Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERKEMBANGAN IPTEK PADA MASA PERANG DUNIA II DAN PERANG DING

No description
by

friska ika

on 16 March 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERKEMBANGAN IPTEK PADA MASA PERANG DUNIA II DAN PERANG DING

Sebab Terjadinya PD II
Sebab Umum
Akibat PD II
Perkembangan IPTEK pada Masa Perang dingin
Pengertian Perang Dingin
Peranan IPTEK dalam PD II
Inovasi IPTEK yang menonjol terjadi pada 1900-1945 yang ditandai dengan munculnya PD II yang diimplementasikan dalam wujud kepentingan perang. Dan salah satu teknologi yang dikembangkan adalah roket yang telah ditunjukkan oleh konstain Rusia (Tsiolkovsky) dan pakar Amerika (Robert H. Goddard).
Temuan spektakuler yang terjadi pada masa PD II adalah penggunaan atom sebagai senjata pemusnah massal.
Amerika adalah salah satu negara yang mengembangkan sebuah proyek atom dalamriset yang diberi nama "Project Manhattan" dan tempat tersebut dilaksanakan di tiga tempat Rahasia; Hanford, Los Alomos, dan Oak Rige. Proyek tersebut menghasilkan peledakan tiga bom nuklir yaitu: pertama; didekat Alamogordo (New Mexico), kedua; Bom Uranium "Little Boy" 6-8-1945 di Kota Hiroshima (Jepang), ketiga; Bom Plutonium "Fat man" 9-8-1945 di kota Nagasaki (Jepang).

PERKEMBANGAN IPTEK PADA MASA PERANG DUNIA II DAN PERANG DINGIN
Beberapa Penemuan Penting dan Peranannya bagi kehidupan
XII IPA 1
BAB 1 Semester 2
1. Pesawat terbang (Orville Wright (1871-1948) dan Willbur Wright (1867-1912))
2. Pesawat ruang angkasa
3. Kapal Selam (Cornellis Drebbel)
4. Senjata pemusnah massal
1. Kegagalan Liga Bangsa-Bangsa dalam Menjalankan tugasnya.
2. Munculnya politik aliansi.
3. Kekacauan dalam bidang ekonomi.
4. Munculnya paham ultranasionalisasi.
5. Jerman tidak lagi mengakui perjanjian versailles.
Sebab Khusus
Jerman menuntut kota Danzig (Polandia) karena penduduk kota Danzig adalah bangsa Jerman. Tetapi Polandia menolak untuk menyerahkannya. sehingga pada tanggal 1 Septembee 1939, Jerman menyerang Polandia dan meletuslah PD II.
Bidang Politik
1. Pengaruh AS semakin kuat karena AS banyak menyelamatkan negara-negara.
2. Pengaruh Uni Soviet makin luas.
3. Perebutan hegemoni antara AS ddengan US.
4. Berkembangnya politik aliansi.
5. Adanya politik memecah belah.
Bidang Ekonomi
1. Ekonomi dunia rusak kecuali AS.
2. Banyak lahan pertanian rusak dan industri lumpuh.
3. Amerika tampil sebagai pahlawan karena memberi bantuan ekonomi dan militer melalui Truman Doctrin, Marshall Plan dan Point Four Truman.
Bidang Sosial
1. Timbul kesengsaraan bagi umat manusia.
2. Banyak manusia kehilangan tempat tinggalnya.
3. Banyak orang mati dan cacat.
4. Berdirinya United Nations Relief Rehabilitation.
Bidang Kerohanian
Dampak PD II sangat luar biasa, banyak menimbulkan korban dan kerugian. Peristiwa ini mendorong umat manusia untuk menciptakan Badan dan Perdamaian Dunia menggantikan LBB. Usaha tersebut menghasilkan Piagam Atlantik yang menjadi dasar prndiriaan PBB.
Perbedaan ideologi antara Amerika Serikat (Liberal Kapitalis) dan Uni Soviet (Sosialis-Komunis) merupakan pemicu kedua negara tersebut terlibat persaingan dan konflik sehingga tercipta perang dingin.
Istilah perang dingin sering pula digunakan untuk melukiskan persaingan perebutan pengaruh atas negara-negara di seluruh dunia antara Blok Barat (AS) yang berhalauan liberal kapitalis dengan Blok Timur (US) yang berhalauan sosialis komunis.
Faktor-Faktor Penyebab Perang Dingin
1. Perbedaan faham
Paham demokrasi kapitalis yang dianut Amerika Serikat bertentangan dengan paham sosial-komunis Uni Soviet. Paham demokrasi-kapitalis mengagungkan kebebasan individu yang memungkinka kapitalis berkembang dengan subur. Sedangkan sosialis-komunis Uni Soviet berkeyakinan bahwa paham itu dapat lebih mempercepat kesejahteraan buruh maupun rakyatnya.
2. Keinginan untuk berkuasa
Amerika dan Uni Soviet yang tampil sebagai pemenang PD II mempunyai keinginan menguasai dunia dengan cara-cara baru.
Bentuk-Bentuk Perang Dingin
1. Bidang Politik
AS menggunakan faham demokrasi sebagai cara untuk mendapatkan pengaruh di negara lain terutama negara-negara berkembang, agar HAM dapat dijamin. Sedangkan unutk negara yang kalah perang seperti Jepang dan Jerman, selain paham demokrasi juga paham kapitalisme dikembangkan.
2. Bidang Ekonomi
Perebutan pengaruh antara Amerika dan Uni Soviet. Meliputi 3 hal, yaitu :
Negara-negara Eropa yang hancur ekonominya akibat PD II dibantu oleh AS melalui Marshall Plan. Sedangkan bantuan untuk negara-negara berkembang terutama Asia dan Afrika dalam bidang ekonomi dan militer dibantu sebuah badan yaitu SA (Mutual Security Act).
Upaya yang dilakukan Uni Soviet untuk mencari pengaruh dengan memberi bantuan ekonomi negara-negara Eropa Timur meui Molotov Plan. Program ini bertujuan untuk memasukkan negara-negara Eropa Timur menjadi blok Uni Soviet yang dikenal dengan blok Timur.
3. Bidang Militer
Perebutan pengaruh yang paling mencolok antara AS dengan US adalah dalam pakta pertahanan. Negara-negara barat membentuk North Atlantic Treaty Organization (NATO) pada tanggal 4 April 1949 sebagai organisi pertahanan.
Sementara itu US dengan negara-negara blok timur membentuk Pakta Warsawa (1955) dengan anggota-anggotanya; Polandia, Cekoslovakia, Bulgaria, Rumania, dan Jerman Timur.
Kitty Hawk
Pesawat Ruang Angkasa
Kapal Selam
Kebijakan IPTEk Pada Masa Perang Dingin
Tidak bisa dihindari, negara-negara yang baru merdeka berhasil diseret oleh negara adikuasa dalam perang ideologi. Sebagai akibatnya lahir perang bentuk peperangan baru yakni "Proxy War". Perang Proxy adalah perang antarnegara yang mewakili negara adikuasa dalam pertentangan ideologi. Contoh: perang Korea (Korea Utara & Korea Selatan), Perang Vietnam (Vietnam Utara & Vietnam Selatan) yang dibelakangnya terdapat negara adikuasa (AS & US).
Ciri perang dingin dalah perlombaan senjata. Sejalan dengan perkembangan iptek, perkembangan teknologi yang menghasilkan jenis senjata dengan kemampuan daya ledak yang besar sehingga korban yang dijangkau semakin luas.
Perkembangan Teknologi Persenjataan pada Masa Perang Dingin
Setelah Amerika Serikat sukses dalam proyek Manhattan yang menghasilkan bom atom pertaman yang digunakan untuk menghancurkan kota Hiroshima & Nagasaki, Uni Soviet tidak mau ketinggalan. Tanggal 29 Desember 1949 dilakukan ujicoba bom atom Uni Soviet yang diberi nama "Joe One". Bom ini mempunyai kekuatan yang sama dengan bom Amerika yang diberi nama "Fat Man".
Perang dingin diantara kedua negara tersebut terus berlanjut. Salah satu upaya untuk mengurangi, membatasi, atau memusnahkan senjata nuklir adalah dengan cara mengadakan perjanjian :

