Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

KELOMPOK 5

No description
by

Ayyu Ningsih

on 26 August 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of KELOMPOK 5

PENGEMASAN PRODUK DARI BAHAN LUNAK
design by Dóri Sirály for Prezi
NAMA ANGGOTA :
AYUNINGSIH
BANI NUGROHO
CINDY PERTIWI
DIAN PRIMA JAYANTI
DIANIKA FAUZIAH
KARLINA ANANDA

Pengemasan dalam bentuk kerajinan berfungsi sebagai wadah atau pembungkus yang berguna mencegah atau mengurangi terjadinya kerusakan pada bahan kerajinan yang dikemas yaitu kerjinan dari bahan lunak.

Kelompok 5
Kemasan dapat mendukung program pemasaran
Kemasan melindungi produk kerajinan dalam pendistribusian
Kemasan memenuhi syarat keamanan dan keindahan
TUJUAN PENGEMASAN KARYA KERAJINAN
PENGEMASAN PRODUK DARI BAHAN LUNAK
Pengemasan merupakan sistem yang terkoordinasi untuk menyiapkan barang menjadi siap untuk ditransportasikan didistribusikan , disimpan, dijual, dan dipakai. Adanya wadah atau pembungkus dapat membantu mencegah atau mengurangi kerusakan, melindungi produk yang ada di dalamnya, melindungi dari bahaya pencemaran serta gangguan fisik (gesekan, benturan, getaran). Di samping itu pengemasan berfungsi untuk menempatkan suatu hasil pengolahan atau produk industri agar mempunyai bentuk-bentuk yang memudahkan dalam penyimpanan, pengangkutan dan distribusi.

Dari segi promosi wadah atau pembungkus berfungsi sebagai perangsang atau daya tarik pembeli. Karena itu bentuk, warna dan dekorasi dari kemasan perlu diperhatikan dalam perencanaannya.

Budaya kemasan sebenarnya telah dimulai sejak manusia mengenal sistem penyimpanan bahan makanan. Sistem penyimpanan bahan makanan secara tradisional diawali dengan memasukkan bahan makanan ke dalam suatu wadah yang ditemuinya. Dalam perkembangannya di bidang pascapanen, sudah banyak inovasi dalam bentuk maupun bahan pengemas produk pertanian. Temuan kemasan baru dan berbagai inovasi selalu dikedepankan oleh para produsen produk-produk pertanian, dan hal ini secara pasti menggeser metode pengemasan tradisional yang sudah ada sejak lama di Indonesia.

JENIS BAHAN KEMASAN KARYA KERAJINAN
1. Kemasan Kertas
Kemasan kertas merupakan kemasan fleksibel yang telah dilakukan sejak dari dulu sebelum ditemukannya plastik dan alumunium foil. Sampai saat ini pun kemasan kertas masih banyak digunakan oleh orang kebanyakan dan mampu bersaing dengan kemasan lain karena harganya yang murah, mudah diperoleh, dan dapat digunakan oleh kerajinan apapun.
MANFAAT PENGEMASAN KERAJINAN
Agar karya kerajinan yang dikemas bersih, menarik, dan tahan terhadap kerusakan
Untuk membedakan produk karya kerajinan dari setiap perusahaan
Untuk memikat hati para konsumen yang ingin membeli produk kerajinan tersebut
Dapat menambah nilai jual produk kerajinan tersebut
Agar karya kerajinan dilihat lebih rapih
Kelemahan kemasan kertas untuk mengemas adalah bahannya yang sensitif terhadap air, mudah robek dan mudah dipengaruhi oleh kelembapan udara, kemasan ini juga terlalu sederhana dan tidak terlihat mewah.

2. Kemasan Kayu
Kayu merupakan bahan pengemas tertua yang diketahui oleh manusia dan secara tradisional digunakan untuk mengemas berbagai macam produk padat seperti barang antik, emas, keramik, dan gerabah. Kayu adalah bahan baku dalam pembuatan peti atau kotak kayu di Negara – negara yang mempunyai sumber kayu alam dalam jumlah banyak. Tetapi penyediaan kayu untuk membuat kemasan banyak menimbulkan masalah karena makin langkanya hutan penghasil kayu. Karena banyaknya penebangan pohon secara liar oleh oknum – oknum yang tidak bertanggung jawab.
Kemasan kayu umumnya digunakan sebagai kemasan tersier untuk melindungi kemasan lain yang ada didalamnya. Dalam mendesain kemasan kayu, diperlukan kemasan alternatif dan bahan – bahan teknik yang tepat untuk membuat kemasan yang lebih ekonomis.
3.Kemasan Plastik
Kemasan plastik paling sering kita jumpai, karena banyak sekali produk yang menggunakan kemasan plastik ini. Banyak sekali jenis kemasan plastik yang dikenal yaitu polietilen, polipropilen, poliester, nylon dan vinil film. Akrilik salah satu merupakan kemasan plastik yang ada di dunia. Akrilik adalah nama kristal termoplastik yang jernih dengan nama dagang lucie, barex, dan plexiglas. Sifat akrilik adalah kaku, dan transparan, penahan yang baik terhadap oksigenn dan cahaya.

Berikut contoh kemasan dari barang plastik :


Demikianlah presentasi dari kelompok kami, mohon maaf bila ada kesalahan dalam penulisan. Kurangya lebihnya mohon dimaafkan . Terimakasih. Assalammualaikum Wr. Wb
Full transcript