Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PERANAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN HUKUM DI INDONESIA

No description
by

vivi yunita

on 16 November 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PERANAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN HUKUM DI INDONESIA

KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan pertolonganNya kami dapat menyelesaiakan karya ilmiah yang berjudul “Peranan Pemuda Dalam Pembangunan Hukum Di Indonesia”.

Tidak lupa kami ucapkan kepada Dosen kami yaitu Bapak Dr. H. Asep Suparman S.H.,M.H yang membimbing kami dalam pengerjaan tugas makalah ini, kami juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman kami yang senantiasa membantu mengumpulkan data-data dalam pembuatan makalah ini.

Akhir kata kami ucapkan terima kasih pada semua pihak yang berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai dengan akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhoi kita dalam segala usaha dan upaya kita.  
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun dapat kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.

1. PERAN PEMUDA dan mahasiswa
Kebanyakan orang berpikir saat masih muda mereka menganggap tugas mereka hanya sekolah, bekerja lalu menikah. Tapi apakah sesimple itu dalam memandang dan menjalani hidup tanpa memikirkan apa yang sedang terjadi pada lingkungan sekitar, krisis moral, krisis ekonomi, dan berbagai krisis multi dimensial yang melanda bangsa kita.
Berdasarkan berbagaipotensi dan kesempatan yang dimiliki oleh pemuda, tidak sepantasnya lah bila ia hanya mementingkan kebutuhan dirinya sendiri tanpa memberikan kontribusi terhadap bangsa dan negaranya.

Maka Peran pemuda yaitu :
1.2 PEMUDA SEBAGAI GENERASI PEMBAHARUAN
" AGENT OF CHANGE "
Artinya adalah pemuda sebagai agen dari suatu perubahan.
Karena menurut saya kondisi bangsa saat ini jauh sekali dari kondisi ideal, dimana banyak sekali penyakit-penyakit masyarakat yang menghinggapi hati bangsa ini.
Maka perubahan itu sendiri merupakan harga mutlak dan sudah pasti akan terjadi walaupun kita diam.
2. PERAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN HUKUM DI INDONESIA
Pemuda Sangatlah berperan dalam pembangunan hukum bagi bangsa indonesia saat ini.
Dengan adanya para pemuda, mereka dapat berperan aktif sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dalam segala aspek pembangunan nasional, yang akan berdampak besar bagi perkembangan dan pertumbuhan hukum bangsa ini.
LATAR BELAKANG
Pemuda merupakan penerus perjuangan generasi terdahulu untuk mewujukan cita-cita bangsa. Pemuda menjadi harapan dalam setiap kemajuan di dalam suatu bangsa, Pemuda lah yang dapat merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan yang luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat.
Pemuda-pemudi generasi sekarang sangat berbeda dengan generasi terdahulu dari segi pergaulan atau sosialisasi, cara berpikir, dan cara menyelesaikan masalah. Pemuda-pemuda zaman dahulu lebih berpikir secara rasional dan jauh ke depan. Sedangkan pemuda zaman sekarang, masih terkesan acuh terhadap masalah-masalah sosial di lingkungannya.
PERANAN PEMUDA DALAM PEMBANGUNAN HUKUM DI INDONESIA
TUJUAN

