Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Geostrategi Indonesia

No description
by

Annisa' Ma'rufah

on 16 December 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Geostrategi Indonesia

Geostrategi Indonesia
icharufah
Geostrategi di artikan sebagai metode atau aturan-aturan untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan nasional melalui proses pembangunan. Geostrategi merupakan masalah penting bagi setiap bangsa baik di masa lampau, masa kini, dan masa yang akan mendatang.

Pengertian Geostrategi
Konsep geostrategi di Indonesia pada hakekatnya bukan mengem-bangkan kekuatan untuk penguasaan terhadap wilayah di luar Indonesia atau ekspansi terhadap negara lain, tetapi konsep ini didasarkan pada kondisi metode atau cara untuk mengembangkan potensi kekuatan nasional yang bertujuan untuk keamanan dan keutuhan kedaulatan negara Indonesia dan pembangunan nasional dari gangguan yang datang baik dari dalam maupun luar negeri. Untuk mewujudkannya maka di rumuskan dengan ketahanan nasional
Latar Belakang Konsep Geostrategi di Indonesia
Ketahanan nasional merupakan suatu kondisi dinamis yang dimiliki suatu bangsa, didalamnya terkandung keuletan dan ketangguhan yang mampu memgembangkan kekuatan nasional.
Ketahanan Nasional
Konsep Asta Gatra merupakan perangkat hubungan bidang-bidang kehidupan manusia dan budaya yang berlangsung diatas bumi ini dengan memanfaatkan segala kekayaan alam yg dapat dicapai dengan kemampuanya. Segala komponen strategi ini dapat meningkatkan dan mengembangkan kemampuan nasional.


Unsur Aspek Kehidupan Nasional oleh Lemhanas
Konsep Astra Gatra
Geostrategi menjadi sangat penting karena setiap bangsa yang telah menegara mem-butuhkan strategi dalam memanfaatkan wila-yah negara sebagai ruang lingkup nasional untuk mentukan kebijakan, sarana dan pra-sarana serta sasaran perwujudan kepentingan dan tujuan nasional melalui pembangunan. Seperti yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945 yang mengamanatkan kepada penyelenggara negara agar dalam hidup ber-bangsa dan bernegara dalam lingkup nasional diarahkan untuk mewujudkan tujuan nasional Indonesia. Oleh karena beberapa hal di atas, perlu adanya suatu strategi guna menjaga persatuan dan kesatuan nasional.
Tujuan pengembangan geostrategi di Indonesia

Menyusun dan mengembangkan potensi kekuatan nasional baik yang berbasis pada aspek ideologi, politik, sosial budaya dan hankam maupun aspek alamiah bagi upaya kelestarian dan eksistensi hidup negara dan bangsa untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional.
Menunjang tugas pokok pemerintahan Indonesia
Menegakan hukum dan ketertiban
Terwujudnya kesejahteraan dan kemakmuran
Terselenggaranya pertahanan dan keamanan
Terwujudnya keadilan hukum dan keadilan sosial.
Tersedianya kesempatan rakyat untuk mengaktualiasikan diri.

Posisi silang negara Indonesia sebagai landasan geopolitik dan geostrategi tidak hanya segi fisik geografisnya saja, melainkan posisi silang juga mengenai aspek-aspek kehidupan sosial antara lain :

Demokrasi : penduduk Indonesia antara daerah berpenduduk padat di utara dan penduduk jarang diselatan.
Ideologi : ideologi Indonesia terletak antara komonisme di utara dan liberalisme diselatan.
Politik : demokrasi pancasila antara demokrasi rakyat diutara dan demokrasi liberal diselatan
Ekonomi : ekonomi Indonesia antara ekonomi sosialis diutara dan sistem ekonomi kapitalis diselatan
Sosial : masyarakat Indonesia antara masyarakat sosialisme diutara dan masyarakat individualisme diselatan.
Budaya : kebudayaan Indonesia antara kebudayaan timur diutara dan kebudayaan barat diselatan
Hankam : antara sistem pertahanan kontinental diutara dan sistem pertahanan maritim dibarat, selatan, timur.


1. Konsepsi Ketahanan Nasional

Secara konseptual, ketahanan nasional suatu bangsa dilatarbelakangi oleh :
Kekuatan apa yang ada pada suatu bangsa dan negara sehingga ia mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya
Kekuatan apa yang harus dimiliki oleh suatu bangsa dan negara sehingga ia selalu mampu mempertahankan kelangsungan hidupnya, meskipun mengalami berbagai gangguan, hambatan dan ancaman baik dari dalam maupun dari luar
Ketahanan atau kemampuan bangsa untuk tetap jaya, mengandung makna keteraturan (regular) dan stabilitas, yang didalamnya terkandung potensi untuk terjadinya perubahan.

