Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Eksistensi Budaya Papua- Potong Jari

No description
by

Emeralda Aisha

on 26 April 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Eksistensi Budaya Papua- Potong Jari

Eksistensi Budaya
Iki Palek
Suku Dani Papua SIAPA ITU
SUKU DANI Masyarakat suku Dani memotong jari mereka sebagai tanda untuk menunjukkan rasa belasungkawanya terhadap anggota keluarga yang meninggal. Hal ini menunjukkan bahwa mereka telah melakukan proses penggunaan simbol sebagai sebuah pelatihan imajinatif terhadap kekuatan pikiran mereka Pikiran Tindakan masyarakat Suku Dani memotong jari mereka saat ada anggota keluarga atau sanak saudara yang meninggal merupakan suatu ekspresi dari tiga tahap tindakan yaitu impuls, persepsi dan pelaksanaan. Tindakan Budaya potong jari ini adalah bentuk Suku Dani saat mengekspresikan kesedihannya, ketika ada sanak saudaranya yang meninggal dunia.
Bisa diartikan jari adalah symbol kerukunan, kebersatuan dan kekuatan dalam diri manusia maupun sebuah keluarga.
Alasan lainya adalah "Wene opakima dapulik welaikarek mekehasik" atau pedoman dasar hidup bersama dalam satu keluarga, satu fam/marga, satu honai (rumah), satu suku, satu leluhur, satu bahasa, satu sejarah/asal-muasal, dan sebagainya (Hisage, Yulianus Joli, 07:2005). Iki Palek BUDAYA POTONG JARI / IKI PALEK Satu suku bangsa yang terdapat di Wamena, Papua, Indonesia
Suku yang masih memegang teguh kepercayaan mereka. Salah satunya adalah selalu memberi hormat pada orang-orang yang sudah meninggal
 Sebagian masyarakat Suku Dani sudah memeluk agama Kristen
Percaya bahwa menghormati para nenek moyang serta leluhur merupakan cara yang tepat dalam menghargai alam serta isinya Siapa Suku Dani? Konsep ini menekankan suatu proses yang berasal dari interaksi sosial individu dengan orang lain. Bila dikaitkan dengan tradisi Iki Palek suku Dani, konsep ‘diri’ terletak pada kesadaran suku Dani untuk memotong ruas jarinya apabila ada anggota keluarga yang meninggal. Suku Dani akan selalu merasakan kesedihan apabila ditinggal oleh anggota keluarganya, namun seiring berjalannya waktu dan luka yang muncul akibat pemotongan ruas jari berangsur-angsur sembuh, mereka akan menyadari bahwa dirinya sendiri harus bangkit dan tidak meratapi rasa kehilangan itu berlama-lama. Diri Teori Interaksionis Simbolik Mead Berangkat dari karateristik Suku Dani- Kami menemukan salah satu budaya ekstrim Isyarat merupakan suatu mekanisme dasar dalam tindakan sosial. Isyarat terbagi menjadi 2 yaitu signifikan (kesadaran tinggi) dan tidak signifikan (kesadaran rendah). Berdasarkan fenomena pemotongan jari suku dani, hal tersebut dilakukan atas dasar keasadaran tinggi atas kedukaan kehilangan anggota keluarga atau sanak saudara. Isyarat TEORI YANG DIGUNAKAN TINDAKAN ISYARAT PIKIRAN DIRI MASYARAKAT/INSTITUSI METODOLOGI ANALISA KESIMPULAN TERIMA KASIH, ADA PERTANYAAN? Sekarang kebudayaan iki palek sudah mulai ditinggalkan karena adanya pengaruh agama dan pendidikan yang mengrekonstruksi pemikiran masyarakat Suku Dani. Rekonstruksiu tersebut memberikan perubahan dalam kapasitas individu dan perkembangan pemikirannya yang menjadi dinamis dan kreatif.
Metode interpretatif dan intropeksi maksudnya mereka menginterpretasikan kesedihan mereka dengan melukai diri mereka sendiri saat mereka ditinggalkan oleh sanak saudara. Namun dewasa ini interpretatif sudah menjadi proses intropeksi diri mereka karena budaya ini sudah ditinggalkan oleh masyarakat Suku Dani sendiri.
Metodologi Masyarakat atau Institusi Kebudayaan Iki Palek yang menjadi tradisi Suku Dani untuk merepresentasikan rasa kesedihan, kekecewaan, sakit hati atas ditinggalkan oleh kerabat dan keluarga terdekat merupakan salah satu kebudayaan unik yang menghiasi keragaman budaya Indonesia mengingat Indonesia merupakan salah satu negara Archipelago terbesar.
dihiasi dengan keragaman suku, budaya, bahasa menjadikan Indonesia semakin kaya akan budaya.
meski kini eksistensi budaya Iki Palek sudah tidak lagi hidup karena kehadiran dan pengaruh agama yang semakin kuat, Budaya ini menjadi sejarah dengan memiliki filosofi kehidupan yang begitu besar.
Full transcript