Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Macam-Macam Konflik

Tugas Sosiologi
by

Victor Kaseger

on 7 November 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Macam-Macam Konflik

KONFLIK Hubungannya dengan Posisi Pelaku Konflik Hubungannya dengan Waktu Hubungannya dengan Pengendalian Konflik Hubungannya dengan Sistematika Hubungannya dengan Pelaku Hubungannya dengan Struktur Organisasi Konflik Terkendali Hubungannya dengan Tujuan Dalam diri Sendiri conflitus Kelompok 5 Cicilia Dewintastani XIC / 05
Dominika Indah XIC / 08
F.X. Vino P. XIC /12
Renatha H.P. XIC / 21
Victor Yulius K. XIC / 24 Menurut Hubunganya dengan Tujuan Organisasi Konflik Fungsional Mendukung tercapainya tujuan
Bersifat Konstruktif
Perusahaan Mie instan Indomie dengan Mie Sedaap saling bersaing untuk menjadi brand nomor satu di Indonesia yang di minati oleh penduduk indonesia Konflik Disfungsional Mengahambat tercapainya tujuan
Bersifat Destruktif
Perbedaan pendapat dari anggota kelas saat perundingan pencarian dana Liburan ke Bali Konflik Vertikal Konflik antarkelas kelompok
Konflik antara buruh tani dan pengusaha di Desa Harjosari, Tegal. Konflik Horisontal Terjadi dalam satu kelas yang sederajat
Konflik yang terjadi antara Suku Dayak dan Melayu melawan Suku Madura. Konflik Diagonal Berasal dari ketidakadilan alokasi sumber daya ke seluruh organisasi
Konflik antara pemerintah daerah dan masyarakat dalam pengaturan penggunaan air dari sumber mata air. Konflik Hierarki Konflik dari berbagai tingkatan yang ada di dalam sauatu organisasi.
Konflik yang terjadi antara Marketing Manager dengan Operation Manager,terjadi karena perbedaan pendapat dan pengeluaran Konflik Formal - Informal konflik ini terjadi di setiap organisasi, antara kelompok formal dan kelompok informal dalam setiap organisasi
Konflik yang terjadi antara guru dan orang tua. Misalnya orangtua berdebat masalah nilai dengan guru dengan anaknya. Hubungannya dengan Sifat Pelaku konflik yang diketahui oleh semua pihak dalam organisasi atau seluruh masyarakat dalam suatu bangsa.
POLRI vs KPK tentang perebutan pihak yang mau menyelidiki kasus simulator SIM. Konflik Tertutup Konflik yang hanya diketahui oleh pihak yang terlibat dalam konflik.
Cekcok antara orangtua dan anak, seperti masalah nilai atau mengapa terlambat pulang dari sekolah. Konflik Sesaat konflik spontan, terjadinya konflik ini hanya sesaat dan sementara.
7 orang pemain timnas yang mengatakan akan dikeluarkan dari timnas, namun Asisten Pelatih Timnas Indonesia saat itu mengatakan, itu hanya emosi sesaat saja. Konflik Berkelanjutan Konflik yg berlangsung lama dan sulit diselesaikan. Walaupun suatu konflik telah selesai, tidak tertutup kemungkinan di kemudian hari akan muncul konflik baru yg kelanjutan dari konflik dahulu.
Perselisihan antara suporter Jakmania vs Viking yang berkelanjutan sampai sekarang. Konflik lini staf konflik yang terjadi antara lini dan staf dalam suatu organiasi
antara divisi pembelian bahan baku dan divisi keuangan. Divisi pembelian mengganggap akan efektif apabila bahan baku dibeli dalam jumlah besar dibanding sedikit-sedikit tetapi makan waktu berulang-ulang. Sementara divisi keuangan menghendaki jumlah yang lebih kecil karena terbatasnya anggaran. Konflik terbuka AMDG. suatu konflik dimana pihak yg terlibat dlm konflik dpt mengendalikan konflik sehingga selesai dan konflik tidak meluas.
