Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

EVALUASI PROYEK EKONOMI

No description
by

kurma kurniawan

on 20 May 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of EVALUASI PROYEK EKONOMI

EVALUASI PROYEK TRANSJAKARTA
Pengertian Evaluasi Proyek
Evaluasi Proyek, yang juga dikenal sebagai studi kelayakan proyek atau studi kelayakan bisnis pada proyek bisnis, merupakan pengkajian suatu usulan proyek (atau bisnis), apakah dapat dilaksanakan (go project) atau tidak (no go project), dengan berdasarkan berbagai aspek kajian.
Lanjutan.....
Definisi Proyek
Proyek (investasi proyek) adalah suatu kegiatan yang menanamkan sebagian atau seluruh faktor produksi yang langka, pada proyek tertentu, pada lokasi tertentu, dalam jangka waktu menengah atau panjang, dengan tujuan memperoleh manfaat di masa mendatang.
Perbedaan Intensitas Evaluasi Proyek
Dalam mengevaluasi suatu proyek perlu diperhatikan bahwa tiap proyek memiliki sejumlah perbedaan dalam hal intensitasnya sehingga proses evaluasinya pun akan mengalami perbedaan.
EVALUASI PROYEK EKONOMI
NPV
IRR
GAMBARAN UMUM PROYEK TRASNJAKARTA
Berdasarkan kepemilikan
Analisis Finansial Proyek Pembangunan Trasnportasi Transjakarta
PRESENT BY : KELOMPOK 13
I Putu Kurniawan (1306105127)
Ni Wayan Bella Astika Dewi (1306105123)
Ni Putu Eva Suyastiningsih (1306105103)

