Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

LA NINA dan EL NINO

No description
by

Nida Jannah

on 1 April 2013

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of LA NINA dan EL NINO

keadaan normal LA NINA MENDETEKSI LA NINA LA NINA Dalam bahasa latin La Nina berarti "gadis cilik". La Nina merupakan suatu kondisi dimana terjadi penurunan suhu muka laut di kawasan Timur equator di Lautan Pasifik, La Nina tidak dapat dilihat secara fisik, periodenya pun tidak tetap. EL NINO & LA NINA ? GEOGRAPHY PROSES TERJADINYA

Angin pasat timur yang bertiup di sepanjang Samudra Pasifik menguat. Sehingga massa air hangat yang terbawa semakin banyak ke arah Pasifik Barat. Akibatnya massa air dingin di Pasifik Timur bergerak ke atas dan menggantikan massa air hangat yang berpindah tersebut, hal ini biasa disebut upwelling.
Dengan pergantian massa air itulah suhu permukaan laut mengalami penurunan dari nilai normalnya, ini umumnya terjadi pada musim dingin di Belahan Bumi Utara Khatulistiwa. KONDISI LA NINA rata-rata La Nina terjadi setiap 3-7th sekali dan dapat berlangsung 1-2th, ia tidak mempunyai periode tetap, biasanya La nina dapat diperkirakan kejadiannya pada 6-9 bulan sebelumnya. LA NINA & EL NINO A. KEADAAN NORMAL
Dalam keadaan normal angin pasat berhembus dari timur sepanjang garis equator membawa udara hangat dan melintasi samudra pasifik.

Angin di wilayah Samudra Pasifik Ekuatorial (Angin pasat Timuran) dan air laut di bawahnya mengalir dari Timur ke Barat. Arah aliran timuran air ini sedikit berbelok ke Utara pada Bumi Belahan Utara dan ke Selatan pada Bumi Belahan Selatan.

Daerah yang berpotensi tumbuh awan-awan hujan adalah di Samudra Pasifik Barat, wilayah Indonesia dan Australia Utara. Apabila keadaan di pasifik selatan tidak normal, sehingga dapat terjadi kekeringan atau turun hujan lebat. Keadaan yang menyebabkan kekeringan pada rentang waktu lama disebut EL NINO. Keadaan yang menyebabkan hujan lebat pada rentang waktu lama disebut la nina. PENYEBAB LA NINA

La Nina terjadi karena angin passat bertiup dengan kencang dan terus menerus melewati Samudera Pasifik menuju Australia. Angin Passat ini akan mendorong lebih banyak air hangat di Samudera Pasifik menuju Australia Utara sehingga hujan hanyak turun di Samudera Pasifik Barat, Australia Utara dan Indonesia. jumlah air laut bertemperatur rendah yang mengalir di sepanjang Pantai Selatan Amerika dan Pasifik Timur meningkat. Wilayah Pasifik Timur dan Tengah menjadi lebih dingin dari Pasifik Barat.

Angin pasat Timuran menguat, sehingga massa udara dingin meluas hingga Samudera Pasifik bagian tengah dan Timur

Menyebabkan perubahan pola cuaca. Daerah potensi hujan meliputi wilayah Perairan Barat. 1.SOI (Indeks Osilasi Selatan)
nilai indeks yang menyatakan perbedaan Tekanan Permukaan Laut (SLP) antara Tahiti dan Darwin, Australia. La Nina dideteksi ketika nilai SOI positif selama periode yang lama (± 3 bln) 2. Suhu Muka Laut
SST (suhu muka laut) lebih rendah dibandingkan dengan rata-ratanya.
penyimpangan suhu muka laut di daerah tersebut bernilai negatif. 3.Angin Passat
Selama kejadian La Nina, angin pasat timur menguat. Perairan di sekitar Indonesia dan Australia menjadi lembab dan basah. DAMPAK LA NINA kondisi cuaca global a. Angin pasat timuran menguat
b. Sirkulasi Monsoon menguat
c. Akumulasi curah hujan berkurang di wilayah Pasifik bagian timur. Cuaca di daerah ini cenderung lebih dingin dan kering.
d. Potensi hujan terdapat di sepanjang Pasifik Ekuatorial Barat seperti Indonesia, Malaysia dan Australia bagian Utara. Cuaca cenderung hangat dan lembab. kondisi cuaca Indonesia menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia bertambah, bahkan sangat berpotensi menyebabkan terjadinya banjir. Peningkatan curah hujan ini sangat tergantung dari intensitas La Nina tersebut. Namun karena posisi geografis Indonesia yang dikenal sebagai benua maritim, maka tidak seluruh wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena La Nina. "El Nino" bahasa Spanyol bermakna "anak lelaki".
Yang dimaksud El Nino adalah gejala gangguan iklim yang diakibatkan oleh naiknya suhu permukaan laut Samudera Pasifik sekitar khatulistiwa bagian tengah dan timur. Hal ini mengakibatkan perubahan pola angin dan curah hujan yang ada di atasnya. Pada saat normal hujan banyak turun di Australia dan Indonesia, namun akibat El Nino ini hujan banyak turun di Samudera Pasifik sedangkan di Australia dan Indonesia menjadi kering. El Nino biasanya terjadi pada akhir Desember sampai beberapa minggu atau bulan. Namun dapat pula terjadi dalam waktu yang lama, misalnya tahun 1991 sampai 1995. PENYEBAB TERJADINYA EL NINO Pada 2 - 7th sekali Angin Passat tersebut berubah arah. Yang semula dari arah timur ke barat berubah menjadi arah barat ke arah timur. Hal inilah mengakibatkan El Nino yaitu di Samudera Pasifik dan Indonesia berkurang curah hujan dari biasanya.

