Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Peradaban Kuno Suku Maya

No description
by

Della Neira

on 19 January 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Peradaban Kuno Suku Maya

Peradaban Kuno Suku Maya
Struktur politik dipimpin seorang raja Maya atau Kuhul Ajaw (Raja Suci) yang menghantarkan kerajaan Maya salah satu negeri terpadat dan berbudaya ,dinamis di dunia.The Maya kings yang memimpin kerajaan Maya mengaku sebagai keturunan dari para dewa dan planet-planet dan meletakkan sebagai kuasa illahi suatu tempat antara manusia dan dewa, dengan kata lain raja Maya hidup diantara dua dunia dan memegang kekuatan Ilahi. Seorang raja Maya bukanlah orang sembarangan memiliki kriteria tertentu, raja Maya dipersiapkan sejak lahir atau sekitar usia 5-6 tahun. Pada usia itu diangkat sebagai pangeran dan dilatih berperang melawan suku memimpin pertempuran setelah memenuhi syarat sebagai raja maka diangkat menjadi raja kerajaan. Upacara pengangkatan raja kerajaan Maya sungguh unik, sang saja duduk dalam singgasana dengan memakai mahkota berhiaskan jaguar, bulu warna-warni, kerang dan memegang tongkat.
Disusun Oleh:

1. Axel Adelwin (10/X IIS 2)
2. Brigita Laras P. (13/X IIS 2)
3. Della Neira D.R (14/X IIS 2)
Raja Maya bukan saja bertugas sebagai kepala pemerintahan, tetapi juga sebagai pemimpin militer dalam setiap terjadi konflik bersenjata kemudian sang raja Maya adalah pemimpin agama Ia penghubung antara manusia dan para dewa sehingga Ia harus terlibat langsung dalam berbagai ritual keagamaan. Raja Maya memiliki peran penting pada upacara publik seperti permainan bola karena Ia penghubung manusia dan para dewa selanjutnya pengorbanan darah maupun ritual keagamaan lainnya. Pemerintahan dikota-kota besar Maya seperti tikal, palenque, copan memiliki penguasa sendiri yang disebut uinib Halach atau Ahaw dan kekuatan Ahaw dibatasi oleh holpop, penasehat militer dan luar negeri khusus, tapi Ia masih otoritas tertinggi dinegara bagiannya. Negara kota Maya memiliki komandan militer tertinggi disebut Nacom juga imam memimpin hirarki imam, namun raja tetap pemimpin tertinggi kerajaan Maya .
PETA
WILAYAH
POLITIK
PEMERINTAHAN
HASIL
BUDAYA
KEPERCAYAAN
Kota yang paling megah ini menjadi semacam pusat pemerintahan regional Suku Maya di dataran rendah utara wilayah Semenanjung Yucatan. Konon, Cichen Itza dibangun Suku Maya pada penanggalan tahun 514 M. Suku Maya menempati kota tersebut hanya sesaat. Setelah 150 tahun berdiri, Chichen Itza ditinggalkan penghuninya secara terburu-buru. Diduga seluruh penduduk melakukan eksodus ke berbagai tempat yang tidak diketahui.
TIKAL
POLITIK
PEMERINTAHAN
HASIL
BUDAYA
KEPERCAYAAN
PETA KONSEP
PETA
WILAYAH
Suku Maya (250 M hingga 925 M) adalah kelompok suku yang tinggal di semenanjung Yucatan, Amerika Tengah yang berbatasan dengan Samudera Pasifik di sebelah barat, dan Laut Karibia di sebelah timur.
Suku yang pada zaman batu mencapai kejayaan di bidang teknologinya (250 M hingga 925 M), menghasilkan bentuk karya dan peradaban unik.
KERUNTUHAN PERADABAN
MAYA
Keruntuhan peradaban Maya sampai sekarang masih menjadi misteri yang belum terpecahkan. Ada beberapa teori yang menduga disebabkan oleh adanya penyakit menular, perubahan iklim tropis, kekurangan bahan pangan, keracunan massal, pembakaan hutan secara berulang kali untuk bercocok tanam yang mengakibatkan tanah menjadi gersang, adanya invasi musuh, adanya perang antarkota, dan pemberontakan kaum petani.
Menurut data penelitian: “Suatu hari di tahun 909 M, tanpa sebab yang jelas, 80% bangsa kuno Maya tiba-tiba saja menghilang, tidak hanya meninggalkan kuil yang belum selesai dibangun, bahkan sejumlah besar balairung dewa dan bangunan model raksasa semuanya ditinggalkan begitu saja, terbenam dalam reruntuhan tembok yang roboh. Semua pusat pemujaan juga terhenti aktivitasnya. Kemudian, sejak hari itu, kebijaksanaan leluhur lenyap dengan sangat cepat, dan bangsa Maya yang tertinggal pun mulai berubah menjadi buta pengetahuan dan merosot moralnya.
