Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3-Phase pada Aplikasi Ind

No description
by

Ilham Ramadhani

on 12 April 2017

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3-Phase pada Aplikasi Ind

DASAR TEORI
Untuk mengendalikan motor induksi ini diperlukan komponen antara lain dioda, diac, triac dan lain-lain
Dioda adalah sebuah komponen elektronika yang dapat bekerja sebagai penyearah yang melewatkan sinyal listrik, baik positif maupun negatif tergantung pada penempatannya. Dioda mempunyai dua buah terminal, anoda sebagai kutup positif dan katoda sebagai kutup negatif.
Diac merupakan sebuah komponen elektronika yang mempunyai arus penahan dalam dua arah. Rangkaian ekivalen pada sebuah diac berupa sepasang dioda empat lapis yang terpasang pararel.
Triac merupakan komponen semikonduktor yang tersusun atas diode empat lapis berstruktur p-n-p-n dengan tiga p-n junction. Triac memiliki tiga buah elektrode, yaitu : gate, MT1, MT2. Triac biasanya digunakan sebagai pengendali dua arah (bi-directional).

Tujuan
Perancangan pengendali motor
Hasil dan analisa
kesimpulan
Triac cukup efektif sebagai kendali beban motor induksi tiga phase, karena hanya membutuhkan tegangan picu gerbang yang kecil untuk membuat triac aktif dan menyalurkan tegangan dan arus besar yang dibutuhkan ke beban.
Pengoperasian rangkaian pengendali motor induksi ini, dikontrol dengan sebuah diac untuk memberikan tegangan trigger pada triac sehingga triac akan bekerja. Kerusakan komponen yang sering terjadi yaitu pada komponen pemicu berupa diac sehingga berpengaruh pada sudut picu triac untuk aktif.

TERIMAKSIH
Pengendali Kecepatan Motor Induksi 3-Phase pada Aplikasi Industri Plastik
Disusun oleh :
Afif ilham saifudin 20140120010
Ilham bayoe ramadhani 20140120017
Angelia Hertari widayat 20140120018

PROGRAM STUDI S-1 TEKNIK ELEKTRO
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA
Tahun Akademik 2016/2017

Latar belakang
Dunia industri berkembang dengan pesat, hal ini diikuti dengan perkembangan mesin-mesin industri serta sistem kendalinya. Sistem kendali diperlukan agar mesin dapat bekerja secara otomatis sehingga meminimalkan kendali pada manusia. Pada mesin industri komponen yang sangat berperan antara lain motor listrik maka, untuk mengendalikan motor listrik diperlukan rangkaian driver sebagai pengendalinya.

Rangkaian ini diimplementasikan pada industri plastik (pemintalan benang plastik) agar benang plastik yang sedang digulung tidak putus, sehingga dapat mengoptimalkan proses produksi dan meningkatkan hasil produksi yang berkwalitas dan efesien.
Gambar Rangkaian Kontrol Kecepatan Motor

Rangkaian control kecepatan motor induksi tiga phase dengan komponen aktif triac yang ditunjukkan pada gambar 4 terdiri dari 4 empat bagian utama yaitu penyearah (D1-D4), bagian pemicu gerbang (VR, R3, C1) dan Triac. Prinsip kerja rangkaian secara garis besar berfungsi seperti mengurangi tegangan 220V yang akan masuk ke motor, dengan demikian bila tegangan yang masuk ke motor berkurang maka otomatis besarnya putaran motor juga akan berkurang. Terjadinya putaran motor tersendat-sendat seiring dengan sudut pemicuan dalam triac, karena frekuensinya sangat cepat maka hal itu tidak terlihat/dirasakan.

Gambar Tegangan Input dan Outuput Rangkaian

Hasil pengukuran rangkaian pengendali kecepatan motor induksi tiga phase terlihat seperti pada gambar. Dari gambar terlihat bentuk tegangan input yang berbentuk sinusoidal murni dengan sudut penyalaan diac tertentu akan menghasilkan tegangan yang dikendalikan triac akan menjadi cacat (patah-patah), sehingga tegangan yang masuk ke dalam motor akan berkurang dan selanjutnya akan berpengaruh terhadap besarnya putaran motor.
Full transcript