Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Minyak Bumi dan Gas Alam

No description
by

Sandy Alfyanto

on 11 March 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Minyak Bumi dan Gas Alam

X MIA 2
Kelompok 8 :
Rozinul Haq (22)
Sandy Alfyanto Putra (23)
Wahyu Kristianto N (24)
Yoga Dwi Ardianto (25)
Nur Azzahra P. P. I. (26)

Disusun Oleh:
Manfaat
Dampak Negatif
Hasi Pengolahan Minyak Bumi
Minyak Bumi dan Gas Alam
ASAL MULA MINYAK BUMI
Minyak bumi dan gas alam diduga berasal dari jasad renik. Sisa-sisa organisme itu mengendap di dasar laut, kemudian ditutupi oleh lumpur yang lambat laun mengeras karena tekanan lapisan diatasnya sehingga berubah menjadi batuan. Sementara itu bakteri anaerob menguraikan sisa-sisa organisme itu sehingga menjadi minyak bumi dan gas yang terperangkap di antara lapisan-lapisan kulit bumi.
Pembentukan Minyak Bumi Berdasarkan Teori
Teori Anorganik
Teori Anorganik dikemukakan oleh Berthelok (1866) yang menyatakan bahwa minyak bumi berasal dan reaksi kalsium karbida, dan alkali menjadi CaC2 ( reaksi antara batuan karbonat dan logam alkali) dan air menghasilkan asetilen yang dapat berubah menjadi minyak bumi pada temperatur dan tekanan tinggi.

CaCO3 + Alkali → CaC2 + HO → HC = CH → Minyak bumi

Teori Organik
Teori Organik dikemukakan oleh Engker yang menyatakan bahwa minyak bumi terbentuk dari proses pelapukan dan penguraian secara anaerob jasad renik (mikroorganisme) dari tumbuhan laut dalam batuan berpori.
Proses Distilasi, yaitu proses penyulingan berdasarkan perbedaan titik didih; Proses ini berlangsung di Kolom Distilasi. Atmosferik dan Kolom Destilasi Vakum.
Minyak mentah dipanaskan dengan suhu sekitar 4000C. Komponen yang titik didihnya lebih tinggi akan tetap berupa cairan dan mengalir turun ke bawah, sedangkan yang titik didihnya lebih rendah akan menguap naik ke atas melalui sungkup-sungkup yang disebut sungkup gelembung
Semakin ke atas suhu di dalam menara fraksionasi itu semakin rendah. Dengan demikian, setiap kali komponen dengan titik didih lebih tinggi naik, akan mengembun dan terpisah, sedangkan komponen dengan titik didih lebih rendah akan terus naik ke bagian yang lebih atas lagi.
Begitulah seterusnya, sehingga komponen yang paling atas itu berupa gas yang merupakan komponen pada suhu kamar. Contoh : Gas Petroleum.
Proses Konversi
Proses Konversi, yaitu proses untuk mengubah ukuran dan struktur senyawa hidrokarbon.
Proses Pengolahan (treatment)
Proses ini dimaksudkan untuk menyiapkan fraksi-fraksi hidrokarbon untuk diolah lebih lanjut, juga untuk diolah menjadi produk akhir.
Formulasi & Pencampuran (blending)
Proses pencampuran fraksi-fraksi hidrokarbon dan penambahan bahan aditif untuk mendapatkan produk akhir dengan spesikasi tertentu.
Contoh: pencampuran TEL dengan bensin untuk memperoleh kualitas bensin yang baik
LPG
LPG (Liquified Petroleum Gas) adalah campuran dari berbagai unsur hidrokarbon yang berasal dari gas alam. Dengan menambah tekanan dan menurunkan suhunya, gas berubah menjadi cair. Komponennya didominasi propana C3H8 dan butana C4H10.
Sifat elpiji adalah sebagai berikut:
- Cairan dan gasnya sangat mudah terbakar
- Cairan dapat menguap jika dilepas dan menyebar dengan cepat.
- Gas ini lebih berat dibanding udara sehingga akan banyak menempati daerah yang rendah.
Bensin
Bensin mengandung lebih dari 500 jenis hidrokarbon yang memiliki rantai C5-C10.
Bensin memiliki kadar bervariasi tergantung komposisi minyak mentah dan mutu. Mutu bahan bakar bensin dikaitkan dengan jumlah ketukan yang ditimbulkan dan dinyatakan dengan nilai oktan. ada tiga jenis bensin yang dibagi berdasarkan mutu yaitu premium dengan bilangan oktan 88 , pertamax dengan bilangan oktan 92 serta pertamax plus 95. Nilai bilangan oktan dihitung menggunakan rumus berikut :

