Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Pemanfaatan Biji Buah Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan S

No description
by

Nining Purwaningsih

on 15 January 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Pemanfaatan Biji Buah Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan S

Pemanfaatan Biji Buah Nangka Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Susu
Bab II Tinjauan Pustaka
Bab III
Metodologi
1.1 Latar Belakang
1.2 Rumusan Masalah
1. Apakah biji buah nangka dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan susu?
2. Bagaimana proses pembuatan susu dari biji buah nangka?
1.4 Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian ini, yaitu diharapkan dapat mengurangi penumpukan sampah organik berupa biji buah nangka serta memanfaatkan biji buah nangka yang biasanya dibuang atau disia-siakan untuk menghasilkan susu yang berkualitas.
2.1 Nangka
Buah Nangka (Artocarpus heterophyllus), atau dalam bahasa inggris disebut jackfruit, adalah salah satu jenis buah yang paling banyak ditanam di daerah tropis. Rasanya manis legit serta renyah. Aromanya harum segar.
2.2 Susu
Susu adalah cairan bergizi berwarna putih yang dihasilkan oleh kelenjar susu mamalia dan manusia. Susu terasa sedikit manis dan asin (gurih) yang disebabkan adanya kandungan gula laktosa dan garam mineral di dalam susu. Bau susu umumnya sedap.
Namun, susu dapat juga berasal dari sari kacang kedelai. Susu kacang kedelai adalah semacam minuman yang dibuat daripada kacang kuning, mendapat namanya karena minuman ini berwarna putih kekuningan mirip dengan susu. Susu ini dikenal sebagai susu kedelai di Indonesia. Susu kacang memiliki komposisi yang mirip dengan susu: 3,5% protein, 2% lemak, serta 2,9% karbohidrat.
3.1 Metode Penelitian
Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, untuk mengetahui cara memanfaatkan limbah biji buah nangka agar mempunyai nilai guna bagi masyarakat dan lingkungan,
3.4 Teknik Pengumpulan Data
3.5 Teknik Analisis Data
Annisa Salsabilla
X IPA 8
NIS 3644

SMA Plus Negeri 17 Palembang
Tahun Ajaran 2013/2014

Bab I Pendahuluan
1.3 Tujuan Penelitian
1. Mengetahui apakah biji buah nangka dapat dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan susu.
2. Mengetahui proses pembuatan susu dari biji buah nangka.
3.2 Tempat dan Waktu Penelitian
Penelitian dilakukan di rumah peneliti, Jalan Selasih No. 10-D Komplek PUSRI Sei. Selayur Palembang pada tanggal 17 November 2013.
3.3 Alat dan Bahan
Bahan
Alat
• Panci
• Baskom atau wadah untuk merendam biji nangka
• Sendok
• Blender
• Saringan
• Kompor
• Timbangan
• Biji nangka 200 gr
• Air 600 ml
• Gula pasir 200 gr
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah observasi langsung, dokumentasi serta wawancara.
Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis kualitatif. Analisis kualitatif artinya penulis menganalisa dengan menggunakan kalimat-kalimat deskriptif dari data yang ada, kemudian melakukan uraian dan penafsiran.
Bab IV Hasil dan Pembahasan
4.1 Hasil Penelitian
Adapun langkah-langkah dalam penelitian ini adalah
Hasil wawancara mengenai kualitas susu biji nangka
4.2 Pembahasan
Aspek pertama yang dinilai adalah warna. Dapat dilihat bahwa 100% dari responden menyatakan bahwa warna susu biji nangka terlihat Seperti susu kedelai.
Aspek yang kedua adalah rasa, apakah susu itu enak atau tidak enak. 90% responden menyatakan bahwa susu itu terasa enak, sedangkan sisanya 10% menyatakan lumayan.
Aspek yang ketiga adalah aroma yang dikeluarkan dari susu tersebut. 60% responden meyatakan bahwa aroma susu itu seperti susu kedelai sedangkan 40% menyatakan bahwa baunya seperti jagung.
Aspek yang keempat adalah kritik dari responden. Kebanyakan responden menyatakan bahwa susu tersebut terlalu kental, teskturnya kasar dan lengket di tenggorokan.
Bab V Kesimpulan dan Saran
1) Limbah biji nangka dapat mempunyai nilai guna bagi masyarakat dan lingkungan dengan cara menjadikan limbah biji nangka tersebut menjadi susu.
2) Dalam pembuatan limbah biji nangka menjadi susu bahan dan alat berupa biji nangka, air, timbangan, panci, baskom, sendok, blender, saringan dan kompor dengan melalui enam tahap dimulai dari menimbang biji nangka, merendam, merebus, mengupas kulitnya, memblender, lalu kemudian menrebusnya lagi hingga menjadi susu.
3) Adapun kualitas yang dihasilkan dari susu biji nangka itu berdasarkan pendapat beberapa responden adalah susu biji nangka mirip seperti susu kedelai dari segi warna, dari segi rasa cukup enak, dan baunya bercampur antara mirip seperti susu kedelai dan jagung.

5. 1 Kesimpulan
5.2 Saran
1) Penelitian ini dapat dijadikan referensi bagi peneliti lain untuk dapat mengembangkan susu biji nangka ini.
2) Disarankan agar masyarakat peduli terhadap lingkungan dan menyadari bahwa apa yang telah tersedia disekitar kita dapat kita jadikan sesuatu yang mempunyai nilai guna bagi setiap kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, untuk mengurangi limbah biji nangka pada masyarakat dapat dilakukan melalui sosialisasi cara pembuatan biji nangka guna mengenali kepada masyarakat bahwa biji nangka dapat dijadikan susu.
3) Masyarakat dapat membuat dan menggunakan biji nangka sebagai bahan dasar pembuatan susu apabila di masa mendatang susu mengalami kelangkaan.

Evaluasi Bugemm I
Full transcript