Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Sistem Operasi

No description
by

Yoga Rizky

on 2 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Sistem Operasi

Sejarah Perkembangan Sistem Operasi
• Generasi Pertama (1945-1955) :: Generasi pertama merupakan awal perkembangan sistem komputasi elektronik sebagai pengganti sistem komputasi mekanik, hal itu disebabkan kecepatan manusia untuk menghitung terbatas dan manusia sangat mudah untuk membuat kecerobohan, kekeliruan bahkan kesalahan. Pada generasi ini belum ada sistem operasi, maka sistem komputer diberi instruksi yang harus dikerjakan secara langsung.

• Generasi Kedua (1955-1965) :: Generasi kedua memperkenalkan Batch Processing System, yaitu Job yang dikerjakan dalam satu rangkaian, lalu dieksekusi secara berurutan.Pada generasi ini sistem komputer belum dilengkapi sistem operasi, tetapi beberapa fungsi sistem operasi telah ada, contohnya fungsi sistem operasi ialah FMS dan IBSYS.

• Generasi Ketiga (1965-1980) :: Pada generasi ini perkembangan sistem operasi dikembangkan untuk melayani banyak pemakai sekaligus,dimana para pemakai interaktif berkomunikasi lewat terminal secara on-line ke komputer, maka sistem operasi menjadi multi-user (di gunakan banyak pengguna sekaligus) dan multi-programming (melayani banyak program sekaligus).


1. Mekanisme boot
Meletakkan kernel kedalam memory kernel. akernel dapat dikatakan sebagai iti dari sistem operasi.

2. Command interpreter (shell)
Bertugas untuk membaca input berupa perintah standard dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi maupun piranti lunak lain. conttoh shell : Command prompt pada windows XP (DOS pada windows 98) Cterm dan console dimesin linux (Unix)

3, Driver
Untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware pada device.

4. Resource Allocator
Sistem operasi bertugas untuk mengatur dan mengalkasilkan sumber daya dari perangkat.

5. Handler
Berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeiruan dan penggunaan sumber daya yang tifak perlu.
Fungsi Dasar System Operasi

• Sistem komputer pada dasarnya terdiri dari empat komponen utama, yaitu perangkat-keras, program aplikasi, sistem-operasi, dan para pengguna. Sistem operasi berfungsi untuk mengatur dan mengawasi penggunaan perangkat keras oleh berbagai program aplikasi serta para pengguna.

• Sistem operasi berfungsi ibarat pemerintah dalam suatu negara, dalam arti membuat kondisi komputer agar dapat menjalankan program secara benar. Untuk menghindari konflik yang terjadi pada saat pengguna menggunakan sumber-daya yang sama, sistem operasi mengatur pengguna mana yang dapat mengakses suatu sumber-daya. Sistem operasi juga sering disebut resource allocator. Satu lagi fungsi penting sistem operasi ialah sebagai program pengendali yang bertujuan untuk menghindari kekeliruan (error) dan penggunaan komputer yang tidak perlu.

Debian
Sistem Operasi
Nama : Widianarko. S
Nim : 1330055401017
:*

Sistem operasi merupakan sebuah penghubung antara pengguna dari komputer dengan perangkat keras komputer. Sebelum ada sistem operasi, orang hanya mengunakan komputer dengan menggunakan sinyal analog dan sinyal digital. Seiring dengan berkembangnya pengetahuan dan teknologi, pada saat ini terdapat berbagai sistem operasi dengan keunggulan masing-masing.

Pengertian sistem operasi secara umum ialah pengelola seluruh sumber-daya yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan (system calls) ke pemakai sehingga memudahkan dan menyamankan penggunaan serta pemanfaatan sumber-daya sistem komputer.

