Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Copy of Analisis Semiotik iklan sampoerna Hijau versi saling nginget

No description
by

Ibnu Latif El-karojany

on 5 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Copy of Analisis Semiotik iklan sampoerna Hijau versi saling nginget

Analisis Semiotik iklan sampoerna Hijau versi saling ngingetin "Motor Painting"
"ANITA NUR"
09101120024
Tanda Berdasarkan Interpretan
TANDA BERDASARKAN OBJEK
2) Simbol Fragile (Gelas Pecah)
3) Simbol Payung (Keep Dry)
6) Dilarang belok Kanan
Latar Belakang

Iklan merupakan komunikasi persuasif yang mampu memanipulasi psikologis konsumennya untuk mengubah sikap dan pikiran untukmau menggunakan produk-produk tertentu

Adanya pembatasan penayangan pada jam-jam tertentu sesuai dengan UUD Nomor 32 Tahun 2002 tentang penyiaran yang mempersempit ruang lingkup promosi dari iklan rokok

Ada makna tersembunyi yang ingin disampaikan dalam iklan rokok baik dari teks, gambar, bahkan bunyi tanpa harus memperlihatkan secara langsung apa maksud dari iklan tersebut

8) Painting
4) Simbol Top
Tujuan Penelitian
Kerangka Konseptual
HASIL PENELITIAN
Kesimpulan
Saran
TERIMA KASIH
Rumusan Masalah

1. Bagaimana Deskripsi Iklan Rokok Sampoerna Hijau versi saling ngingetin "Motor Painting"?

2. Apa saja Gambaran Semiotika berdasarkan Objek & interpretan yang terdapat dalam iklan rokok Sampoerna Hijau versi Saling Ngingetin "Motor painting"?
Definisi Operasional

Analisis semiotik merupakan metode penelitian untuk menafsirkan makna dari suatu pesan komunikasi baik yang tersirat (tertulis) maupun yang tersurat (tidak tertulis/terucap). Makna yang dimaksud mulai dari parsial hingga makna komprehensif.

Iklan adalah pesan atau berita yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat luas dan khalayak ramai tentang produk dan atau jasa yang dimiliki oleh perusahaan.

Charles Sanders Peirce adalah seorang filsuf yang lahir di Amerika yang terkenal dengan dengan teori tandanya dalam ruang lingkup semiotika

Sampoerna adalah salah satu merek rokok yang dimiliki perusahaan rokok terbesar di Indonesia yang sebelumnya merupakan perusahaan milik keluarga Sampoerna, namun sejak Mei 2005 kepemilikan mayoritasnya berpindah tangan ke Philip Morris International, perusahaan rokok terbesar di dunia dari Amerika Serikat.


Untuk mengetahui deskripsi pada iklan rokok Sampoerna hijau versi saling ngingetin “motor painting”

Untuk mengetahui apa saja gambaran semiotika berdasarkan objek dan interpretan yang terdapat pada iklan rokok Sampoerna Hijau versi Saling ngingetin “Motor Painting”
Metode Penelitian
Ada dua gambaran yang tersurat dalam iklan tersebut :
Dalam kepentingan bisnis, iklan ini bertujuan utama sebagai salah satu wadah untuk mempromosikan rokok Sampoerna Hijau khususnya dengan mengangkat tema-tema sosial masyarakat secara umum untuk mempengaruhi masyarakat.

Namun secara Semiotika iklan ini justru mampu memberikan spirit dan insprirasi kepada orang-orang bahwa perokok yang juga identik dengan kelompok motor dalam iklan ini yang dimata sebagian masyarakat dianggap sebagai kelompok yang negatif, juga tetap dapat mendorong orang lain kearah yang positif seperti memdorong orang lain untuk tetap semangat bekerja dengan membuat painting pada jalan dipelataran gedung perkantoran, depan toko dan tempat-tempat umum lainnya . sehingga hal ini secara tidak langsung juga medorong citra positif kepada masyarakat bahwa kelompok motor juga bisa menjadi komunitas yang fun atau menyenangkan dan positif dimata masyarakat.
1. Penelitian mengenai analisis semiotik iklan rokok, memberikan kemungkinan dianalisis dari berbagai sudut pandang. Penulis sangat berharap akan adanya penelitian-penelitian serupa sehingga akan muncul pandangan baru terhadap kajian-kajian semiotika dalam berbagai iklan sehingga dapat menjadi media pembelajaran baru.

