Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

North American Free Trade Agreement (NAFTA)

No description
by

Mega Cristy

on 23 August 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of North American Free Trade Agreement (NAFTA)

North American Free Trade Agreement (NAFTA)
1.Latar belakang
2.Tujuan pembentukan NAFTA
3.Ketentuan yang Mengatur Anggota NAFTA
4.Ketentuan NAFTA terhadap Pihak Luar
5.Kekurangan dariNAFTA
6.Kelebihan dari NAFTA
7.Masalah di Juarez
8.Kesimpulan

Ringkasan
1.Pelaksanaan Perjanjian Dagang Bebas Amerika Utara (NAFTA) dimulai sejak 1 Januari 1994.

2.Sedangkan beberapa tarif dihapuskan dengan segera, orang lain akan mengambil di mana pun dari 5-15 tahun untuk disisihkan.

Latar Belakang
1. meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesempatan kerja melalui usaha menghilangkan berbagai hambatan perdagangan.
2. menciptakan iklim untuk mendorong persaingan yang adil.
3. meningkatkan peluang investasi.
4. memberikan perlindungan terhadap hak milik intelektual.
5. menciptakan prosedur yang efektif dalam penyelesaian perselisihan perdagangan antara ketiga negara anggotanya. 

Tujuan Pembentukan NAFTA
Ketentuan yang Mengatur Anggota NAFTA
DISUSUN OLEH :
1.Kezia Paskah Ria (125140505)
2.Mega Cristy (125140506)
3.Monica Melvi Reviani (125140509)
4.Yesaya Chistofer Tan (125140522)
5.Aldo (125140519)

3.Persetujuan ini menyingkirkan kebanyakan rintangan untuk investasi di antara Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko..

4.Sedangkan, di bawah naungan NAFTA, semua rintangan non-tarif sampai langganan pertanian di antara Amerika Serikat dan Meksiko dihapuskan.

5. Proses saat pelaksanaan NAFTA tak ada rintangan yang dapat diselesaikan pada 2008.

6. Pada 2008, yang terakhir NAFTA peralihan restrictions memerintah AS, Meksiko dan langganan pertanian Canadas disingkirkan: ini menutup proyek 14 tahun di yang negara anggota secara sistematik membongkar banyak rintangan ke daerah langganan pertanian.


7. NAFTA menimbulkan bidang perdagangan bebas dunia yang paling besar, yang sekarang menghubungkan 444 juta orang dan menghasilkan senilai $17 trilyun barang-barang dan servis.

8.Perjanjian Dagang Bebas Amerika Utara mempunyai dua Suplemen, Persetujuan Amerika Utara atas Kerjasama Lingkungan dan Persetujuan Amerika Utara atas Kerjasama Partai Buruh

Tujuan utama NAFTA adalah untuk mengatur hak-hak dan kewajiban serta kepentingan-kepentingan negara-negara anggotanya dalam bidang sebagai berikut:

a. Perdagangan
Dalam bidang perdagangan pengaturannya memuat ketentan tentang penghapusan hambatan tarif dan non tarif. Tarif akan diturunkan secara perlahan, tergantung jenis dan tingkat kepentingan terhadap produk. Menjelang tahun 1994, 50%
tarif dihilangkan dan penurunan terhadap tarif yang lain dilakukan dalam waktu 5 s/d 10 tahun diharapkan secara perlahan ketiga negara NAFTA pada akhirnya dapat memperoleh keuntungan dari penghapusan tarif.. Hambatan non tarif seperti user fees, izin impor (import License) dan kuota akan segera di hapus dengan beberapa pengecualian, kuota masih dikenakan terhadap bidang energi, pertanian, otomotif dan tekstil.

b. Keimigrasian
Di bidang keimigrasian, NAFTA memberikan kemudahan bagi pengusaha yang akan melakukan kegiatan bisnisnya, NAFTA mengizinkan adanya visa sementara kepada pengusaha dan barang barang untuk
tujuan tertentu (temporary entry for bussines person & goods), bentuk insentif yang diberikan untuk mempermudah investasi dengan membebaskan orang, barang, peralatan promosi seperti televisi alat peraga, barang-barang dengan tujuan pameran serta barang modal dibebaskan masuk secara temporer.

c. Finansial
Dalam bidang finansial, hak-hak yang diatur adalah hak untuk transfer mata uang dalam investasi dan perdagangan, pembebasan penggunaan mata uang ketiga negara berdasarkan nilai pasar pada saat hari transaksi. Ketentuan dalam bidang finansial ini juga mengatur tentang larangan transfer yang berkitan dengan kepailitan
d.In
v
estasi

