Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

LAPORAN KUNJUNGAN INSTANSI PEMERINTAHAN

No description
by

rezti fanhy

on 4 November 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of LAPORAN KUNJUNGAN INSTANSI PEMERINTAHAN

laporan
kunjungan
di
instansi
pemerintahan
pemerintahan
laporAN
instansi
kelompok 1
Rezti
Fany

Dwi

Putri
Yunita
Febriani
Muhammad
Dzulqadhar
Nurul
Ilmiyanti
Devira

Irwana
Diadakannya kunjungan di daerah kelurahan supaya kita tahu apa yang telah dilakukan dalam pelayanan masyarakat. Kita ketahui untuk meningkatkan kualitas hidup dalam masyarakat merupakan salah satu usaha pemerintah dengan adanya program-program kegiatan yang dilakukan setiap kelurahan di daerahnya masing-masing

Tujuan & Manfaat Kegiatan

Dengan mengadakan kunjungan di Wilayah RW 04 Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Makassar kita memperoleh informasi dan data baik mengenai kondisi fisik maupun non fisik pelaksanaan program kerja, seperti; aktivitas-aktivitas yang berlangsung, orang yang terlibat dalam aktivitas, makna kejadian yang dilihat dari perspektif mereka yang terlibat dalam kejadian yang diamati, dan fenomena/masalah-masalah yang terjadi di kelurahan. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan referensi serta menambah wawasan kita tentang program kelurahan dalam pelayanan masyarakat untuk mensejahterakan warga.

Tempat Kegiatan : Kelurahan Cambaya Kecamatan Ujung Tanah Makassar. Jl. Barukang Utara No. 116. Kode Pos 901962 Tlp (0411)-439211.
Bentuk Kegiatan :
1. Observasi
2. Wawancara
3. Turun di lapangan untuk Gotong Royong (Kerja Bakti)
Waktu & Lamanya Kegiatan Berlangsung :
- Kamis 22 Oktober 2015, observasi dan wawancara 11:00 - 14:00
-Jumat 23 Oktober 2015, Turun lapangan Gotong Royong 07:00-07:30

Lingkungan fisik kantor kelurahan pada umumnya

Lingkungan kantor pada bagian luar bersih dan pekarangan terawat, namun ada beberapa peralatan dan perabotan tidak tersusun dengan baik sehingga terlihat sedikit berantakan, pada tembok bagian luar kanto rwarna temboknya sudah memudar sehingga butuh pengecetan ulang dan juga kondisi lantai pada teras kantor agak pecah-pecah sehingga butuh renofasi perbaikan. Sedangkan pada bagian dalam kantor memiliki lantai dan tembok yang sudah bagus dan lingkungan pada bagian dalam kantor bersih serta peralatan dan arsip kantort ersusun dengan baik, ruangan cukup luas nyaman (tidakpanas) serta terdiri dari beberapa ruangan yang digunakan oleh staff kelurahan untuk bekerja.


Terdapat dua ruang kerja pada kantor kelurahan tersebut. Ruangan kerja cukup luas, bersih dan nyaman untuk dipergunakan. Pada ruangan pertama (ruangan kasi-kasi) terdapat 3 meja kerja berwarna coklat, terdapat 4 kursi dan di atas mejanya di lapisi kaca bening, ada lemari kecil di atasnya ada hiasan pot bunga warna merah dan beberapa piala dan penghargaan. Di dalam ruangan ini cukup pencerahannya karena ada beberapa jendela dan gorden warna biru. Di setiap dinding terdapat beberapa pajangan dinding seperti kalender, struktur kelurahan dan sebagainya.

Struktur Organisasi & Tata Kerja Kelurahan
Kecamatan adalah wilayah kerja kelurahan sebagai perangkat daerah dipimpin oleh seorang camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggung jawab kepada wali kota melalui sekretaris daerah.
Kami mendapatkan tidak adanya struktur pada Organisasi Kelurahan Cambaya, menurut informasi yang kami dapat melalui proses wawancara ternyata KASI-KASI yang seharusnya bertugas dalam Kelurahan terisi tapi di kelurahan ini tidak terisi/ tidak lengkap struktur organisasinya, karena tidak adanya orang yang mau menduduki jabatan tersebut dikarenakan orang-orang tidak mau mengurus kelurahan Cambaya karena daerahnya sangat kering, tidak ada yang bisa diharapkan pada daerah ini.

