Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Echinodermata

Liniki - X2 - 24
by

Lee Nicky

on 20 April 2011

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Echinodermata

Echinodermata 'Echinodermata' berasal dari bahasa Yunani, yaitu 'echinos' yang berarti duri dan 'derma' yang berarti kulit. hewan berkulit duri Echinodermata berhabitat di laut, dari daerah pantai hingga laut dalam. Echinodermata bergerak secara lambat dengan kaki ambulakral. Struktur Tubuh mempunyai lima buah lengan atau kelipatan lima.
yang tidak memiliki lengan, memiliki tubuh yang tersusun atas lima buah keping utama yang bersifat pentagonal.
memiliki warna yang sangat bervariasi.
berukuran tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. terbagi menjadi lima kelas, yaitu Asteroidea, Echinoida, Ophiuroidea, Holothuroidea dan Crinoidea. Asteroidea (Bintang Laut) berhabitat di pantai, khususnya di batu-batu karang. Jenis yang paling umum ditemukan adalah bintang laut merah (Asterias forberi). Yang berukuran besar adalah Pisaster ochraceus yang hidup di Samudera Pasifik. Struktur Tubuh terdiri atas keping utama (central disk) yang dilengkapi dengan lima lengan pipih.
terdapat tentakel lunak yang dilengkapi dengan bintik mata pada setiap lengan yang sangat peka terhadap rangsangan cahaya.
terdapat duri-duri tumpul yang terbuat dari zat kapur pada permukaan dorsal.
terdapat banyak pediselaria berbentuk penjepit di antara papula yang berfungsi untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan hewan-hewan kecil yang menempel di permukaan.
terdapat anus berupa lubang kecil di permukaan dorsal berdekatan dengan madreporit.
mulut terdapat pada permukaan ventral dan dikelilingan oleh selaput peristomial.
pada permukaan ventral setiap lengan terdapat celah ambulakral yang berjejer dua atau empat baris kaki ambulakral (kaki tabung). Sistem Organ madreporit merupakan lubang tempat masuk air yang terdapat di permukaan dorsal dekat anus.
saluran batu merupakan saluran penghubung madreporit dengan saluran cincin.
saluran cincin merupakan saluran air yang melingkar mengelilingi mulut.
saluran radial merupakan cabang saluran cincin yang menuju ke setiap lengan.
saluran lateral merupakan percabangan dari saluran radial yang berakhir pada ampula dan kaki ambulakral.
ampula merupakan kantong berdinding elastis yang terletak di permukaan dorsal.
kaki ambulkaral (kaki tabung) merupakan tabung berdinding elastis yang terletak di permukaan ventral. Bintang laut bergerak dengan kaki ambulakral dan bernapas dengan papula dan kaki ambulakral. Pergerakan terjadi pada saat air masuk ke sistem pembuluh air melalui madreporit, mengalir melalui saluran batu, saluran cincin, saluran radial, saluran lateral dan pada akhirnya sampai ke ampula. Sesampai air di ampula akan menyebabkan dinding ampula berkontraksi, sehingga air terdorong cukup kuat ke kaki tabung. Hal ini menyebabkan kaki tabung memanjang dan menyentuh dasar, sehingga berkontraksi dan berakibat air akan mengalir kembali untuk keluar melalui madreporit. Sistem Reproduksi Berkembang biak secara kawin dengan kelamin yang terpisah. Kelenjar kelamin terdapat pada setiap lengan dengan pembuahan yang terjadi secara eksternal dalam air. Telur yang telah dibuahi akan berkembang menjadi larva bilateral simetri yang disebut 'bipinaria'. Setelah mengalami metamorfosis, dihasilkan bintang laut dewasa. Linckia laevigata, Culcita sp. Echinoidea bulu babi, landak laut dan dolar pasir. tidak mempunyai lengan.
tubuh berbentuk bulat setengah lingkaran dengan duri yang tumbuh di seluruh permukaan tubuh.
duri-duri tersusun atas kalsium karbonat yang tumbuh pada tuberkel.
duri-duri mudah patah dan dapat digerakkan oleh tuberkel dan otot yang melekat padanya. mulut terdapat pada permukaan ventral yang menghadap ke objek dikelilingi gigi kuat yang ditunjang rangka yang kompleks dan lima buah kantong insang yang keluar dari bagian peristonium.
terdapat sphaeridia yang merupakan organ tangkai panjang di dekat mulut.
saluran pencernaan berkembang baik.