NAFTA mengatur tentang Investasi, yang menurut definisi umum berarti pembelian aset untuk meningkatkan nilai suatu produk, yang meliputi tanah, bangunan, barang modal dan bahan baku serta bahan penolong untuk kegiatan produksi, Investasi dalam pengertian NAFTA bukan merupakan investasi portofolio. Definisi investasi meliputi juga Stock, Bond, Loans, Income, Profit, Interest, Real Estate. Dalam bidang investasi NAFTA memberlakukan ketentuan “equal treatment”, persamaan perlakuan terhadap investor di masing-masing negara anggota. Investor yang menanamkan investasi di Kanada akan mendapat perlakuan yang sama di negara Amerika Serikat dan Meksiko, begitu juga sebaliknya, investor dari Amerika Serikat dan Meksiko akan diperlakukan sama di Kanada. Perlakuan kepada investor masing-masing negara ini berdasarkan perdagangan internasional yang adil, transparan dan liberal dan akan memperoleh proteksi penuh dan jaminan keamanan di masing masing negara, negara bagian.

Dalam ketentuan NAFTA tercakup juga masalah jaminan Investasi, pelarangan pengistimewaan sumber-sumber lokal bagi kepentingan ketiga negara, transfer teknologi, keseimbangan perdagangan dan pengistimewaan pemakaian produk NAFTA terhadap pihak diluar NAFTA. Dalam beberapa hal tertentu negara anggota masih di mungkinkan memperlakukan khusus terhadap investor tertentu yang memiliki arti penting bagi perekonomian negara.  Beberapa pengecualian dalam bidang investasi yang lain dalam ketentuan NAFTA adalah sektor-sektor yang secara konstitusi dilarang untuk investasi asing, seperti pelarangan pemerintah Meksiko terhadap Investasi asing untuk sektor energi, rel kereta api, perumahan/property yang terletak di perbatasan dan di sepanjang pantai. Perhatian lain dari ketentuan NAFTA adalah terhadap masalah lingkungan, negara-negara NAFTA setuju untuk tetap mempertahankan standar baku mutu lingkungan.

Ketentuan NAFTA terhadap Pihak Luar
A. Perdagangan
Ketentuan terhadap pihak diluar NAFTA dalam masalah perdagangan,
memberlakukan ketentuan proteksi untuk memaksimalkan keuntungan angota NAFTA. Produk-produk perdagangan dari negara diluar NAFTA, disamping dikenakan hambatan tarif yang bervariasi, juga dikenakan hambatan non tariff yang ditujukan untuk melindungi, memaksimalkan produksi dan penggunaan tenaga kerja anggota NAFTA. Untuk mendeteksi barang-barang yang berasal dari luar NAFTA maka, diberlakukan ketentuan asal barang, yang di dalamnya juga
diperinci presentase bahan
baku, asal bahan baku
dan komponen biaya lain seperti upah buruh, transportasi dan lain-lain
b. Investasi
Dalam meningkatkan kesempatan investasi, akan memiliki pengaruh secara langsung terhadap pihak-pihak di luar NAFTA. Peningkatan kesempatan investasi ini bisa berarti membuka peluang semakin banyaknya investor menanamkan modal di NAFTA dengan memberlakukan proteksi yang di tujukan untuk menarik investasi asing masuk ke dalam NAFTA Investor yang akan diperlakukan
diskriminatif
adalah mereka :
1). Mereka yang tidak memiliki bisnis yang substansial, yaitu mereka yang tidak melakukan investasi nyata di bidang bidang manufaktur atau kegiatan lain yang memberikan keuntungan substansial bagi NAFTA.
2). Investor yang memiliki perusahaan di NAFTA, namun pengendali perusahaan itu berasal dari negara-negara yang memliki hubungan diplomatik yang buruk dengan negara anggota NAFTA atau negara yang diembargo salah satu negara NAFTA.

c. Imigrasi
Dalam NAFTA di atur ketentuan mengenai Temporary entry for business person (TEFBP). TEFBP ini di berikan kepada para pengusaha yang berasal dari luar NAFTA yang melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan dan investasi, yaitu pe
kerja professional,
 pedagang dan investor substantial, perpin
dahan pe
rkerja antar perusahaan danPengusaha
yang melakukan kunjungan
bisnis. Keempat golongan
tersebut di bebaskan dari keharusan memiliki sertifikat/perijinan kerja, di bebaskan dan keharusan mengikuti test kelayakan kerja. Ketentuan NAFTA ini bersifat diskriminatif terhadap orang-orang di luar keempat golongan di atas. Dengan adanya ketentuan ini, investor potensial
di beri kemudahan untuk melakukan bisnis di NAFTA

