Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Copy of PRESENTASI SIDANG SKRIPSI

No description
by

Asma Adrianti Amin

on 2 June 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Copy of PRESENTASI SIDANG SKRIPSI

Kerangka Pikir
Hipotesis Penelitian
Terimakasih :D
Kesimpulan
* Penggunaan Buku Ajar Tematik berada pada kategori sedang menjurus ke tinggi hal ini terlihat dari frekuensi respon siswa yaitu 12 sedang dan 17 tinggi
* Hasil Belajar siswa mengalami peningkatan dari sebelum ke sesudah penggunaan buku ajar tematik. Hal ini terlihat dari rata-rata nilai hasil belajar sebelum penggunaan buku ajar yaitu 55,89 dan setelah penggunaan buku ajar tematik menjadi 72,49.
* Sehingga dalam penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan buku ajar tematik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar. Dilihat dari hasil analisis yang menunjukkan bahwa t hitung (2,618) > t tabel (2,032).

Latar Belakang
Peringkat Usaha yang dapat Dilakukan
HUBUNGAN PENGGUNAAN BUKU BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS KURIKULUM 2013
TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV
SD INPRES CAMBAYA I UJUNG TANAH
KOTA MAKASSAR

HOUSE OF QUALITY
Kesimpulan & Saran
Metode Penelitian
Hasil Penelitian
1. Analisis Statistik Deskriptif
Oleh :
Asma Adrianti Amin
104704211
PGSD FIP UNM
Pendidikan penentu keberhasilan nasional
Peningkatan Kualitas dan Mutu Pendidikan

Perubahan Sistem Pendidikan
(Kurikulum 2013)
Rumusan Masalah
Berdasarkan uraian di atas, maka rumusan masalah yang diajukan pada penelitian ini yaitu Apakah ada hubungan penggunaan buku bahan ajar tematik berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar ?
Tinjauan Pustaka
Buku Bahan ajar Tematik
Kurikulum 2013.
Hasil Belajar Siswa
Konsep Pembelajaran Tematik
Tujuan Penelitian
Berdasarkan rumusan masalah yang dikembangkan di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan penggunaan buku bahan ajar tematik berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar.

Berdasarkan latar belakang masalah, rumusan masalah dan kerangka pikir yang telah dikemukakan maka, peneliti merumuskan sebuah hipotesis penelitian sebagai berikut:


H0 : Tidak terdapat hubungan signifikan antara penggunaan buku bahan ajar tematik berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa.
H1 : Terdapat hubungan signifikan antara penggunaan buku bahan ajar tematik berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa.
Uji Validitas dan Reliabilitas Tes
Uji Validitas
Uji Reliabilitas
Analisis Statistik Deskriptif
Analisis Statistik Inferensial
Lanjutan...
Lanjutan..
Pengujian Hipotesis
Pengambilan Keputusan Penelitian
Hipotesis Penelitian : Ho = Tidak terdapat hubungan yang signifikan pada penggunaan buku ajar temaik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa (tidak terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan). H1 = Terdapat hubungan yang signifikan pada penggunaan buku ajar temaik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa (terjadi peningkatan hasil belajar yang signifikan).
Pengambilan Keputusan Penelitian
Saran
Penggunaan buku ajar tematik (buku siswa) berada pada kategori sedang menjurus tinggi untuk itu perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi sehingga hasil belajar yang diperoleh dapat lebih meningkat.
Bagi guru dan orang tua harus lebih memotivasi dan menjadi fasilitator yang baik bagi anak dalam proses pembelajaran dan aktivitas di rumah. Orang tua yang juga sangat diharapkan perannya untuk membimbing anak di rumah dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan sehingga hasil belajarnya dapat lebih meningkat dari sebelumnya.

Buku Bahan AJar Tematik
mengatasi keambiguan penilaiain responden
Pre- Test
Penggunaan Buku Bahan Ajar Tematik Berbasis Kurikulum 2013
Post- Test
Pendekatan Saintifik
Hasil Belajar Siswa
konsep Pemebelajaran Tematik Terpadu
Pendekatan dan Jenis Penelitian
Desain Penelitian
Definisi Operasional Variabel
Populasi dan Sample Penelitian
Teknik dan Prosedur Pengumpulan Dat
Teknik analisis Data
2. Analisis Statistik Inferensial
a. Paired Sample Statistic
b. Paired Sample Correlation
TEKNIK ANALISIS DATA
Instrumen dalam penelitian ini terlebih dahulu di lakukan uji validitas dengan Korelasi Product Moment dimana korelasi (r) dengan skor total masing-masing variabel ≥ 0,25. Item yang memiliki r hitung < 0,25 akan dihilangkan akibat item instrumen tidak melakukan pengukuran secara sama. Semua item instrumen dalam peneleitian ini berada memiliki r hitung > 0.25 sehingga semua item instrumennya dinyatakan valid.