saluran bagian dalam melingkar mengelilingi bagian dalam tubuhnya. Echinoidea berkembang biak secara generatif dan berkelamin terpisah. Pembuahan berlangsung secara eksternal. Larva mempunyai lengan panjang bersilia yang disebut pluteus. Setelah mengalami metamorfosis akan berubah menjadi Echinoidea muda. bulu babi gerip (Heterocentrotus mammillatus
bulu babi jarum (Diadema setosum) bulu babi (Tripneustes gratilla)
dolar pasir (Dendraster sp.) Ophiuroidea
(Bintang Ular Laut) dilengkapi lima buah lengan atau kelipatannya yang bersifat fleksibel dan mudah putus.
mempunyai daya regenerasi yang tinggi.
terdapat selom yang berukuran kecil, pembuluh darah, tali-tali saraf dan cabang sistem pembuluh air pada setiap lengan.
kaki tabung terletak ventrolateral (tanpa dilengkapi ampula) dan berfungsi untuk membantu meneruskan makanan ke mulut, alat respirasi dan alat sensori. tidak mempunyai kaki ambulakral dan pediselaria.
Lengan bersegmen-segmen dan tiap segmen berisikan dua buah osikel yang bergabung dan ditutup oleh empat buah lempengan spinelet.
seluruh bagian dalam diisi oleh osikel berbentuk silindris. alat reproduksi dan alat pencernaan terdapat di dalam lempengan utama atau cakram. mulut terletak di tengah cakram, dikelilingi oleh lima buah keping yang dapat berfungsi sebagai rahang. pergerakan terjadi dengan menggunakan lengan dan lebih cepat dibandingkan Echinodermata lainnya. Holothuroidea
(Teripang) bertubuh lunak dan berbentuk bulat panjang, terlindung oleh lapisan lunak yang tersusun atas osikel yang sangat halus dan tidak mempunyai lengan.
terdapat mulut yang dikelilingi sepuluh sampai tiga puluh buah tentakel.
tentakel berfungsi seperti kaki tabung bagian oral Echinodermata lainnya. Reproduksi Struktur Tubuh Sistem Pencernaan Terdiri atas esofagus, lam-bung, usus yang cukup pan-jang dan berakhir pada usus di kloaka. Zat makanan hasil pencernaan diserap oleh usus dan diedarkan oleh sel-sel amoebosit yang terdapat pada cairan tubuhnya. Sistem Pembuluh Air terdiri atas madreporit, saluran cincin yang mengelilingi esofagus dan saluran radial yang berhu-bungan dengan bagian ampula sepanjang lapisan otot. Sistem Reproduksi Berkembang biak secara kawin dan berkelamin terpisah. Gonda berbentuk seperti sikat yang dilengkapi saluran-saluran halus yang dihubungkan dengan saluran kelamin yang terletak dengan tentakel. Pembuahan terjadi secara eksternal di mana telur yang telah dibuahi akan menjadi larva yang disebut aurikularia setelah menetas. mentimun laut (Thyone briareus)
teripang pandan (Theenota ananas)
teripang dongnga (Stichopu ssp) Crinoidea Ciri-Ciri kelas yang paling primitif.
tubuh menyerupai tumbu-han.
berhabitat mulai dari da-erah pasang surut hingga kedalaman 12.000 kaki.
ada yang hidup bebas dan ada yang hidup bertangkai. Antedon tenella Struktur Tubuh tubuh berukuran kecil seperti piala.
tersusun atas lempengan-lempengan kapur.
menempel lima buah lengan atau kelipatannya yang fleksibel seperti bulu yang disebut pinula.
tubuh dengan pinula disebut mahkota.
permukaan oral setiap lengan mempunyai celah ambulakral yang terbuka, dibatasi oleh silia dan kaki tabung yang menyerupai tentakel.
mulut dikelilingi oleh tentakel halus yang disebut sirri.
biasanya terdapat tabung anus yang berbentuk kerucut pada mulut.
tidak memiliki madeporit. Sistem Saraf terdiri atas cincin saraf yang mengelilingi daerah mulut dan tali-tali saraf yang menuju ke setiap lengan. Sistem Reproduksi Perkembangbiakan terjadi secara seksual dan pembuahan terjadi secara eksternal. Telur yang telah dibuahi ada yang langsung dilepaskan ke air, ada yang tetap menempel pada bagian pinula hingga menetas. Larva tidak mempunyai mulut. Beberapa hari kemudian, akan menempel menggunakan ujung anteriornya. Selanjutnya, tumbuh batang cakram dan lengan. lili laut Peranan Echinodermata Teripang dapat diolah menjadi kerupuk teripang yang memiliki nilai ekonomis. Sebagian besar Echinodermata juga adalah pemakan bangkai yang mempunyai peranan penting dalam membantu kebersihan air laut dan pantai. Echinodermata juga dapat merugikan karena merupakan pemakan tiram atau kerang mutiara dan binatang karang. Liniki - X2 - 24
Full transcript