Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PENENTUAN ZONA NILAI TANAH UNTUK MENENTUKAN NILAI JUAL OBJEK

No description
by

novia alawy

on 13 October 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PENENTUAN ZONA NILAI TANAH UNTUK MENENTUKAN NILAI JUAL OBJEK

Semarang merupakan ibukota dari provinsi Jawa Tengah yang merupakan pusat kegiatan industry dan pemerintahan provinsi Jawa Tengah. Kota Semarang merupakan salah satu kota di Indonesia yang memiliki kepadatan tertinggi dengan proporsi lebih dari 1000 penduduk per hektar. Peningkatan jumlah penduduk di kota Semarang berpengaruh terhadap jumlah kebutuhan rumah. Pembangunan perumahan tersebut mengakibatkan meningkatnya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) di kota Semarang. NJOP tersebut ditentukan melalui model analisis tertentu berdasarkan ketentuan teknis yang berlaku di Direktorat Jenderal Pajak. NJOP yang menjadi dasar pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan, seharusnya sesuai dengan Nilai Indikasi Rata-rata (NIR) yang berlaku di daerah yang bersangkutan. Salah satu teknologi yang dapat digunakan untuk penilaian dan penyajian objek pajak adalah Sistem Informasi Geografik.

Latar belakang
RUANG LINGKUP PENELITIAN
Wilayah studi yang digunakan dalam penelitian ini di Kecamatan Candisari Kota Semarang.

Melakukan analisa penentuan Zona Nilai tanah untuk menentukan NJOP Pajak Bumi dan Bangunan di Kecamatan Candisari, Kota Semarang
PEMBATASAN MASALAH
Adapun yang menjadi pembatasan masalah dalam pengerjaan Tugas Akhir ini adalah:
Bahwa Penentuan ZNT didapatkan dari data transaksi properti dan penawaran.
Peta Tata Guna Lahan dan Peta Administrasi daerah penelitian dari BAPEDA Kota Semarang.
Bidang NJOP yang di bahas hanya NJOP tanah,tidak memperhatikan NJOP bangunan
Penilaian yang dilakukan adalah penialaian massal, tidak memperhatikan property khusus.
Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan perbandingan penjualan (sales comparative).
Faktor penentu nilai tanah yang di tentukan hanya faktor lokasi dan aksesbilitas (jarak jalan terhadap jalan kota, jarak jalan terhadap jalan kecamatan, jarak jalan terhadap jalan kelurahan Kecamatan Candisari Kota Semarang)


PERUMUSAN MASALAH
Bagaimanakah Zona Nilai Tanah di Kecamatan Candisari, Kota Semarang tahun 2014?

Bagaimanakah perubahan NJOP di Kecamatan Candisari,Kota Semarang berdasarkan harga pasar dari tahun 2009 sampai tahun 2013?

(Studi Kasus Kecamatan Candisari, Kota Semarang)

Oleh : Heranda Ibnu Adhi / 21110110120033

PENENTUAN ZONA NILAI TANAH UNTUK MENENTUKAN NILAI JUAL OBJEK PAJAK (NJOP) MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS
TUJUAN PENELITIAN
Adapun yang menjadi tujuan dalam pengerjaan Tugas Akhir ini adalah:
Untuk menentukan Zona Nilai Tanah di Kecamatan Candisari, Kota Semarang tahun 2014
Untuk mengetahui perubahan NJOP di Kecamatan Candisari, Kota Semarang berdasarkan harga pasar dari tahun 2009 sampai tahun 2013.

Tinjauan pustaka
Penelitian Terdahulu
Sumardi, Y., 2002 melakukan penelitian tentang Zonasi Nilai Tanah untuk Pengenaan Pajak Bumi dan Bangunan (Studi Kasus Zonasi Nilai Tanah di Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, DIY), menggunakan peta penggunaan lahan, peta kelerengan, peta jaringan jalan, dan peta batas administrasi daerah. Pemrosesan data dilakukan dengan software, proses penelitiannya dilakukan dengan mengeplot nilai tanah rata-ratanya sesuai penggunaan lahan pada peta penggunaan lahan dan peta batas administrasinya. Hasil penelitian berupa Peta Konsep ZNT yang menunjukkan NIR dari setiap penggunaan lahan
Nilai Jual Objek Pajak ( NJOP )
Nilai Jual Objek Pajak adalah harga rata-rata jual beli yang diperoleh dari harga objek lain yang sejenis, Nilai Jual Objek Pajak Pengganti atau nilai baru.

Subjek Pajak

Subjek Pajak adalah orang atau badan yang secara nyata mempunyai suatu hak atas bumi, dan atau memperoleh manfaat atas Bumi, dan atau memilik, menguasai, dan atau memperoleh manfaat atas bangunan.

