Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Kelompok Sejarahers:

No description
by

Ricky Septiandy

on 10 August 2015

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Kelompok Sejarahers:

TUGAS SEJARAH INDONESIA
3. Jelaskan, mengapa sebagian pasukan KNIL tidak mau bergabung kedalam APRIS sesuai dengan keputusan yang diambil dalam perundingan KMB !
4. Tuliskan pendapat kamu mengenai persamaan atau perbedaan antara latar belakang terjadinya aneka pemberontakan pada periode 1948 - 1965, dengan beberapa konflik pusat - daerah pada masa sekarang !
Latar belakang pemberontakan biasanya diawali dari ketidakpuasan masyarakat atas kebijakan pemerintah yang dirasa kurang adil. Oleh karena itu, kami berharap kepada pemerintah agar lebih memperhatikan daerah-daerah terlebih daerah-daerah yang terabaikan sehingga kedepannya tidak ada lagi pemberontakan terhadap pemerintahan karena nyawa rakyat indonesia lebih berharga daripada intrik-intrik politik yang hanya menguntungkan sebagian orang yang berkuasa.
1. Tuliskan contoh konflik di indonesia yang berkait dengan vested interest, yang terjadi antara tahun 1948-1965. jelaskan !
Pemberontakan APRA, RMS dan Andi Aziz.Vested Interest merupakankepentingan yang tertanam dengan kuat pada suatu kelompok. Kelompok ini biasanya berusaha untuk mengontrol suatu sistem sosial atau kegiatan untuk keuntungan sendiri. Mereka juga sukar untuk mau melepas posisi atau kedudukannya sehingga sering menghalangi suatu proses perubahan.
2. JELASKAN PERBEDAAN LATAR BELAKANG TERJADINYA PEMBERONTAKAN DI/TII DI JAWA BARAT DENGAN DI/TII ACEH !
DI ACEH
Penyebab timbulnya pemberontakaan DI/TII Aceh adalah ketidakpuasan Daud Beureuh terhadap kebijakan pemerintah RI yang memasukan Aceh di bawah Karesidenan Sumatera Utara.
DI JAWA BARAT
Kekecewaan Kartosuwiryo terhadap isi Perjanjian Renville yang mengharuskan wilayah Jawa Barat dikosongkan oleh tentara RI. Adanya kekosongan kekuasaan militer di Jawa Barat (Divisi Siliwangi) kemudian dimanfaatkan Kartosuwiryo untuk memproklamasikan berdirinya Negara Islam Indonesia (NII). Perjuangan Kartosuwiryo bermula dari upaya gagasannya ingin menggunakan islam sebagai dasar negara. Hal ini sesuai dengan piagam Jakarta (jakarta Charter) yang dihasilkan oleh panitia sembila pada sidang tanggal 22 juli 1945.
Kelompok Sejarahers:
1. Ricky Septiandy P.H.
2. Annisa Putri Ayudhitama
3. Fany Dwi Kristanti
Soal Latihan Uji Kompetensi hal 29 no. 1 - 5
Baik APRA, RMS dan peristiwa Andi Aziz, semuanya berhubungan dengan keberadaan pasukan KNIL atau Tentara Kerajaan (di) Hindia Belanda, yang tidak mau menerima kedatangan tentara Indonesia di wilayah-wilayah yang sebelumnya mereka kuasai. Dalam situasi seperti ini, konflik pun terjadi.
5. Tuliskan 5 hikmah yang bisa diambil dari pergolakan yang pernah terjadi di indonesia pada periode 1948 - 1965 !
Hikmah: 1. Membentuk tentara indonesia yang lebih profesional, 2. Kesadaran terhadap pentingnya integrasi .bangsa bangsa. 3. Keteladanan tokoh-tokoh yang yangberperan dalam mempertahankan keuntungan bangsa dalam menghadapi menghadapiancaman disentegrasi bangsa . 4. Memberikan pelajaran dan inspirasi bagaimana kita menghadapi berbagai potensi disintegrasi bangsa pada masa kini dan masa yang akan datang 5. Membuat para pemuda semakin percaya diri akan berbagai hal.
SEKIAN DAN TERIMA KASIH
THANKS FOR YOUR ATTENTION
advertising
Full transcript