Klasifikasi Proyek
Proyek digolongkan menjadi beberapa jenis berdasarkan kepemilikannya, fungsinya, sifat menghasilkan produk, hubungan satu proyek dengan yang lain, serta berdasarkan keberadaannya.
Tahapan-Tahapan Proyek
Terdapat 3 tahapan-tahapan proyek meliputi tahap pra konstruksi atau tahap studi kelayakan dimulai dari pemunculan gagasan akan proyek sampai selesainya evaluasi proyek atau studi kelayakan proyek. Kedua, tahap konstruksi yakni tahap setelah suatu proyek dinyatakan sebagai ’dapat dilaksanakan’ (go project), maka proyek mulai dibangun (dikonstruksi) Tahapan ini mencakup juga pelaksanaan pilot project sebagai pengujian dan operasi awal. Terakhir, tahap operasional dimulai setelah pilot project dinyatakan berhasil, lalu proyek dioperasikan sesuai dengan rencana.
Ciri-ciri Khusus Investasi Proyek
Membangun proyek baru atau memperluas perusahaan yang telah berjalan, mempunyai ciri-ciri khusus, yang sifatnya lebih substansial dibandingkan dengan keputusan perusahaan untuk investasi.
Tujuan Evaluasi Proyek
Evaluasi proyek dilakukan untuk mengetahui apakah suatu proyek dapat dilaksanakan dengan berhasil, sehingga dapat menghindari keterlanjuran investasi modal yang terlalu besar untuk kegiatan yang ternyata tidak menguntungkan
Jenis Evaluasi Proyek
Evaluasi proyek terdiri atas beberepa jenis, meliputi Evaluasi terhadap usulan proyek yang akan didirikan, Evaluasi terhadap proyek yang sedang dibangun, Evaluasi terhadap proyek yang telah dioperasionalisasikan, dan Evaluasi terhadap proyek yang telah berakhir.
Hal-Hal yang Perlu Diketahui dalam Evaluasi Proyek
Sebelum dilakukan suatu evaluasi proyek, perlu diidentifikasikan hal-hal seperti Ruang Lingkup Kegiatan Proyek, yakni pada bidang-bidang apa saja proyek akan beroperasi (mission statement of business). Cara kegiatan proyek dilakukan, yakni apakah proyek akan ditangani sendiri, atau ditangani juga oleh (beberapa) pihak. Evaluasi terhadap aspek-aspek yang menentukan keberhasilan seluruh proyek, yakni mengidentifikasi faktor-faktor kunci keberhasilan proyek. Sarana yang diperlukan oleh proyek, menyangkut bukan hanya kebutuhan seperti: material, tenaga kerja, dan sebagainya, tetapi juga fasilitas-fasilitas pendukung seperti jalan raya, transportasi, dan sebagainya. Hasil kegiatan proyek tersebut serta biaya-biaya yang harus ditanggung untuk memperoleh hasil tersebut. Akibat-akibat yang bermanfaat ataupun yang tidak dari adanya proyek tersebut.Dan Langkah-langkah rencana untuk mendirikan proyek, beserta jadwal masing-masing kegiatan tersebut.
Tahap Evaluasi Kelayakan
Untuk meminimalkan biaya dan efektifitas kegiatan, evaluasi kelayakan proyek dilakukan dalam dua tahap yakni evaluasi pendahuluan yang digunakan untuk mengetahui faktor-faktor pengambat kritis (critical factors) yang dapat menghambat jalannya operasi bisnis proyek yang akan dibangun, dan studi kelayakan proyek paling sedikit terpusat pada empat aspek: (1) aspek pasar dan pemasaran terhadap barang atau jasa yang akan dihasilkan proyek; (2) aspek produksi, teknis dan teknologis; (3) aspek manajemen dan sumberdaya manusia; dan (4) aspek keuangan dan ekonomi.
Aspek-Aspek Evaluasi Proyek
Evaluasi Proyek mengkaji kelayakan proyek dari berbagai komponen proyek, yakni diantaranya. Aspek pasar bertujuan untuk mengetahui permintaan terhadap barang dan jasa yang dihasilkan oleh proyek. Aspek pemasaran adalah kegiatan untuk menjual produk dan menciptakan hubungan jangka panjang (yang saling menguntungkan) dengan pelanggan. Aspek teknis dan teknologi dianalisis dengan cara menentukan strategi dan teknologi produksi/operasi yang akan dipilih. Aspek sumber daya manusia sebagai penggerak utama dari suatu proyek juga harus ditelaah dari segi kualitasnya. Aspek manajemen dianalisis dengan menentukan manajemen yang tepat, baik dalam konstruksi proyek, maupun saat operasional rutin proyek, terkait dengan pihak perencana, pelaksana manajerial, koordinasi dan pengawasan, bentuk badan usaha, struktur-organisasi. Dalam mengevaluasi suatu proyek perlu dilakukan penentuan pengaturan rencana keuangan.
Berdasarkan kepemilikan terdapat tiga jenis proyek yaitu proyek privat, proyek publik, dan proyek campuran. Berdasarkan kepemilikannya maka proyek sarana transportasi Trasnjakarta ini berjenis yaitu proyek campuran karena dilakukan secara bersama antara pemerintah dan swasta
Berdasarkan fungsi
Berdasarkan fungsinya, proyek dapat dibedakan menjadi proyek infrastruktur ekonomi dan proyek infrastruktur sosial. Berdasarkan karakteristik tersebut, proyek pengadaan sarana transportasi Transjakarta merupakan proyek infrastruktur sosial.
Berdasarkan sifat menghasilkan produk
Berdasarkan sifat menghasilkan produk, proyek sarana transportasi Transjakarta merupakan jenis proyek infrastruktur karena tidak langsung menghasilkan produk.
Berdasarkan hubungan satu proyek dengan proyek lain
Berdasarkan hubungan dengan proyek lain, karakteristik proyek Transjakarta dapat dikategorikan sebagai proyek independent.
Berdasarkan keberadaannya
Berdasarkan keberdaannya, proyek saran trasnportasi Transjakarta dapat dikategorikans sebagai proyek baru karena belum dilakukan atau dimiliki pemerintah sebelumnya
Penilaian Investasi dilakukan dengan metode Payback Period, Net Present Value, Internal Rate of Return, Profitability Index. Berikut ini adalah perincian perhitungan penilaian investasi
Payback Period
Merupakan teknik penilaian terhadap jangka waktu (periode) pengambilan investasi suatu proyek atau usaha. Kas bersih yang diperoleh setiap tahun adalah sebagai dasar perhitungan.
Full transcript