Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Untitled Prezi

No description
by

Deasy Lubis

on 7 July 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Untitled Prezi

TUJUAN PENELITIAN
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup (lifestyle) terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain.
Untuk mengertahui seberapa besar pengaruh efek komunitas terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain.
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh fitur produk terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain.
Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh gaya hidup (lifestyle), efek komunitas dan kelengkapan fitur terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain.

KERANGKA TEORI
DEFENISI KONSEP
DEFENISI OPERASIONAL
Pengaruh Gaya Hidup (Lifestyle), Efek Komunitas, dan Fitur Produk Terhadap Keputusan Perpindahan Merek (Brand Switching) dari Smarthphone Blackberry ke Merek Lain pada Mahasiswa FISIP UNDIP
METODE PENELITIAN
By : Deasy Purnama Sari
Latar Belakang Masalah
RUMUSAN MASALAH
Apakah terdapat pengaruh gaya hidup (lifestyle) terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain?

Apakah terdapat pengaruh efek komunitas terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain?

Apakah terdapat pengaruh fitur produk terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain?

Apakah terdapat pengaruh gaya hidup (lifestyle), efek komunitas dan fitur produk terhadap perpidahan merek (brand switching) handphone Blackberry ke handphone merek lain?


KEBUTUHAN AKAN TEKNOLOGI INFORMASI
Teknologi komunikasi saat ini tidak hanya menjadi kebutuhan dari
masyarakat umum saja, melainkan menjadi lading bisnis yang sangat
prospektif dikalangan pebisnis ataupun seseorang yang memulai
suatu bisnis.

Kebutuhan akan informasi adalah faktor utama yang mendorong
perkembangan teknologi telekomunikasi, khususnya telekomunikasi
seluler. Orientasi penggunaan ponsel (telepon seluler) kini telah
berkembang mulai dari sekedar alat untuk berbicara dengan
orang lain, hingga menjadi sarana untuk mencari berita,
mengirim surat, mendengarkan lagu, dan bahkan berbelanja,
dengan cepatnya pertumbuhan berbagai mobile application
(m-application)

ANGGAPAN MASYARAKAT AKAN PENTINGNYA HANDPHONE
Telepon genggam (handphone) atau telepon selular saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle) masyarakat dimana kepemilikannya tidak hanya didasarkan pada fungsi utama handphone sebagai alat komunikasi, tetapi fitur tambahan, serta desain produk juga menjadi dasar pertimbangan dalam memutuskan memilih jenis atau merek produk. Masyarakat beranggapan bahwa handphone yang dimiliknya menggambarkan status sosial pemiliknya. Banyak Memiliki handphone yang baru dan mahal menunjukkan status ekonomi yang mapan dan kemampuan seseorang dalam mengikuti trend.



Telepon genggam (handphone) atau telepon selular saat ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup (lifestyle) masyarakat dimana kepemilikannya tidak hanya didasarkan pada fungsi utama handphone sebagai alat komunikasi, tetapi fitur tambahan, serta desain produk juga menjadi dasar pertimbangan dalam memutuskan memilih jenis atau merek produk. Masyarakat beranggapan bahwa handphone yang dimiliknya menggambarkan status sosial pemiliknya. Banyak Memiliki handphone yang baru dan mahal menunjukkan status ekonomi yang mapan dan kemampuan seseorang dalam mengikuti trend.

