Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

STRATEGI PRODUK DAN JASA

No description
by

teguh samudra

on 15 December 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of STRATEGI PRODUK DAN JASA

Produk dan Jasa
Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada pasar untuk memuaskan suatu keinginan atau kebutuhan, termasuk barang fisik,pengalaman, acara, orang, tempat, properti, organisasi, informasi dan ide.

” Jasa adalah setiap kegiatan atau manfaat yang ditawarkan oleh suatu pihak pada pihak lain dan pada dasarnya tidak berwujud serta tidak menghasilkan kepemilikan sesuatu.” ( Kotler, Philip, 1996 : 383 )”

Klasifikasi Produk
A. Produk Konsumen

Klasifikasi Produk
B. Produk Industri
A. Atribut Produk
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
B. Pemberian merek (Branding)
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
C. Sponsor Merek
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
D. Strategi Merek
GOAL!
STRATEGI PRODUK DAN JASA
OLEH :
HAMIRUDIN (31601300752)
NOVTA ADI (31601300790)
SUPRIADI KAHARJA(316013007)
TEGUH SAMUDRA (31601300808)
TEGUH WIBOWO (316013009)
TRI PUJIYANTO (31601300811)

Produk konsumen adalah produk yang dibeli konsumen akhir untuk konsumen pribadi .produk konsumen meliputi :
a.
Produk sehari – hari
adalah produk dan jasa konsumen yang biasanya sering dan cepat dibeli oleh pelanggan,misalnya ,sabun,permen,koran dan lain lain.
b.
Produk shopping
adalah produk dan jasa konsumen yang jarang dibeli,sehingga pelanggan membandingkan kecocokan kualitas ,harga,dan gaya nya dengan cermat.contohnya pakaian,peralatan rumah,serta jasa hotel.
c.
Produk spesial
adalah produk konsumen dengan karakteristik unik atau identifikasi merek yan dicari oleh kelompok pembeli tertentu .contohnya ,jasa bantuan hukum atau pengacara kondang,i phone 6,serta pakaian yang dirancang oleh desainer terkenal.
d. Produk yang tidak dicari adalah produk konsumen dimana keberadaannya tidak diketahui atau jika diketahui ,tidak terpikir oleh mereka untuk membelinya.contohnya asuransi jiwa.

Produk industri adalah produk yang dibeli untuk pemrosesan lebih lanjut atau penggunaan yang terkait dengan bisnis.perbedaan antara produk konsumen dengan produk industri didasarkan pada tujuan .misalkan jika konsumen membeli bibit sayur dan hasilnya digunakan untuk digunakan sebagai makanan sehari hari maka bibit tersebut produk konsumen ,akan tetapi jika digunakan untuk ditanam dan hasilnya dijual kembali produk tersebut merupakan produk industri.
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
Pengembangan suatu produk atau jasa melibatkan penentuan manfaat yang akan diberikan .atribut produk seperti kualitas ,fitur(features),dan rancangan.
a. Kualitas Produk (product Quality)
Kualitas produk(product quality) adalah kemampuan suatu produk untuk melaksanakan fungsinya,meliputi daya tahan ,keandalan ,ketetapan,kemudahan operasi dan perbaikan ,serta atribut bernilai lainnya.
b. Fitur (features)Produk
Fitur adalah alat bersaing untuk membedakan produk perusahaan dari produk pesaing.Fitur-fitur yang nilainya rendah untuk pelanggan biaya untuk mendapatkat produk tersebut harus dikurangi ,sebaliknya fitur-fitur yang nilainya tinggi untuk pelanggan biaya harus ditambah.
A. Atribut Produk
c. Rangcangan adalah konsep yang lebih luas dibandingkan gaya.Gaya hanya menguraikan penampilan produk.Gaya yang sensasional bias menarik perhatian,tetapi tidak begitu saja membuat produk itu melakukan kinerja yang lebih baik .Rancangan yang baik dapat menarik perhatian ,meningkatkan kinerja produk mengurangi biaya produk,dan memberikan nilai keunggulan yang dapat bersaing di pasar sasaran
Merek(brand)Merupakan nama,istilah ,tanda,symbol atau rancangan ,atau kombinasi dari semua ini yang dimaksudkan untuk mengidentifikasi produk atau jasa dari satu atau kelompok dan menjual dan membedakannya dari produk pesaing.Pemilihan nama merek kualitas yang diinginkan untuk sebuah nama merek meliputi hal-hal srbagai berikut:
Nama merek harus menyampaikan sesuatu mengenai manfaat dan kualitas produk.
Nama merek harus mudah diucapkan,dikenal, dan diingat.
Nama merek harus lain dari yang lain.
Nama merek harus bisa diterjemahkan secara mudah kedalam bahasa asing.
Nama merek harus terdaftar dan memiliki perlindungan hukum.