Sistem Operasi
Distro Linux Dan Dariannya
Linux Mint adalah sebuah distro linux yang berbasis Ubuntu sehingga aplikasi yang dapat berjalan di Ubuntu dapat pula berjalan di Linux Mint. Meskipun berbasis Ubuntu tampilan Linux Mint sangat berbeda dengan Ubuntu, terutama tampilan start menu. Linux Mint pertama kali dirilis tahun 2006. Linux Mint telah dilengkapi dengan codec multimedia sehingga begitu dipakai dapat langsung digunakan untuk memutar berkas-berkas multimedia. Seperti halnya distro linux sumber terbuka (open source) lainnya, Linux Mint merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source) dan dapat diunduh di situs webnya secara gratis.
Linux Mint
Debian adalah suatu distro linux yang populer dengan kestabilannya. Banyak sekali distro turunan dari Debian di antaranya, Ubuntu, Mint, Knoppix, BackTrack, dan sebagainya. Hal ini membuat Debian beserta turunannya adalah distro linux terbesar/terbanyak. Debian dirilis pertama kali pada tahun 1993 oleh Ian Murdock. Fitur yang paling menonjol di Debian adalah sistem pengaturan paket APT. Proyek Debian dikelola oleh Debian Constitution dan Social Contract. Proyek Debian berada di bawah organisasi independen dan tidak didukung/disponsori oleh suatu Perusahaan seperti distro-distro lainnya.
Kelebihan:
- Free Software, artinya dapat mengambil/ menyalin source program Linux tanpa dikenai biaya dan dapat memperbanyak, memodifikasi serta menyebarluaskan secara bebas
- Open Source, artinya semua listing program dari source code sistem operasi tersebut dapat dilihat dandimodifikasi tanpa adanya larangan dari siapapun
- Kestabilan program yang telah teruji, sistem tidak mudah mengalami hang, walaupun telah menjalankan program secara terus menerus dalam kurun waktu yang relatif lama yaitu lebih dari satu bulan, dengan tanpa harus melakukan restart.
- Debian Linux merupakan sistem operasi cross platform yang dapat dijalankan pada hampir semua jenis/tipe komputer yang ada saat ini.
- mudah dipelihara
- sangat stabil

Sistem Operasi Secara Umum Terdiri Dari:
• Generasi Keempat (Pasca 1980an) :: Dewasa ini, sistem operasi dipergunakan untuk jaringan komputer dimana pemakai menyadari keberadaan komputer-komputer yang saling terhubung satu sama lainnya. Pada masa ini para pengguna juga telah dinyamankan denganGraphical User Interface yaitu antar-muka komputer yang berbasis grafis yang sangat nyaman, pada masa ini juga dimulai era komputasi tersebar dimana komputasi-komputasi tidak lagi berpusat di satu titik, tetapi dipecah dibanyak komputer sehingga tercapai kinerja yang lebih baik.

• Generasi selanjutnya (setelah 1980an) :: Pada generasi selanjutnya diperkenalkan sistem operasi yang berada dalam sebuah sistem operasi. Dan generasi selanjunya duperkenalka sistem operasi bergerak (mobile) pada prangkat bergerak seperti : PDA, Pocket PC, Dan lainnya. Di generasi selanjutnya diperkenalkan juga Teknologi sistem operasi jaringan yang sifatnya virtual, sehingga dalam 1 jaringan hanya diinstal 1 buah sistem operasi pada Perangkat yang bertugas sebagai server. selain itu dikenalkan pula cross platform operating system yang artinya dapat menggabungkan 2 system operasi berbeda seperti linux dan windows.
keungulan & kekurangan :

Kali ini saya ingin membahas tentang Linux Mint lagi, sudah pada tau kan apa Linux Mint itu ?. Sistem operasi ini merupakan salah satu sistem operasi favorit saya selain Windows 7. Karena Linux Mint di laptop saya sangat stabil dan cepat walau hanya dengan partisi hardisk sebesar 50 gb. Namun banyak juga kekurangan dari Linux Mint ini seperti kurang
tersedianya driver-driver untuk bermain game seperti NVIDIA maupun ATI RADEON. Ketika menggunakan OS Linux Mint ini prossesor anda akan menjadi lebih panas dibandingkan dengan menggunakan sistem operasi lainnya. Walaupun banyak kekurangannya, jika anda telah menginstal Linux Mint ini di PC atau laptop anda pasti anda akan sangat betah berlama-lama menggunakan nya.
Mageia
Mageia adalah sebuah distro linux yang berbasis Mandriva Linux. Tidak seperti Mandriva, yang merupakan suatu entitas komersial, Mageia merupakan organisasi non-profit yang tujuannya untuk mengembangkan sebuah sistem operasi gratis berbasis linux. Mageia merupakan distro yang masih muda yang dibuat pada tahun 2010 oleh beberapa mantan karyawan Mandriva, pengembang, dan pengguna serta didukung oleh banyak komunitas pengembang, pengguna dan karyawan Mandriva. Walaupun baru didirikan 2 tahun yang lalu, saat ini Mageia merupakan distro ke-3 terpopuler di dunia.
Keunggulan Mageia
* Salah satu keunggulan utama dari Mageia dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang
disertakan. Bersama Red Hat, SUSE adalah distro Linux versi awal yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang
* Stabil serta mudah dalam pendeteksian perangkat keras
* Murah atau bahkan free (Open Source)
* Bebas Virus
* Kemudahan dalam Update
Kelemahan Mageia
* Secara default opensuse 10.2 tidak bisa memutar file mp3 dg menggunakan aplikasi xmms
* Cara penginstallan yang cukup rumit
* Beberapa hardware tidak mendukung untuk penggunaan Mageia

