overhead.
Laporan produksi dibagi menjadi dua:
Bagian informasi unit memiliki dua subdivisi utama yaitu unit barang yang dipertanggungjawabkan dan unit yang dihitung.
Bagian informasi biaya terdiri atas dua subdivisi utama pula, yakni biaya yang dipertanggungjawabkan dan biaya yang diperhitungkan.

Fungsi Laporan Produksi
menelusuri unit dari satu departemen
mengidentifikasi biaya yang dibebankan ke departemen
memperlihatkan perhitungan biaya per unit
mengungkapkan disposisi biaya departemen untuk periode pelaporan.

Perusahaan Jasa dan Manufaktur
Perusahaan Jasa
Jasa yang akan dijual perusahaan kepada konsumen tidak dapat disimpan, namun perusahaan yang melaksanakan produksi jasa memiliki persediaan barang dalam proses. Kalkulasi biaya proses untuk jasa relatif sederhana. Total biaya selama satu periode dibagi dengan jumlah jasa yang diberikan untuk menghitung biaya per unit.


Perusahaan Manufaktur
Perusahaan manufaktur kemungkinan bisa beroperasi tanpa adanya persediaan barang dalam proses dengan jumlah besar. Perusahaan yang telah menerapkan pendekatan JIT (just in time) dalam produksinya memandang penyimpanan persediaan yang tidak diperlukan adalah pemborosan. Perusahaan yang menerapkan sistem JIT membentuk proses manufakturnya dengan baik sehingga kalkulasi biaya proses dapat digunakan untuk menentukan biaya produk.
Perusahaan Manufaktur Tradisional
Perusahaan manufaktur tradisional mungkin memiliki persediaan awal dan akhir barang dalam proses yang signifikan. Persediaan ini akan menimbulkan banyak komplikasi terkait kalkulasi biaya proses karena factor-faktor seperti adanya persediaan awal dan akhir barang dalam proses, pendekatan yang berbeda atas perlakuan biaya atau harga pokok persediaan awal, dan aplikasi biaya produksi yang tidak seragam.
Kalkulasi Biaya FIFO
Perlakuan terhadap persediaan awal diselesaikan dengan pendekatan FIFO(First in First out). Menurut metode kalkulasi biaya FIFO, unit ekuivalen dan biaya produksi barang dalam proses awal (BWIP) dikeluarkan dari perhitungan biaya per unit periode berjalan.
Metode FIFO menghasilkan biaya per unit lebih akurat yang menandakan pengendalian biaya yang lebih baik dan keputusan penetapan harga yang lebih baik.
Kelemahannya adalah periode waktunya yang sangat singkat membuat metode rata-rata tertimbang sering digunakan sebagian besar perusahaan
FIFO mengasumsikan bahwa unit barang dalam proses awal harus diselesaikan terlebih dahulu, sebelum setiap unit baru yang mulai diproduksi dan diselesaikan selama periode berjalan.
Langkah 4: Penilaian Persediaan
Karena semua unit ekuivalen dalam barang dalam proses akhir (EWIP) merupakan unit periode berjalan, maka biaya pada barang dalam proses akhir adalah $0,27 x 2.500 atau $675. Akan tetapi, apabila kita melakukan penilaian barang yang ditransfer keluar, perbedaan lainnya muncul antara metode rata-rata tertimbang dan FIFO.
Menurut metode rata-rata tertimbang, harga pokok barang yang ditransfer keluar adalah biaya per unit dikalikan unit yang diselesaikan. Namun menurut FIFO, terdapat dua sumber unit yang diselesaikan: 20.000 unit dari persediaan awal serta 30.000 unit yang dimulai dan diselesaikan.
Seringkali total biaya yang diperhitungkan tidak tepat dengan biaya yang dipertanggung jawabkan karena adanya kekeliruan dalam pembulatan. Salah satu cara yang mudah untuk membuat saldo tersebut seimbang adalah menyesuiakan biaya barang yang ditransfer keluar dengan jumlah kesalahan pembulatan.
ada pertanyaan?
Full transcript