Uji reliabilitas dilakukan dengan uji Alpha Cronbach dengan menggunakan SPSS 18. Jika nilai alpha > 0,7 artinya reliabilitas mencukupi (sufficient reliability) sementara jika alpha > 0,80 ini mensugestikan seluruh item reliabel dan seluruh tes konsisten secara internal karena memiliki reliabilitas yang kuat. Dari tabel diatas dapat dilihat bahwa nilai Cronbach’s alpha sebesar 0,725. Hal tersebut menandakan bahwa seluruh item memiliki reliabel yang cukup.

Analisis statistik deskriptif bertujuan untuk mengetahui profil tentang penggunaan buku bahan ajar tematik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 di kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar yang berjumlah 35 orang, maka penulis dapat mengumpulkan data melalui angket yang diisi oleh siswa itu sendiri, yang kemudian diberi skor pada masing-masing item pernyataan dan disajikan dalam bentuk tabel sebagaimana berikut:
Analisis statistik inferensial bertujuan untuk mengetahui tentang hasil belajar tema 8 subtema 1 dengan menggunakan buku bahan ajar tematik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 di kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar dengan jumlah sampel sebanyak 35 orang siswa. Peneliti juga memberikan tes sebelum penggunaan buku ajar tematik (buku siswa) dan setelah penggunaan buku ajar tematik (buku siswa) untuk mengetahui hasil belajar siswa. setelah melakukan tes hasil belajar siswa diperoleh data mengenai hasil belajar siswa dengan beracuan pada standar kategorisasi hasil belajar siswa sesuai dengan prosedur yang ditetapkan Depdiknas tahun 2008 :
a. Hasil belajar Siswa Tema 8 Subtema 1 buku ajar tematik (buku siswa) berbasis Kurikulum 2013.Setelah dilihat perbandingan nilai hasi belajar Tema 8 tempat tinggalku subtema 1 pada siswa, peneliti melakukan analisis data dengan program spss 18 untuk mengetahui tingkat siginifikansi pengaruh pemberian buku ajar tematik kepada siswa. Data tersebut disajikan dalam bentuk tabel sebagai berikut:
Pada tabel di atas, dapat dilihat bahwa rata- rata (mean) sebelum diberikan perlakuan yakni 55,89 dengan standar deviasi 18,669. Sedangkan setelah perlakukan rata-ratanya meningkat menjadi 72,49 dengan standar deviasi 14,141. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 16,6 setelah penggunaan buku ajar tematik (buku siswa).
Selanjutnya dilakukan uji paired sampel correlations dengan spss 18 untuk melihat hubungan signifikan hasil belajar siswa sebelum dan setelah penggunaan buku bahan ajar tematik berbasi kurikulum 2013, yang disajikan dalam bentuk tabel di bawah ini:

Bagian ini diperoleh hasil korelasi antara kedua variabel, yang menghasilkan angka 0,656 dengan nilai probabilitas (sig.) 0,000. Hal ini menyatakan bahwa korelasi antara sebelum diberikan perlakuan dan sesudah perlakuan berhubungan secara nyata, karena nilai probabilitas <0,05.

Uji paired sample test dilakukan untuk menentukan keputusan hipotesis dalam peneltian ini yang disajikan berikut ini :
Berdasarkan hasil uji Paired Sampel Test pada program spss 18 dapat dijelaskan bahwa t hitung output adalah 2,610, sedangkan t tabel adalah 2,032. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa t hitung (2,610) > t tabel (2,032).
Berdasarkan perbandingan antara t hitung dengan t tabel : Jika statistik hitung > statistik tabel, maka Ho ditolak.Jika statistik hitung < statistik tabel, maka Ho diterima.

Diketahui t hitung output adalah 2,610 sedangkan t tabel adalah 2,032. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa t hitung (2,610) > t tabel (2,032), maka dari itu Ho ditolak dan Ha diterima yakni terdapat hubungan yang signifikan antara penggunaan buku ajar tematik (buku siswa) berbasis kurikulum 2013 terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Cambaya I Ujung Tanah Kota Makassar.
Full transcript