Sponsor merek ( brand sponsor) sebuah pabrik memiliki empat pilihan sponsor yaitu :
Merek pribadi atau merek toko ( pripate brand or store brand) merupakan merek yang diciptakan dan dimiliki oleh pedagang dari suatu produk atau jasa.
Penggabungan merek ( co-branding) merupakan tindakan menggunakan nama merek terkenal dari dua perusahaan yang berbeda atas produk yang sama .
Strategi merek perusahaan biasa memperkenalkan perluasan lini ( nama merek yang ada diperluas kedalam bentuk, ukuran, dan rasa baru dari kategori produk yang sudah ada),perluasan merek ( nama merek yang sudah ada dipeluas kategori produk baru),multimerek ( nama merek baru diperkenalkan dalan kategori produk yang sama),atau merek baru ( nama merek baru dalam ketegori produk baru).
KEPUTUSAN PRODUK INDIVIDU
E. Pengemasan dan Pemberian Label
Pengemasan ( packaging ) merupakan kegiatan merancang dan membuat wadah atau pembungkus suatu produk.Sedangkan Pemberian label ( labeling ) dipengaruhi oleh penetapan harga unit/unit pricing ( menyatakan harga perunit dari ukuran standar ), tanggal kadaluarsa atau opendating ( menyatakan berapa lama produk dikomsumsi ), label keterangan gizi/nutritional labeling( menyatakan nilai gizi dalam produk)
KEPUTUSAN LINI PRODUK
lini produk adalah kelompok produk di dalam kelas produk yang berhubungan erat karena mempunyai fungsi yang serupa, dijual kepada kelompok pelanggan yang sama, dipasarkan melalui gerai atau saluran ayng sama, atau masuk dalam kisaran harga tertentu
KEPUTUSAN LINI PRODUK
1.Analisis lini produk

Manajer lini perlu mengetahui penjualan dan laba dari setiap barang yang ada dalam lininya dan bagaimana lini produknya jika dibandingkan dengan lini produk pesaing.
a. Penjualan dan Laba Lini Produk
Manajer lini produk perlu mengetahui presentase dari penjualan dan laba yang disumbangkan oleh setiap barang (item) dalam lini.

b. Profil Pasar Lini
Manajer lini produk perlu meninjau bagaimana lini produk tersebut diposisikan terhadap lini produk pesaing.
KEPUTUSAN LINI PRODUK
2. Panjang Lini Produk

Masalah yang dihadapi oleh manajer lini produk adalah menentukan panjang lini produk yang optimal.Perusahaan dapat memperbesar panjang lini produknya melalui dua cara, yakni dengan memperlebar lini ( line streching ) dan dengan menambahakan barang ke dalam lini ( line filling ).
KEPUTUSAN LINI PRODUK
3. Keputusan Melebarkan Lini
Setiap lini produk perusahaan meliput bagian tertentu dari keseluruhan bagian yang mungkin diliput. Perusahaan dapat melebarkan lininya ke bawah, ke atas atau keduanya.