Ubuntu adalah sebuah distro linux yang berbasis debian dan pertama kali dirilis tahun 2004. Ubuntu dibiayai oleh Canonical, Ltd. yang mendirikan yayasan Ubuntu Foundation agar pengembangan Ubuntu dapat terus berjalan. Ubuntu merilis versi terbarunya setiap 6 bulan sekali dan setiap versi yang dirilis mendapat dukungan selama 18 bulan. Setiap 2 tahun sekali dengan versi xx.04 (xx adalah genap) akan mendapatkan Long Term Support (LTS) selama 3 tahun untuk desktop dan 5 tahun untuk server. Namun untuk versi terbaru 12.04 untuk desktop mendapatkan LTS selama 5 tahun. Ubuntu merupakan perangkat lunak sumber terbuka dan dapat diunduh di situs webnya.
Ubuntu
Kelebihan:
3D Interface, Kompatibilas, Kemudahan Migrasi, Advance Linux, Mudah Didapatkan, Less Is More, Spec Hardware Yang Ramah


Keurangan
Fitur Standard, Koneksi Internet, Tidak User Friendly
OpenSUSE adalah salah satu distro linux yang dikembangkan oleh komunitas pendukung OpenSUSE Project dan disponsori oleh SUSE. OpenSUSE pada awalnya bernama S.u.S.E. Linux yang merupakan Slackware Linux edisi bahasa Jerman pada tahun 1994. Berubah menjadi SuSE Linux dan SUSE Linux tahun 1998 dan 2003. Pada tahun 2005 S.u.S.E Linux dirilis berbasiskan RPM Package Manager. Kemudian berubah menjadi OpenSUSE tahun 2006 yang merupakantahun perilisan versi pertama OpenSUSE. OpenSUSE juga merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source) dan dapat diunduh secara langsung di situs webnya.
OpenSUSE
Keunggulan OpenSuse 10.2
* Salah satu keunggulan utama dari OpenSUSE dibandingkan distro Linux lainnya adalah kelengkapan pustaka dan berlimpahnya software yang disertakan. Bersama Red Hat, SUSE adalah distro Linux versi awal yang terus bertahan dan berkembang hingga sekarang
* Stabil serta mudah dalam pendeteksian perangkat keras
* Murah atau bahkan free (Open Source)
* Bebas Virus
* Kemudahan dalam Update
Kelemahan OpenSuse 10.2
* Secara default opensuse 10.2 tidak bisa memutar file mp3 dg menggunakan aplikasi xmms
* Cara penginstallan yang cukup rumit
* Beberapa hardware tidak mendukung untuk penggunaan OpenSuse 10.2

