Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

TRANSMISI dan PENYIMPANAN DATA DIGITAL

No description
by

Hafiz Fadhilah

on 4 February 2016

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of TRANSMISI dan PENYIMPANAN DATA DIGITAL

PERBEDAAN TEKNOLOGI ANALOG dan TEKNOLOGI DIGITAL
Perbedaan utama teknologi analog dan digital terletak pada saluran penyampai pesannya. Jika teknologi analog menggunakan gelombang, maka dalam teknologi digital, media yang digunakan adalah sinyal elektrik komputer.Sinyal ini mengubah data yang ingin disampaikan oleh komunikator menjadi angka-angka biner yang kemudian akan dikonversi menjadi data kembali saat mencapai komunikan.
TRANSMISI DATA
Suatu data dalam penyebarannya tentu akan memunculkan pengirim (transmitter) dan penerima (receiver). Data bisa disebarkan dari pengirim ke penerima menggunakan suatu media transmisi.
PENYIMPANAN DATA DIGITAL
Media penyimpan data adalah kemampuan dari sebuah benda yang memungkinkan data tersimpan dalam jumlah banyak.
PENYIMPANAN DIGITAL
SEJARAH PHONE CELL
PRINSIP KERJA PHONE CELL
Ponsel bekerja dengan menggunakan sinyal yang dipancarkan dari sebuah pemancar (BTS) dengan frekuensi tertentu.
Kode pada phone cell
Electronic Serial Number (ESN), suatu nomor 32-bit yang unik diprogramkan kedalam telepon saat dibuat.
Mobile Identification Number (MIN), 10 digit nomor dari nomor telepon.
System Identification Code (SID), 5 digit nomor yang dikeluarkan oleh badan resmi dunia yang menangani bidang telekomunikasi.
PRINSIP KERJA PHONE CELL
Frequency Division Multiple Access (FDMA)
FDMA digunakan sebagian besar untuk transmisi analog.
Time Division Multiple Access (TDMA)
TDMA beroperasi pada frekuensi 800 MHz – 1900 MHz. Dikenal juga dengan nama Global System for Communication Mobile (GSM), yang beroperasi pada 900-1800 MHz, penggunanya cukup menggunakan kartu SIM.
Code Division Multiple Access (CDMA)
Pada CDMA, data (suara) dari phone cell yang masuk ke dalam saluran frekuensi tersebut akan dipecah menjadi potongan kecil dan terpisah dalam bentuk paket data. Dibandingkan GSM, CDMA memiliki kekurangan dalam kelancaran komunikasi dimana suara tidak terdengar jelas, hanya dipasang di kota-kota besar, jaringannya kurang luas, tidak efisien untuk komunikasi jarak jauh (kota-pedesaan). Namun tarifnya lebih murah dibanding GSM.

PRINSIP KERJA PHONE CELL
Short Message Service & Multimedia Message Service
SMS dan MMS mempunya cara kerja yang sama, namun berbeda pada data yang dibawa. SMS mengirim text, sedangkan MMS dapat berupa suara, gambar ataupun movie.

Video Streaming
Video streaming merupakan layanan multimedia yang dapat diakses oleh pengguna phone cell dengan teknologi komunikasi data bergerak. Aplikasi ini merupakan gambaran tekonologi seluler yang dikenal dengan 2.5G. Merupakan layanan multimedia yang dapat diakses dengan teknologi data bergerak. Kini operator di beberapa negarasudah menyediakan layana generasi ketiga (3G) bahkan (4G), serta menambahkan jasa videophone, alat pembayaran, serta televisi online.

TERIMAKASIH
TRANSMISI DAN PENYIMPANAN DATA DIGITAL
M. HAFIZ FADHILAH
XII MIA 4

COPPER MEDIA
Copper media merupakan semua media transmisi data yang terbuat dari bahan tembaga.
Kabel Koaksial
Kabel koaksial adalah suatu jenis kabel yang menggunakan dua buah konduktor. Kabel ini banyak digunakan untuk mentransmisikan sinyal frekuensi tinggi mulai 300 kHz keatas.
Kabel ScTP
Kabel STP
Kelebihan
Lebih tahan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik.
Kekurangan
Mahal
Susah pada saat instalasi
Kabel UTP
Kelebihan
Murah.
Mudah di instalasi.
Kekurangan
Rentan terhadap interferensi gelombang elektromagnetik.
Jarak jangkauannya hanya 100m.

OPTICAL MEDIA
Serat optik adalah saluran transmisi yang terbuat dari kaca atau plastik yang digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain.

GUIDED MEDIA
Guided transmission media atau media transmisi terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem kabel.
UNGUIDED MEDIA
TRANSMISI DATA ANALOG
Transmisi analog adalah suatu upaya mentransmisi sinyal analog tanpa memperhatikan muatannya; sinyal-sinyalnya dapat mewakili data analog atau data digital. Untuk jarak yang jauh dipakai amplifier yang akan menambah kekuatan sinyal sehingga menghasilkan distorsi yang terbatas.

