Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Tugas PKN

Globalisasi kls9
by

Josephine Jappy

on 30 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Tugas PKN

Globalisasi
By: Ervin Febriani 9E/10
Josephine Jappy 9E/17
Natasha Sabella 9E/22 Macam-Macam
GLobalisasi Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan : Contoh di Bidang Kebudayaan Globalisasi Politik Globalisasi Sosial Globalisasi Kebudayaan Dampak Positif Globalisasi Ekonomi :
Dampak Negatif Globalisasi Ekonomi :
Globalisasi Perekonomian Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia di seluruh dunia melalui perdagangan, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas-batas suatu negara menjadi semakin sempit.
Menurut asal katanya, kata "globalisasi" diambil dari kata global, yang maknanya ialah universal
Berikut ini beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia :
Hilir mudiknya kapal-kapal pengangkut barang antar negara menunjukkan keterkaitan antar manusia di seluruh dunia.
Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu. Perkembangan barang-barang seperti telepon genggam, televisi satelit, dan internet menunjukkan bahwa komunikasi global terjadi demikian cepatnya.
Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional.
Globalisasi perekonomian merupakan suatu proses kegiatan ekonomi dan perdagangan, dimana negara-negara di seluruh dunia menjadi satu kekuatan pasar yang semakin terintegrasi dengan tanpa rintangan batas teritorial negara. Globalisasi perekonomian mengharuskan penghapusan seluruh batasan dan hambatan terhadap arus modal, barang dan jasa.
Meningkatkan kemakmuran masyarakat dalam suatu negaraPerdagangan yang lebih bebas memungkinkan masyarakat dari berbagai negara mengimpor lebih banyak barang dari luar negeri.
Meluaskan pasar untuk produk dalam negeriPerdagangan luar negeri yang lebih bebas memungkinkan setiap negara memperoleh pasar yang jauh lebih luas dari pasar dalam negeri. hilangnya pasar produk Indonesia karena kalah bersaing dengan produk luar negeri

usaha- usaha di Indonesia akan mati karena banyak produk impor dipasaran Indonesia Sebuah gejala tersebarnya nilai-nilai dan budaya tertentu keseluruh dunia sehingga menjadi budaya dunia atau world culture.
 
Permainan canggih seperti PS,hingga game online yang mulai menggantikan permainan seperti congklak,petak umpet,enggrang.
Masyarakat juga lebih menyukai musik modern daripada musik tradisional.
Aktivitaspolitik semakin kompleks melahirkan berbagai teori dan konsep dalam kehidupan politik masa kini.Ditandai dengan semakin banyaknya negara yang lepas dari penjajahan,tumbuhnya negara demokrasi
Gejala modernisasi dapat dilihat dari tumbuhnya kelompok baru dengan posisi dan ekonomi untuk mencapai kepentingan bersama. Ciri berkembangnya globalisasi kebudayaan :
Meningkakan interaksi budaya antar negara melalui perkembangan media massa
Berkembangnya mode yang berskala global, seperti pakaian, film dan lain lain.
Penyebaran prinsip multikebudayaan (multiculturalism), dan kemudahan akses suatu individu terhadap kebudayaan lain di luar kebudayaannya. Contoh : Bermunculnya partai-partai baru sehingga masyarkat lebih bebas menyalurkan aspirasinya.Dulu pada masa pemerintahan Soeharto,tidak ada orang yang berani menentang kekuasaannya dengan cara berdemo.Akan tetapi di masa sekarang banyak orang yang berdemokrasi
Contoh : Adanya kesenjangan ekonomi antara orang kaya dengan orang miskinBudaya Konsumenrisme yang dapat diartikan sebagai suatu sifat seseorang kelompok masyarkat yang selalu ingin serba memiliki barang walaupun barang yang mereka inginkan kadang tidak terlalu penting.
Globalisasi Pendidikan Contoh dalam bidang pendidikan :Makin banyaknya kerjasama Indonesia dengan perguruan tinggi di luar negeri.Sehingga terjadi pertukaran pelajar dan kesempatan untuk menuntut ilmu.Mendatangkan dosen dan mahasiswa asing,menyelenggarakan perkuliahan dengan bebas pengantar bahasa inggris
Dampak Positif Globalisasi Mudah memperoleh informasi dan ilmu pengetahuan
Mudah melakukan komunikasi
Cepat dalam bepergian (mobilitas tinggi)
Mudah memenuhi kebutuhan
Dampak Negatif Globalisasi Perilaku konsumtif

Membuat sikap menutup diri, berpikir sempit

Pemborosan pengeluaran dan meniru perilaku yang buruk

Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara Thank You
Full transcript