Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

Asia Tenggara

No description
by

diki hermaydijanto

on 12 December 2012

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of Asia Tenggara

photo credit Nasa / Goddard Space Flight Center / Reto Stöckli sejarah kelas 9 semester 2 asia tenggara Kelas 9 semester 2 UNSUR-UNSUR FISIK DAN
SOSIAL KAWASAN ASIA TENGGARA Tujuan Pembelajran : Siswa dapat Kompetensi dasar : siswa dapat menginterprestasikan kondisi Asia Tenggara khususnya Indonesia menjadi kawasan yang makmur seperti negara Asia Tenggara lainnya Kerjasama negara Negara negara negara negara Unsur Fisik :
letak,luas dan batas
b. Iklim dan bentang alam
c. Sumber daya alam Unsur Sosial :
1. Sumber Daya Manusia
2. Kondisi Sosial Ekonomi Kawasan Asia Tenggara PETA KONSEP
UNSUR-UNSUR FISIK DAN
SOSIAL KAWASAN ASIA TENGGARA Peta Kawasan Asia Tenggara meliputi Semenanjung Indocina dan Melayu
serta beberapa kepulauan di sekitarnya.
Terdiri atas sebelas negara yang dapat dibedakan menjadi dua kawasan, yaitu kawasan benua (Myanmar, Thailand, Kampuchea, Laos, Vietnam, dan Malaysia Barat)
dan kawasan kepulauan (Malaysia Timur, Singapura, Brunei Darussalam, Indonesia, Timor Leste, dan Filipina). Unsur-Unsur Fisik dan Sosial Kawasan Asia
Tenggara kawasan Asia Tenggara terletak di belahan bumi Utara. Secara astronomis, kawasan Asia Tenggara terletak antara 28°LU - 11°LS dan 95°BT - 141°BT.
Secara geografis, kawasan Asia Tenggara terletak di antara dua benua (Benua Asia dan Benua Australia) dan dua samudra (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik). 1. Letak, Luas, dan Batas Kawasan Asia Timur dan Samudra Pasifik di sebelah Utara.
Samudra Hindia dan Benua Australia di sebelah Selatan.
Kawasan Asia Selatan dan Samudra Hindia di sebelah Barat.
Samudra Pasifik dan Papua Nugini di sebelah Timur. Batas wilayah kawasan Asia Tenggara sebagian besar wilayah Asia Tenggara berada di zona iklim tropis, hanya negara Myanmar yang sebagian kecil wilayahnya (bagian Utara) masuk dalam zona iklim subtropis.
Kondisi musimnya dipengaruhi oleh pergerakan angin monsun yang berganti arah tiap enam bulan sekali
Keadaan alam kawasan Asia Tenggara sangat variatif, meliputi pegunungan, dataran tinggi, dataran rendah, dan basin.
merupakan pertemuan jalur pegunungan muda Sirkum Pasifik dan Sirkum Mediterania, sehingga kawasan Asia Tenggara memiliki banyak gunung api 2. Iklim dan Bentang Alam Lanjutan :perhatikan peta berikut a. Flora
Curah hujan yang relatif tinggi dan kondisi tanah yang subur menyebabkan kawasan Asia Tenggara masih memiliki wilayah hutan yang cukup luas. Negara di kawasan Asia Tenggara yang tidak memiliki area hutan hanyalah Singapura.
Jenis hutan yang ada di wilayah Asia Tenggara pada umumnya berupa hutan tropis basah heterogen (60%), jenis hutan homogen (seperti hutan jati dan hutan pinus), dan hutan mangrove di kawasan pantai. Bahkan, di wilayah Nusa Tenggara (Indonesia) hanya terdapat sabana (padang rumput).
Hasil hutan yang banyak dimanfaatkan sebagai komoditas ekspor adalah berbagai jenis kayu, karet hutan, rotan, dan damar Keanekaragaman Sumber Daya Alam fauna di wilayah Asia Tenggara,khususnya Indonesia, terbagi atas tiga zona, yaitu zona Indonesia bagian Barat (zona Asiatis), zona Indonesia bagian Tengah (zona peralihan), dan zona Indonesia bagian Timur (zona Australis).
