Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

"Hidup Nyaman dengan Kejujuran"

No description
by

Farah Shabrina Putri

on 4 September 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of "Hidup Nyaman dengan Kejujuran"

Pendahuluan
Kejujuran adalah salah satu landasan terpenting dalam hidup kita demi mencapai suatu kesuksesan. Karena termasuk dalam akhlaqul mahmudah, maka sejak kecil tentu kita telah diajarkan apa itu kejujuran, bagaimana cara menanamkan kejujuran dalam diri kita dan bagaimana kita harus menerapkannya dalam kehidupan sehari – hari.
Namun nyatanya, sering kali kita mengabaikan betapa pentingnya kejujuran. ingatkah kalian sudah berapa kali kalian melakukan kebohongan pada hari ini? Naudzubillahi min dzalik.. Agar kita tidak termasuk dalam orang – orang yang merugi, mari kita lebih pahami betapa pentingnya menerapkan kejujuran dalam kehidupan kita sehari – hari..

Pengertian Jujur
Jujur adalah salah satu akhlaq terpuji. Jujur dalam Bahasa Arab berarti benar (siddiq). Benar disini yaitu benar dalam berkata dan benar dalam perbuatan. Jujur berarti bersikap apa adanya. Tidak dicampuri dengan kebohongan-kebohongan. Orang yang berbuat jujur berarti orang yang perkataannya benar. Orang yang berbuat jujur perbuatannya selalu lurus. Dia tidak mau berbicara bohong. Dia selalu berkata benar. Apa yang salah dikatakan salah. Dan apa yang benar dikatakan benar. Tidak ditambah dan tidak dikurangi.
Dalil Kejujuran
Surat At - Taubah ayat 119
Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar"
Hadits Riwayat Bukhari Muslim
“Dari Ibnu Mas’ud ra: Nabi saw. bersabda : Sesungguhnya kejujuran itu membawa kepada kebaikan. Dan kebaikan itu membawa ke surga. Seseorang tiada henti-hentinya berkata, berlaku jujur dan mengusahakan sungguh-sungguh akan kebenaran, sehingga dia dicatat disisi Allah sebagai orang yang jujur. (HR. Bukhari Muslim)”
Hikmah Berperilaku Jujur
Selalu dipercaya orang lain
Disayang oleh Allah
Disayang orang tua
Mempunyai banyak teman
Jujur membawa kita untuk berbuat kebaikan.
Berbuat kebaikan akan mendatangkan pahala dari Allah.

Manfaat Perilaku Jujur
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari tak merasa di bebani. Maksudnya bila kita jujur tentunya tidak ada kebohongan yang harus di tutup-tutupi.
Timbul rasa percaya diri pada diri sendiri. Merasa optimis mampu melakukan sesuatunya tanpa ada rasa ragu dalam benak dengan dasar-dasar yang kuat walaupun hasil yang tidak memuaskan.

Manfaat Perilaku Jujur
Bersikap jujur dalam kehidupan masyarakat tentunya akan banyak membawa dampak positif. Misal saja jika kita jujur dalam hal pemilu pasti akan tidak ada lagi yang suap menyuap.
Kejujuran membawa pelakunya bersikap berani, karena ia kokoh tidak lentur, dan karena ia berpegang teguh tidak ragu-ragu.

Penutupan
Demikian materi yang dapat kami sampaikan, tentunya materi ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, kami berharap mendapatkan kritik atau masukan – masukan yang membangun demi kesempurnaan di penulisan materi - materi berikutnya. Semoga materi ini dapat bermanfaat, akhir kata, wassalamu‘alaikum warah matullahi wa barakatuh.

Penutupan
Demikian materi yang dapat kami sampaikan, tentunya materi ini masih jauh dari sempurna. Maka dari itu, kami berharap mendapatkan kritik atau masukan – masukan yang membangun demi kesempurnaan di penulisan materi - materi berikutnya. Semoga materi ini dapat bermanfaat, akhir kata, wassalamu‘alaikum warah matullahi wa barakatuh.

GOAL!
Bismillahirrahmanirrahiim..
"Hidup Nyaman dengan Kejujuran"
Dalil Kejujuran
Al - Maidah ayat 119
Artinya: Allah berfirman, "Inilah saat orang yang benar memperoleh manfaat dari kebenarannya. Mereka memperoleh surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Allah ridha kepada mereka dan mereka pun ridha kepada-Nya. Itulah kemenangan yang agung."
Macam - Macam Kejujuran
Jujur dalam niat dan kemauan
segala sesuatu dilandasi motivasi dalam kerangka hnaya mengharap ridha Allah swt.Nilai sebuah amal di hadapan Allah swt.sangat ditentukan oleh niat atau motivasi seseorang.

Jujur dalam perkataan
“Jaminlah kepadaku enam perkara dari dirt kalian, niscaya aku men-jamin bagi kalian surga: jujurlah jika berbicara, pemihilah jika berjanji, tunaikan jika dipercaya, jagalah kemahian kalian, tiinduk-kanlah pandangan, dan tahanlah tangan kalian” (HR. Ahmad)

Jujur ketika berjanji
“Ciri-ciri orang munafik ada tiga, yaitu: jika berkata ia dusta, jika berjanji, ia ingkar, dan jika diper¬caya, ia berkhianat” (HR. Bukhari Muslim)
Macam - Macam Kejujuran
Jujur dalam bermu'amalah
Seorang muslim tidak pernah menipu, memalsu, dan berkhianat sekalipun terhadap non muslim. Ketika ia menjual tidak akan me-ngurangj takaran dan timbangan. Pada saat membeli tidak akan memperberat timbangan dan menambah takaran.

Jujur dalam berpenampilan sesuai kenyataan
“Seorang perempuan bertanya, : Ya Rasulullah, aku mempunyai kebutuhan. Maka apakah aku berdosa jika aku berpura-pura telah dicukupi kebutuhanku oleh suamiku dengan apa yang tidak diberikan kepadaku? Rasul bersabda : orang yang berpura-pura tercukupi dengan apa yang tidak diterimanya sama dengan orang yang memakai dua pakaian palsu” (HR Bukhari)
Kesimpulan dan Saran
Kesimpulan
Kejujuran merupakan sifat yang tertanam pada diri manusia yang pada dasarnya kemauan pada diri manusia itu sendiri dengan membiasakan diri dan rasa kepercayaan diri yang kuat akan cenderung berdampak positif dari pada negative. Jika menerapkan sikap jujur, secara tidak langsung kita telah melatih kemampuan kita.Sampai dimana kemampuan kita? Itu pernyataan yang akan timbul dan terjawab sendiri dengan hasil yang di peroleh.

Saran
1. Mulailah bersikap jujur dari sekarang.
2. Selalu bersikap jujurlah walau itu pahit. Karena dengan tidak jujur, masalah tidak akan selesai. Justru akan menambah masalah pada kita.
3. Ingatlah bahwa Allah selalu tahu, walaupun hal itu tak tampak


Full transcript