2. Ketahanan Nasional sebagai Kondisi

Kondisi ketahanan nasional Indonesia adalah kondisi dinamis bangsa dan negara Indonesia. Kondisi tersebut mengandung suatu kemampuan untuk menyusun kekuatan yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Kekuatan ini diperlukan untuk mengatasi dan menanggulangi berbagai bentuk ancaman yang ditujukan terhadap bangsa dan negara Indonesia.
Pada hakikatnya ketahanan nasional adalah kemampuan dan ketangguhan suatu bangsa untuk dapat menjamin kelangsungan hidupnya menuju kejayaan bangsa dan negara.

Aspek
Tri Gatra
Aspek
Panca Gatra
Aspek Tri Gatra Kehidupan Alamiah
Gatra letak dan kedudukan geografi
Gatra keadaan dan kekayaan alam
Gatra keadaan dan kemampuan penduduk

Aspek Panca Gatra Kehidupan Sosial
Gatra ideologi
Gatra politik
Gatra ekonomi
Gatra sosial budaya
Gatra pertahanan keamanan

Macam-Macam Pengaruh Ketahanan Nasional
Aspek
Idiologi
Aspek
Politik
Aspek
Ekonomi
Aspek
Sosial
Budaya
Aspek
Pertahanan
dan
Keamanan
Pengaruh Aspek Ideologi

Pengertian ideologi secara umum dapat dikatakan seba-gai kumpulan gagasan-gagasan, ide-ide, keyakinan-keyakinan, kepercayaan-kepercayaan yang menyeluruh dan sistematis dan yang menyangkut :
Bidang politik
Bidang sosial
Bidang kebudayaan
Bidang keagamaan
Menurut Ignas Kleden, ideologi meru-pakan seperangkat doktrin sistematis ten-tang hubungan manusia dengan dunia hidupnya. Tidak hanya memberikan suatu kerangka pengetahuan yang bersifat netral, tetapi yang meminta sifat dan komitmen dari pihak yang menerimanya. Kepentingan ideologi sangat penting mempengaruhi postur ketahanan nasional dalam bidang ideologi bangsa Indonesia. Ideologi pancasila digunakan sebagai dasar mengatur pemerintahan negara Indonesia
Pengaruh Aspek Politik

Ketahanan pada aspek politik diartikan sebagai kondisi dinamik kehidupan politik bangsa yang berisi keuletan, ketangguhan dalam menghadapi dan mengatasi tantangan, ancaman, hambatan serta gangguan yang datang dari dalam maupun luar. Perwujudan ketahanan dalam aspek politik memerlukan kehidupan politik bangsa yang sehat, dinamis, dan mampu memelihara stabilitas politik.

Ketahanan ini dibagi menjadi dua, yaitu:
Ketahanan pada aspek politik dalam negeri
Ketahanan pada aspek politik luar negeri

Pengaruh Aspek Ekonomi

Wujud ketahanan ekonomi tercermin dalam kondisi kehidupan perekonomian bangsa yang mampu memelihara stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis, menciptakan kemandirian ekonomi nasional yang berdaya saing tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata.

Pencapaian tingkat ketahanan ekonomi yang diingin-kan memerlukan pembinaan berbagai hal, antara lain:

Sistem ekonomi Indonesia diarahkan untuk dapat mewujudkan kemakmuran dan kesejahteraan yang adil dan merata diseluruh Indonesia
Ekonomi Kerakyatan harus menghindari sistem free fight liberalism, etatisme dan monopolistis
Struktur ekonomi dimantapkan secara seimbang dan saling menguntungkan antara sektor pertanian dan sektor industri serta jasa
Pembangunan ekonomi memotivasi serta mendo-rong peran serta masyarakat secara aktif
Pemerataan pembangunan dan pemanfaatan hasil-hasilnya dengan mempertimbangkan keseimba-ngan sektor dan wilayah
Pengaruh Aspek Sosial Budaya

Wujud ketahanan sosial budaya tercermin dalam kehidupan sosial budaya bangsa yang mampu membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya manusia dan masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa pada Tuhan YME. Masyarakat yang rukun, bersatu, cinta tanah air, berkualitas, maju dan sejahtera.
Esensiasi pengaturan dan penyelenggaraan kehidupan sosial budaya bangsa Indonesia yang demikian adalah pengembangan kondisi sosial budaya Indonesia dimana setiap warga negara dapat merealisasikan pribadi dan segenap potensi manusiawinya berdasarkan Pancasila.