Objek Pajak
A. Objek PBB adalah bumi dan/atau bangunan
B. Objek pajak yang dikecualikan
C. Objek pajak yang digunakan oleh negara untuk penyelenggaraan pemerintahan,penentuan pengenaan pajaknya diatur lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah

Metode Penilaian Properti
Penilaian Massal

Dalam penilaian massal NJOP tanah dihitung berdasarkan Nilai Indikasi Rata-rata (NIR) yang terdapat pada setiap Zona Nilai Tanah (ZNT), sedangkan NJOP bangunan dihitung berdasarkan Daftar Biaya Komponen Bangunan (DBKB). Perhitungan penilaian massal dilakukan terhadap objek pajak dengan menggunakan program komputer (Computer Assisted Valuation /CAV).
Penilaian Individual

Penilaian individual diterapkan untuk objek pajak umum yang bernilai tinggi (tertentu), baik objek pajak khusus, ataupun objek pajak umum yang telah dinilai dengan CAV namun hasilnya tidak mencerminkan nilai yang sebenarnya karena keterbatasan aplikasi program. Proses penilaiannya adalah dengan memperhitungkan seluruh karakteristik dari objek pajak tersebut.

Penilaian Tanah

Penilaian Tanah adalah serangkaian proses menilai suatu bidang tanah dan aset pertanahan meliputi proses perencanaan, permodalan, survey, pengumpulan data, pengolahan data, merumuskan hasil, pemetaan, serta pelaporan dan pertanggungjawaban hasil dari penilai dalam rangka memperoleh estimasi ukuran finansial dan ekonomi dari suatu obyek yang dinilai.
Metode Penelitian Tanah
a.Pendekatan Perbandingan Penjualan (Sales Comparative)
b.Metode Pendekatan Biaya
c.Metode Pendekatan Pendapatan

Peta Tata Guna Lahan

Peta Tata Guna Lahan (land use) adalah bentuk penyajian peta yang merupakan suatu upaya dalam merencanakan penggunaan lahan dalam suatu kawasan yang meliputi pembagian wilayah untuk pengkhususan fungsi-fungsi tertentu, misalnya fungsi pemukiman, perdagangan, industri, dll.
Zona Nilai Tanah dan Peta Zona Nilai Tanah
Zona Nilai Tanah (ZNT) merupakan area yang menggambarkan nilai tanah yang relatif sama, sekumpulan bidang tanah di dalamnya yang batasannya bersifat imanijer ataupun nyata sesuai penggunaan tanah dan mempunyai perbedaan nilai antara yang satu dengan yang lainnya berdasarkan analisis perbandingan harga pasar dan biaya.
Peta ZNT adalah peta yang menggambarkan suatu zona geografis yang terdiriatas sekelompok objek pajak yang mempunyai satu Nilai Indikasi Rata-rata (NIR)yang dibatasi oleh batas penguasaan atau pemilikan objek pajak dalam satu wilayahadminstrasi desa atau kelurahan.
ArcGIS

ArcGIS merupakan salah satu aplikasi perangkat lunak sistem informasi geografis yang telah banyak dipakai baik kalangan akademisi, militer, pemerintah, maupun masyarakat dunia dalam membuat aplikasi yang berbasis sistem informasi geografis
Metodologi Penelitian
Persiapan
Peralatan dan Bahan
Peralatan yang akan digunakan terbagi menjadi dua yaitu hardware dan software. Spesifikasinya adalah:

Perangkat keras
ASUS PC
Kamera Digital untuk dokumentasi

Perangkat lunak
Microsoft Office 2007
ArcGis 10.0

Data
Nilai Jual Obyek Pajak (NJOP) bumi Kota Semarang yang tercantum dalam daftar obyek PBB disusun oleh BAPPEDA Kota Semarang.
Data Transaksi harga jual property yang diperoleh dari sumber data PPAT, Agen Properti, Kepala Desa dan data lapangan dari masyarakat dengan menggunakan formulir standar pengumpulan data transaksi property.
Peta Administrasi Kecamatan Candisari, Kota Semarang.
Peta tata guna lahan Kecamatan Candisari, Kota Semarang.
Citra Quickbird Kecamatan Candisari, Kota Semarang.

Diagram alir
Timeline Pelaksanaan
DAFTAR PUSTAKA
Aprianti, B. 2013. Penilaian Ulang Objek Pajak Bumi Dan Bangunan Berbasis Peta Zona Nilai Tanah (Studi Kasus Kelurahan Sorosutan, Kecamatan Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY). Tugas Akhir.Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta
Purnamasari, G.D. 2011.Pembuatan Peta Zona Nilai Tanah Kecamatan Kraton Yogyakarta. Tugas Akhir.Program Studi Teknik Geodesi, Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.
Simamora, A.G., 2012. Analisis Perubahan Zona Nilai Tanah Akibat Perubahan Penggunaan Lahan Di Kota Denpasar Tahun 2007 dan 2011.Tugas Akhir.Program Teknik Geodesi, Fakutlas Teknik Universitas Diponegoro, Semarang.
Sutaryono. 2012. Problematika Zona Nilai Tanah. Artikel. Kedaulatan Rakyat, Yogyakarta.
Ariesaputri, F.Vela. 2008.penentuan Nilai Jual Objek Pajak Terhadap Objek Pajak oleh Kantor Pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan Tulungagung.Tugas Akhir.Program Studi Hukum, Fakultas Hukum Universitas Brawujaya, Malang.
Wikipedia.com/kotasemarang
id.wikipedia.org/wiki/Nilai_Jual_Objek_Pajak

SEKIAN
TERIMA KASIH ATAS PERHATIANNYA
Full transcript