TRANSMISI DATA DIGITAL
Transmisi digital, berhubungan dengan muatan dari sinyal. Untuk mencapai jarak yang jauh dipakai repeater yang menghasilkan sinyal sebagai ‘1′ atau ‘0′ sehingga tidak terjadi distorsi.
PUNCH CARD
Punch card, kartu IBM, atau kartu Hollerith adalah selembar kertas kaku yang berisi baik perintah untuk mengendalikan mesin otomatis atau data untuk aplikasi pengolahan data. Kedua perintah dan data diwakili oleh ada atau tidak adanya lubang di posisi yang telah ditentukan.

PUNCH TAPE
Pertama kali dikenal menggunakan pita kertas pada tahun 1846 oleh Alexander Bain (penemu dari mesin fax dan pencetak telegraph elektrik). Setiap baris pada pita mewakili satu karakter, tetapi bila anda mudah membuat lipatan anda dapat menyimpan jauh lebih banyak data menggunakan punched tape dibandingkan dengan punch cards.
SELECTRON TUBE
Dikembangkan oleh RCA pada tahun 1946 yang merupakan awal mulanya era format memory komputer. Selectron Tube terbesar berukuran 10 inci yang dapat menyimpan 4096 bits atau setara 521 byte. Salah satu kegagalan dari Selectron Tube adalah harga satu buah tabung yang sangat mahal pada masa itu, sehingga umurnya tidak lama di pasaran.
MAGNETIC TAPE
Tahun 1951 Magnetic tape pertama digunakan oleh IBM untuk menyimpan data kedalamnya. Magnetic tape dapat menyimpan data 128 bits per inc.
COMPACT CASSETTE
Tape yang terbuat dari pita magnetik yang mampu merekan data dengan format suara sepanjang 90 menit.
COMPACT DISK
Piringan berwarna perak yang terbuat dari lapisan plastik dan dapat digunakan untuk penyimpanan data saat disinari oleh sinar laser.
HARD DRIVE
Hardware yang berbentuk lempengan magnetis dengan kemampuan menyimpan data sekunder dan sistem operasi dari sebuah komputer.
DISKET
Selembar plastik datar tipis dan berbentuk lingkaran yang terbungkus oleh penutup plastik.
LASER DISK
Media penyimpanan yang dikhususkan dalam penyimpanan video atau film dengan ukuran piringan 30 cm serta dapat menyimpan file pada kedua sisinya.
1. TEKNOLOGI SELULER
2. PROTOKOL KOMUNIKASI
Mengikuti perkembangan teknologi kini phone cell juga dilengkapi dengan berbagai pilihan fitur, seperti bisa menangkap siaran audio dan televisi, perangkat lunak pemutar audio (MP3) dan video, kamera digital, game, dan layanan internet.
3. APLIKASI PHONE CELL
4. FITUR PHONE CELL
TEKNOLOGI ANALOG
Kelebihan
Teknologi analog cenderung lebih awet.
Biayanya lebih murah.
Kekurangan
Tidak efisien.
Pengoperasiannya lambat.
TEKNOLOGI DIGITAL
Kelebihan
Dalam penggunaannya relatif lebih murah.
Kesalahan dapat diminimalisir.
Efisien dalam segi waktu.
Kekurangan
Rentan rusak.
Membuat kita malas dan mengurangi kreativitas.
Unguided transmission media atau media transmisi tidak terpandu merupakan jaringan yang menggunakan sistem gelombang.
DIGITAL VERSATILE DISC
Digital Video Disc (DVD) pada dasar dari Compact Disk yang menggunakan jenis teknologi laser yang berbeda. Panjang gelombang laser yang digunakan adalah 780 nm sinar infrared (standard CD menggunakan 635 nm – 650 nm sinar merah) dimana membuat DVD mampu menyimpan lebih banyak data dengan ruang atau ukuran yang sama. Dua buah layer DVD dapat menyimpan 8.5 GB data.
FLASH DRIVE
USB Flash Drive adalah sebuah media penyimpanan data flash yang memiliki alat penghubung USB (Universal Serial Bus) yang terintegrasi. Penemuan Flash Memory (NOR dan NAND) oleh Dr Fujio Masuoka tahun 1984 ketika sedang bekerja pada Toshiba sedangkan nama flash sendiri diberikan oleh koleganya yaitu Mr. Shoji Ariizumi.
MEMORY CARD
Sebuah alat penyimpanan data digital seperti gambar digital, berkas digital, suara digital dan video digital.
Telepon genggam pertama ditunjukkan oleh Dr Martin Cooper dari Motorola pada tahun 1973, menggunakan handset berat 2 kg (4.4 lb). Motorola merilis ponsel komersial pertama tersedia, DynaTAC 8000x pada tahun 1983. Pada tahun 1990 12,4 juta orang di seluruh dunia telah langganan selular. Pada akhir tahun 2009, kurang dari 20 tahun kemudian, jumlah pelanggan selular di seluruh dunia mencapai sekitar 4,6 miliar, 370 kali nomor 1990, menembus negara-negara berkembang.
Full transcript