Loading presentation...

Present Remotely

Send the link below via email or IM

Copy

Present to your audience

Start remote presentation

  • Invited audience members will follow you as you navigate and present
  • People invited to a presentation do not need a Prezi account
  • This link expires 10 minutes after you close the presentation
  • A maximum of 30 users can follow your presentation
  • Learn more about this feature in our knowledge base article

Do you really want to delete this prezi?

Neither you, nor the coeditors you shared it with will be able to recover it again.

DeleteCancel

Make your likes visible on Facebook?

Connect your Facebook account to Prezi and let your likes appear on your timeline.
You can change this under Settings & Account at any time.

No, thanks

PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK

No description
by

Titin Nuach

on 21 May 2014

Comments (0)

Please log in to add your comment.

Report abuse

Transcript of PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK

masalah sosial
Das sein :
1. Pelecehan seksual pada anak adalah suatu bentuk penyiksaan anak dimana orang dewasa atau remaja yang lebih tua menggunakan anak untuk rangsangan seksual.

Das sollen :
Pelampiasan hasrat seksual seseorang hendaknya ditujukan pada orang yang tepat. Artinya, seseorang perlu memperhatikan pada siapa ia akan melampiaskan hasrat seksualnya, seperti keinginan pada seseorang yang usianya tidak jauh darinya atau sebaya. Hal itu lumrah dalam masyarakat, karena masyarakat menganggap suatu hubungan itu dilakukan jika selisih usia keduanya tidak beda jauh atau sebaya.


Pasal 1 ayat 15
UU perlindungan anak

2.3. Tanggapan Masyarakat tentang perilaku pedofilia

Latar Belakang
Sejak tahun 2012 tercatat ada 108 anak di Jawa Barat yang menjadi korban kekerasan seksual, termasuk 52 anak yang menjadi korban kekerasan seksual tersangka AS alias Emon di Sukabumi. Menurut Ketua Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (PPT2PA) Jawa Barat, sejak tahun 2012 pihaknya telah menangani 56 kasus kekerasan seksual terhadap anak dan jika ditambah dengan 52 korban Emon, berarti ada 108 anak di Jawa Barat yang menjadi kekerasan seksual.
Rumusan Masalah
1. Apa makna perilaku pedofilia?
2. Apa yang melatarbelakangi pedofilia?
3. Bagaimana tanggapan masyarakat terhadap perilaku pedofilia?
4. Bagaimana tanggapan masyarakat mengenai cara melindungi anak dari perilaku pedofilia?

makna pedophilia
secara bahasa
Klasifikasi Penyakit Internasional (ICD)
diagnosa medis
The American Heritage Stedman's Medical Dictionary



apa yang melatarbelakangi pedophilia ?
a. Pelaku pernah mengalami hal yang sama sebelumnya atau di masa lalunya
b. Pelaku memang seorang pedofil
c. Pelaku juga melakukan penganiayaan fisik pada anak
ini dapat dianalisis
1. tori labeling
2. teori ordinasi dan subordinasi
PELECEHAN SEKSUAL PADA ANAK
Thank you!

1. Ilma Nuriana (071211431011)
2. Titin Nurjanah (071211531107)
3. Indah Durojatun (071211432001)
4. Nur Fuat Darmawan (071211432003)
5. I Dewa Made Ayodhya (071211432020)

kesimpulan
1.Phedophilia adalah perilaku menyimpang yang dilakukan oleh dewasa dan remaja terhadap minat seksualnya kepada puber atau manusia yang lebih muda terhadapnya, minimal lebih dari 16 tahun tenggang antara pedophile dan korbannya.

phedophilia bisa terjadi karena kedudukan sosial
3. Phedophilia merupakan ancaman serius bagi setiap umat, khususnya orang yang telah berkeluarga dan memiliki anak
4. pengawasan dari orang tua
- Pelaku juga melakukan penganiayaan fisik pada anak
Ciri ini juga terdapat pada pelaku pedofilia di Jakarta International School. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan kelima tersangka kasus pelecehan seksual di Taman Kanak-kanak Jakarta International School melakukan kejahatan sebagai sebuah tim.

