Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Konsep-konsep dasar sosiologi

No description
by

kim do hee

on 14 August 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Konsep-konsep dasar sosiologi

Masyarskat
Individu
Individu berhubungan dengan orang-perorangan atau pribadi, yang berarti individu bertindak sebagai subjek yang melakukan sesuatu hal; subjek yang memiliki pikiran; subjek yang memiliki keinginan; subjek yang memiliki kebebasan; subjek yang memberi arti (meaning) pada sesuatu; subjek yang mampu menilai tindakannya sendiri dan tindakan orang lain.
Komunitas (Community)
Kesatuan hidup manusia yang menempati wilayah tertentu, lazimnya disebut community. Semua konsep-konsep tersebut dijadikan dasar untuk mempelajari keluarga, kampung, dan komunitas-komunitas. Demikian juga dalam mempelajari wilayah-wilayah tertentu, manusia dari zaman tradisional sampai peradaban masa kini.
Objek material sosiologi adalah kehidupan sosial, gejala-gejala dan proses hubungan antarmanusia yang memengaruhi kesatuan hidup manusia itu sendiri. Adapun objek formalnya lebih ditekankan pada hubungan antarmanusia serta proses yang timbul dari hubungan manusia di dalam masyarakat.
interaksi sosial
Inter aksi sosial adalah hubungan timbal balik berupa aksi saling memengaruhi antarindividu, antara individu dan kelompok, dan antarkelompok. Dalam hubungan tersebut, individu atau kelompok melakukan interaksi, baik formal atau informal, langsung atau tidak langsung. Dalam interaksi sosial, salah satu pihak melakukan aksi dan pihak lain memberikan aksi.
by : Kim Do Hee
Konsep-konsep dasar sosiologi
Homo Homini Socius. Manusia adalah makhluk hidup sosial. Masyarakat merupakan istilah yangpaling umum dipakai untuk menyebut kesatuan - kesatuan hidup manusia. Kata masyarakat sendiri beraka dari kata dalam bahasa Arab musyarak yang berarti "bersama-sama atau saling bergaul."
syarat interaksi sosial
menurut Soerjono Soekanto, suatu interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi apabilla tidak memenuhi syarat kontak sosial dan komunikasi.
kontak sosial
Kata kontak dari berasal dari bahasa Latin cum yang berarti bersama-sama dan tangere yang berarti menyentuh. Kontak sosial memiliki sifat-sifat sebagai berikut
Komunikasi
Komunikasih merupakan syarat kedua terjadinya interaksi sosial. Ada lima unsur pokok dalam komunikasi, yaitu sebagai berikut.
1. Kontak sosial dapat bersifat positif atau negatif. Kontak sosial positif mengarah pada keja sama. Kontak sosial negatif mengarah pada pertentangan atau konflik

2. Kontak sosial dapat bersifat primer atau sekunder. Kontak sosial primer terjadi ketika para peserta interaksi bertatap muka secara langsung. kontak sekunder terjadi ketika para peserta interaksi tidak bertatap muka secara langsung.
1. Komunikator, yaitu orang yang meyampaikan pesan, perasaan, atau pikiran kepada pihak lain.
2. Komunikan, yaitu orang atau sekelompok orang yang dikirim pesan, pikiran, atau perasaan.
3. Pesan, pensa yang disampaikan oleh komunikator, pesan dapat berupa informasi, instruksi, dan perasaan.
4.media, yaitu alat untuk menyampaikan pesan.
5. Efek, yaitu perubahan yang diharapkan terjadi pada komunikan setelah mendapatkan pesan dari komunikator.

Faktor pendorong interaksi sosial
Imitasi
Imitasi adalah tindakan meniru orang lain. Menurut Dr. A.M.J.Chorus, syarat yang harus dipenuhi dalam mengimitasi adalah adanya minat atau perhatian terhadap objek atau subjek yang ditiru serta adanya sikap menghargai, mengagumi, dan memahami sesuatu yang akan ditiru.
Sugesti
sugesti adalah pengaruh yang dapat menggerakan hati orang lain. pada umumnya, sugesti berasal dari beberapa hal berikut.

1. Orang yang berwibawa, karismatik, atau memiliki pengaruh kuat terhadap penerima sugesti.
2. Orang yang memiliki kedudukan lebih tinggi dari penerima sugesti.
3. Kelompok mayoritas terhadap minoritas.
4. Reklame atau iklan di media massa

Sugesti bukan hanya terjadi karena faktor pemberi sugesti, tetapi karena beberapa faktor di dalam diri orang diberi sugesti.
identifikasi
identifikasi merupakan kecenderungan atau keinginan seseorang untuk menjadi sama dengan orang lain. identifikasi bersifat lebih mendalam dibandingkan imitasi. Orang melakukan proses identifikasi karena memerlukan tipe ideal dalam hidupnya. proses identifikasi dapat berlangsung secara sengaja maupun tidak.
Simpati
Simpati merupakan proses ketika seseorang merasa tertarik pada pihak lain. Melalui proses simpati, seseorang menempatkan menempatkan dirinya dalam keadaan orang lain dan merasakan apa yang di alami, dipikirkan, atau dirasakan orang lain. Dalam proses ini, perasaan berperan penting walaupun alasan utama adalah keinginan memahami dan bekerja sama dengan orang lain
Empati
Empati merupakan simpati mendalam yang dapat memengaruh fisik dan kejiwaan seseorang.
Full transcript