Wordwide Converged Mobile Device Operating System Market Sahare and 2010-2012 Growth

GAYA HIDUP (LIFESTYLE)
Kotler (1997:192) gaya hidup adalah pola seorang di dunia yang diekspresikan dalam aktivitas, minat dan opininya. Gaya hidup menggambarkan
“keseluruhan diri seseorang”
yang berinteraksi dengan lingkungannya

Menurut John C. Mowen dan Michael Minor (2003), gaya hidup merupakan:
Aktivitas adalah meminta kepada konsumen untuk mengidentifikasikan apa yang mereka lakukan, apa yang mereka beli, dan bagaimana mereka menghabiskan waktu mereka
Interest (minat) adalah memfokuskan pada preferensi dan prioritas konsumen
Opini adalah menyelidiki pandangan dan pendapat mengenai topik-topik peristiwa dunia, lokal, moral ekonomi, dan sosial


Klasifikasi gaya hidup (lifestyle)

Outer directed
Gaya hidup konsumen yang jika dalam membeli suatu produk harus sesuai dengan nilai-nilai dan norma-norma tradisional yang terbentuk. Motivasi pembelian dipengaruhi oleh bagaimana pandangan dan fikiran orang lain atas pembelian itu.
Inner directed
Gaya hidup yang membeli suatu produk untuk memenuhi keinginan dari dalam dirinya untuk memiliki sesuatu, dan tidak terlalu memikirkan norma-norma budaya yang berkembang. Konsumen kelompok ini berusaha keras untuk mengekspresikan dirinya.
Need driven
Konsumen yang membeli sesuatu didasarkan atas kebutuhan dan bukan keinginan berbagai pilihan yang tersedia. Mereka merupakan kelompok konsumen yang mempunyai pendapatan terbatas.



EFEK KOMUNITAS
Efek komunitas adalah pengaruh sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Hermawan Kertajaya, 2010)



FITUR PRODUK
Fitur produk adalah apa yang dinyatakan pelanggan mengenai perincian produk seperti keistimewaan, desai, dan kualitas (Usmara, 2003:120)

Fasilitas atau fitur dari smartphone sendiri adalah karakteristik dari produk telepon seluler itu sendiri. Telepon seluler yang beredar saat ini selain sebagai alat komunikasi juga berfungsi sebagai alat untuk mengakses data, mengirim data, juga sebagai sarana hiburan



Kategori Ponsel

Ponsel Bisnis. 
Ponsel Jenis ini ditujukan untuk anda yang menginginkan perangkat bisnis dalam genggaman anda, biasanya ponsel yang telah memiliki kemampuan ini tergolong ponsel pintar "smartphone”

Ponsel Hiburan 
Ponsel Jenis ini merupakan ponsel berjenis multimedia, dimana semua aktivitas yang berhubungan dengan musik, seni, foto, sosial dan lainnya dapat anda atasi dengan sebuah ponsel.

Ponsel Fashion.
 
Ponsel jenis ini lebih banyak mengandalkan tampilannya, dan dapat membuat pemiliknya sangat puas meskipun dengan fitur yang terkesan "seadanya". Tetapi dibalik itu semua, sebuah Ponsel Fashion dapat berharga berkali kali lipat dari harga ponsel tercanggih.

Ponsel Standar. 
Ponsel jenis ini diperuntukan untuk anda yang menginginkan ponsel yang simpel, fitur yang disematkan dalam ponsel ini merupakan fitur inti, tanpa teknologi baru yang disematkan.


BRAND SWITHING
Brand switching adalah perpindahan merek yang dilakukan oleh pelanggan untuk setiap waktu penggunaan, tingkat brand switching ini juga menunjukkan sejauh mana sebuah merek memiliki pelanggan yang loyal (Sumarketer, Senior Business Analyst, MarkPlus & Co)


Pembagian pada Brand Switching

Divided loyalty (kesetiaan yang terbagi)
Artinya seseorang mengalami perpindahan karena kesetiaan terbagi dengan yang lain
Occational Switch (perpindahan sekali-kali)
Perpindahan yang dilakukan karena mengalami kejenuhan tetapi akhirnya akan kembali ke merek semula atau perpindahan hanya untuk selingan
Ustable loyalty
Perpindahan merek yang dilakukan karena seseorang mempunyai kesetiaan yang tidak stabil
No loyalty (ketidaksetiaan)
Perpindahan yang disebabkan karena adanya sikap ketidaksetiaan terhadap suatu merek