2. Kepada pihak Sampoerna, penulis berharap akan ada generasi-generasi yang mampu membuat iklan-iklan berikutnya dalam mengangkat tema kehidupan sosial yang lebih berkualitas dan lebih kreatif.

Peneliti melakukan penelitian yang berlangsung selama 2 bulan mulai dari Mei-Juni 2013.
Tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah data data kualitatif, yakni data berupa kata atau kalimat baik yang diperoleh dari hasil pengamatan dan analisa serta diambil dari sejumlah referensi lain seperti buku, internet dan lain lain. teknik yang dilakukan dengan mengamati, menganalisa dan mencatat semua yang dianggap penting meliputi informasi dan bahan.
Deskripsi iklan Sampoerna Hijau versi saling ngingetin "motor painting"
Nama Iklan : Rokok Sampoerna Hijau versi Saling Ngingetin ”Motor Painting”
Jenis Iklan : Iklan Komersial
tayang : Trans TV, Indosiar
Durasi : 30 Detik
Jam tayang: 21.30 - 05.00 (Waktu Setempat)

Isi Iklan :
5 Pengedara Motor
Lokasi: Di depan ruko
Tempat parkir mal/Gedung
Pelataran gedung perkantoran

Malam:
5 orang pengendara motor melakukan atraksi dengan menggunakan motor untuk membuat Painting dibeberapa tempat umum


Pagi
Semangat pagi Pesan yang
Asiknya kerja disampaikan
Teman yang Asik

1. Ikon
Ikon A logo Sampoerna Hijau adalah inisial nama dari Aga Sampoerna yang di abadikan pada kemasan rokok kretek ini. Mengingat dialah yang memilki visi untuk membuat rokok kretek berkualitas Sampoerna yang bisa di jangkau oleh kalangan masyarakat luas.
Terdapat Sembilan bintang dengan sembilan sudut pada logo Sampoerna yang juga memberi atau berarti makna kesempurnaan.
“Teman yang asik” merupakan tema terbaru yang di usung oleh Sampoerna setelah sukses mengusung tema kebersaman dengan versi “asiknya rame-rame” dan gak ada loe gak rame”. Namun tema ini masih tetap mencerminkan semangat khas Indonesia yang penuh keakraban dan kebersamaan.
Pada kata S-A-M-P-O-E-R-N-A berjumlah Sembilan huruf dengan menambahkan huruf O pada kata Sampoerna. Huruf O merupakan gabungan dari aksara “Ong” dengan aksara Tionghoa yang berarti “rakyat” sehingga menghasilkan kombinasi huruf Tionghoa yang bermakna kesempurnaan.
Logo Sampoerna Hijau
Simbol Kebersamaan
Yang menjadi ikon utama dalam iklan Sampoerna Hijau versi saling ngingetin “Motor Painting” ini adalah 5 pemuda yang mengedarai motor. Kesan keren dan mencerminkan karakter pria pada umumnya seperti berani, kuat , semangat dan kerja keras terlihat saat kelimanya bekerja sama untuk membuat kata motivasi dengan painting.

2. Indeks
Indeks adalah tanda yang menunjukkan adanya hubungan alamiah antara tanda dan petanda yang bersifat kausal atau hubungan sebab akibat, atau tanda yang langsung mengacu pada kenyataan. Dalam video ini, pada detik ke 13-15, Warna langit yang semakin terang yang menandakan hari sudah menjelang pagi.
3. Simbol
Simbol sendiri adalah Sesuatu yang melaksanakan fungsi sebagai penanda yang oleh kaidah secara konvensi telah lazim digunakan dalam masyarakat
Simbol seperti ini biasanya ada pada kemasan produk yang berarti bahwa benda yang ada dalam tempat ini dapat di daur ulang dengan tujuan mencegah adanya sampah yang sebenarnya dapat menjadi sesuatu yang berguna, mengurangi penggunaan bahan baku yang baru, mengurangi penggunaan energi, mengurangi polusi, kerusakan lahan, dan emisi gas rumah kaca jika dibandingkan dengan proses pembuatan barang baru. Simbol ini ada pada detik Ke-15 pada iklan Sampoerna Hijau didepan ruko saat seorang laki-laki membuka tokonya dipagi hari.
1) Simbol “Daur Ulang" (Recyling)
Simbol ini sebagai peringatan bahwa barang yang ada di dalam kotak bisa rusak atau pecah jika tidak dihandle dengan hati-hati. Fragile sendiri memilki arti rapuh atau rentan (gampang pecah). Biasanya simbol ini tertera pada kotak kemasan barang-barang elektronik atau barang pecah belah. Simbol ini juga ada di detik ke-15 pada Iklan.
terdapat pada iklan Sampoerna Hijau didetik ke -15. Simbol yang digambarkan dalam bentuk payung ini maksudkan agar kotak tersebut harus dijaga agar tetap kering, jangan samapi terkena air (hujan) dan jangan di simpan di tempat yang basah. symbol ini biasa terdapat pada kotak/kardus kemasan barang-barang elektronik dan makanan.
Simbol seperti ini menunjukkan posisi atau kedudukan kotak. Tempat penyimpanan barang harus mengikuti tanda ini . arah panah menunjukkan bagian atau kotak demikian juga barang yang ada didalamnya., sehingga dapat memudahkan kita saat akan membuka kotak tersebut. Simbol ini juga ada pada detik ke 15.