Bilangan oktan = (% isooktana x100) + (%n-heptanax100)
Minyak tanah ( kerosin )
Kerosin adalah cairan hidrokarbon yang tidak berwarna dan mudah terbakar , kerosin memiliki titik didih 1500 C sampai 2750 C . Rantai karbonnya dari C12-C15 .
Solar
Solar adalah fraksi minyak bumi dengan titik didih antara 250-340 derajat celcius. Minyak solar digunakan sebagai bahan bakar kendaraan yang menggunakan diesel.
Pelumas
Pelumas adalah zat kimia yang berupa cairan, yang kemudian diberikan diantara dua benda bergerak untuk mengurangi gaya gesek. Pelumas berfungsi sebagai lapisan pelindung yang memisahkan dua permukaan yang berhubungan.
Lilin
Lilin adalah sumber penerangan yang terdiri dari sumbu yang diselimuti oleh bahan bakar padat. Bahan bakar yang digunakan adalah paraffin.
Bahan Baku Industri Petrokimia
Petrokimia adalah bahan-bahan atau produk yang dihasilkan dari minyak dan gas bumi. Bahan-bahan petrokimia tersebut dapat digolongkan ke dalam plastik, serat sintetis, karet sintetis, pestisida, detergen, pelarut, pupuk, berbagai jenis obat maupun vitamin. Terdapat tiga bahan dasar yang digunakan dalam industri petrokimia, yaitu olefin, aromatika, dan gas sintetis (syn-gas). Untuk memperoleh produk petrokimia dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu:
a. Mengubah minyak dan gas bumi menjadi bahan dasar petrokimia.
b. Mengubah bahan dasar menjadi produk antara.
c. Mengubah produk antara menjadi produk akhir.
Manfaat Sebagai Bahan Bakar
Sebagian besar produk minyak bumi digunakan sebagai bahan bakar, baik bahan bakar di rumah tangga, industri maupun bahan bakar kendaraan. Bahan bakar minyak yang digunakan di rumah tangga adalah minyak tanah dan gas elpiji.
Manfaat dalam Hal

S
e
n
i
Cat minyak untuk urusan seni, khususnya seni lukis, peran utama hidrokarbon ada pada tinta / cat minyak dan pelarutnya. Mungkin kita mengenal thinner yang biasa digunakan untuk mengencerkan cat.
Manfaat dalam Hal Estetika
Lipstik sebetulnya salah satu seni juga yang mencakup hal estetika. Akan tetapi mungkin lebih luas lagi dengan penambahan kosmetika. menjadi bahan hidrokarbon yang juga digunakan untuk estetika kosmetik misalnya lilin.
Contohnya: lipstik dan waxing.
Pengotor dalam bahan bakar
Bahan bakar fosil, khususnya batu bara biasanya mengandung sedikit belerang . Ketika bahan bakar dibakar, belerang akan terlepas sebagai belerang dioksida yang dapat merusak mesin serta menimbulkan penyakit pernafasan .
Bahan Aditif dalam bahan bakar
Karena dalam bensin terdapat TEL . Maka Zat ini menghasilkan timbel (II) oksida yang apabila masuk dalam tubuh mengakibatkan kanker , kegagalan fungsi organ tubuh , penurunan kecerdasan, iritasi dll .
Efek rumah kaca (greenhouse effect )
Efek rumah kaca disebabkan karena naiknya konsentrasi gas karbon dioksida (CO2) dan gas-gas lainnya di atmosfer. Kenaikan konsentrasi gas CO2 ini disebabkan oleh kenaikan pembakaran bahan bakar, batu bara dan bahan bakar organik lainnya yang melampaui kemampuan tumbuhan-tumbuhan dan laut untuk menyerapnya.sehingga suhu panas bumi semakin meningkat
Hujan asam
Diartikan sebagai hujan dengan pH di bawah 5,7. Hujan asam disebabkan oleh belerang (sulfur) yang merupakan pengotor dalam bahan bakar fosil serta nitrogen di udara yang bereaksi dengan oksigen membentuk sulfur dioksida dan nitrogen dioksida. Zat-zat ini berdifusi ke atmosfer dan bereaksi dengan air untuk membentuk asam sulfat dan asam nitrat yang mudah larut sehingga jatuh bersama air hujan. Air hujan yang asam tersebut akan meningkatkan kadar keasaman tanah dan permukaan air yang terbukti berbahaya bagi kehidupan ikan dan tanaman.

Hidrokarbon Jenuh (alkana)
- Keberadaan rantai lurus sebagai komponen utama (terbanyak)
- Sedangkan rantai bercabang lebih sedikit- Senyawa penyusun diantaranya: Metana , Etana , Propana,   Butana ,  n-heptana
Hidrokarbon Tak Jenuh (alkena)
- Keberadaannya hanya sedikit
- Senyawa penyusunnya: etena, propena butena
Komposisi
Aspal
Aspal ialah bahan hidrokarbon yang bersifat melekat (adhesive), berwarna hitam kecoklatan, tahan terhadap air, dan visoelastis. Aspal sering juga disebut bitumen.
Minyak bumi merupakan senyawa hidrokarbon yang menjadi komoditi perdagangan yang sangat penting bagi dunia karena minyak bumi merupakan salah satu sumber energi yang paling utama saat ini.
Hasil penyulingan minyak bumi banyak menghasilkan senyawa-senyawa hidrokarbon yang sangat penting bagi kehidupan manusia, seperti layaknya bensin, petroleum eter (minyak tanah), gas elpiji, minyak pelumas, lilin, dan juga aspal.
Sebagai Perdagangan
Full transcript