Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro d

No description
by

Christian Aditya

on 1 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro d

Jurusan Arsitektur, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro didirikan pada 10 Nopember 1962, dengan Ir. Sidharta, Ir. Haditirto dan Dipl. Ing. Hoemar Tjokrodihatmo sebagai pengajar-pengajar pertamanya. Ir. Sidharta berfikir bahwa pembangunan di Indonesia, khususnya di Propinsi Jawa Tengah membutuhkan lebih banyak lagi arsitek berkualitas dengan kemampuan berimbang antara penguasaan teknis, kepedulian sosial, dan kepekaan estetika.

Jurusan Arsitektur membidani dibukanya Program Studi S-1 Perencanaan Wilayah dan Kota pada tahun 1992, dan program Diploma III Desain Arsitektur pada tahun 2000.
Pada tahun 2003, Jurusan Arsiktektur menetapkan kerangka kerja akademik yang terintegrasi, yang menciptakan proses belajar-mengajar menerus dari S-1, S-2 dan S-3 secara berkesinambungan dalam waktu yang lebih efektif dan efisien. Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya Porgram Studi S-2 Magister Teknik Arsitektur dan Program Doktor S-3 Arsitektur dan Perencanaan Wilayah Kota.

PROFIL
Menjadi Jurusan yang  unggul dibidang pendidikan desain lingkungan binaan di Asia Tenggara serta dikenal di tingkat internasional berbasis riset dan teknopreneur di tahun 2020.

VISI
1.Meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan  arsitektur  sehingga dapat menghasilkan lulusan yang mempunyai keunggulan, berbasis riset dan teknopreneur.
2.Meningkatkan kualitas dan kuantitas riset, publikasi dan mengupayakan kepemilikan hak atas kekayaan intelektual (HAKI) dalam upaya pengembangan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat sebagai upaya penerapan dan pengembangan Ilmu pengetahuan, teknologi dan seni pada lingkup  desain  lingkungan binaaan.
4.Meningkatkan profesionalitas, kapabilitas, akuntabilitas dan tata kelola dalam penyelenggaraan institusi pendidikan  arsitektur .

MISI
Program akademik di Jurusan Arsitektur memiliki 2 alur utama yaitu perancangan gedung dan perancangan kawasan, yang diterapkan baik pada program diploma/vokasional (6 semester), S-1 (8 semester), S-2 (4 semester) hingga Program Doktor S-3. Kolaborasi Laboratorium-Perpustakaan-Publikasi mendukung program akademik tersebut..Konsep Tri-dharma Perguruan Tinggi (pendidikan-penelitian-pengabdian masyarakat) memperkuat atmosfer program akademik yang dipusatkan pada masing-masing laboratorium di Jurusan Arsitektur FT UNDIP ini.

AKADEMIK
Mulai tahun 2007, Jurusan Arsitektur mencoba mulai melaksanakan metoda e-learning. Suatu metoda pembelajaran yang didukung internet dan mendasarkan proses SCL (student centered learning) dan PBL (problem based learning/project based learning). Metoda tersebut sangat mendukung aplikasi tri-dharma di laboratorium-laboratorium Jurusan Arsitektur FT Undip.

Desain rumah
Desain hotel
Desain apartemen
Desain sekolah

PROSPEK KERJA
PT. Megatika Internasional
PT. Image Qreator
PT.Duta Rekayasa
dll.
PERUSAHAAN ARSITEK
Perpusatakaan Jurusan Arsitektur sebagai pendukung utama pelaksanaan tri dharma PT, perpustakaan di Jurusan Arsitektur mengutamakan kenyamanan bagi penggunanya untuk mendapatkan segala bentuk infromasi akademis dengan membaca dan belajar. Untuk itu ruang perpustakaan didesain sesuai dengan keinginan para pengunjungnya dengan lay out ruang leluasa dan hening dilengkapi dengan penerangan, background music & penyejuk ruangan juga dilengkapi fasilitas free hotspot. Perpustakaan Jurusan Arsitektur diisi dengan koleksi buku – buku bacaan diantaranya:
 


Jurnal & Prosiding Seminar Nasional
Buku Referensi
Seminar mahasiswa
Majalah – majalah
Laporan Skripsi mahasiswa
dll.

Kampus Jurusan Arsitektur yang hijau penuh dengan rerimbunan beragam jenis pepohonan memiliki 5laboratorium : Lab. Perancangan Arsitektur, Lab. Perancangan Kota & Permukiman, Lab. Sejarah & Konservasi Arsitektur, Lab. Teknologi Bangunan dan Lab. Desain Bentuk.Jurusan Arsitektur juga dilengkapi ruang-ruang kuliah dan ruang pertemuan ber AC, perpustakaan yang nyaman dan luas dengan fasilitas internet, ruang multimedia, internet cafe/resto, student free hot spot area dan musholla. Untuk memperkuat kemampuan desain mahasiswa, Jurusan arsitektur juga memilki 2 studio gambar manual dan komputer grafis. Ada dua publikasi di Jurusan Arsitektur yaitu majalah ‘MODUL’ untuk publikasi perancangan gedung dan ‘ENCLOSURE’untuk publikasi perancangan kota & permukiman Jurusan Arsitektur Fakultas Teknik Universitas Diponegoro Memiliki beberapa Laboratorium yang digunakan untuk pengembangan ilmu dan sekaligus sebagai tempat praktek mahasiswa, Laboratorium tersebut adalah:

LAB. PERANCANGAN ARSITEKTUR
LAB. STRUKTUR & TEKNOLOGI BAHAN
LAB. SEJARAH & TEORI ARSITEKTUR
LAB. PERANC. KOTA & PERMUKIMAN
LAB. DESAIN GRAFIS

THANKS FOR ATTENTION
.
P
R
E
Z
I
.
C
O
M
PERPUSTAKAAN & LAB
DI SUSUN OLEH :
NATHASA ERDYA KRISTY

TEKNIK
ARISTEKTUR
Full transcript