Arch Linux adalah distro yang memfokuskan pada kesederhanaan dan keanggunan. Pembuatan Arch Linux terinspirasi oleh distro minimalis lain yaitu CRUX, dan perilisan pertama pada tahun 2002. Arch Linux merupakan distro biner (binary-distro) di mana paket-paket aplikkasi didistribusikan dalam bentuk biner bukan dalam bentuk kode sumber.
Arch Linux
Perilisan distro ini menggunakan model rolling releasedengan menyediakan paket-paket baru setiap hari. Rilis resmi hanya menyediakan sistem dasar dengan standar CLI (Command Line Interface) sehingga memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasinya. Seperti halnya distro linux lainnya Arch Linux juga dapat diunduh di situsnya.
PCLinuxOS
PCLinuxOS adalah distro linux yang berbasis Mandrake Linux (sekarang Mandriva Linux). PCLinuxOS pertama kali dirilis tahun 2003 dengan dibuatnya turunan dari Mandrake 9.2 oleh Texstar. Tahun 2007 PCLinuxOS mengubah basisnya dari Mandrake Linux ke Mandriva Linux 2007 dengan kode program yang lebih modern. Versi terbaru ini merombak kode program secara menyeluruh dan menampilkan efek 3D. Pada tahun 2008 dirilis PCLinuxOS MiniMe, yang sangat minim paket yang disediakan di dalamnya sehingga pengguna yang berpengalaman dapat menambahkan sendiri paket-paket yang diinginkannya.
Kelebihan :
Bentuk liveCD, dapat diinstall (draklive-install), ada PClinuxOS Control Center yang membawa kemudahan Mandrake, sederhana (hanya terdiri dari isolinux dan
ivecd.sqfs), dapat diremaster sesuai selera sehingga untuk install ulang tidak perlu dari awal, dan adanya fitur poorman install yaitu
isi CD bisa dicopy ke flashdisk atau harddisk dan dijalankan dari sana. Disamping itu desktop KDE yang dibawanya membawa seabreg kemudahan. Juga saat install bootloader memberikan aneka pilihan, tidak hanya di MBR tetapi bootloadernya juga bisa diletakkan di tempat lain.

Kelemahan :
karena tidak disertakannya aplikasi office suite. Hal ini saya anggap wajar, karena keterbatasan media
CD sehingga aplikasi office suite tidak disertakan. Toh sebuah tool berupa LibreOffice manager dipasang untuk memudahkan kita untuk menginstall aplikasi libreOffice setelah distro pclinuxos 2011 ini berada di harddisk.

Centos
CentOS adalah distro yang berbasiskan Red Hat Enterprise Linux (RHEL). Manajer paket yang digunakan adalah RPM Package Manager. CentOS sangat mirip dengan Red Hat Enterprise Linux (RHEL) bahkan bisa dikatakan sama persis. Yang membedakan, RHEL merupakan sistem operasi berbayar sedangkan CentOS gratis. Proyek distro ini tidak ada hubungannya dengan Red Hat dan tidak pula menerima dukungan logistik dan finansial dari perusahaan manapun. Proyek CentOS dimulai tahun 2004 dan hanya mengandalkan donasi dari para pengguna dan sponsor organisasi. Jadi, CentOS bisa dikatakan sebagai RHEL versi gratis, namun tanpa logo dan merek dari RHEL. CentOS juga dapat diunduh di situs webnya.
Kelebihan
-CentOS sangat kompatibel dengan RH
-Merupakan OS freeware yang sangat handal untuk skala Enterpise
-Merupakan satu-satunya OS freeware yang didukung resmi oleh CPanel
-Drivers RHEL dapat dipakai oleh CentOS karena isi CentOS adalah RHEL

Kekuerangan
-Tergantung pada distro RH. Karena itu CentOS selalu keluar setelah RH
-Kata "enterprise" membuat pemula takut dan memilih Fedora
-Penampilan website CentOS yang kurang menarik
(CentOS Indonesia sedang mengupayakan untuk mengupdate
website CentOS.org agar tampil menarik)
-Kurangnya dokumentasi mengenai CentOS secara khusus

Puppy Linux adalah sebuah distro linux live CD dan sangat kecil ukurannya. Seluruh aplikasi dijalankan di dalam RAM sehingga mediabooting dapat dilepas setelah dijalankan. Hal itulah yang membedakan Puppy Linux dengan linux lainnya. Beberapa aplikasi sudah disertakan dalam Puppy Linux. Puppy Linux dijalankan tanpa menggunakan hard drive. Media bootingnya dapat merekam seluruh perubahan yang terjadi di Puppy Linux sehingga apabila dijalankan kembali telah otomatis melakukan penyesuaian pengaturan yang telah dilakukan sebelumnya. Untuk menginstal program, Puppy Linux menggunakan manajer paket sendiri yaitu PetGet. Puppy Linux dapat diunduh secara gratis di situs webnya.
Puppy Linux
Fedora
Fedora adalah sebuah distro linux yang berbasis RPM Package Manager (sebelumnya RedHat Package Manager). Fedora dikembangkan oleh Fedora Project yang didukung komunitas dan disponsori oleh Red Hat. Fedora pertama kali dirilis pada tahun 2003 yang diberi nama kodeYarrow dan berbasiskan Red Hat Linux 9. Nama Fedora berasal dari fedora (topi kulit) yang dipakai di logo Red Hat. Pada rilis 1 sampai 6 distro ini bernama Fedora Core, dan baru pada rilis ke-7 bernama Fedora. Untuk masalah keamanan Fedora telah dilengkapi dengan Securtiy-Enchance Linux (SELinux). Fedora merupakan perangkat lunak sumber terbuka (open source)dan dapat diunduh di situs webnya.