Pengaruh Aspek Pertahanan dan Keamanan

Ketahanan pertahanan dan keamanan yang diharapkan merupakan kondisi daya tangkal yang dilandasi oleh kesadaran bela negara seluruh rakyat dan mengandung kemampuan memelihara stabi-litas pertahanan dan kemanan negara. Untuk mewujud-kan keberhasilan ketahanan nasional setiap warga negara Indonesia perlu :
Memiliki semangat perjuangan bangsa
Sadar, serta peduli terhadap pengaruh yang timbul dan dapat mengeliminir pengaruh buruk pada aspek - aspek tersebut.

Maka ketahanan nasional Indonesia akan terwujud keberhasilannya. Kondisi kehidupan nasional merupakan pencerminan ketahanan nasional yang mencakup aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan kea-manan, sehingga ketahanan nasional adalah kondisi yang harus dimiliki dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan ber-negara dalam wadah NKRI yang dilandasi oleh landasan idiil Pancasila, landasan konstitusi-onal UUD 1945, dan landasan visional wawa-san nasional.

Pengaruh Aspek Ketahanan Nasional
terhadap Kehidupan Berbangsa dan Bernegara
Peran Geostrategi Indonesia bagi Upaya Perdamaian Dunia
Geostrategi indonesia dalam mewujudkan perdamaian dunia terbentuk dalam sistem politik luar negeri yang dite-rapkan di Indonesia. Dasar hukum pelaksanaan politik luar negeri Republik Indonesia tergambar secara jelas didalam Pembukaan UUD 1945 alenia I dan alenia IV.

Selain dalam pembukaan terdapat juga dalam beberapa pasal
Pasal 11 UUD 1945
Presiden dengan persetujuan DPR menya-takan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain (1)
Presiden dalam membuat perjanjian interna-sional lainnya yang menimbulkan akibat yang luas dan mendasar bagi kehidupan rakyat yang terkait dengan beban keuangan negara, dan/atau mengharuskan perubahan atau pembentukan undang-undang harus dengan persetujuan DPR (2)
Ketentuan lebih lanjut tentang perjanjian internasional diatur dengan undang-undang (3)
Pasal 13 UUD 1945
Presiden mengangkat duta dan konsul (1)
Dalam mengangkat duta, Presiden mem-perhatikan pertimbangan DPR (2)
Presiden menerima penempatan duta ne-gara lain dengan memperhatikan pertim-bangan DPR (3)
Sistem politik luar negeri bebas aktif artinya bahwa Indonesia selalu mau bekerjasama dengan negara manapun serta Indonesia tetap aktif dalam usaha mewujudkan perdamaian dunia.
Berbagai usaha dilakukan oleh Indonesia dalam upaya mewujudkan perdamaian dunia antara lain :
Indonesia sebagai anggota OIC (Organi-zation Islamic Converence) menjadi pendo-rong bagi perdamaian di Timur Tengah
Indonesia menjadi tuan rumah dan pemra-karsa Konferensi Internasional Ulama se-dunia yang menyuarakan penghentian keke-rasan di Irak, Lebanon, dan Palestina
Peran Indonesia dalam hal HAM yaitu, telah meratifikasi Konvenan Internasional tentang Hak ekonomi sosial dan budaya dan Konve-nan Internasional tentang hak sipil dan politik.
Dibadan PBB Indonesia terpilih bersama Qatar dari kawasan Asia menjadi DK tidak tetap di PBB. Indonesia juga ikut serta dalam Peace Keeping Operation di Lebanon.
Dibidang pertahanan Indonesia telah menjajaki kerjasama dalam bidang produksi senjata dengan India dalam pertemuan Komite Bersama Kerjasama Pertahanan RI-India di Jakarta.

Semua peran internasional Indonesia tersebut merupakan poin penting untuk me-ningkatkan kepercayaan kepada masyarakat internasional dalam ikut menyelesaikan masalah interna-sional.
Peran Indonesia dalam menjaga perdamaian dunia merupakan amanah dari pembukaan UUD 1945, yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perda-maian abadi dan keadilan sosial.


Kondisi sistem kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada suatu saat tertentu.
Full transcript