Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Pkn Presentation

Asas" yg diperlukan dlm mengemukakan pendapat
by

billie christian

on 15 April 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pkn Presentation

Dalam menyampaikan pendapat harus sesuai dengan aturan hukum yang berlaku & mengutamakan nilai" keadialan. Asas kepastian hukum & keadilan : Asas proporsionalitas : Dalam menyampaikan pendapat harus disesuaikan dengan konteks & tujuan kegiatan secara tepat. Asas manfaat : Dalam menyampaikan pendapat hendaknya memperhatikan kemanfaatan dari suatu pendapat yang disampaikan bagi masyarakat secara umum. ASAS" YANG DIPERLUKAN DALAM MENYAMPAIKAN PENDAPAT Anggota" kelompok : Kennedy A. G. 7G/24
J. J. Billie C. 7G/18
Mikha 7G/29
Louis C. 7G/26
David D. S. 7G/08 Asas keseimbangan antara hak & kewajiban : Hak mengemukakan pendapat harus diimbangi dengan kewajiban menghormati hak orang lain serta menaati aturan yang berlaku. Contoh : Asas musyawarah & mufakat : Dalam menyampaikan pendapat sedapat mungkin dilakukan secara bermusyawarah mufakat dalam menyelesaikan masalah bersama. Contoh : Dalam Pasal 3 UU No. 9 Tahun 1998 disebutkan asas" yang harus diperhatikan dalam menyampaikan pendapat di muka umum. Contoh : Contoh : Contoh : Seorang koruptor yang dihukum lebih singkat dibandingkan dengan seorang pencuri yang dihukum lebih lama karna kepastian hukum dan keadilan yang kurang baik di Indonesia. Koruptor dapat dihukum lebih singkat atau bebas dari hukuman (penjara) karena melakukan penyuapan kepada pejabat" & pegawai negeri. Orang" di Indonesia lebih mementingkan uang dari pada setia kepada negara. Saran : Sebaiknya pejabat" & pegawai" negeri memiliki hati yang jujur & lebih mementingkan setia kepada negara, karena kita akan menuai apa yang kita tanam. Dan Indonesia juga harus lebih menegaskan hukum dan keadilan. "Kejujuran adalah kebijakan terbaik."
Benjamin Franklin Sebelum mengemukakan pendapat perhatikanlah dulu apakah pendapat kita sesuai dari asas" yang ada, seperti tidak mencemarkan nama baik orang lain, memakai kalimat yang benar supaya tidak terjadi kesalahpahaman, harus sesuai dengan hukum, & memperhatikan manfaat dalam menyampaikan pendapat. Bayangkanlah jika kita suatu hari nanti menjadi suatu menteri lalu dengan keras dan kalimat yang kurang sopan kita berbicara kepada presiden. Presiden tersebut pasti akan langsung tersinggung dan kita bisa kehilangan jabatan kita. Saran : Sebaiknya kita berpikir dahulu sebelum kata" itu keluar dari mulut kita. Dan jangan mengemukakan pendapat apabila kita tidak mengetahui tujuan pendapat kita tersebut. Berpikirlah dahulu sebelum mengatakan sesuatu, sebelum kelak menyesal Ketika kita dalam suatu diskusi/rapat, kita dapat mengemukakan pendapat kita, tetapi kita juga harus menghargai pendapat orang lain. Kita tidak boleh menjadi orang yang egois. Jika saat dalam rapat & semua orang memikirkan dirinya sendiri & mau menang sendiri. Indonesia pasti sudah hancur!! Saran : Sebaiknya orang" Indonesia peduli terhadap sesama & lingkungan, bukan hanya berpusat pada diri sendiri. Dampak" Positif Kepekaan Masyarakat menjadi meningkat dalam menanggapi permasalahan sosial sehari-hari
Membiasakan masyarakat untuk berpikir kritis & responsif
Merasa ikut memiliki & bertanggung jawab atas kemajuan bangsa & negara
Meningkatkan demokrasi dalam kehidupan sehari-hari Dampak Positif BENTUK-BENTUKNYA Pawai : Cara penyampaian pendapat dengan arak"an di muka umum Unjuk Rasa : Kegiatan yang dilakukan oleh seseorang atau lebih untuk mengeluarkan pikiran dengan lisan, tulisan, dan sebagainya Mimbar Bebas : Kegiatan penyampaian pendapat di muka umum dilakukan secara bebas dan terbuka dengan tema tertentu Rapat Umum : Pertemuan terbuka yang dilakukan untuk menyampaikan pendapat dengan tema tertentu Sekian & Terima Kasih "dan janganlah tiap-tiap orang hanya memperhatikan kepentingannya sendiri, tapi kepentingan orang lain juga." Paulus (Filipi 2 :4) ANY QUESTIONS ?? Saat kita hendak melakukan sesuatu secara bersama, tetapi masing" berbeda pendapat, hendaknya kita bermusyawarah dulu. Kita dapat sepakat jika terdapat visi & misi, untuk mencapai tujuan bersama. Alasan kita melakukan musyawarah adalah supaya tidak terjadi konflik saat membuat keputusan/pendapat & supaya bisa mencapai tujuan bersama dengan cara menyatukan pendapat kita. Saat kita hendak menyampaikan pendapat, kita harus memperhatikan manfaat dari pendapat kita. Saran : Kita harus belajar berendah hati & menerima & menghargai pendapat orang lain yang berbeda dengan kita. "Kita semua saling membutuhkan"
Leo Buscaglia Dan kita juga harus memperhatikan manfaat yang ada di dalam pendapat kita, apakah sesuai dengan tujuannya. Saran : Sebaiknya kita lebih berbijaksana dalam menyampaikan pendapat yang bermanfaat. Lidah orang bijak mengeluarkan pengetahuan, tetapi mulut orang bebal mencurahkan kebodohan.
Salomo (Amsal 15: 2)
Full transcript