Kelebihan:
• Distro yang banyak fiture, mapan dan aman
• Tampilan desktop yang memukau
• Populer di Amerika, dan sekitar 50% digunakan oleh para pencinta linux
• Fitur keamanan yang baik, dengan adanya SElinux (Scurity- Enchanced Linux)
• Tidak mundah terkena virus seperti di windows
• Sudah terdapatnya libreoffice yang siap digunakan untuk perkantoran

Kekurangan:
• Multimedia masih kurang baik seperti MP3 dan Video
• Masih banyak aplikasi - aplikasi yang belum ada dan harus di intsall sendiri
Sejarah Singkat Android
Android, Inc. berdiri di kota Palo Alto, salah satu kota terkenal di California (USA), tepatnya pada bulan Oktober tahun 2003. Pendirinya terdiri dari tiga orang yang ahli dalam bidang pengembangan aplikasi, mereka adalah Andy Rubin, Rich Miner, dan Chris White. Pada mulanya, mereka mengembangkan Android untuk perangkat elektronik sejenis kamera digital. Tapi, karena permintaan konsumen terhadap perangkat itu tidak terlalu banyak, akhirnya mereka mengalihkannya ke ponsel smartphone yang sudah diketahui besarnya peluang jika dapat diterapkan pada perangkat ini. Tidak seperti sistem operasi lainnya, OS ini dikembangkan secara diam-diam meskipun dibuat oleh orang-orang yang ahli dalam pengembangan aplikasi.

Tanggal 17 Agustus 2005 Google mulai mengakui keberadaan Android dengan membelinya secara penuh dan menjadikan salah satu produk unggulannya. Salah satu faktor keberhasilan Android sebagai sistem operasi adalah terbukanya Google terhadap perangkat lunak yang diperbolehkan masuk (Open Source). Selain itu, Android juga telah mempunyai komunitas developer aplikasi tersendiri yang dapat meningkatkan fungsi perangkat seperti game android misalnya dan mungkin saat ini sudah lebih dari sejuta aplikasi yang bisa dioperasikan melalui Android, dan Google Play menjadi apps shop utamanya.
- Android Beta
Pertama kali dirilis pada 5 November 2007, kemudian pada 12 November 2007 Software Development Kit (SDK) dirilis oleh Google.

- Android 1.0 (Astro)
Pertama kali dirilis pada 23 Spetember 2008. Sebenarnya Android versi pertama ini akan dinamai dengan nama “Astro” tapi karena alasan hak cipta dan trademark nama”Astro” tidak jadi disematkan pada versi pertama dari OS Android ini. HTC Dream adalah ponsel pertama yang menggunakan OS ini.

- Android 1.1 Bender
Pertama kali dirilis pada 9 Februari 2009. Versi Android kedua ini juga mengalami masalah penamaan yang sama dengan versi pertamanya. Pada awalnya Android ini akan diberi nama “Bender” akan tetapi karena alasan melanggar trademark, nama “Bender” tidak jadi disematkan pada versi Android ini. Awalnya versi OS Android ini dirilis untuk perangkat T-Mobile G1 saja. Versi ini merupakan update untuk memperbaiki beberapa bugs, mengganti API dan menambahkan beberapa fitur.

- Android 1.5 Cupcake
Pertama kali dirilis pada 30 April 2009. Nah, mulai versi Android ini penamaan menggunakan nama makan pencuci mulut (dessert) mulai digunakan, karena ini merupakan versi yang ketiga maka penamaan diawali dengan huruf “C” dan jadilah “Cupcake” menjadi nama resmi dari versi OS Android ketiga ini. OS ini berbasiskan pada kernel Linux 2.6.27 dan menambahkan beberapa update serta UI baru dari versi Android sebelumnya. Mulai terdapat “widget” yang dapat dibesar kecilkan. Kemudian ditambah kemampuan untuk meng-upload video dan gambar ke Youtube dan Picasa.

- Android 1.6 Donut
Dirilis pertama kali pada 15 September 2009. Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih user friendly. Pada versi ini juga sudah mendukung teknologi CDMA/EVDO, 802.1x, VPNs. Kemudian support layar dengan resolusi WVGA. Berikut penampakan Android v1.6 Donut.