1. Perjanjian Non-Proliferasi / Non-Proliferation Treaty (1968).
2. Perjanjian Pembatasan Senjata-Senjata Strategis / Strategic Arms Limitation Talks (1972).
3. Perjanjian Pengurangan Senjata-Senjata Strategis / Strategic Arms Reduction Treaty (1982).
Perlombaan Teknologi Ruang Angkasa
Dunia dirasakan semakin sempit untuk diperebutkan oleh kedua negara adikuasa Amerika Serikat dan Uni Soviet. Oleh karena itu, perhatian dari kedua negara itu mengarah ke ruang angkasa yang masih bebas untuk diperebutkan.
Pada mulanya Uni Soviet meluncurkan pesawat Sputnik I tanpa awak kapal (1957), kemudian diikuti oleh Sputnik II yang membawa seekor anjing. Amerika Serikat mengimbangi dengan meluncurkan Explorer I (1958), kemudian diikuti dengan Explorer II, Discover dan Vanguard. Uni Soviet mengungguli dengan meluncurkan Lunik yang berhasil didaratkan ke bulan, dan kemudian ditandingi oleh Amerika Serikat dengan pendaratan manusia di Bulan.
Persaingan teknologi ruang angkasa semakin marak antara Amerika Serikat dan Uni Soviet. Setelah Amerika mendaratkan manusia pertama di Bulan, dilanjutkan dengan pendaratan manusia di Bulan oleh Uni Soviet adalah Yuri Gagarin (1934-1968) dengan mengendarai pesawat ruang angkasa Vostok I yang berhasil mengitari bumi selama 108 menit (1961). Amerika Serikat kemudian menyusul dengan astronotnya yang pertama adalah Alan Bartlett Shepard, Jr (1923-1998) yang berada di ruang angkasa selama 15 menit (1961). Uni Soviet menunjukkan lagi kelebihannya dengan meluncurkan Gherman Stepanovich Titov (1935-2000) yang mengitari bumi selama 25 jam dengan pesawat Vostok II.
Amerika Serikat berusaha menaklukkan ruang angkasa dengan mengadakan penyelidikan-penyelidikan atas benda-benda ruang angkasa yang letaknya jauh dari bumi seperti Saturnus, Yupiter, dan lain-lain.
Dengan demikian, demi kepentingan politik, ekonomi, dan militer, kedua negara adikuasa tersebut menjalankan politik pecah belah. Negara dan bangsa yang terpecah belah antara lain Korea, Vietnam, dan Jerman. Khusus Vietnam dan Jerman telah bersatu kembali sebagai sebuah negara dan bangsa, walaupun dalam penyatuannya memerlukan proses yang cukup lama, terutama di dalam beradaptasi, mengingat di antara mereka pernah mendapat pengaruh dari paham-paham yang berbeda.
Full transcript