pada kompetisi balap motor, kompetisi tinju, kalah maupun menang ya selesai. Konflik Tidak Terkendali konflik di mana pihak yg trlbt dlm konflik tdk bs dgn mudah mengendalikan konflik sehingga konflik dapat meluas, bahkan tidak selesai.
Konflik dgn Kekerasan, pertengkaran. Misalnya, tinju yang berakhir dengan pertengkaran karena tidak bisa mengontrol emosi. Konflik Nonsistematis Konflik yang terjadi secara acak dan spontan, tidak terkomando dan tidak ada tujuan tertentu.
Indah dan cicil tiba-tiba bertengkar gara-gara saling mengejek Konflik Sistematis Konflik yang direncanakan, diprogram dan ada yang mengomando.
Pihak yang berkonflik melakukan analisis kekuatan dan kelemahan, sehingga setiap respon dari pihak lawan senantiasa dianalisis.
Perang antara Irak dan Amerika. Konflik Pendekatan-Pendekatan Pihak yang berkonflik masih berkinerja ke arah yang sama.
Hanya berbeda pada segi teknisnya. Konflik Pendekatan-Penghindaran Pihak yang berkonflik sering berseberangan dalam mencapai tujuannya.
Terjadi karena perbedaan tajam dalam persepsi terhadap tujuan yang ingin dicapai. Konflik Pengindaran-Penghindaran Terjadi ketika pihak yang berkonflik sama-sama bukan untuk mencapai tujuan oraganisasi.
Sama-sama menhindarkan diri dari tujuan.
Mengarah pada bubarnya suatu organisasi. Hubungannya dengan Konsentrasi Aktivitas Manusia dalam Masyarakat Konflik Ekonomi Disebabkan oleh adanya perebutan sumber daya ekonomidari pihak yang berkonflik.
Samsung versus Iphone. Konflik Politik Dipicu oleh adanya kepentingan politik dari pihak yang berkonflik.
Foke vs Jokowi dalam Pilkada DKI Jakarta 2012 Konflik Budaya Disebabkan oleh adanya perbedaan kepentingan budaya dari pihak yang berkonflik.
Perebutan budaya wayang kulit antara Indonesia dengan Malaysia . Konflik Pertahanan Dipicu oleh adanya perebutan hegemoni dari pihak berkonflik.
Pecahnya perang Irak dengan tentara sekutu multinasional saat Irak mencaplok Kuwait Konflik Antar Umat Beragama Terjadi karena adanya perbedaan presepsi dalam faktor keagamaan.
Perang Salib Pertentangan dalam diri seseorang akibat kemamuan dan kemampuan untuk melakukan suatu hal. Konflik antar pribadi Dua orang individu tidak setuju atas pelaksanaan rencana kerja.
Konflik dalam Kelompok Keputusan kelompok tidak sejalan dengan keinginan satu atau dua individu. Konflik Antarkelompok Terjadi di antara kelompok kelompok dalam organisasi
antardirektorat: direktorat keuangan membatasi pembelian barang, sementara direktorat lain mengusulkan pembelian lain.
antarbagian: pemasaran minta barang-barang lain supaya dihabiskan, bagian produksi malah melakukan produksi besar-besaran
antarfungsi: antara fungsi perencanaan dan keuangan Konflik Antarorganisasi Terjadi diantara organisasi yang memiliki keterlibatan yang sangat erat dalam menjalankan bisnis. Bentuk khusus Konflik Konflik Pribadi Menimbulkan perkelahian.
Karena rasa benci. Konflik Rasial Perbedaan antara dua pihak dan saling menyadari.
Pertentangan ras kulit putih dan hitam di AS. Konflik antara Kelas Sosial Didasari oleh perbedaan kepentingan.
Antar buruh dengan majikan. Konflik Politik Terjadi dalam golongan politik suatu masyarakat. Konflik Internasional Terjadi antara dua negara dengan kepentingan berbeda.
Full transcript