Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

ISBD II

PRESENTASI NEW
by

Bang Male

on 3 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of ISBD II

Kelompok 1
7 D HAKIKAT DAN RUANG LINGKUP ISBD
(ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR) Sutris Malaysianto (9188203002168)
Viski Echa Pratama (9188203002258)
Sulis Setiyani (9188203002259)
Anita Sugianti (9188203002260)
Riana Wati (9188203002261) Disusun Oleh Kelompok 1: 6 5 ISU-ISU MASALAH SOSIAL BUDAYA DI MASYARAKAT 3 2 1 4 ISBD SEBAGAI MBB RUANG LINGKUP ISBD Pengertian ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR ISBD SEBAGAI ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA. ISU-ISU MASALAH SOSIAL BUDAYA DI MASYARAKAT ISBD SEBAGAI MBB RUANG LINGKUP ISBD HAKIKAT ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD) Pengertian ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR MATERI PRESENTASI Ilmu Sosial Dasar (ISD)
Ilmu-ilmu Sosial Dasar (ISD) adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat.

Ilmu Budaya Dasar (IBD)
IBD adalah Ilmu yang termasuk dalam pengetahuan budaya, mengkaji masalah kemanusiaan dan budaya. Ilmu budaya dasar identik dengan basic humanities.Humanities barasal dari kata Latin humanus yang artinya manusiawi,berbudaya dan halus(refined). PENGERTIAN ISBD Pengertian ISBD secara umum : ISBD sebagai integerasi dari ISD dan IBD
yang memberikan dasar-dasar pengetahuan
sosial dan konsep-konsep budaya kepada
mahasiswa, sehingga mampu mengkaji masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan mahasiswa peka, tanggap, kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif. Natural Sciences (Ilmu-ilmu Alamiah),
meliputi: fisika, kimia, astronomi, biologi, botani dan lain-lain.
2. Social Sciences (Ilmu-ilmu Sosial),
terdiri dari: sosiologi, ekonomi, politik, antropologi, sejarah, psikologi, geografi dan lain-lain.
3. Humanities (Ilmu-ilmu Budaya)
meliputi: bahasa, agama, kesusasteraan, kesenian dan lain-lain. Komponen Ilmu Pengetahuan Manusia sebagai makhluk sosial ( zoon politicon ) artinya , manusia sebagai individu tidak akan mampu hidup sendiri dan berkembang sempurna tanpa hidup bersama dengan individu manusia lainnya.

Manusia sebagai makhluk berbudaya (homo humanus) artinya , manusia itu makhluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa yang paling sempurna, karena sejak lahir sudah di bekali dengan unsur akal (ratio), rasa (sense) yang membedakannya dengan makhluk lainnya.   HAKIKAT ISBD Adanya berbagai aspek pada kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah social.
Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku sendiri.
Adanya pengertian dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep dan teori-teori budaya yang dikembangkan untuk mengkaji masalah-masalah kebudayaan.
RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR ( ISBD) ISBD adalah mata kuliah umum. Bertugas sebagai kontrol semua bidang studi.

Di dalam Kurikulum, ISBD masuk dalam kelompok mata kuliah Berkehidupan dan bermasyarakat (MBB) adalah kelompok bahan kajian yang diperlukan untuk dapat memahami kaidah berkehidupan bermasyarakat sesuai dengan pilihan keahlian dalam berkarya. ISBD SEBAGAI MBB ISBD sebagai Program Pendidikan Umum, dimana tenaga ahli yang dihasilkan oleh Perguruan Tinggi diharapkan memiliki tiga jenis kemampuan yang meliputi :

Kemampuan Personal
Kemampuan Akademik
Kemampuan Profesional ISBD sebagai Program Pendidikan Umum Masalah sosial timbul sebagai akibat dan hubungannya dengan sesama manusia lainnya dan akibat tingkah lakunya. Masalah sosial ini tidaklah sama antara masyarakat yang satu dengan masyarakat lainnya karena adanya perbedaan dalam tingkat perkembangan kebudayaannya, sifat kependudukannya, dan keadaan lingkungan alamnya.
Masalah – masalah tersebut dapat terwujud sebagai :
masalah sosial,
masalah moral,
masalah politik,
masalah ekonomi,
masalah agama, dll. ISU-ISU MASALAH SOSIAL ISBD sebagai alternatif pemecahan masalah sosial budaya artinya adalah masalah-masalah yang dihadapi ISBD sebagai integerasi dari ISD dan IBD yang memberikan dasar-dasar pengetahuan sosial dan kosep-konsep budaya kepada mahasiswa, sehingga mahasiswa mampu mengkaji masalah-masalah sosial, kemanusiaan, dan budaya, sehingga diharapkan mahasiswa peka, tanggap, kritis serta berempati atas solusi pemecahan masalah sosial dan budaya ISBD SEBAGAI ALTERNATIF PEMECAHAN MASALAH SOSIAL BUDAYA
Full transcript