Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Ekonomi Wilayah dan KOta

Kelompok 7A
by

vina indah

on 4 January 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Ekonomi Wilayah dan KOta

Analisis Agregat dalam menentukan Sektor Ekonomi Unggulan
Kabupaten Pekalongan Created By Kelompok 7

Restu Sita Harsiwi 21040111120001
Vina Indah Apriani 21040111120009
Mustanir Afif 21040111120011
Retno Sari Dewi 21040111120019
Latifah 21040111130089 Identifikasi Perekonomian Kabupaten Pekalongan dan Jawa Tengah Gambaran Umum
Kabupaten Pekalongan Analisis Agregat
* LQ
* Shift Share
* Sektor Ekonomi Unggulan Kesimpulan dan Rekomendasi Outline Gambaran Umum Kabupaten Pekalongan Kabupeten Pekalongan terletak di Provinsi Jawa Tengah dengan luas sebesar 836.13 km2 , terdiri dari 19 kecamatan dan 285 desa, serta letak geografis antara 60-70 23’ LS dan antara 1090 -1090 78’ BT. Batas-batas Kabupaten Pekalongan yaitu:
Utara : Pantai Utara Laut Jawa dan Kota Pekalongan
Selatan : Kabupaten Banjarnegara
Barat : Kabupaten Pemalang
Timur : Kabupaten Batang dan Kota Pekalongan Identifikasi Perekonomian Analisis Location Quotient Kabupaten Pekalongan dan Jawa Tengah Analisis Shift Share KPP KPPW KPP, KPPW dan Pergeseran bersih Kabupaten Pekalongan *Menurut perhitungan KPP, sektor di Kabupetn Pekalongan dengan pertumbuhan cepat adalah sektor petambangan dan penggalian; industry pengolahan; listrik, gas dan air Bersih; bangunan; perdagangan, restoran dan hotel; pengangkutan dan komunikasi serta keuangan, persewaan dan jasa perusahaan. Sedangkan sektor yang pertumbuhannya lambat adalah sektor pertanian dan jasa-jasa.

*Berdasarkan hasil interpretasi dari nilai KPPW, sektor yang memiliki daya saing baik dengan kabupaten lain ataupun provinsi lain adalah sector pertanian; listrik, gas dan air bersih; bangunan dan sector jasa-jasa. Sedangkan sektor lainnya tidak memiliki daya saing.

*Sektor yang bergerak maju atau progresif adalah sektor listrik, gas dan air Bersih; Bangunan dan jasa-jasa, sedangkan sektor lainnya bergerak mundur. Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Analisis Sektor Ekonomi Unggulan Tiga Prioritas Kecamatan Untuk Sektor Jasa Tiga Prioritas Sektor Jasa Tiga Prioritas Sektor Jasa Tiga Prioritas Kecamatan Untuk Sektor Listrik, Gas dan Air Bersih Tiga Prioritas Kecamatan Untuk Sektor Bangunan Tiga Prioritas Kecamatan Untuk Sektor Bangunan Tiga Prioritas Kecamatan untuk
Sektor Keuangan dan Jasa Perusahaan Kesimpulan TERIMA KASIH Berdasarkan hasil perhitungan LQ dan Shift Share, maka sektor perekonomian di Kabupaten Pekalongan terbagi 3, yaitu

1. Sektor unggulan, yaitu meliputi listrik, gas dan air Bersih, bangunan dan jasa-jasa. Ketiga sektor yang menjadi sektor unggulan ini, dapat menjadi prioritas. Urutan Prioritas berdasarkan nilai LQ yang paling tinggi.

2. Sektor Potensial, yaitu meliputi pertanian, keuangan, persewaan dan jasa perusahaan. Sektor potensial ini dapat dijadikan sektor prioritas dengan syarat sektornya merupakan sektor basis

3. Sektor Terbelakang, yaitu meliputi sektor pertambangan dan penggalian, industri pengolahan, peragangan restoran dan hotel, pengangkutan dan komunikasi. Keempat sektor yang menjadi sektor terbelakang ini merupakan sektor non basis. Tiga Prioritas Kecamatan Untuk Sektor Pertanian Rekomendasi Untuk Pemerintah Dalam rangka mendorong peningkatan ekonomi diperlukan startegi-strategi pemerintah untuk mendorong pengembangan sektor ekonomi unggulan di Kabupaten Pekalongan untuk menciptakan iklim investasi yang kondusif melalui peraturan peraturan seperti rencana tata ruang wilayah yang mendukung peluang investasi. Strategi selanjutnya yang dapat dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan pengembangan ekonomi wilayah adalah dengan pemberian insentif seperti;

a. Keterbukaan dan kemudahan mendapatkan informasi

b. Kemudahan perijinan

c. Perpajakan dan retribusi yang tepat dan jelas

d. Harga tanah yang masuk akal

e. Penyediaan prasarana lingkungan dan pekerjaan umum

f. Penyediaan sumber energi

g. Penyediaan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informasi

h. Memberdayakan peranan pihak swasta dan mendorong adanya inovasi Rekomendasi untuk Developer Pengembangan ekonomi wilayah juga dapat dilakukan dengan menciptakan kompetisi dan pesaingan internal. Peran swasta dalam pengembangan ekonomi dapat dilakukan dengan cara :

Melakukan inovasi, membangun merek baru, dan menciptakan banyak pilihan bagi masyarakat (pelibatan masyarakat dalam pengembangan wilayah ini)

Membangun jaringan kerjasama untuk mengembangankan iklim usaha dan investasi

Pengadaan dan perbaikan infrastruktur pendukung kegiatan ekonomi

Peningkatan kualitas sumberdaya manusia yang terlibat melalui kegiatan kerjasama program pelatihan Rekomendasi Untuk Masyarakat Peran masyarakat dalam mengembangkan sektor ekonomi unggulan khusunya sektor bangunan dan jasa di Kabupaten Pekalongan adalah dengan cara menciptakan usaha-usaha kecil menengah baru.
Full transcript