Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

No description
by

steven kereman

on 11 August 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern

Pengertian Komunikasi
Komunikasi pada dasarnya adalah interaksi yang terjadi antara pengirim dan penerima, yang membutuhkan
sarana atau media
tertentu agar pesan yang disampaikan oleh pengirim dapat diterima dengan baik oleh penerima.
Dapat berupa :
Bahasa lisan
Bahasa tubuh
Bahasa Tulis
Alat komunikasi Tradisional dan Modern
Alat komunikasi
adalah setiap alat/perlengkapan yang digunakan dalam bertelekomunikasi,
yaitu setiap kegiatan pemancaran, pengiriman, dan atau penerimaan informasi .
Perkembangan Alat Komunikasi
Alat komunikasi
sangatlah berpengaruh pada pesan yang akan disampaikan, dengan adanya Alat komunikasi ,pesan yang disampaikan dapat dengan mudah diterima oleh penerima. Alat yang ada dan digunakan sebagai sarana komunikasi dari zaman ke zaman tentu mengalami perubahan sesuai dengan berubahnya gaya hidup dan teknologi manusia atau masyarakat itu sendiri. Perkembangan inilah yang membedakan antara
Alat Komunikasi Tradisional
dengan
Alat Komunikasi Modern
.
Alat Komunikasi Tradisional
Contoh Alat Komunikasi Tradisional
Daun Lontar & Prasasti
Pada zaman dulu orang sudah menggunakan bahasa tulisan sebagai alat komunikasi. Kegiatan surat- menyurat di Indonesia sudah dimulai sejak masa kerajaan Kutai, Tarumanegara, Pajajaran, Majapahit, Sriwijaya, dan Mataram.
Yang lazim digunakan untuk menulis dimasa itu adalah daun lontar. Namun ada juga yang menggunakan bambu, rotan, dan lempengan batu.
Kesimpulan
Baik alat komunikasi tradisional dan modern , sama-sama memiliki ciri-ciri dan kegunaan yang sama, yang membedakan hanyalah fiturnya, alat komunikasi tradisional memiliki lebih banyak keterbasan dibandingkan alat komunikasi modern ,
akan tetapi tidak membuat alat komunikasi tradisional diabaikan , alat komunikasi tradisional masih sering digunakan di pedesaan/ daerah yang wilayahnya terpencil .
Anggota Kelompok :
Arie Suarjana (07)
Agus Endra (14)
Made Guspendi Dwipayana (16)
Made Randy Viryawan (21)
Steven Kusuman (25)

Perbedaan Alat Komunikasi Tradisional dan Modern
Pengertian Alat Komunikasi
Alat Komunikasi Tradisional
adalah alat komunikasi yang digunakan di suatu tempat, dimana tempat tersebut belum tersentuh oleh teknologi modern, namun tidak menutup kemungkinan di suatu daerah yang sudah tersentuh teknologi tetap mempertahankan alat komunikasi tradisionalnya. Ciri Ciri Alat Komunikasi Tradisional :
Komponennya sederhana, murah dan bisa didapat dari alam
Pembuatannya mudah
Kurang fleksibel
Penyampaian informasi lambat, dan jarak jangkau informasinya terbatas
Alat Komunikasi Modern
Contoh Alat Komunikasi Modern
Asap

orang - orang zaman dahulu juga memanfaatkan asap sebagai media komunikasi. Asap dikenal sangat populer digunakan sebagai media komunikasi suku bangsa Indian di Amerika. Alat komunikasi ini biasa digunakan untuk mengirimkan suatu pesan rahasia pada teman ataupun lawan. Sekarang ini asap juga sering digunakan dalam suatu permainan dalam pramuka.
Contoh Alat Komunikasi Tradisional
Bedug
Meskipun saat ini teknologi sudah semakin canggih, namun sebagian masyarakat tidak bisa meninggalkan media komunikasi tradisional ini khususnya di daerah pedesaan yang digunakan sebagai sarana ronda malam. Ada juga kentongan yang bentuknya cukup besar atau yang sering disebut ”bedug” digunakan oleh masyarakat sebagai penanda waktu sholat tiba.
Contoh Alat Komunikasi
Tradisional
Lonceng
Dahulu lonceng digunakan untuk mengabarkan suatu berita kepada masyrakat dan sebagai penanda waktu. Lonceng juga digunakan oleh umat Kristiani untuk memberi tanda waktu beribadah, biasanya dibunyikan tiga kali, pada pukul 06.00. 12.00, dan 18.00. Lonceng digunakan pertama kali dalam gereja Katolik sekitar tahun 400 masehi, dan dianggap diperkenalkan oleh Paulinus, Uskup Nola, sebuah kota di Campania, Italia. Penggunaannya menyebar luas dengan cepat dan tidak hanya digunakan untuk mengumpulkan umat dalam acara keagamaan, tetapi juga sebagai peringatan ketika ada bahaya.
Contoh Alat Komunikasi
Tradisional
Contoh Alat Komunikasi
Tradisional
Merpati Pos
sejak jaman dulu Merpati digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan jarak jauh. Pada masa perang kegunaannya lebih lagi, apalagi ketika alat komunikasi tidak berfungsi. Maka merpatilah salah satunya yang digunakan untuk menyampaikan pesan pesan militer rahasia.


Alat Komunikasi Modern
adalah alat komunikasi yang dominan digunakan di suatu daerah, dimana daerah tersebut sudah tersentuh oleh teknologi. ciri-ciri Alat Komunikasi Modern:
Komponennya rumit dan mahal
Pembuatannya sulit , dibuat dengan teliti.
Fleksibel dan Praktis
Penyampaian informasi cepat, jarak jangkau informasinya luas
Telepon
merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara (terutama pesan yang berbentuk percakapan). Kebanyakan telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon untuk berkomunikasi dengan pengguna lainnya.
Telepon seluler
(ponsel) atau telepon genggam (telgam) atau handphone (HP) atau disebut pula adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa ke mana-mana (portabel, mobile) dan dapat digunakan tanpa perlu disambungkan dengan jaringan telepon kabel.
Contoh Alat Komunikasi Modern
Televisi
adalah sebuah media telekomunikasi terkenal yang berfungsi sebagai penerima siaran gambar bergerak beserta suara, baik itu yang monokrom (hitam-putih) maupun berwarna. Kata "televisi" merupakan gabungan dari kata tele(jauh) dari bahasa Yunani dan visio (penglihatan) dari bahasa Latin, sehingga televisi dapat diartikan sebagai alat komunikasi jarak jauh yang menggunakan media visual/penglihatan.
Contoh Alat Komunikasi
Modern
Contoh Alat Komunikasi
Modern
Komputer dan Internet
adalah perangkat teknologi informasi dan komunikasi yang paling banyak berperan pada saat ini. Komputer digunakan untuk mengolah, mengelola, dan menyimpan data / informasi, sedangkan Intemet digunakan sebagai sarana sumber informasi dan alat untuk menukarkan dan saling berkirim informasi.
TERIMA KASIH
Full transcript