Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Perkembangan Teknologi

No description
by

Ekky Rizqia

on 24 October 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Perkembangan Teknologi

Notes
Rahasia Dibalik Nanoteknologi
Revolusi Industri Nanoteknologi
Perkembangan Teknologi
Tujuan Instruksional
Setelah mempelajari bab ini, mahasiswa diharapkan memiliki wawasan yang utuh tentang perkembangan teknologi di berbagai bidang yang bersangkutan khususnya yang dianggap pesat perkembangannya adalah di bidang teknologi material, nanoteknologi, bioteknologi molekular, atau life science dan teknologi informasi
PENGANTAR PERKEMBANGAN TEKNOLOGI
Pengembangan teknologi difokuskan pada empat bidang saja yaitu :
1. Teknologi Material
2. Nanoteknologi
3. Bioteknologi Molekular (Life Scince)
4. Teknologi Informasi
Teknologi Material
Teknologi Informasi
Perkembangan teknologi pada era ini memiliki tingkat perkembangan yang sangat luar biasa.
Pemanfaatan teknologi sudah memasuki berbagai bidang kegiatan seperti Pendidikan, sains, seni, hukum, politik, perdagangan, pengobatan, militer dan sebagainya.
Kemajuan yang sangat pesat ini ditunjang oleh begitu pesatnya pengembangan IPTEKS dan khususnya pada produk-produk elektronika.


Bioteknologi
Bioteknologi adalah cabang ilmu yang mempelajari pemanfaatan makhluk hidup (bakteri, fungi, virus, dan lain-lain) maupun produk dari makhluk hidup (enzim, alkohol) dalam proses produksi untuk menghasilkan barang dan jasa. Dewasa ini, perkembangan bioteknologi tidak hanya didasari pada biologi semata, tetapi juga pada ilmu-ilmu terapan dan murni lain, seperti biokimia, komputer, biologi molekular, mikrobiologi, genetika, kimia, matematika, dan lain sebagainya. Dengan kata lain, bioteknologi adalah ilmu terapan yang menggabungkan berbagai cabang ilmu dalam proses produksi barang dan jasa.
Kemajuan dunia kedokteran saat ini tidak terlepas dari peran Bioteknologi. Sebagai bukti dengan ditemukannya vaksin, antibiotik, interferon, antibodimonoklonal, dan pengobatan melalui terapi gen dan lain sebagainya.
 

Kelompok VI
ANDI NILAWATI HASBI (D51113014)
HASRYDHA (D51113018)
YETNIEL RISNO (D51113021)
MUSLIADI (D51113030)
EKKY RIZQIA (D51113302)
Nanoteknologi
Teknologi Material
Era nanoteknologi diawali dengan penemuan di bidang sains, seperti fisika kuantum, biologi molekuler, ilmu komputer, kimia, dan rekayasa material.

Saat ini, nanoteknologi sudah masuk pada industri baja, pelapisan logam, dekorasi, industri polimer, industri kemasan, peralatan olahraga, tekstil, keramik, industri farmasi, kedokteran, pengolahan air, elektronika, dan kecantikan.

Artinya, dengan nanoteknologi, suatu produk atau bahan, bukan hanya memiliki nilai tambah. Akan tetapi, juga akan menciptakan suatu nilai yang baru
"Kita harus mengetahui bahwa akan ada kesalahan dan akan ada bahaya, tetapi juga akan ada manfaat yang luar biasa terhadap penemuan suatu kata 'Nanopartikel'. Hal ini merupakan trend ilmu pengetahuan dan teknologi di abad 21"
Prof. Harry Kroto
Pemenang Penghargaan Nobel di Bidang Kimia Tahun 1996
Revolusi Industri Nanoteknologi
Teknologi material atau bahan, mulanya dari pidato Presiden Ronald Reagen tahun 1986 yang mengemukakan suatu usulan tentang Orient Express yang dapat lepas landas dari Washington dan terbang ke Tokyo dalam waktu 2 jam. Untuk itulah berkaitan dengan rencana ini diusulkan dua konsep yaitu :
Pengembangan pesawat Hypersonic (March 5)
Pengembangan pesawat Supersonic (march 5 yang lebih cepat dari Concord
Ceramic Matrix Composite
Intermetal Matrix Composite
Metal Matrix Composite
Polymer Matrix Composite
Advance Ceramic Composite
Teknologi Material
Jepang yang unggul dalam memasarkan produk-produknya telah memikirkan aplikasinya unruk industri mobil, ernergi dan bahan, material perumahan atau gedung dengan pangsa pasar mencapai 32 milyar dollar.