El-Nino juga akan terjadi apabila perairan yang lebih panas di Pasifik tengah dan timur meningkatkan suhu dan kelembaban pada atmosfer yang berada di atasnya. Kejadian ini mendorong terjadinya pembentukan awan yang akan meningkatkan curah hujan di sekitar kawasan tersebut.

Bagian barat Samudra Pasifik tekanan udara meningkat sehingga menyebabkan terhambatnya pertumbuhan awan di atas lautan bagian timur Indonesia, sehingga di beberapa wilayah Indonesia terjadi penurunan curah hujan yang jauh dari normal. TANDA-TANDA EL NINO 1. Naiknya tekanan udara di atas Samudra Hindia, Indonesia dan Australia.
2. Turunnya tekanan udara di Tahiti, bagian timur dan tengah Samudra Pasifik.
3. Angin di selatan Pasifik melemah, bahkan berbalik arah ke timur.
4. Munculnya air hangat di sekitar perairan Peru. INTENSITAS EL NINO 1. El Nino Lemah (Weak El Nino), jika penyimpangan suhu muka laut di Pasifik ekuator +0.5 C s/d +1,0 C dan berlangsung minimal selama 3 bulan berturut-turut.

2. El Nino sedang (Moderate El Nino), jika penyimpangan suhu muka laut di Pasifik ekuator +1,1 C s/d 1,5 C dan berlangsung minimal selama 3 bulan berturut-turut.

3. El Nino kuat (Strong El Nino), jika penyimpangan suhu muka laut di Pasifik ekuator > 1,5 C dan berlangsung minimal selama 3 bulan berturut-turut. DAMPAK EL NINO a) Angin pasat timuran melemah
b) Sirkulasi Monsoon melemah
c) Akumulasi curah hujan berkurang di wilayah Indonesia, Amerika Tengah dan amerika Selatan bagian Utara. Cuaca di daerah ini cenderung lebih dingin dan kering.
d) Potensi hujan terdapat di sepanjang Pasifik Ekuatorial Tengah dan Barat serta wilayah Argentina. Cuaca cenderung hangat dan lembab. > KONDISI CUACA GLOBAL KONDISI CUACA INDONESIA Fenomena El Nino menyebabkan curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia berkurang, tingkat berkurangnya curah hujan ini sangat tergantung dari intensitas El Nino tersebut. Namun karena posisi geografis Indonesia yang dikenal sebagai benua maritim, maka tidak seluruh wilayah Indonesia dipengaruhi oleh fenomena El Nino. DAMPAK (+) EL NINO & LA NINA Saat La Nina, suhu muka laut di barat Samudera Pasifik hingga Indonesia menghangat. Kondisi ini mendorong ikan tuna dari Pasifik timur yang dingin bergerak masuk ke kawasan timur Indonesia. Sebaliknya, ketika terjadi El Nino, ikan tuna di Pasifik bergerak ke timur. Namun, ikan yang berada di Samudera Hindia bergerak masuk ke selatan Indonesia. Hal itu karena perairan di timur samudera ini mendingin, sedangkan yang berada di barat Sumatera dan selatan Jawa menghangat. THANK YOU for study together with us :) LA NINA EL NINO SMA DARUL ULUM 2 UNGGULAN BPPT CIS JOMBANG Nida'ul Jannah (125617)
Full transcript