Kerugian dan Keuntungan dari NAFTA
Kerugian dari NAFTA
a. Beberapa pakar ekonomi mengemukakan bahwa NAFTA sudah bermanfaat kepada pemilik perusahaan dan elites di ketiga negara, tetapi sudah mempunyai dampak negatif pada petani di Meksiko yang melihat harga makanan jatuh berdasarkan barang impor murah dari AS agribusiness dan dampak negatif pada karyawan AS di pembuatan dan industri perkumpulan yang kehilangan pekerjaan.

b. Pakar ekonomi lain percaya bahwa NAFTA tidak adalah cukup (atau menjalankan dengan cepat cukup) untuk menghasilkan persamaan ekonomi, atau untuk pada pokoknya mengurangi laju kemiskinan.

C. Lagi, beberapa sudah menyarankan bahwa untuk sepenuhnya keuntungan dari persetujuan, Meksiko harus menanam lebih banyak di pendidikan dan memajukan pembaharuan di prasarana dan pertanian.

d. Karena kerja lebih murahan di Meksiko, banyak industri pembuatan AS memindahkan sebagian produksi mereka dari negara bagian yang berharga tinggi ke Meksiko.

e. Antara 1994 dan 2002, AS kehilangan sekitar 1,7 juta pekerjaan sedangkan mendapat hanya 794.000 untuk kehilangan netto sebanyak 879.000 pekerjaan.

f. Industri ini yang dimasukkan, tetapi tidak dibatasi ke Agri-perusahaan.

Kelebihan dari NAFTA
a. Pada 2007, Kanada dan Meksiko ialah, masing-masing, yang pertama dan detik paling besar mengekspor pasar untuk produk pertanian AS.
b. Ekspor ke kedua pasar bergabung lebih hebat daripada ekspor ke enam pasar mendatang yang paling besar gabungan.
c. AAgricultural langganan bertambah di kedua jurusan (U.S.-Mexico) di bawah NAFTA dari $7,3 milyar pada 1994 sampai $20,1 milyar pada 2006.

d. Ini adalah pertambahan sebanyak sekitar 300% di aktivitas ekonomi: Atau 25% tahun lebih tahun pertumbuhan (12 tahun).
e. Dari 1992-2007, nilai ekspor pertanian AS ke seluruh dunia meningkat 65%.
f. Dalam periode sama itu, ekspor perkebunan dan makanan AS ke Meksiko dan Kanada bertambah besar sebanyak 156%.

Juarez
a. Menurut Politik Luar Negeri di Focus Juarez adalah Ibu Kota Pembunuhan Dunia.
b.Jaurez duduk berdampingan kepada El Paso, Texas.
c. NAFTA dipercaya ke disalahkan beberapa untuk kekerasan.

Kesimpulan
NAFTA (North America Free Trade Aggreemnet) merupakan suatu bentuk organisasi kerjasama perdagangan bebas negara-negara Amerika Utara yang terdiri dari  Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.
Perdagangan
bebas yang dijalankan oleh ketiga negara
ini telah diikat
oleh ketentuan-ketentuan yang berlaku
dan telah disepakati
oleh masing-masing pihak. NAFTA
juga memiliki kerjasama
bilateral di luar dari ketiga
negara tersebut dan juga dalam
kerjasama diluar
anggota dari NAFTA telah atur dalam sebuah ketentuan-ketentuan antara NAFTA dengan negara lain. Oleh sebab itu, NAFTA
bukan hanya memberikan pengaruh terhadap negara-negara anggotanya tetapi juga terhadap perdagangan internasional.

Dalam perdagangan bebas ini ternyata tidak begitu memberikan dampak yang baik terhadap sebua negara. Karena perdagangan bebas ternyata bersifat deskriminatif. Negara yang menikmati hasil dari perdagangan bebas adalah negara-negara yang memiliki daya saing yang kuat. Misalnya saja negara beekembang belum mampu menjadi pesaing yang tangguh dalam memasarkan produknya sehingga produknya terseut tidak laku dipasaran karana kalah saing oleh produk dari negara maju. Seperti yang terjadi di Meksiko, karena adanya blok perdagangan bebas yaitu NAFTA sehingga produk dari luar bebas masuk dan menyebabkan banyak perusahaan yang bangkrut dan tutup akibat pemasaran yang sudah beralih ke produk dari luar negeri.
Full transcript