Berdasarkan hasil observasi di Kantor Kecamatan Cambaya diperoleh gambaran bahwa kondisi/suasana pada proses bekerja berjalan dengan baik, terampil, serta tingginya dedikasi dan komitmen terhadap tugas, setiap seksi mengerjakan tugasnya masing-masing dengan didukung fasilitas kantor yang memadai dan juga suasana dan lingkungan kantor yang bersih dan nyaman

SUASANA PADA PROSES BEKERJA
PENAMPAKAN EKSTERIOR
Penampakan Eksterior (cara jalan, berpakaian), dan gaya bahasa (intonasi, pilihan kata)
Berdasarkan hasil observasi / pengamatan dengan persepsi dan sensasi kami dalam penampakan eksterior pada orang yang bekerja di bagian kelurahan, cara berpakaiannya rapi dan kontras. Pada gaya bahasanya dia sangat ramah, struktur bahasanya teratur, intonasinya jelas.
LATAR BELAKANG
Pelaksanaan Kegiatan
Hasil Pengamatan
Data yang didapatkan dari hasil observasi
Alamat dan Lokasi Kantor Kelurahan
Kantor Kelurahan Cambaya
Kecamatan Ujung Tanah
Jl. Barukang Utara No. 116 Makassar
Unit Kantor/ Ruang Kerja
Dari wawancara kami mendapatkan informasi bahwa lurah di Cambaya baru menduduki jabatan 4 bulan lebih, pemilihan lurah ini di tetapkan oleh atasan (Camat). Dalam kelurahan ini hanya ada 2 tenaga kerja tetap yaitu Pak Lurah dan Sek Lurah, yang lainnya berjumlah 3, yang dimana tenaga kerja kontrak ini di gaji sesuai dengan penghasilan yang di dapat dari kantor perbulannya dan kapasitas kerjanya, jadi tidak menentu. Kader kelurahan berjumlah 20 orang yang dimana bertugas sebagai Posyandu Mawar misalnya penimbangan balita dilakukan setiap bulan pada tanggal 15 dan pemberian vitamin pada bayi setiap 6 bulan sekali, membersihkan setiap jum'at (kerja bakti) dak aktivitas bakti sosial lainnya.

Data yang didapatkan dari wawancara

Pak Lurah dalam memegang jabatan dia juga memperhatikan beberapa hal penting, diantaranya memberikan strategi untuk meningkatkan kinerja setiap karyawan seperti memberikan motivasi kerja, mengambil sisi positif di setiap kelurahan dan menceritakan kepada karyawan bahwa kita juga bisa seperti lainnya, membina penyelenggaraan umum kepada masyarakat, meningkatkan kedisiplinan, dan membangun jiwa kepemimpinan atau rasa tanggung jawab pada setiap anggota / karyawan. Adapun masalah-masalah yang pernah terjadi dalam pelayanan masyarakat yaitu kurangnya fasilitas yang memadai (karyawan), kurangnya tenaga kerja atau tidak adanya KASI untuk melengkapi bagian dari struktur kelurahan, jadi untuk hal ini Pak Lurah dan lainnya harus bekerja ekstra untuk mengambil alih urusan-urusan yang bagian Seksi pemerintahan, kemasyarakatan, pembangunan, dan keamanan. Pada kurangnya fasilitas Pak Lurah sudah mengusulkan ke Camat dan Alhamdulillah pada program masa jabatan kali ini sudah terealisasikan.


Program yang direncanakan oleh Pak Lurah yang dimana rakyat/masyarakat merasa diperdulikan yaitu seperti diadakannya Posyandu (KB, penimbangan balita & pemberian vit pada bayi), dan bakti sosial.

Dan daerah ini juga terlalu rawan untuk terjadinya kebakaran yang dimana rumah para warga sangat berdempetan dan rata-rata masih bangunan kayu, menurut informasi yang kami dapatkan bahwa daerah ini sering terjadi kebakaran yang dimana baru-baru terjadi sebulan yang lalu yang menghabiskan sekitar 40 rumah. Bahkan pernah kelurahan ini tercatat rekor terbesar terjadinya kebakaran di daerah Sulsel yang dimana menghabiskan 491 rumah pada tahun 2005. Dengan wujud rasa tanggung jawab maka kelurahan dan anggota lainnya turut menyumbang atau membantu masyarakat dalam beberapa macam bantuan, mulai dari membersihkan sisa-sisa kebakaran, menyiapkan lokasi untuk penginapan sementara, memberikan makanan & minuman, bantal, jam dinding, baju dan bantuan lainnya.

PENGERTIAN POSYANDU
Posyandu adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan.


Posyandu adalah wadah pemeliharaan kesehatan yang dilakukan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibimbing petugas terkait.

Posyandu adalah pusat kegiatan masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan dan keluarga berencana

• Menurunkan angka kematian bayi (AKB), angka kematian ibu (ibu hamil), melahirkan dan nifas.
• Membudayakan NKBS (norma kegiatan kecil yg bahagia dan sejahtera
• Meningkatkan peran serta masyarakat untuk mengembangkan kegiatan kesehatan dan KB serta kegiatan lainnya yang menunjang untuk tercapainya masyarakat sehat sejahtera.
• Berfungsi sebagai wahana gerakan reproduksi keluarga sejahtera, gerakan ketahanan keluarga dan gerakan ekonomi keluarga sejahtera.

