Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

macam-macam akhlak

No description
by

latifatul fajriyyah

on 9 December 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of macam-macam akhlak

Pengertian Akhlak
akhlak berasal dari bahasa arab yaitu "Al-Khulk" yang berarti perangai, tingkah laku, kebiasaan ataupun kelakuan
Akhlak dalam Bernegara
Dalam akhlak bernegara, tentunya menggambarkan sikap seseorang terhadap bangsa dan negaranya, sikap tersebut menunjukkan jati diri dari orang tersebut. Dalam akhlak bernegara ini, sikap dan perilaku seseorang akan terlihat pada saat misalnya, melakukan musyawarah. Tentunya dalam menyelesaikan suatu masalah akan diperlukan musyawarah untuk mufakat, yakni suatu sistem yang telah digunakan oleh Nabi Muhammad SAW sejak dahulu untuk menyelesaikan persoalan. Diperlukan pengertian akhlak bernegara ini untuk membuat diri kita ‘kebal’ terhadap kebatilan yang nantinya akan menggoda iman kita, dalam melaksanakan bakti kita kepada negara.

Akhlak Terhadap Lingkungan
Akhlak kepada lingkungan adalah perilaku atau perbuatan kita terhadap lingkungan. Manusia tidak dibolehkan memanfaatkan sumber daya alam dengan jalan mengeksploitasi secara besar-besaran,sehingga timbul ketidakseimbangan alam dan kerusakan bumi. Lingkungan harus diperlakukan dengan baik dengan selalu menjaga, merawat dan melestarikannya karena secara etika hal ini merupakan hak dan kewajiban suatu masyarakat. Pada dasarnya, akhlak yang diajarkan Al-Qur’an terhadap lingkungan bersumber dari fungsi manusia sebagai khalifah. Kekhalifahan menuntut adanya interaksi antara manusia dengan sesamanya dan manusia terhadap alam lingkungan. Kekhalifahan mengandung arti pengayoman, pemeliharaan, dan pembimbingan agar setiap makhluk mencapai tujuan penciptanya.
Akhlak dalam individual
Dengan ajaran-ajaran akhlak dalam Islam akhlak keluarga dan sosial bergantung pada pensucian diri dan hal ini membutuhkan ketelitian dan perhatian lebih terkait akhlak individu. Memperbaiki akhlak pribadi menjadi pengantar bagi perbaikan akhlak keluarga dan sosial. Dalam hal ini, akan dijelaskan mengenai nasihat-nasihat Imam Husein as terkait dengan akhlak;
1. Tawakal Kepada Allah
2. Mencari Keridhaan Allah Swt
3. Takut Kepada Allah
4. Pengaruh Takut Kepada Allah
5. Takut akan Hari Kiamat
6. Pengaruh Melanggar Perintah Allah
7. Kemuliaan dalam Takwa

Akhlak terhadap RasulNya
Manusia sebelumnya berada dalam kegelapan, sampai Allah mengutus rasulNya untuk memberikan pencerahan kepada manusia. Adapun di antara akhlak kita kepada Rosullulloh SAW adalah:
1. Ridha Dalam Beriman Kepada Rasul
2. Mencintai dan Memuliakan Rasul
3. Mengikuti dan Mentaati Rasul
4. Mengucapkan Shawalat dan Salam Kepada Rasul
5.Menghidupkan Sunnah Rasul
6. Menghormati Pewaris Rasul
7. Melanjutkan Misi Rasul


Akhlak terhadap Allah
macam-macam akhlak
OLEH :
ACHMAD BAYU MUBALIGHIN (253)
ADITYA AMANDIKA ARHAM (331)
DEA ANDRIANI ( 307)
DESSY PUSPITASARI (253)
JHORDIE PERMANA PUTRA (243)
LATIFATUL FAJRIYYAH (334)
MUHAMMAD RIZAL (296)
NOVEN VIOLITA DEWIRA (302)

menurut istilah, akhlak ialah sifat yang tertanam pada diri seseorang yang bisa mengeluarkan sesuatu dengan senang tanpa ada paksaan.
Allah telah mengaruniakan berbagai kenikmatan yang tiada terhitung banyaknya, salah satunya adalah akal pikiran, sehingga dengan akal tersebut manusia dapat berbeda dengan hewan yang lainnya. ada empat alasan mengapa kita harus berakhlak kepada Allah Sang Khalik, yakni:
1. Allah lah yang menciptakan manusia
2. Allah lah yang memberi perlengkapan yang sempurna kepada manusia.
3. Allah lah yang telah menciptakan dan menyediakan sarana dan berbagai bahan yang dapat dipergunakan oleh manusia.
4. Allah jualah yang telah memuliakan manusia dengan menjadikan manusia sebagai khalifah di bumi, ini terlihat dari potensi yang telah diberikan oleh Allah untuk manusia dengan dapat menguasai daratan, lautan dan udara.

Akhlak dalam sosial
Akhlak sosial merupakan bagian ajaran tentang akhlak, yang berkaitan dengan keharusan perilaku baik dan yang seharusnya dijauhi berkaitan dengan hubungan-hubungan sosial dalam kehidupan masyarakat. Seperti kita tak boleh mendholimi orang lain, orang yang lebih ‘lemah’ dibanding kita. Inti kajian ini adalah kepedulian kita terhadap sesama dalam kehidupan bersama.

Akhlak dalam Beragama
Agama dalam bahasa Indonesia, merupakan sistem kepercayaan yang meliputi tata cara peribadatan hubungan manusia dengan Sang Kholiq, hubungan manusia dengan manusia, dan hubungan manusia dengan alam lainnya yang sesuai dengan kepercayaan tersebut. Akhlak adalah perilaku yang dilakukan tanpa banyak pertimbangan tentang baik dan buruk. Akhlak dalam praktiknya ada yang mulia disebut akhlak mahmudah)terpuji) dan ada akhlak yang tercela yang disebut akhlak madzmumah(tercela). Menurut al-Ghazali sendi akhlak mulia, yaitu hikmah, amarah, nafsu dan keseimbangan. Keempat sendi tersebut melahirkan akhlak-akhlak berupa jujur, suka memberi kepada sesama, tawadlu, tabah, tinggi cita-cita, pemaaf, kasih dan menjaga diri dari hal-hal yang haram.

thank's
wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Full transcript