Simbol ini menunjukkan larangan Berbelok Kekanan bagi kendaraan bermotor maupun tidak bermotor untuk masuk jalan simpangan atau berpindah jalur yang searah lalu lintas. Simbol ini terlihat ada pada detik ke 5 dan ke 16.
7) Grafity
Grafiity adalah Coretan-coretan dibuat oleh bara bomber (Pembuat Grafity) sebagai media untuk menyuarakan pendapat mereka tentang berbagai kritik sosial dalam kehidupan. Namun banyak yang menganggap bahwa grafiti adalah bagian dari kriminalitas dan dikategorikan dalam bentuk suatu vandalisme ( kebiasaan merusak). Namun tidak sedikit juga yang menganggap bahwa graffiti itu adalah bagian dari seni seperti yang ada di Jogja. Detik Ke 6-7.
Painting sendiri berarti melukis yang merupakan salah satu cabang dari seni rupa. Seni lukis adalah sebuah pengembangan yang lebih utuh dari menggambar. Seperti gambar pada umumnya. lukisan kebanyakan dibuat di atas bidang datar seperti dinding, lantai, kertas, atau kanvas. Dalam pendidikan seni rupa modern di Indonesia, sifat ini disebut juga dengan dwi-matra (dua dimensi, dimensi datar). Objeknya pun beragam. Mulai dari manusia, binatang, alam dan berbagai macam bentuk lainnya. Painting sendiri pada detik ke-11,16,20 & 27 pada iklan ini.
a. Rheme

Arif (karyawan swasta, 27) yang juga baru dikomunitas motor menilai “banyak hal positif yang bisa kita lakukan dengan menjadi anggota dari komunitas motor. Seperti di bulan ramadhan kemarin, kami semua berkeliling kota dengan membagikan menu sahur dan berbuka puasa untuk orang-orang di pinggir jalan. Tidak seperti pandangan kebanyak orang yang menganggap komunitas motor yang sebagai gank motor yang hanya bisa merusak dan meresahkan masyarakat. Kami justru ingin membuktikan kepada orang-orang bahwa kami bisa menjadi komunitas yang mampu membantu orang banyak ”.

Namun Irma (Mahasiswi,) berpendapat lain. Dia menilai, sebenarnya ada tujuan utama lainnya yang ingin di sampaikan oleh Sampoerna :
“Disini Sampoerna ingin mempromosikan produknya. Pada bagian akhir iklan terlihat ada tulisan “Teman yang Asik” yang disandingkan dengan logo Sampoerna hijau. Secara tidak langsung, disini sampoerna ingin mengajak orang untuk membeli produk mereka”.

b. Dicent Sign

terlihat saat matahari terbit yang ditandai dengan warna awan yang semakin lama semakin terang yang membuat cahaya matahari semakin terlihat. Simbol ini diidentikkan sebagai simbol hari baru yang mengawali hari setiap orang dalam beraktivitas. Ini dimaksudkan agar setiap orang dapat mengawali harinya dengan semangat dalam berkerja dan beraktivitas.

c. Argument
Andi Ahmar (karyawan Swasta & dosen) mengemukakan ada makna sosial yang kuat yang terdapat pada iklan ini: “Dengan kehadiran sekelompok pengendara motor, Sampoerna ingin menyampaikan pesan melalui bahasa gambar bahwa dengan keberadaan mereka yang berbalut kebersamaan akan menjadi inspirasi bagi setiap orang untuk mengawali hari baru dengan optimis, semangat dan percaya diri dalam beraktivitas dan bekerja setiap harinya”.
Full transcript