Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PADANG RUMPUT

No description
by

Ulyvia Trisnawati

on 16 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PADANG RUMPUT

PADANG RUMPUT
Lingkungan Biotik
Flora
. Tumbuhan yang masuk ke dalam ekosistem padang rumput ini didominasi rerumputan yang pendek antara lain grama, buffalo grasees dan masih banyak lagi lainnya. Meski demikian, padang rumput juga dihuni beberapa jenis tumbuhan, hanya saja oleh karena keberadaan rumput yang paling dominan sehingga ia disebut Padang Rumput.
Fauna
Hewan atau fauna yang menghuni ekosistem padang rumput cukup beragam. Biasanya mereka adalah hewan yang menjadikan rumput sebagai makanan utama. Misalnya saja domba, zebra, kuda liar, gajah. jerapah, dan masih banyak lagi lainnya. Oleh karena keberadaan hewan Herbivora tersebut sehingga beberapa binatang pemangsa daging juga hidup di tempat ini. Hewan karnivora tersebut adalah cheetah, singa, anjing liar, serigala dan masih banyak lagi lainnya.
Pengertian Padang Rumput
Padang rumput merupakan lapangan yang dipenuhi oleh rumput dan tanaman tak berkayu. Ekosistem padang rumput digolongkan sebagai salah satu kelompok ekosistem daratan yang terbentuk secara alamiah. Ia memiliki beberapa ciri-ciri khas di antaranya curah hujan yang sangat terbatas dan juga tidak merata.
Proses Terbentuknya Padang Rumput
Padang rumput memiliki curah hujan yang rendah, yakni hanya sekitar 30mm/tahun. Curah hujan yang rendah tersebut menyulitkan tumbuhan untuk menyerap air. Akibatnya, hanya jenis tumbuhan rumput yang dapat bertahan hidup dan beradaptasi dengan lingkungan alam yang kering.
Persebaran
Pada dasarnya, eksositem padang rumput ini bisa dijumpai di semua wilayah. Namun, meruntut pada ilmu geografi, wilayah persebaran dari padang rumput ini (khususnya di wilayah tropis) antara lain di benua Afrika, di Benua Amerika khususnya bagian selatan, dan juga benua Australia bagian utara. Sementara itu, padang rumput di wilayah dengan iklim sub-tropis bisa dijumpai di Amerika bagian utara, di Argentina, di beberapa wilayah Australia Barat, beberapa kawasan Eropa utamanya di Siberia juga Rusia bagian selatan.
Jenis ekosistem padang rumput
1. Padang rumput Alpen.
2. Padang rumput pantai.
3. Padang rumput gurun.
4. Padang rumput Prairie.
5. Padang rumput basah.

Hubungan Hewan, Tumbuhan dan Manusia
Pilihan Bahan Makanan Oleh Ternak
Dicontohkan oleh Taibott (1996) yang melaporkan bahwa setiap spesies pemamah biak di Afrika Timur dan Tengah mempunyai pilihan bahan makanan yang berlainan. Jerapah lebih memilih daun dari pohon-pohon yang tinggi, badak memakan daun semak-belukar, sedangkan “wilde beest” lebih senang makan rumput yang eksklusif.
4. Pengaruh Perubahan Distribusi Umur Hewan Ternak terhadap Komposisi Tumbuhan di Padang Rumput
Perubahan komposisi spesies tumbuhan di padang rumput tidak hanya disebabkan oleh perubahan komposisi spesies hewan saja, tetapi juga oleh distribusi umur hewan dalam spesies yang sama.
Full transcript