Contoh lain mengenai ilmu bahan atau teknologi material adalah perangkat alat elektronik semi konduktor dan super konduktor.
Sejarah Teknologi Informasi
Masa Prasejarah
Masa Modern
3000 SM ----> 2900 SM ---->500 SM ---->105 SM
Tahun 1455
Tahun 1830
Tahun 1837
Tahun 1877
Tahun 1889.
Tahun 1991 – Sekarang
Keuntungan dari teknologi Informasi dan komunikasi :
 
Membantu mempercepat pekerjaan manusia.
Mempermudah komunikasi jarak jauh. Mempermudah sistem administrasi
Mempermudah proses transaksi keuangan

Kerugian atau efek negatifnya, yaitu antara lain :
Komunikasi menjadi hampa
Penyalahgunaan untuk tindakan kriminal dan asusila
Penyalahgunaan untuk pencurian keuangan
Munculnya perilaku individualisme
ketergantungan dan  egois
Manusia menjadi malas beraktifitas

Pemanfaatan bioteknologi untuk meningkatkan hasil pertanian pada masa sekarang ini dilakukan secara modern, misalnya pada pemuliaan tanaman dengan menciptakan:
Tanaman transgenik (tanaman yang gennya telah dimodifikasi)
Kultur jaringan dan sebagainya

Bioteknologi Pertanian
Bioteknologi Peternakan
Biotekonologi modern banyak diaplikasikan pada bidang peternakan dalam memenuhi untuk memperoleh organisme unggul, dan memiliki sifat-sifat yang diinginkan.

Pada bioteknologi peternakan, digunakan tiga metode untuk merekayasa suatu hewan ternak agar memiliki sifat yang diinginkan.
1. Inseminasi Buatan
2. Transfer Embrio
3. Kloning


Jika kloning gen dilakukan pada tumbuhan dapat memberikan keuntungan yang lebih banyak , Kloning pada tumbuhan dan hewan dalam rangka peningkatan kualitasnya memang baik, namun jika kloning tersebut dilakukan pada manusia, hal ini masih menjadi kontroversi.

Pro dan Kontra Bioteknologi
Ilmu bioteknologi molekuler merupakan salah satu bidang IPTEKS saat ini yang menjadi pusat perhatian para ilmuwan, industriawan, bisnismen, politikus, maupun negarawan, terutama yang berkaitan dengan kebijakan pengembangannya.


Bioteknologi Molekuler
Apabila kita melihat sejarah, sejak tahun 6000 SM orang Samaria dan Babilonia sudah meminum bir, ini berarti bahwa saat itu telah ditemukan proses produksi minuman beralkohol dengan cara fermentasi. Orang mesir telah membuat roti sejak tahun 4000 SM, dan pembuatan makanan lain baik di Eropa maupun di Asia seperti keju, yoghurt, kecap, tempe, pewarna makanan serta pembuatan tape adalah contoh pemanfaatan mikrooganisme yang sudah ada sejak lama.


Sejarah Perkembangan Bioteknologi
Terima Kasih
"Nanoteknologi diyakini sebagai sebuah konsep teknologi di zaman modern yang akan melahirkan revolusi industri baru di abad 21, oleh karena beberapa cabang ilmu terapan dan ilmu medis telah mengadopsi nanoteknologi dan nanosains menjadi pondasi utamanya"
Nurul Taufiq Rochman
Ketua Masyarakat Nanoteknologi Indonesia (MNI)
Nanoteknologi sangat berkembang pesat dan begitu menvengangkan banyak pihak. Di antaranya adalah ditemukannya tabung nanokarbon, nanobaja, serat optik untuk industri informasi dan komunikasi, industri ramah lingkungan, dan lain-lain
Full transcript