Tujuan Posyandu

Kegiatan Posyandu
KB
Imunisasi
Pemberian Gizi
Keluarga Berencana (KB) merupakan suatu program pemerintah yang dirancang menyeimbangkan antara kebutuhan dan jumlah penduduk. Program keluarga berencana oleh pemerintah adalah agar keluarga sebagai unit terkecil kehidupan bangsa diharapkan menerima Norma Keluarga Kecil Bahagia dan Sejahtera (NKKBS) yang berorientasi pada pertumbuhan yang seimbang. Gerakan Keluarga Berencana Nasional Indonesia telah berumur sangat lama yaitu pada tahun 70-an dan masyarakat dunia menganggap berhasil menurunkan angka kelahiran yang bermakna. Perencanaan jumlah keluarga dengan pembatasan yang bisa dilakukan dengan penggunaan alat-alat kontrasepsi atau penanggulangan kelahiran seperti kondom, spiral, IUD, dan sebagainya.
Tujuan Keluarga berencana (KB) :
Tujuan umum
Meningkatkan kesejahteraan ibu, anak dalam rangka mewujudkan NKKBS (Normal Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera) yang menjadi dasar terwujudnya masyarakat yang sejahtera dengan mengendalikan kelahiran sekaligus menjamin terkendalinya pertambahan penduduk.
Tujuan khusus
• Meningkatkan jumlah penduduk untuk menggunakan alat kontrasepsi.
• Menurunnya jumlah angka kelahiran bayi.
• Meningkatnya kesehatan keluarga berencana dengan cara penjarangan kelahiran

Imunisasi merupakan usaha memberikan kekebalan pada bayi dan anak dengan memasukkan vaksin kedalam tubuh agar tubuh membuat zat anti untuk mencegah terhadap penyakit tertentu.

Imunisasi adalah suatu upaya untuk mendapatkan kekebalan terhadap suatu penyakit dengan cara memasukkan kuman atau bibit kuman yang telah dilemahkan atau dimatikan kedalam tubuh dengan memasukkan kuman atau bibit penyakit tersebut, tubuh dapat menghasilkan zat anti bodi yang pada saatnya digunakan tubuh untuk melawan kuman atau bibit penyakit penyerang tubuh. Di posyandu balita akan mendapatkan layanan imunisasi.

DEFINISI IMUNISASI
Peningkatan Gizi

Dengan adanya posyandu yang sasaran utamanya bayi dan balita, sangat tepat untuk meningkatkan gizi balita. Peningkatan gizi balita di posyandu yang dilakukan oleh kader berupa memberikan penyuluhan tentang ASI, status gizi balita, MPASI (makanan pendamping air susu ibu), Imunisasi, Vitamin A, stimulasi tumbuh kembang anak, diare pada balita (Dinas Kesehatan RI. 2006: 24).

Tujuan program :
Tujuan program ini adalah meningkatkan mutu dan pemerataan kualitas pelayanan keluarga dan status gizi masyarakat dalam rangka meningkatkan kemandirian, intelektualitas, dan produktivitas sumber daya manusia

1. Pertumbahan anak balita terpantau sehingga tidak menderita gizi kurang/gizi buruk.
2. Bayi dan anak balita mendapat Kapsul Vitamin A setiap bulan Februari dan Agustus.
3. Bayi memperoleh imunisasi lengkap.
4. Ibu hamil terpantau berat badannya dan memperoleh Tablet Tambah Darah serja imunisasi Tetanus Toxoid.
5. Ibu nifas memperoleh Kapsul Vitamin A dan Tablet Tambah Darah.
6. Stimulasi tumbuh kembang balita dengan fasilitas alat permainan edukatif di posyandu, dan mendeteksi dini tumbuh kembang
7. Memperoleh penyuluhan kesehatan tentang kesehatan ibu dan anak.
8. Apabila terdapat kelainan pada anak balita, ibu hamil, ibu nifas dan ibu menyusui akan dirujuk ke Puskesmas
9. Dapat berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang kesehatan ibu dan anak batita.

Manfaat Posyandu
Gotong Royong merupakan suatu kegiatan sosial yang menjadi ciri khas bangsa Indonesia dari jaman daulu kala hingga saat ini. Rasa kebersamaan ini muncul, karena adanya sikap sosial tanpa pamrih dari masing-masing individu untuk meringankan beban yang sedang dipikul.


Hanya di Indonesia,kita bisa menemukan sikap gotong royong ini karena di negara lain tidak ada sikap ini dikarenakan saling acuh tak acuh terhadap lingkungan di sekitarnya. Ini merupakan sikap positif yang harus di lestarikan agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang kokoh & kuat di segala lini.

Program selanjutnya Bakti Sosial, seperti Gotong Royong

Tidak hanya dipedesaan bisa kita jumpai sikap gotong royong,melainkan di daerah perkotaan pun bisa kita jumpai dengan mudah. Karena secara budaya, memang sudah di tanamkan sifat ini sejak kecil hingga dewasa.


Karena ini merupakan salah satu cermin yang membuat Indonesia bersatu dari sabang hingga merauke, walaupun berbeda agama, suku & warna kulit tapi kita tetap menjadi kesatuan yang kokoh. Inilah alah satu budaya bangsa yang membuat Indonesia,di puja & puji oleh bangsa lain karena budayanya yang unik & penuh toleransi antar sesama manusia.
Full transcript