- Android 2.0/2.1 Éclair
Dirilis pertama kali pada 9 Desember 2009. Terjadi penambahan fitur untuk pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3,2 MP, digital Zoom, dan Bluetooth 2.1. Beberapa versi updatenya antara Android v.2.0 kemudian v2.0.2 dan terakhir v.2.1.

- Android 2.2 Froyo (Froze Yoghurt)
Dirilis pertamakali pada 20 Mei 2010 pada smartphone Google Nexus One. Pada versi ini sudah support terhadap Adobe Flash Player 10.1. Peningkatan pada kecepatan membuka dan menutup aplikasi, serta penggunaan SD Card sebagai tempat penyimpanan aplikasi. Ketika Android Froyo hadir mulai muncul banyak diskusi yang membahas mengenai persaingan antara Android dengan iOS yang akan semakin ketat di masa yang akan datang. Beberapa versi update yang dirilis antara lain Android v.2.2.1 hingga v.2.2.3.

- Android 2.3 Gingerbread
Pertama kali diperkenalkan pada 6 Desember 2010. Terjadi banyak peningkatan pada versi Android yang satu ini dibandingkan dengan versi sebelumnya. Dirancang untuk memaksimalakan kemampuan aplikasi dan game. Serta mulai digunakannya Near Field Communication (NFC). Perbaikan terhadap dukungan layar resolusi WXGA dan diatasnya. Beberapa versi update yang dirilis antara lain v.2.3.3 hingga v.2.3.7. Sampai saat ini Android Gingerbread merupakan versi Android yang memiliki pengguna terbanyak dibandingkan dengan seri Android lainnya, yaitu mencapai 65% dari seluruh versi Android yang dirilis.



- Android 3.0/3.1 Honeycomb
Pertama kali diperkenalkan pada 22 Februari 2011 dan Motorola Xoom adalah yang pertama kali menggunakannya. Android versi ini merupakan OS yang didesain khusus untuk pengoptimalan pengunaan pada tablet PC.

- Android 4.0 ICS (Ice Cream Sandwidch)
Sampai tulisan ini ditulis ICS merupakan versi Android yang paling anyar. Pertama kali dirilis pada 19 Oktober 2011. Smartphone yang pertama kali mengunakan OS Android ini adalah Samsung Galaxy Nexus. Secara teori semua perangkat seluler yang menggunakan versi Android sebelumnya, Gingerbread, dapat di-update ke Android Ice Cream Sandwich.

- Android versi 4.1 (Jelly Bean)
Android Jelly Bean yaang diluncurkan pada acara Google I/O lalu membawa sejumlah keunggulan dan fitur baru. Penambahan baru diantaranya meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Tak ketinggalan Google Now juga menjadi bagian yang diperbarui. Google Now memberikan informasi yang tepat pada waktu yang tepat pula. Salah satu kemampuannya adalah dapat mengetahui informasi cuaca, lalu-lintas, ataupun hasil pertandingan olahraga. Sistem operasi Android Jelly Bean 4.1 muncul pertama kali dalam produk tablet Asus, yakni Google Nexus 7.

-Android versi 4.2 (Jelly Bean)
Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, menjalankan banyak user (dalam tablet saja), widget terbaru.
Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4




Terdapat beberapa poin pembaruan penting yang terdapat dalam Android KitKat 4.4. Beberapa pembaruan itupun dirasa lebih baik dari versi sebelumnya. Berikut ini di antaranya.

1. Perintah Suara
di Versi terbaru Andorid ini lebih sederhana dan pintar.para Pengguna tidak harus menyentuh ponsel untuk penggunaan search, mengirim pesan, atau menerima arahan dari Google Map. Pada menu utama, pengguna hanya perlu mengatakan ' OK Google ' untuk memberikan perintah dengan kerja spesifik yang presisi.

2. Multi - Tasking Lebih Cepat dan bregas
Dengan versi Android 4.4 kitkat, Google terus mengembangkan kemampuan ponselnya agar lebih cepat memberikan respons. Misalnya saja, pengguna bisa mendengarkan musik dari Spotify, mencari foto di galeri, dan membaca berita terbaru di Twitter dengan kecepatan yang lebih baik.