Perpindahan antarzona tersebut dibatasi oleh garis khayal yang disebut garis Wallace (untuk memisah-kan antara zona Asiatis dengan zona peralihan) dan garis Weber (untuk memisahkan antara zona peralihan dengan zona Australis).
Negaranegara yang memiliki fauna dengan tipe Asiatis adalah negara-negara kawasan Benua Asia, yaitu negara Myanmar, Thailand Laos, Kampuchea, vietnam, Malaysia, Brunei darussalam, Indonesia bagian Barat, dan Singapura.
Negara yang memiliki jenis fauna khas karena merupakan zona peralihan adalah Filipina dan Indonesia bagian Tengah, sedangkan negara yang memiliki jenis fauna Australis adalah Indonesia bagian Timur dan Timor Leste. fauna negara di kawasan Asia Tenggara memiliki wilayah perairan laut, kecuali negara Laos. Sumber daya laut di Asia Tenggara banyak dimanfaatkan untuk hal-hal berikut ini.
1) Sebagai batas administrasi atau batas kedaulatan negara.
2) Sebagai sumber bahan tambang (minyak bumi, gas alam), garam, dan protein hewani (ikan).
3) Sebagai objek wisata pantai atau bahari dan untuk kepentingan penelitian.
4) Sebagai wahana olah raga, pertahanan keamanan, dan sarana transportasi. b . Laut Jenis barang tambang dan mineral yang terdapat di wilayah Asia Tenggara cukup banyak dan bervariatif.
negara di kawasan Asia Tenggara menempatkan pemanfaatan ketersediaan barang tambang dan mineral sebagai sumber devisa utamanya.
Jenis-jenis barang tambang dan mineral utama di negaranegara Asia Tenggara dapat dilihat dalam tabel berikut ini. c . Barang Tambang dan Mineral Jumlah penduduk di kawasan Asia Tenggara cukup banyak, mencapai ± 556.017.753jiwa. Jumlah penduduk tersebut terdiri atas berbagai macam ras dan suku bangsa asli dari masing-masing negara. Hal ini merupakan modal sumber daya manusia bagi pembangunan.
Kendala yang dihadapi tiap-tiap negara adalah banyaknya jumlah penduduk tidak diimbangi dengan pemerataannya, sehingga terjadi pemusatan penduduk. Untuk memperoleh gambaran tentang jumlah penduduk negara-negara di kawasan Asia Tenggara, perhatikanlah tabel berikut ini. 4. Sumber Daya Manusia Sebagian besar masyarakat di negara-negara Asia Tenggara mendiami daerah pedesaan mata pencaharian masyarakatnya adalah dari sektor agraris. kecuali Singapura, karena Singapura merupakan negara maju yang perekonomiannya ditunjang dari sektor industri dan perdagangan 5. Sosial Ekonomi Agama yang berkembang di kawasan Asia Tenggara, yaitu agama Islam (mayoritas dianut oleh masyarakat Malaysia, Indonesia, dan Brunei Darussalam), Kristen atau Katolik (mayoritas dianut oleh masyarakat Filipina dan Timor Leste), Hindu dan Buddha (mayoritas dianut oleh masyarakat thailand dan Myanmar). Selain itu, berkembang pula agama Kong Hu Cu dan beberapa aliran kepercayaan di berbagai negara di kawasan Asia Tenggara. Di bidang ekonomi, kebanyakan negara-negara di Asia Tenggara masih digolongkan negara-negara di Asia tenggara masih digolongkan
negara berkembang, kecuali Singapura. Pada umumnya, ekonomi kawasan Asia Tenggara
masih banyak tergantung pada hasil alam. Dengan adanya pembentukan kawasan
perdagangan bebas Asia Tenggara oleh negara-negara ASEAN diharapkan dapat
mempercepat pertumbuhan ekonomi di berbagai bidang pada kawasan ini Indonesia
Malaysia
Brunei
Singapura
Filipina
Thailand
Laos
Kampuchea
Vietnam
Myanmar
Timor Leste Buatlah 11 kelompok dengan tugas negara yang berbeda terima kasih
Full transcript