Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Industri Tambang

No description
by

Redreen Force

on 13 November 2017

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Industri Tambang

Tambang Grasberg
Tambang Grasberg adalah tambang emas terbesar di dunia dan tambang tembaga ketiga terbesar di dunia. Tambang ini terletak di provinsi Papua di Indonesia dekat latitude -4,053 dan longitude 137,116 . Operator tambang ini adalah PT Freeport Indonesia.
Hasil Tambang
Pokok Bahasan
Selayang Pandang
PT Freeport Indonesia merupakan perusahaan afiliasi dari Freeport-McMoRan. PTFI menambang, memproses dan melakukan eksplorasi terhadap bijih yang mengandung tembaga, emas dan perak. Beroperasi di daerah dataran tinggi di Kabupaten Mimika Provinsi Papua, Indonesia.
Pengendalian Dampak Penambangan
Penanggulangan dampak buangan material padat (tailing) pada sistem perairan sungai Aikwa dapat dilakukan dengan cara pengelolaan terhadap tailing sebelum di lepas ke sungai. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan dampak sedimentasi terhadap lingkungan dari logam berat. Cara yang paling tepat ialah dengan teknologi Low TemperatureThermal Desorption (LTTD) yang memanfaatkan pemanasan material pada tekanan rendah.
Industri Tambang
PT Freeport Indonesia
Dampak Lingkungan
Limbah material tambang yang dibuang ke sistem perairan sungai Aikawa. Sekitar 130 kilometer persegi daerah dataran rendah di sepanjang Sungai Aikwa, ditutupi oleh saluran sedimen dikepang yang mengindikasikan adanya muatan sedimen tinggi
Area Tambang
Alur Operasi
Visi
Menjadi perusahaan tambang kelas dunia yang menciptakan nilai-nilai unggul dan menjadi kebanggaan bagi seluruh pemangku kepentingan termasuk karyawan, masyarakat, dan bangsa.
Misi
Berkomitmen untuk secara kreatif mentransformasikan sumber daya alam menjadi kesejahteraan dan pembangunan yang berkelanjutan melalui praktek-praktek pertambangan terbaik dengan memprioritaskan kesejahteraan dan ketentraman karyawan dan masyarakat, pengembangan SDM, tanggung jawab sosial dan lingkungan hidup, serta keselamatan dan kesehatan kerja.
Open Pit
Penambangan pada tubuh bijih ("ore body") Grasberg menggunakan cara penambangan terbuka, metode ini cocok untuk Grasberg karena keberadaan tubuh bijihnya yang dekat dengan permukaan tanah pegunungan (Grasberg).
Underground
Block caving merupakan cara penambangan bawah tanah dengan efisiensi sumberdaya yang tinggi untuk melakukan penambangan, di mana blok-blok besar bijih di bawah tanah dipotong dari bawah sehingga bijih tersebut runtuh akibat gaya beratnya sendiri. Setelah runtuh, bijih yang dihasilkan "ditarik" dari drawpoint (titik tarik) dan diangkut menuju alat penghancur.
Proses Tambang
Saat ini PT Freeport Indonesia (PTFI) menerapkan dua teknik penambangan, yakni open-pit atau tambang terbuka di Grasberg dan tambang bawah tanah di Deep Ore Zone (DOZ). Bijih hasil penambangan kemudian diangkut ke pabrik pengolahan untuk dihancurkan menjadi pasir yang sangat halus.
Selayang Pandang
Proses Tambang
Hasil Tambang
Dampak Lingkungan
Pengendalian Dampak Penambangan
(Foto: Dok. PT Freeport Indonesia)
(Foto: Dok. PT Freeport Indonesia)
Proses penambangan di tambang Gransberg memproses ratusan ton material-material tambang. Material tersebut berasal dari open-pit maupun underground mining yang akan diolah di alat pemecah biji hingga pada akhirnya akan menghasilkan konsentrat
Air Asam Batuan (Acid Rock Drainage)
Pembekapan tanaman
Tingkat racun tailing dan dampak terhadap perairan
Logam berat pada tanaman dan satwa liar
Perusakan habitat muara
Sumber : http://www.dh3321.com
Oleh
IRSYAAD CAESAR RAMADHAN (D131171303)
DINAH KHAIRIAH (D131171319)

DEPARTEMEN TEKNIK LINGKUNGAN
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS HASANUDDI
Full transcript