Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

GLB dan GLBB

presentasi kelompok 121-SI-1E
by

ibrahim hanif

on 20 October 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of GLB dan GLBB

analisis 1. Jika melihat grafik akan terlihat bahwa gerak2 tersebut terjadi secara beraturan.
2. Pesawat attwood harus berada dalam keadaan tidak bergerak sedikitpun , karena akan sangat mempengaruhi waktu, dimana beban tidak akan tepat jatuh di celah penyangkut,
3. Jika massa benda ditambah maka kecepatan dari benda tersebut juga akan bertambah karena massa dan kecepatan berbanding lurus. berbeda dengan percepatan yang apabila massa benda ditambah maka percepatan semakin rendah karena mereka saling berbanding terbalik.
4.Hukum 2 newton berlaku disini karena terlihat bahwa percepatan berbanding lurus dengan gayanya dan berbanding terbalik dengan massanya. KELOMPOK 121-SI-1E GERAK LURUS BERATURAN dan GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN
(GLB daN GLBB) TUJUAN 1.Mempelajari Gerak Lurus Beraturan (GLB) dan Gerak lurus berubah beraturan (GLBB) menggunakan pesawat attwood.

2.Menentukan momen inersia roda katrol pada pesawat attwood LANDASAN TEORI 116120018.. IBRAHIM HANIF ALKHALIL
116120019.. MAULANA HIDAYATULLAH
116120020..I MADE TEKAD KALIMANTARA
116120021.. M.SHAH REZA RAMLY Landasan teori ini yaitu hukum 1 newton dan hukum 2 newton:
Dimana hukum 1 newton menjelaskan bahawa : jika resultan gaya yang bekerja pada suatu benda (sistem) sama dengan nol, maka sistem dalam keadaan seimbang, yang artinya benda tersebut akan bergerak lurus beraturan (GLB)


Dan pada hukum 2 newton menjelaskan bahwa : 1.Arah percepatan benda akan sama dengan arah resultan gaya yang bekerja pada benda,

2.Besarnya percepatan sebanding dengan gayanya,

3.Dan bila gaya bekerja , maka benda mengalami percepatan, begitupun sebaliknya.

4.Berlaku persamaan gerak yang di sebut gerak lurus berubah beraturan (GLBB) Hukum 1 newton : Hukum 2 newton : GERAK LURUS BERATURAN (GLB) :
Gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan kelajuan yang konstan , dimana pada GLB nilai kelajuan sama dengan nilai kecepatan. Pada GLB v=konstan
a=0
s=v.t
v = kecepatan/kelajuan (m/s)
a = percepatan (m/s.s)
s = jarak yang di tempuh (m)
t = waktu (s) GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN (GLBB):
Gerak suatu benda pada lintasan lurus dengan percepatan tetap dan kecepatan berubah secara beraturan. vo = kecepatan awal (m/s)
vt = kecepatan akhir (m/s)
a = percepatan
t = selang waktu (s) Momen inersia adalah : kelembaman suatu benda yang cendrung mempertahankan posisinya. Pada inersia berlaku hukum 3 newton yaitu : F aksi = F reaksi ,
Dimana jika ada dua benda A, dan B , dimana benda A memberikan gaya pada benda B , maka benda B akan memberikan gaya dengan arah berlawanan dengan besar yang sama . contoh penerapan hukum 3 newton: Pada gambar katrol disamping akan berlaku persamaan a=percepatan gerak beban (m/s.s)
m=massa beban (kg)
I=momen inersia katrol (kgm.m)
r=jari jari katrol
g=percepatan gravitasi (m/s.s) 5.Dengan adanya momen inersia, maka akan berpengaruh pada percobaan , yaitu bila dua buah partikel berinteraksi , maka dikatakan bahwa tiap partikel mengerjakan gaya pada benda lain. Menurut newton, laju perubahan momentum pada sebuah partikel merupakan ukuran sebuah gaya yang bekerja padanya. Momen inersia berpengaruh karena hasil percepatan yang diperoleh sesuai dengan hukum 2 newton yaitu massa secara kuantitatif, memperlihatkan antara gaya gerak dengan gaya benda secara kuantitatif.
6.Momen inersia sangat berpengaruh pada massa , percepatan gerak benda, jari-jari katrol , dan percepatan gravitasi bumi. jika momen inersianya besar maka massa yang dimiliki benda juga pasti besar , karena saling berbanding lurus.
7. Cara untuk menentukan momen inersia katrol adalah dengan menggunakan momen torsi.. Kesimpulan 1.Dengan menggunakan pesawat attwood maka kita akan bisa melihat aplikasi dari hukum-hukum newton
2.Kita dapat mempelajari 2 macam gerak yaitu gerak translasi dan gerak rotasi.
3.Hukum newton berhubungan erat dengan GLB dan GLBB.
4.GLB dan GLBB saling berhubungan.
5.Percepatan berbanding terbalik dengan massa, dan berbanding lurus dengan gaya total.
6.setiap benda memiliki kecendrungan untuk mempertahankan posisi yang di sebut dengan momen inersia. PENGOLAHAN DATA GERAK LURUS BERATURAN S = Vt, dimana S diasumsikan y, t menjadi x dan V menjadi b GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DENGAN SATU BEBAN GERAK LURUS BERUBAH BERATURAN DENGAN DUA BEBAN TERIMA KASIH Alat-alat :

pesawat atwood

jangka sorong

stopwatch

neraca teknis lengkap

penjepit bahan penyangkut beban

landasan akhir
Full transcript