3. Visual yang Lebih Baik
Pada versi android sebelumnya, sistem operasi Android menampilkan status bar, tombol navigasi, sembari menonton video atau membaca ebook. Pada versi 4.4, tampilan yang terkesan menghalangi tersebut bisa dihilangkan. Selain itu, ada tombol tambahan pada kunci layar untuk memungkinkan pengguna bermain game dan bisa langsung masuk ke dalam menu galeri pada waktu bersamaan.

4. Photo Editor
adanya Photo Editor pada Android KitKat pun diperbarui. Terdapat beberapa fitur efek, filter, dan tools untuk menyesuaikan gambar. Hebatnya, Photo Editor juga memungkinkan pengguna mengembalikan hasil editan foto ke bentuk semula.

5. Hangouts
Aplikasi apik Hangouts juga ditambahkan pada sistem operasi ini. Hangouts mampu mengelompokkan semua SMS, MMS, video call, dan chatting dengan Google Hangouts pada satu tempat.


Windows

- Versi pertama Microsoft Windows, yang disebut dengan Windows 1.0, dirilis pada tanggal 20 November 1985. Versi ini memiliki banyak kekurangan dalam beberapa fungsionalitas, sehingga kurang populer di pasaran. Pada awalnya Windows versi 1.0 ini hendak dinamakan dengan Interface Manager. Sistem operasi ini berbasis GUI (Graph)

- Windows versi 2 pun muncul kemudian pada tanggal 9 Desember 1987, dan menjadi sedikit lebih populer dibandingkan dengan pendahulunya. Sebagian besar populeritasnya didapat karena kedekatannya dengan aplikasi grafis buatan Microsoft, Microsoft Excel for Windows dan Microsoft Word for Windows. Aplikasi-aplikasi Windows dapat dijalankan dari MS-DOS, untuk kemudian memasuki Windows untuk melakukan operasinya, dan akan keluar dengan sendirinya saat aplikasi tersebut ditutup.

- Microsoft Windows akhirnya mencapai kesuksesan yang sangat signifikan saat menginjak versi 3.0 yang dirilis pada tahun 1990. Selain menawarkan peningkatan kemampuan terhadap aplikasi Windows, Windows 3.0 juga mampu mengizinkan pengguna untuk menjalankan beberapa aplikasi MS-DOS secara serentak (multitasking), karena memang pada versi ini telah diperkenalkan memori virtual. Versi ini pulalah yang menjadikan IBM PC dan kompatibelnya penantang serius terhadap Apple Macintosh.






- Windows 95
Setelah Windows 3.11, Microsoft mulai memulai pengembangan sebuah versi Windows yang berorientasi kepada pengguna yang diberi nama kode Chicago. Chicago didesain agar mmeiliki dukungan terhadap multitasking secara pre-emptive 32-bit seperti halnya yang terdapat di dalam OS/2 dan Windows NT, meskipun kernel 16-bit masih terdapat di dalamnya demi alasan kompatibilitas ke belakang. Win32 API yang pertama kali diperkenalkan pada Windows NT pun diadopsi sebagai sebuah standar antarmuka pemrograman baru yang berbasis 32-bit, dengan kompatibilitas Win16 juga dipertahankan dengan menggunakan sebuah teknik yang dinamakan dengan "thunking".

- Windows 98
Pada 25 Juni 1998, Microsoft merilis sebuah sistem operasi Windows baru, yang dikenal sebagai Windows 98. Windows 98 dianggap sebagai revisi minor terhadap Windows 95, tapi secara umum dilihat jauh lebih stabil dan dapat diandalkan dibandingkan dengan pendahulunya, Windows 95. Windows 98 mencakup banyak driver perangkat keras baru dan dukungan sistem berkas FAT32 yang lebih baik yang mengizinkan partisi untuk memiliki kapasitas lebih besar dari 2 gigabyte, sebuah batasan yang terdapat di dalam Windows 95. Dukungan USB di dalam Windows 98 pun juga jauh lebih baik dibandingkan dengan pendahulunya.

- Windows 2000
Microsoft merilis Windows 2000 pada 17 Februari 2000, sebuah versi yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Windows NT 5.0 atau "NT 5.0". Versi Windows 2000 ditujukan untuk dua pangsa pasar, yakni pangsa pasar workstation dan juga pangsa pasar server. Meskipun Windows 2000 dapat memperbarui komputer yang sebelumnya menjalankan Windows 98, Windows 2000 tidaklah dianggap sebagai produk yang cocok untuk pengguna rumahan. Alasannya banyak, di antaranya adalah kurangnya device driver untuk banyak perangkat pengguna seperti pemindai (scanner) dan juga pencetak (printer), pada saat dirilis. Situasi tersebut akhirnya berbalik pada saat Windows XP dirilis oleh Microsoft.