1)Perusahaan mungkin melakukan pelebaran ke bawah (downward strecht) karena alasan-alasan berikut
– Perusahaan yang diserang oleh pesaing pada segmen atas dan hendak melancarkan serangan balasan dengan menyerbu segmen bawah yang dikuasai pesaing tersebut.
– Perusahaan mula-mula memasuki segmen atas untuk membanagun citra kualitas dan berekspansi ke segmen bawah.
– Perusahaan menambahkan barang untuk segmen bawah (low-end unit) untuk menutup atau mengisi kekosongan penawaran di pasar, yang kalau hal itu tidak dilakukan, akan menarik minat pesaing baru.
KEPUTUSAN LINI PRODUK
3. Keputusan Melebarkan Lini
2) Pelebaran ke atas ( upward strecht )
Perusahaan-perusahaan disegmen bawah mungkin berfikir untuk memasuki segmen atas. Mereka mungkin tertarik dengan tingkat pertumbuhan dan margin yang lebih tinggi, atau oleh terbukanya kesempatan untuk mempromosikan diri mereka sebagai pemanufaktur yang melayani semua lini.
3) Pelebaran dua arah ( two-way strecht )
Perusahaan yang melayani pasar menengah mungkin memutuskan untuk memperlebar lininya ke dua arah.
KEPUTUSAN BAURAN PRODUK
bauran produk adalah kumpulan semua produk dan barang yang ditawarkan untuk dijual oleh penjual tertentu. Di dalam bauran produk tersebut, terdapat berbagai lini produk
Bauran produk cap orang tua
KEPUTUSAN BAURAN PRODUK
Dalam sebuah perusahaan, tentunya mereka ingin memperluas bisnis mereka dengan menciptakan beberapa produk baru yang dapat menyentuh konsumen pasar. Maka dari itu, ada yang namanya Dimensi Bauran Produk yang salah satu tujuannya adalah untuk memudahkan perusahaan dalam mengembangkan bisnis mereka seperti yang dikatakan diatas. Dimensi Bauran Produk tersebut adalah :
Dimensi Bauran Produk
1. Lebar : Bauran produk mengacu pada berapa banyak lini produk berbeda yang dijual di perusahaan.
2. Panjang : bauran produk mengacu pada jumlah total produk dalam bauran
3. Kedalaman : bauran produk mengacu pada banyaknya varian yang ditawarkan masing-masing produk dalam lini.
4. Konsistensi : seberapa dekat hubungan dari berbagai lini produk pada pengguna akhir, persyaratan produksi, saluran distribusi, atau dengan cara lain.
Masih Bingung ????????
Untuk lebih jelasnya, disini sudah ada contoh empat dimensi yang ada pada Perusahaan Unilever .
Yang termasuk ke dalam Panjang Lini Produk adalah : untuk Sabun Mandi ada Lux, Lifebuoy, Camay

Yang termasuk ke dalam Lebar Bauran Produk adalah ; margarin, sabun mandi, sampo, pasta gigi, detergen.

Yang termasuk ke dalam kedalaman : di sabun Lifebuoy ada yang warna merah, ijo, biru, dll.

Untuk konsistensi disini maksudnya adalah seberapa konsisten suatu perusahaan dalam menjual suatu produk. Misalnya, Perusahaan X konsisten bahwa dia akan terus menjual produk sabun, jadi tidak ada penjualan produk apapun selain sabun.
PEMASARAN JASA
Industri jasa ini sangat beragam karena pemerintah menawarkan jasa melalui pengadilan,jasa tenaga kerja,rumah sakit,lembaga peminjaman,dll. Organisasi nirlaba swasta menawarkan jasa lewat museum, yayasan sosial,perguruan tinggi,dll.

Sifat dan karakteristik jasa peruasahaan harus mempertimbangkan empat karakteristik jasa tertentu, ketika merancang program pemasaran : ketiadak berwujudan ( intangibility), ketidakterpisahan ( inseparability), keragaman ( service varability), tidak tahan lama( perishability).
PEMASARAN JASA
Perusahaan jasa harus memahami rantai laba jasa (service-profit chain) yang menghubungkan laba perusahaan jasa dengan karyawan dan kepuasan pelanggan.

Rantai ini terdiri dari lima hubungan:
1. Kualitas jasa internal:pemilihan karyawan yang bagus dan pelatihan, lingkungan kerja yang berkualitas, dan dukungan kuat bagi karyawan yang berurusan dengan pelanggan, yang akan menghasilkan
2. Karyawan jasa yang puas dan produktif : karyawan yang lebih puas, setia, dan bekerja keras, yang akan menghasilkan
3. Nilai jasa yang lebih besar : kreasi nilai pelanggan dan penghantaran jasa yang lebih efektif dan efisien, yang akan menghasilkan
4. Pelanggan yang puas dan setia : pelanggan puas yang tetap setia akan mengulangi pembelian, dan memberitahukan kepada pelanggan lain, yang akan menghasilkan
5. Laba dan pertumbuhan jasa yang sehat : kinerja perusahaan jasa yang sehat
Strategi perusahaan jasa
Full transcript