- Pelaku juga melakukan penganiayaan fisik pada anak
Ciri ini juga terdapat pada pelaku pedofilia di Jakarta International School. Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Metro Jaya, Komisaris Besar Rikwanto, mengatakan kelima tersangka kasus pelecehan seksual di Taman Kanak-kanak Jakarta International School melakukan kejahatan sebagai sebuah tim.
analisis
teori ordinansi dan sub ordinasi yang dikemukakan oleh geoge simmel ia mengatakan dimana terdapat suatu kekuatan yang lebih / ordinasi akan mnguasai yang lemah atau orang yang tersubordinasi, orang dapat disubordinasi oleh individu, kelompok, atau kekuatan obyektif


- Pelaku pedofilia pernah mengalami hal yang sama sebelumnya atau di masa lalunya
Seorang tersangka kasus pelecehan seksual di Taman Kanak-kanak Jakarta International School, Zainal, 28 tahun, mengatakan pernah menjadi korban sodomi yang dilakukan oleh William James Vahey.
analisis
Menurut Edwin M. Lemert, seseorang menjadi orang menyimpang karena proses labeling berupa julukan, cap, dan merk yang ditujukan oleh masyarakat ataupun lingkungan sosialnya. Mula-mula seseorang akan melakukan penyimpangan primer atau primary deviation yang mengakibatkan hidup menyimpang deviant life style yang menghasilkan karir menyimpang deviant career. pertama pelaku merupakan korban dari wiiliam james karena dia merasa terlabel secara pasif akhirnya dia juga melakukan hal yang sama kepada korban yang lain
“Anak perlu dibekali orang tua seperti tidak menerima pemberian hadiah dari orang lain atau saat ada yang menjamah organ tubuh. Hal seperti itu akan diajarkan dirumah oleh keluarga. Pencegahan harus sejak dini orang tua juga harus memberikan perhatian pada tumbuh kembang anak. Kasus-kasus seperti ini kan karena gagal melihat tumbuh kembang anak dan perilaku anak”.
Tanggapan masyarakat mengenai cara melindungi anak dari perilaku pedofilia
STUDI ANALISIS WACANA KRITIS
2. Motif latar belakang para phedophilia tersebut diantaranya adalah pelaku mendapatkan pengalaman yang tidak menegnakkan waktu kecilnya yang serupa dengan tindakan phedophil.
Penggagas acara, Mayor Haristianto mengatakan bahwa kasus pelecehan seksual yang terjadi di JIS telah membuat teror di masyarakat. Selain itu dirinya meminta penegak hukum dapat bersikap tegas. Siti Marfuatin
sekolah yang bertaraf internasional seharusnya memiliki pengawasan dan keamanan yang lebih baik
dampak peristiwa ini bagi si korban anak bisa meluas, mulai dariperkembangan psikologis sampai menjadi psikopatologi yang bisa menjurus ke gangguan psikiatrik.
Erilinda menabahkan pemberian sanksi atau hukuman yang di jatuhkan kepada pelaku pelecehan seksual terhadap anak sering lengah di tingkat kejaksaan
polisi harus serius dalam mendalami kasus tersebut, kerena menurut pandangannya kasus ini termasuk kejahatan serius yang memiliki dampak luas terhadap masyarakat.
pengertian dari pedophilia adalahgangguan kejiwaan pada orang dewasa atau remaja yang telah mulai dewasa (pribadi dengan usia 16 atau lebih tua) biasanya ditandai dengan suatu kepentingan seksual primer atau eksklusif pada anak prapuber (umumnya usia 13 tahun atau lebih muda, walaupun pubertas dapat bervariasi).
Full transcript