Android Kitkat
- Windows ME
Pada bulan September 2000, Microsoft memperkenalkan Windows Millennium Edition (dikenal juga dengan sebutan Windows Me atau Windows ME). Versi ini memperbarui Windows 98 dengan dukungan multimedia dan Internet yang lebih baik. Versi ini juga memasukkan fitur "System Restore," yang mengizinkan para penggunanya untuk mengembalikan keadaan sistem ke sebuah titik yang dikenal baik-baik saja, pada saat sistem operasi mengalami kegagalan. System Restore menjadi fitur yang masih dipertahankan pada Windows XP. Versi ini juga memperkenalkan Windows Movie Maker versi pertama.

- Windows XP
Pada tahun 2001, Microsoft memperkenalkan Windows XP (yang memiliki nama kode "Whistler" selama pengembangan. Akhirnya, setelah merilis beberapa versi Windows berbasis Windows 9x dan NT, Microsoft berhasil menyatukan kedua jajaran produk tersebut. Windows XP menggunakan kernel Windows NT 5.1, sehingga menjadikan kernel Windows NT yang terkenal dengan kestabilannya memasuki pasar konsumen rumahan, untuk menggantikan produk Windows 9x yang berbasis 16/32-bit yang sudah menua.
Windows XP merupakan versi sistem operasi Windows yang paling lama (paling tidak hingga saat ini), karena memang berkisar dari tahun 2001 hingga tahun 2007, saat Windows Vista dirilis ke konsumen. Jajaran sistem operasi Windows XP akhirnya diteruskan oleh Windows Vista pada 30 Januari 2007.


- Windows VISTA
Setelah meraih kesukesan besar dengan Windows XP, Microsoft tidak lantas berhenti begitu saja mengembangkan Windows. Versi terbaru dari Windows, disebut dengan Windows Vista, dirilis pada tanggal 30 November 2006 [1] bagi kalangan bisnis sementara untuk kalangan pengguna rumahan dirilis pada tanggal 30 Januari 2007. Windows Vista memang dicanangkan agar memiliki keamanan yang lebih tangguh dibandingkan dengan versi-versi sebelumnya, dengan memperkenalkan sebuah modus pengguna yang terbatas, yang disebut sebagai User Account Control (UAC), untuk menggantikan filosofi "administrator-by-default" yang diberlakukan pada Windows XP.


Windows 7
Rilis selanjutnya setelah Windows Vista adalah Windows 7, yang sebelumnya dikenal dengan sebutan Blackcomb dan Vienna. Saat pertama kali dirilis, Windows ini memiliki kernel NT versi 6.1 build 7600, yaitu perbaikan dari Windows Vista dimana saat rilis pertama memiliki kernel NT 6.0 build 6000. Windows 7 yang dirilis pada tanggal 22 Oktober 2009 ini memiliki keamanan dan fitur yang baru, diantaranya adalah: Jump List, Taskbar yang membuka program dengan tampilan kecil, Windows Media Player 12, Internet Explorer 8, dan lain-lain. Beberapa fitur yang unik adalah Sidebar yang berganti nama menjadi Gadget dan bebas ditaruh kemana-mana pada desktop (tidak seperti Sidebar yang hanya bisa diletakkan di tempat tertentu). Fitur itu membuat Windows 7 menjadi menarik. Spesifikasi Windows 7 lebih ringan dan harganya juga lebih murah dari pada Windows Vista.
dalah nama dari versi terbaru Microsoft Windows, serangkaian sistem operasi yang diproduksi oleh Microsoft untuk digunakan pada komputer pribadi, termasuk komputer rumah dan bisnis, laptop, netbook, tablet PC, server, dan PC pusat media.[3] Sistem operasi ini menggunakan mikroprosesor ARM selain mikroprosesor x86 tradisional buatan Intel dan AMD. Antarmuka penggunanya diubah agar mampu digunakan pada peralatan layar sentuh selain mouse dan keyboard, sehingga Windows 8 di desain untuk perangkat tablet sentuh.
Windows 8
Sekian
Dan
Terima Kasih
Full transcript