1. peran pemuda dan mahasiswa
2. peran pemuda dalam pembangunan hukum di indonesia
1.1 PEMUDA SEBAGAI GENERASI PENGGANTI " IRON STOCK "
1.3 Pemuda sebagai Generasi Penerus "Bordien of Value"
GENERASI MUDA ADALAH GENERASI PENERUS ATAU GENERASI PENGGANTI. JADI, PEMUDA DIHARAPKAN MENJADI MANUSIA-MANUSIA TANGGUH YANG MEMILIKI KEMAMPUAN DAN AKHLAK MULIA YANG NANTINYA DAPAT MENGGANTIKAN GENERASI-GENERASI SEBELUMNYA. IA MERUPAKAN ASET, CADANGAN, HARAPAN BANGSA UNTUK MASA DEPAN.
kelompok i
Pemuda berperan sebagai penjaga nilai-nilai di masyarakat. Nilai yang harus dijaga sudah jelas yaitu sesuatu yang bersifat benar mutlak, dan tidak ada keraguan lagi di dalamnya, menjaga nilai-nilai yang sudah ada sebelumya, atau menjaga nilai-nilai kebaikan seperti kejujuran, kesigapan, dan lain sebagainya.
Peran aktif pemuda sebagai kekuatan moral diwujudkan dengan menumbuhkembangkan aspek etik dan moralitas dalam bertindak pada setiap dimensi kehidupan kepemudaan, memperkuat iman dan takwa serta ketahanan mental – spiritual, dan meningkatkan kesadaran hukum.
Sedangkan peran pemuda sebagai kontrol sosial diwujudkan dengan memperkuat wawasan kebangsaan, membangkitkan kesadaran atas tanggungjawab, hak, dan kewajiban sebagai warga negara, membangkitkan sikap kritis terhadap lingkungan dan penegakan hukum, meningkatkan partisipasi dalam perumusan kebijakan publik, menjamin transparansi dan akuntabilitas publik, dan memberikan kemudahan akses informasi.
Kaum muda Indonesia adalah masa depan bangsa. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya adalah aktor-aktor penting yang sangat diandalkan untuk mewujudkan cita-cita pencerahan kehidupan bangsa kita di masa depan. “The founding leaders” Indonesia telah meletakkan dasar-dasar dan tujuan kebangsaan sebagaimana termaktub dalam pembukaan UUD 1945, yaitu kita mendirikan negara Republik Indonesia untuk maksud melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
Untuk mencapai cita-cita tersebut, bangsa kita telah pula bersepakat membangun kemerdekaan kebangsaan dalam susunan organisasi Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila.
KESIMPULAN
Kaum muda Indonesia adalah aset, cadangan dan harapan untuk masa depan bangsa ini. Karena itu, setiap pemuda Indonesia, baik yang masih berstatus sebagai pelajar, mahasiswa, ataupun yang sudah menyelesaikan pendidikannya adalah aktor-aktor penting yang sangat diandalkan untuk mewujudkan cita-cita pencerahan kehidupan bangsa kita ini di masa depan.

Peranan generasi muda juga dapat menjadi tumpuan cemerlang bagi terwujudnya keadilan hukum dalam negara ini. Maka kita sebagai mahasiswa hukum haruslah menciptakan perubahan tersebut yaitu mempersiapkan bidang kajian yang berbeda-beda, meliputi: keteknologian, sosial budaya, hukum, dan politik serta perekonomian. Yang bidang kajiannya itu ternyata dapat mengalisis permasalahan bangsa yang dilihat dari berbagai sudut pandang, mulai dari pendidikan, ekonomi, teknologi, serta pemerintahan. Dan sangat dibutuhkan mahasiswa yang dapat menjadi tonggak sebagai langkah strategis dalam revitalisasi sebagai solusi permasalahan bangsa Indonesia ini.

SARAN
Jadilah penerus bangsa untuk mengganti atau memperkuat bangsa ini dari generasi sebelumnya. Khususnya agi setiap kita para mahasiswa hukum, kita dapat menjadi mahasiswa yang merupakan kaderisasi berikutnya yang dapat dimanfaatkan agar negara hukum kita bisa berubah kearah yang lebih baik. untuk itu dibutuhkan mahasiswa yang bermental kuat dalam mengahadapi hukum. Mahasiswa hukum diharapkan menjadi mahasiswa-mahasiswa yang tangguh bukan hanya dalam kemampuan tapi juga dalam hal kemampuan dan akhlak yang lebih baik dari generasi sebelumnya.

Jadilah pemuda yang berguna untuk diri sendiri, orang tua, orang lain, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dimulai dari hal kecil kita jadikan bangsa indonesia menjadi negara maju.

ATAS PERHATIANNYA
KAMI UCAPKAN TERIMA KASIH
iNI ADALAH HASIL DARI MAKALAH YANG TELAH KAMI BUAT
Full transcript