Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

TEKS ANEKDOT :

No description
by

hani handari

on 24 January 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of TEKS ANEKDOT :

TEKS ANEKDOT :
design by Dóri Sirály for Prezi
PENDAHULUAN
Anekdot adalah cerita singkat yang menarik karena lucu dan mengesankan , biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yang sebenarnya
Struktur teks Anekdot
Teks Anekdot Koruptor Indonesia Vs Malaysia
Step 3
Goal
TERIMA KASIH :)
ANGGOTA KELOMPOK :

1.ANNI FADHILAHTUSSYA'ADAH
2.ASRI NURHANI
3.AZHIMATUN Q.A
4.NURANNISA W.K.D

Materi yang akan disajikan :
- Pengertian , tujuan utama , Kaidah , Ciri-ciri , beserta struktur-struktur teks anekdot

JUDUL TEKS ANEKDOT :
KORUPTOR INDONESIA VS MALAYSIA

Pengertian Teks anekdot
Tujuan utama teks anekdot :
Tujuan utamanya adalah untuk mengungkapkan kebenaran dengan humor yang menyindir
Kaidah teks anekdot
1. Berupa lelucon ataupun cerita yang menggelitik.

2.Didalamnya terkandung kebenaran tertentu yang bisa menjadi bahan pelajaran bagi khalayak
ABSTRAKSI
adalah bagian diawal paragraf yang berfungsi memberi gambaran tentang isi teks . Biasanya bagian ini menunjukan hal unik yang terdapat didalam teks .
Orientasi
adalah bagian yang menunjukan awal kejadian cerita atau latar belakang bagaimana peristiwa terjadi . Biasanya penulis bercerita dengan detail dibagian ini
Krisis
adalah bagian yang menggambarkan terjadinya hal atau masalah yang unik atau tidak biasa yang terjadi pada sipenulis atau orang yang diceritakan ( biasanya dimunculkan disini )
Reaksi
adalah bagian yang menggambarkan bagaimana cara penulis atau orang yang diceritakan menyelesaikan masalah yang dialami .
koda
merupakan bagian akhir dari cerita unik tersebut . bisa juga dengan memberi kesimpulan tentang kejadian yang dialami penulis atau orang yang diceritakan
Seorang pejabat asal Indonesia sebut saja namanya Wibowo mendapat undangan dari seorang pejabat pemerintahan Malaysia .Saat tiba di Malaysia Wibowo dijamu,dihibur dan diajak mengelilingi rumah megah milik sang tuan rumah.Saat ngobrol , Wibowo iseng-iseng bertanya , " Wah kamu pejabat biasa , tapi ko bisa punya rumah megah begini ya?"
Sang pejabat Malaysia ini pun tersenyum , lalu mengajak Wibowo ke dekat jendela dan menunjuk keluar, " kamu lihat jembatan besar disebelah sana?" ucapnya . Wibowo mengangguk " Nah , dari jembatan itu saja aku dapat 10 persen",katanya sambil mengedipkan mata dan menepuk dadanya. Wibowo mengangguk-angguk.
Sebulan kemudian , pejabat dari Malaysia itu melakukan kunjungan balasan ke Indonesia . Setelah menikmati jamuan dan hiburan , sang pejabat Malaysia itu diajak kerumah Wibowo . Dia sangat terkejut melihat rumah Wibowo yang bagaikan Istana raja: Vila megah lengkap dengan kolam renang , lapangan tenis , helipad dan lapangan golf pribadi serta sembilan mobil mewah " Wah kamu pejabat biasa tapi kamu lebih hebat ! Rumah kamu kayak istana begini? Jauh lebih megah dibanding rumah saya " kata pejabat Malaysia tersebut sambil terheran-heran.Wibowo kemudian mengajaknya kedekat jendela , lalu menunjuk keluar sambil berkata " Kamu lihat gedung berlantai 25 disana ?" . Pejabat malaysia ini pun mencari gedung yang ditunjuk oleh Wibowo, tatapi dia tidak melihatnya . " Mana ? gak ada gedung kok disana?". Wibowo mengedipkan mata sambil menepuk dada , " Ya gak ada , wong duitnya 100 persen masuk ke kantong saya!"
Aku wis puyeng mikiri negara
Korupsi dimana-mana
Isi Ringkasan
Ada seorang pejabat dari indonesia menerima undangan dari pejabat Malaysia . Pejabat Malaysia mengatakan bahwa rumah megah yang dimilikinya adalah hasil korupsi 10 persen dari pembuatan jembatan , sedangkan sebulan kemudian pejabat Malaysia berkunjung kerumah pejabat indonesia . Pejabat Indonesia mengatakan bahwa rumah megah yang dimilikinya adalah hasil dari korupsi 100 persen dari pembuatan gedung berlantai 25 tersebut .
Maksud dari teks diatas
Maksud dari teks diatas adalah untuk menyindir para pejabat Indonesia yang mengambil uang negara untuk kepentingannya sendiri tanpa mempertanggung jawabkan akibatnya dan juga kesejahteraan rakyatnya .
Pesan teks diatas
janganlah kita meniru para pejabat kita yang mengambil uang negara tanpa mempertanggung jawabkan akibatnya .
Beriskap jujur lebih baik !!
SLOGAN KORUPSI :
STRUKTUR TEKS ANEKDOT
Koruptor Indonesia Vs Malaysia
abstraksi :
Seorang pejabat asal Indonesia , sebut saja namanya Wibowo, mendapat undangan dari seorang pejabat pemerintah Malaysia.
Orientasi :
Saat ngobrol, Wibowo iseng-iseng bertanya, "Wah kamu pejabat biasa, tapi
kok bisa punya rumah megah begini ya?".
KRISIS
"Kamu lihat jembatan besar di sebelah sana?", ucapnya. Wibowo mengangguk. "Nah, dari proyek jembatan itu saja aku dapat 10 persen", katanya sambil mengedipkan mata dan menepuk dadanya. Wibowo mengangguk- angguk.
REAKSI
Sebulan kemudian, pejabat dari Malaysia itu melakukan kunjungan balasan ke Indonesia. Setelah
menikmati jamuan dan hiburan, sang pejabat Malaysia itu diajak ke rumah Wibowo.
Dia sangat terkejut melihat rumah Wibowo yang bagaikan istana raja: Villa megah lengkap dengan kolam renang, lapangan tenis, helipad dan lapangan golf pribadi serta sembilan mobil mewah.
"Wah kamu pejabat biasa tapi kamu lebih hebat! Rumah kamu kayak istana begini? Jauh lebih megah dibanding rumah saya", kata pejabat asal Malaysia tersebut sambil terheran - heran. Wibowo kemudian mengajaknya ke dekat jendela, lalu menunjuk keluar sambil berkata,
KODA
"Kamu lihat gedung 25 lantai disana?". Pejabat Malaysia ini pun mencari gedung yang ditunjukkan Wibowo, tetapi dia tetap tidak melihatnya. "Mana? Gak ada gedung kok disana?". Wibowo mengedipkan mata sambil menepuk dada, "Ya gak ada, wong duitnya 100 persen masuk ke kantong saya!".
Ciri -Ciri teks Anekdot :
1. Tokoh Faktual
2. Memiliki alur/plot
3. Memiliki latar waktu, tempat, dan latar suasana
Full transcript