Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

CONTOH KASUS KEWARGANEGARAAN

No description
by

mardian pratama

on 1 June 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of CONTOH KASUS KEWARGANEGARAAN

CONTOH KASUS KEWARGANEGARAAN

Mardian pratama
NIM :
43142016

KELAS :
MI-A

Cinta Laura Bakal Punya Kewarganegaraan Ganda?
Rabu, 22 Agustus 2012 15:01 |

Kapanlagi.com - Beberapa waktu lalu sempat beredar kabar bahwa Cinta Laura akan segera pindah kewarganegaraan. Namun ternyata telah terjadi salah pengertian, dan sang ibu pun meluruskan berita tersebut.
"Jadi gini, kan nanti kalo umur 21 tahun, Cinta kan harus memilih antara warga negara Indonesia atau warga negara Jerman.Tapi hasil kongres kemaren di Los Angeles, semua anak campur, apalagi berprestasi di luar negeri, akan diberikan kewarganegaraan ganda," papar ibunda Cinta.
Kini Cinta tak perlu stress, sedih, atau bingung lagi soal kewarganegaraan. "Milih kewarganegaraan Indonesia kasihan papi, milih kewarganegaraan Jerman kasian mami," ungkap sang ibu saat dijumpai di KFC Kawi, malang, beberapa waktu lalu.
Menurut ibunda Cinta, kemungkinan besar, sekarang sedang digodog di DPR untuk keputusan tersebut."Semua anak campur, apalagi berprestasi di luar negeri, jadi membawa harum nama bangsa Indonesia, akan diberikan kewarganegaraan ganda," ujarnya.(kpl/dew)

Sumber :
http://www.kapanlagi.com/showbiz/selebriti/cinta-laura-bakal-punya-kewarganegaraan-ganda-8e96c4.html

Sistem kewarganegaraan dari ayah adalah yang terbanyak digunakan di negara-negara lain, misalkan Jerman. Dalam hal ini Cinta laura mengalami masalah tentang status kewarganegaraannya yang timbul karena melihat status kewarganegaraannya.
Melihat kasus tersebut perolehan kewarganegaraan Cinta Laura diperoleh saat mengijak usia dewasa yakni 21 tahun yang mana Cinta Laura harus mementukan kewarganegaraannya. Bila mengikuti peraturan yang lama kewarganegaraan anak dibawah umur mengikuti kewarganegaraan ayahnya. Namun setelah umur 17 tahun ia dapat menentukan sendiri kewarganegaraan yang ia inginkan. Dalam peraturan baru anak dalam perkawinan campuran saat dibawah pengampuan atau belum dewasa dapat mengikuti kewarganegaraan ibu atau ayahnya, dan pada saat umur 21 tahun atau menginjak dewasa ia diwajibkan untuk menentukan kewarganegaraannya.

Biasanya hukum yang dipakai adalah hukum personal dari ayahnya sebagai kepala keluarga pada masalah-masalah keturunan seara sah. Hal ini merupakan sebuah kesatuan hukum dalam keluarga dan demi kepentingan kekeluargaan, serta demi stabilitas dan kehormaan sang isteri dan hak - hak matrialnya.
ANALISIS :

Sejak dahulu diakui bahwa keturunan termasuk dalam status personal.Negara - negara common law berpegang teguh pada prinsip domisili ius soli.Sedangkan negara-negara civil law berprinsip pada domisili ius sanguitis.
Biasanya hukum yang dipakai adalah hukum personal dari ayahnya sebagai kepala keluarga pada masalah-masalah keturunan secara sah. Hal ini merupakan sebuah kesatuan hukum dalam keluarga dan demi kepentingan kekeluargaan, serta demi stabilitas dan kehormaan sang isteri dan hak - hak matrialnya.
Full transcript