Kepercayaan suku maya banyak menyembah dewa-dewa (politheisme), seperti dewa laut, dewa matahari, dewa hujan, dan dewa musim semi. Mereka mengadakan upacara memberikan sesajian berupa padi-padian, buah-buahan, dan makanan lain yang mendapatkan restu. Gunung dan pohon dianggap keramat, jagung dianggap tanaman suci. Tempat penyembahan dewa-dewa di sebuah bangunan yang disebut Tikal (Chichen Itza).
Mereka juga mengenal upacara pemujaan yang mengorbankan nyawa manusia. Karena menurut kepercayaan mereka, mereka percaya bahwa matahari harus makan jantung dan darah manusia untuk menentukan kelangsungan hidup di dunia. Sebagian besar tulang-belulang yang ditemukan di bekas lokasi pengorbanan lebih mirip dengan struktur tulang laki-laki daripada perempuan.
Mereka secara rutin melakukan upacara untuk menyembah Dewa Hujan dengan mengorbankan anak-anak untuk memohon hujan dan kesuburan. Tumbal dilempar ke dalam gua bawah tanah berisi air yang sering disebut juga Ikil Cenote. Gua yang dikeramatkan itu diyakini sebagai sumber air bagi bangsa Maya dan sekaligus gerbang ke dunia gaib.
Kalender Maya
Tikal
Suku Maya memiliki 40 kota, termasuk Tikal, Uaxactún, Copán, Bonampak, Dos pilas, Calakmul, Palenque dan Río Bec. Setiap kota memiliki populasi antara 5.000 hingga 50.000 orang. Atau bisa diprediksikan bahwa penduduk Maya mungkin telah mencapai 2 juta jiwa.Penggalian situs suku Maya kuno telah berhasil menemukan plaza, istana, kuil dan piramida, serta pengadilan. Kota-kota Maya dikelilingi dan didukung oleh populasi besar petani.
Cara mereka berkomunikasi dan mendokumentasikan tulisan: Tulisannya menggunakan gambar dan simbol, yang disebut "glyph". Adapun senjata yang digunakan adalah disebut "Atlatl" , yakni semacam busur dan panahnya.
Makanan utama mereka adalah Tortilla.
Uaxactun
Peninggalan di daerah Maya bagian tengah yang umurnya lebih muda. Salah satu bangunan yang berupa pelataran bekas kaki kuil berbentuk piramid bertangga terpancang dengan tampak muka berhias. Bangunan ini didirikan sekitar tahun 250 Masehi.
Piramida
Ilmu Astronomi
dan Matematika
Para ahli meyakini, astronomi Maya Kuno adalah pencapaian intelektual yang menakjubkan, setara dengan geometri Mesir Kuno dan filosofi Yunani. Suku Maya Kuno sudah mampu mengukur orbit benda langit dan akurasi yang belum pernah terjadi sebelumnya. Penghitungan orbitnya sangat akurat dengan selisih hanya satu hari setiap 1.000 tahun.Suku Maya mampu meramalkan gerakan Venus. Pada ilmu matematika, bangsa inilah yang pertama menggunakan angka nol (0).
Peradaban Maya di daerah Honduras, Guatemala, dan Yucatan adalah pemuja Dewa Matahari, sehingga mereka membangun bangunan-bangunan untuk upacara keagamaan di bukit-bukit dalam bentuk Piramida-Piramida tangga. Salah satu peninggalannya adalah Piramida yang terkenal dengan sebutan
"Pyramid of The Moon"
untuk memuja Dewa Matahari di San Juan Teotihuakan.
PIRAMIDA COPAN
PIRAMIDA PALENQUE
CHICHEN ITZA
Kalender Haab
Kalender Haab ini dinilai paling akurat karena memiliki berumur 365 hari
KalenderTzolkin
Satu jenis kalender ciptaan Suku Maya yang cukup terkenal. Satu siklus dalam perhitungan kalender ini memiliki lama waktu 260 hari yang terbagi dalam 13 trecena dan lama waktu setiap trecena adalah 20 hari.
Kalender Hitung Panjang
Kalender 13 Siklus Baktun
13 Siklus Baktun membentuk sebuah Siklus Besar berdasarkan Kalender Hitung Panjang (Long Count) yang oleh Suku Maya disebut sebagai Siklus Penyelarasan Galaksi (Galactic Synchonization Beam Cycle) yang mana didalamnya terjadi tahap-tahap evolusi kebudayaan manusia berdasarkan fakta sejarah.
Full transcript