Defenisi Konsep Efek Komunitas
Efek komunitas adalah pengaruh sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Hermawan Kertajaya, 2010)

Defenisi Operasional Efek Komunitas
Efek komunitas mempengaruhi sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya.
Indikator :
Rekomendasi teman
Pergaulan
Bujukan teman

Defenisi Konsep Gaya Hidup (Lifestyle)
Gaya hidup menurut (Engel, Blackwell dan Miniard, 1995) didefinisikan sebagai pola di mana orang hidup dan menggunakan uang dan waktunya (pattern in which people live and spend time and money)

Defensi Operasional Gaya Hidup (Lifestyle)
Gaya hidup adalah konsep yang lebih baru dan lebih mudah terukur dibandingkan dibandingkan dengan kepribadian

Indikator :
Trend yang selalu di ikuti para konsumen
Gengsi
Aktivitas
Opini
Minat




Defenisi Konsep Fitur Produk
Fitur menurut Kotler (1997) diartikan sebagai karakteristik yang mempengaruhi fungsi dasar produk

Defenisi Operasional Fitur Produk
Fitur produk merupakan karakteristik yang mempengaruhi fungsi dasar produk.

Indikator :
Kelengkapan aplikasi
Kemudahan dalam mengakses
Jenis aplikasi yang terdapat didalam smarthphone

Defenisi Konsep Brand Switching
Brand switching merupakan bagian postpurchase yaitu beralighnya konsumen dari suatu merek produk yang digunakan dalam suatu waktu penggunaan (www.swa.co.id)

Defenisi Operasional Brand Switching
Perilaku perpindahan merek yangdilakukan oleh konsumen karena alasanalasan tertentu atau dapat diartikan juga sebagai kerentanan konsumen untuk berpindah ke merek lain
Indikator :
Keinginan berpindah ke merek smartphone lainnya
Ketidakbersediaan menggunakan ulang layanan
Ketidakpuasan dalam layanan yang disediakan




TIPE PENELITIAN

Penelitian ini menggunakan tipe explanatory research atau tipe penelitian penjelasan yaitu penelitian yang berusaha untuk menjelaskan pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat, di samping itu untuk menguji hipotesis yang diajukan

POPULASI DAN SAMPEL

Populasi :
Pada penelitian populasi yang diambil adalah mahasiswa FISIP UNDIP yang melakukan perpindahan merek dari smarthphone blackberry ke merek lain selama 6 bulan terakhir
Sampel :
100 sampel dipilih secara insidental
JENIS DAN SUMBER DATA

Jenis Data :
Menggunakan jenis data kuantitatif

Sumber Data :
Menggunakan sumber data primer dan sekunder

SKALA PENGUMPULAN DAN TEKNIK PENGAMBILAN SAMPEL

Skala pengukuran dalam penelitian ini adalah
skala LIKERT
dimana skala likert digunakan untuk mengukur sikap, pendapat seseorang atau sekelompok orang tentang fenomena sosial

Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah teknik
Nonprobability Sampling
dengan menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian

TEKNIK ANALISIS

Analisis kuantittatif adalah metode yang digunakan untuk menganalisis pengaruh variabel yaitu gaya hidup (lifestyle), efek komunitas, dan fitur produk terhadap keputusan perpindahan merek (Brand Switching).
Alat analisis yang digunakan adalah :
Uji Validitas
Uji Reliabilitas
Uji Analisis Regresi
Uji Determinasi
Analisis Regresi Liner Berganda
Uji Signifikasi

SELESAI :)
HIPOTESIS DAN KERANGKA BERFIKIR
H1 : Gaya hidup (Lifestyle) berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching)

H2 : Efek komunitas berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching)

H3 :Fitur produk berpengaruh positif terhadap keputusan perpindahan merek (brand switching)
Full transcript